cloning hard disk multiplatform secara real time

  • zul qarnain
    Message 1 of 4 , Jul 13, 2009
      salam hangat temen-temen komunitas,

      begini saya sedikit ada tantangan di kantor saya sekarang bekerja yakni
      bagaimana membuat server backup berbasis cloning hard disk multi OS (multi
      platform). Hal ini diperlukan apabila hard disk pertama crash langsung bisa
      diganti dengan hard disk cloning secara real time tersebut dengan
      perhitungan 99,9% database maupun aplikasi sebelumnya bisa di akses dengan
      menggunakan hard disk kedua sebagai back-up tersebut. Dengan tidak
      mengurangi rasa terima kasih menurut saya temen-temen di milis ini yang
      lebih berkompeten bisa menjawabnya dan memberikan solusi yang cepat, tepat
      dan akurat tanpa perlu explore lebih dalam lagi (urgent).

      salam hangat,

      http://zulqarnain.web.id
      "our life is better with open source"

    • milisdad
      Message 2 of 4 , Jul 13, 2009
        --- In jogja-linux@yahoogroups.com, zul qarnain <zulqarnain.04@...> wrote:

> [...]
        > lebih berkompeten bisa menjawabnya dan memberikan solusi yang cepat, tepat
        > dan akurat tanpa perlu explore lebih dalam lagi (urgent).
        Mekanisme yang pernah saya tahu :
        1. Deploy sebuah server lokal.
        2. Setelah fix, dikloning ke HD ke 2.
        3. Dalam deploy dibuat cron utk backup database dan dikirim ke server utama.
        4. jika terjadi crash HD 1 tinggal pasang HD 2.
        5. Kontak admin server utama utk memberikan database terakhir utk didump.

        Jika detilnya saya lupa :D
        Semoga membantu.
      • aspan syahbudin
        Message 3 of 4 , Jul 13, 2009
          Bismillah,

          Kenapa ngak di mirror aja dengan Tehnik RAID?

          --
          aspansyahbudin
          YM : trhkuberau

        • mas agun
          Message 4 of 4 , Jul 13, 2009
            wah iya juga yaaaa baru kepikiran nech teknik RAID.
            walau cuma baca2 tapi jadi tahu
            terima kasih mas atas infonya...

            Pada 13 Juli 2009 21:13, aspan syahbudin<aspansyahbudin@...> menulis:

            > Bismillah,
            >
            > Kenapa ngak di mirror aja dengan Tehnik RAID?

            > --
            > aspansyahbudin
            > YM : trhkuberau

            mas boled
            http://www.abyfine.web.id
            http://ab-intermedia.com
            Networking, Softbuilding, Webdesign, IT Consulting, And Training

            TIPS dan Trik Komputer dll