IPCOP suka hilang selama 5 menit, trus muncul lagi

  • Tore
    Message 1 of 10 , Apr 30, 2009
      Dear all,
      Saya baru aja pakai IPCOP utk keperluan Domain Filtering.
      Tapi ketemu masalah seperti di atas, yaitu server IPCOP sering "menghilang"
      dari jaringan. Dia tidak mau di-ping, tapi kalau saya ping dari server ke
      client, bisa ! Akibatnya, koneksi internet ke client otomatis terputus.
      Kondisi itu biasanya terjadi sekitar 5 menit, tapi kadang2 lebih lama,
      setelah itu sembuh sendiri. Mengapa itu terjadi, dan bagaimana solusinya ?
      Mohon bantuan rekan2 yang biasa mempergunakan IPCOP.
      Terima kasih.
    • ryan_oke
      Message 2 of 10 , May 6, 2009
        2009/5/1 Tore <untukmilis@...>:
> [...]
        > Kondisi itu biasanya terjadi sekitar 5 menit, tapi kadang2 lebih lama,
        > setelah itu sembuh sendiri. Mengapa itu terjadi, dan bagaimana solusinya ?

        Dulu aku pernah menggunakan IPCop dengan hardware yang minim.
        Kupaksakan menjalankan service yang banyak. Salah satu yang sangat
        membebani adalah monitoring bandwidth+proxy cache. Jeda yang kubuat
        untuk pembaruan statistik juga terlalu singkat. Kuperhatikan, setiap
        kali memroses statistik, dia sangat kelelahan hingga client sering
        terabaikan haknya.

        Mungkin kasus kita beda sih.

        --
        ryan_oke
        http://ry.web.id/
        Message 3 of 10 , May 6, 2009
          On 5/7/09, ryan_oke <ryan.oke@...> wrote:

> [...]
          > untuk pembaruan statistik juga terlalu singkat. Kuperhatikan, setiap
          > kali memroses statistik, dia sangat kelelahan hingga client sering
          Saya fikir Proxy membutuhkan hardware yg cukup bagus.
          Mungkin bisa di cek pada ipcop menggunakan uptime, top, htop, atau yg lain.
          Jika sering terjadi 5 menit sekali, sering2 lah login ke mesin IPCOP
          hanya utk memastikan kondisinya :)

          http://www.milisdad.web.id
        • Tore
          Message 4 of 10 , May 10, 2009
            Memang sich, aku pakai hardware minim, cuma Pentium 3 dan RAM 354.
            Memanfaatkan barang sisa :-(
            Terimakasih untuk pencerahan dari teman2, sehingga saya tahu sebabnya
            mengapa hal tersebut terjadi. Mudah2an kelak management tergugah untuk
            membelikan server yang memadai, setelah melihat kegunaan IPCOP yang memang
            sesuai dengan kebutuhan kami.
            Hidup Free Software !!

> [...]
            Mungkin bisa di cek pada ipcop menggunakan uptime, top, htop, atau yg lain.
            Jika sering terjadi 5 menit sekali, sering2 lah login ke mesin IPCOP

          • aspan syahbudin
            Message 5 of 10 , May 13, 2009
              Bismillah,

              Teman-teman, ini sebagai perbandingan saya ambil tulisan Saudara Biswajit
              Banerjee tentang Squid : Master this Proxy Server.

              "While implementing the Squid Proxy server in a real life scenario, we need
              to have a server-end machine with a good amount of RAM and high end hard
              disk."

              Nah di sini mas Banerjee mengatakan klo kita ingin mengimplementasikan
              sebuah proxy server, web caching, Domain filtering dalam aplikasi yang
              sebenarnya/ berfungsi optimal maka kita memerlukan machine server teknologi
              terbaru dengan RAM yang memadai dan Hard disk teknologi terbaru (hardisk
              tercepat).

              "Web caching is an "I/O-bound" application, meaning that it can only go as
              fast as it gets the data onto and off the storage media. So the first thing
              necessary is to ensure you have the right hardware for caching.

              Selanjutnya mas Banerjee bilang bahwa web caching adalah aplikasi yang
              sangat tergantung dengan input dan output. Artinya dia hanya dapat bekerja
              secepat menarik data dari storage media. Inilah pentingnya memiliki hardisk
              cepat dalam aplikasi proxy. Gunakan SCSI dan SAS. Hal yang paling pertama
              dibutuhkan adalah memastikan hardware yang tepat untuk aplikasi caching.

              "Tuning Squid Proxy for High performance. For a high performance, as
              discussed earlier, the following are needed :

              1. Server platform with good processing speed, good amount of memory, and
              a fast hard drive.
              2. Latest kernel or minimum 2.4x
              3. ReiserFS file system
              4. Squid Version 2.2 STABLE5

              Selanjutnya mas Banerjee bilang, untuk menyetel Proxy pada performa terbaik
              maka hal-hal di bawah ini patut kita perlukan :

              1. Server dengan Processor cepat, RAM yg cukup dan Hardisk yg cepat.
              2. Kernel terbaru, minimal versi 2.4x
              3. File System pake ReiserFS
              4. Squid juga Versi yg stabil.

              Nah, jadi seluruh kemampuan Proxy bener2 membutuhkan hardware kelas server
              yang bukan server2an seperti kita membuat router. Dan file system yang
              digunakan pun bukan ext2, atau ext3, tapi menggunakan ReiserFS.

              Nah, mengingat vitalnya fungsi proxy ini maka patut kita persiapkan hardware
              yang sesuai ketika akan membuat proxy. Jika tidak maka proxy kita akan
              lambat atau bahkan lumpuh ketika diakses oleh klien. akhirnya kita yang akan
              dikomplain oleh client. Alih2 dengan caching membuat traffic web jadi cepat
              malah akan menjadi boomerang karena proxy justru memperlambat traffic dan
              bahkan melumpuhkan jaringan.

              That's it. Inilah sedikit gambaran tentang Squid yang saya maksudkan untuk
              perbandingan dengan IPCOP yang sama2 dimaksudkan sebagai Proxy. Semoga
              Bermanfaat.

              Salam Linux, Learn more to expert.

              --
              aspansyahbudin
              YM : trhkuberau

            • Tore
              Message 6 of 10 , May 14, 2009
                Wah, infonya berguna sekali, Pak.
                Terima kasih banyak.
                BTW, setahu saya ReiserFS sudah diputuskan untuk tidak dikembangkan lagi.
                Kalau pakai ext3 masih memungkinkan atau tidak ?
                Atau pakai ext4 yang baru itu ?

                Regards,
                Tore.

                Pada 11 Mei 2009 03:43, Tore <untukmilis@tamanalf

                --
                aspansyahbudin
                YM : trhkuberau

              • Tore

> [...]

                  > mengapa hal tersebut terjadi. Mudah2an kelak management tergugah untuk
                  > membelikan server yang memadai, setelah melihat kegunaan IPCOP yang memang

                • Muhammad Rifqi
                  Message 8 of 10 , May 22, 2009
                    pernah nyobain pfsense pak? *promosi* :D

> [...]
                    > mengapa hal tersebut terjadi. Mudah2an kelak management tergugah untuk
                    > membelikan server yang memadai, setelah melihat kegunaan IPCOP yang memang

                  • Tore
                    Message 9 of 10 , May 22, 2009
                      Belum, Pak !
                      Khok gak sekalian promosiin keunggulan2nya, Pak ?
                      Biar sekalian saya tertarik, gitu lho :-)
                      Sepintas saya lihat, pfsense juga free software, dan bisa load balancing.
                      Selebihnya, saya tunggu promosi Pak Rifqi :-)

> [...]

                      > mengapa hal tersebut terjadi. Mudah2an kelak management tergugah untuk
                      > membelikan server yang memadai, setelah melihat kegunaan IPCOP yang memang

                    • Hamzah Simanjuntak
                      Message 10 of 10 , May 22, 2009
                        coba reinstall ulang aja ipcop nya dengan iso yg baru, karena aku jg pake
                        ipcop dgn hardware lebih minim aja kuat, takutnya ada file installer yg
                        nggak terinstall. aku saja pakw pentium II 450 dan mem 256 sampe skg aman
                        saja tuh