RE: [jogja-linux] Butuh Penjelasan Instal Aplikasi2 Linux dari Makdin Sianturi

  • Tore
    Message 1 of 4 , Apr 1, 2009
      Untuk install program2 di Ubuntu, selama ini saya (hampir) selalu pakai
      synaptic (di System > Administration > Synaptic Package Manager), lalu pakai
      fasilitas pencariannya (search) dgn kata kunci XMMS
      Pilih aplikasinya, lalu Mark For Installation. Pilih semua library
      dependensinya. Lalu Apply.
      Kira2 gitulah cara saya menginstal semua aplikasi tambahan di Ubuntu. Sangat
      mudah buat saya yang pemula di Linux.
      Dan seingat saya, di Ubuntu 8.04 sudah sangat dipermudah, cukup jalankan
      lewat synaptic saja spt di atas, agar kita bisa menjalankan file MP3.
      Sedangkan di ubuntu versi lama spt 6.10, harus install paket2 tambahan dulu
      secara manual, baru MP3 bisa dijalankan.

      Tapi syaratnya harus terhubung ke koneksi internet, karena program2nya nanti
      akan dicari dari server (repository) di internet.
      Oh ya, sebelumnya check dulu di Synaptic > Setting > Repositories, contreng
      semua ini :
      - Community Maintained
      - Cannonical supported
      - Software restricted by copyright

      Karena MP3 termasuk yg Software Restricted.
      Semoga membantu.

      Salam,
      Tore.

      From: gamabunta 17 <gamabunta17@ <mailto:gamabunta17%40gmail.com> gmail.com>
      Makdin Sianturi
      To: jogja-linux@ <mailto:jogja-linux%40yahoogroups.com> yahoogroups.com
      Date: Tuesday, March 31, 2009, 7:28 AM

      bismillah

      nggak bisanya seperti apa dulu? kalau bisa lebih detail infonya biar temen2

      bisa punya gambaran harus memberi solusi seperti apa. mungkin distronya pake

      apa, trus software yang didonlot apa dan paketnya apa. mungkin bisa saja

      anda pakenya slackware trus yang mo diinstal paketnya deb. ya setahu saya

      nggak bisa langsung diinstall, tapi perlu dijadikan tgz dulu.

      kalau ada salah tolong dikoreksi.