Re: [jogja-linux] Belajar wireless, penggunaan radio yg tepat??

  • Josua M Sinambela
    Message 1 of 7 , Aug 31, 2008
      Mauladi wrote:

> [...]
      > user-user laptop konek ke radio kemudian radio meneruskan semua request
      > ke sebuah pc server (radio ke pc ini via kabel)
      > lalu si pc ini yang meneruskan ke radio kembali dan radio meneruskan ke
      > internet.
      > atau
      > saya membeli satu radio baru dikhususkan untuk menerima request user2
      > laptop, kemudian dari radio ini
      > diteruskan ke pc server (via kabel) dan dari pc server ini diteruskan
      > lagi ke radio yang berbeda (ke internet)
      >
      > Bagaimana menurut teman2? mana yang lebih baik, atau ada usul? hihihi...

      Sebaiknya dipisah antara akses intranet (lokal network) dengan jaringan
      ke internet. Jadi sebaiknya pake pilihan kedua. Anda beli perangkat
      wireless khusus untuk intranetnya, kemudian dihubungkan ke server
      intranet. Dari server intranet ini baru di sambungkan ke jaringan
      internet via perangkat wireless satunya.
      Klo digabung, tentu saja performancenya kurang baik, karena packet
      broadcastnya menjadi besar, belum lagi bisa timbul masalah keamanan
      (virus, worm dst). Klo di pisah, bisa dilakukan filtering dan monitoring
      di server intranetnya.

      --
      regards
      Josua M Sinambela, CEH™, CCNP, CCNA, Security+™
      Message 2 of 7 , Sep 1, 2008
        Berdasarkan pengalaman Josua; radio yang performancenya handal produk
        apa ya?
        Radionya bakalan dipake sekampus.
        Terimakasih sarannya Josua.

        Josua M Sinambela wrote:

> [...]
        > Computer Network & Security Consultant
        > Mobile: 0811 250 8780 Flexy: (0274)7810307 Home: (0274)554272

        GET FREE 5GB EMAIL - Check out spam free email with many cool features!
        Visit http://www.inbox.com/email to find out more!
      • Josua M Sinambela
        Message 3 of 7 , Sep 1, 2008
          Mauladi wrote:

          > Berdasarkan pengalaman Josua; radio yang performancenya handal produk
          > apa ya?
          > Radionya bakalan dipake sekampus.
          > Terimakasih sarannya Josua.

          Saya kira kurang etis menyebut merek disini.
          Hanya pengalaman saya, secara umum harga perangkat radio sebanding
          dengan kualitasnya :). Yang perlu diperhatikan itu adalah spesifikasi
          yang sesuai kebutuhan, misalnya power yang dibutuhkan (berkaitan dengan
          area yang akan di jangkau), kemudahan mendapatkan konektor untuk
          antennanya (jika diperlukan antenna tambahan), Ukuran Wifi yang sesuai
          ukuran Box yang disediakan, dst.
          Btw ini sudah OOT dari topik linux, pm saya saja di ym, nanti kena marah
          moderator :) .

          --
          regards
          Josua M Sinambela, CEH™, CCNP, CCNA, Security+™
          Computer Network & Security Consultant
          Mobile: 0811 250 8780 Flexi: (0274)7810307 Home: (0274)554272
          http://josh.staff.ugm.ac.id - http://www.rootbrain.com