Belajar wireless, penggunaan radio yg tepat??

  • Mauladi
    Message 1 of 7 , Aug 30, 2008
      Assalamu'alaikum teman2

      Saat ini saya memiliki radio yang difungsikan sebagai pengakses internet.
      user-user yg menggunakan laptop konek ke radio ini dan langsung ke internet.
      begitupula user-user via kabel diarahkan ke radio yang sama untuk akses
      internet.

      Kelihatanya radio terbebani, sehingga ingin saya ubah menjadi:
      user-user laptop konek ke radio kemudian radio meneruskan semua request
      ke sebuah pc server (radio ke pc ini via kabel)
      lalu si pc ini yang meneruskan ke radio kembali dan radio meneruskan ke
      internet.
      atau
      saya membeli satu radio baru dikhususkan untuk menerima request user2
      laptop, kemudian dari radio ini
      diteruskan ke pc server (via kabel) dan dari pc server ini diteruskan
      lagi ke radio yang berbeda (ke internet)

      Bagaimana menurut teman2? mana yang lebih baik, atau ada usul? hihihi...
      maklum baru belajar... :)

      Mauladi

      FREE 3D EARTH SCREENSAVER - Watch the Earth right on your desktop!
      Check it out at http://www.inbox.com/earth
    • fathir hamdi
      Message 2 of 7 , Aug 31, 2008
        Pada 30 Agustus 2008 21:56, Mauladi <mauladi@...> menulis:
        > Assalamu'alaikum teman2
        >

        > Bagaimana menurut teman2? mana yang lebih baik, atau ada usul? hihihi...
        > maklum baru belajar... :)
        >

        > Mauladi

        maaf.. agak bingung memahami kasus cerita dari ma Mauladi..

        mungkin akan lebih mudah ngrunutnya dari yang paling luas

        Koneksi internetnya pakai radio apa kabel?
        Terus.. distribusinya.. mau di pisah menjadi radio dan kabel.. apa di
        di agregat menjadi salah satu..

        Nah.. dari perunut itu.. bisa diketahui kebutuhan sebarapa banyak radionya..

        http://fathirhamdi.wordpress.com
      • Mauladi
        Message 3 of 7 , Aug 31, 2008
          Internetnya pake wireless.
          Gini aja, kalo 1 radio dipake rame-rame sekampus dari user via wireless
          dan kabel, ada resiko terhadap radio gak?
          Ada penurunan kwalitas gak? kalo ia, gimana struktur yang benar?

          fathir hamdi wrote:

> [...]
          > di agregat menjadi salah satu..
          >
          > Nah.. dari perunut itu.. bisa diketahui kebutuhan sebarapa banyak

          FREE 3D MARINE AQUARIUM SCREENSAVER - Watch dolphins, sharks & orcas on your desktop!
          Check it out at http://www.inbox.com/marineaquarium
        • pete linux
          Message 4 of 7 , Aug 31, 2008
            Untuk share connection kamu butuh Router utk fungsi NAT, sekaligus sebagai GAteway dari local anda, banyak radio router di pasaran semisal dlink, linsys, Asus,minitar(bisa dual fungsi karena kelengkapan WDS nya) dll, tiap router tersebut hampir sama kelemahannya yaitu mudah hang (budek) kalau dah banyak mac yang nyantol alias kekurangan memory, coba Routerboard semisal seri 450,  jadi selain bisa fungsi routing, bisa aktif di hotspot, dan bisa pakai port eth nya, atau 411, yang bisa fungsi routing hotspot dhcp nya jalan, dan feature nya lengkap, yang pasti power nya lebih besar dari radio radio wireles semisal dlink, linsys, Asus, dll.. malahan bisa aktif web proxy, jadi tanpa harus menyediakan PC kusus untuk melengkapi kebutuhan anda.

            salam
            cabikhosting[dot]com

          • Josua M Sinambela
            Message 5 of 7 , Aug 31, 2008
              Mauladi wrote:

> [...]
              > lagi ke radio yang berbeda (ke internet)
              >
              > Bagaimana menurut teman2? mana yang lebih baik, atau ada usul? hihihi...

              Sebaiknya dipisah antara akses intranet (lokal network) dengan jaringan
              ke internet. Jadi sebaiknya pake pilihan kedua. Anda beli perangkat
              wireless khusus untuk intranetnya, kemudian dihubungkan ke server
              intranet. Dari server intranet ini baru di sambungkan ke jaringan
              internet via perangkat wireless satunya.
              Klo digabung, tentu saja performancenya kurang baik, karena packet
              broadcastnya menjadi besar, belum lagi bisa timbul masalah keamanan
              (virus, worm dst). Klo di pisah, bisa dilakukan filtering dan monitoring
              di server intranetnya.

              --
              regards
              Josua M Sinambela, CEH™, CCNP, CCNA, Security+™
              Message 6 of 7 , Sep 1, 2008
                Berdasarkan pengalaman Josua; radio yang performancenya handal produk
                apa ya?
                Radionya bakalan dipake sekampus.
                Terimakasih sarannya Josua.

                Josua M Sinambela wrote:

> [...]
                > Computer Network & Security Consultant
                > Mobile: 0811 250 8780 Flexy: (0274)7810307 Home: (0274)554272

                GET FREE 5GB EMAIL - Check out spam free email with many cool features!
                Visit http://www.inbox.com/email to find out more!
              • Josua M Sinambela
                Message 7 of 7 , Sep 1, 2008
                  Mauladi wrote:

                  > Berdasarkan pengalaman Josua; radio yang performancenya handal produk
                  > apa ya?
                  > Radionya bakalan dipake sekampus.
                  > Terimakasih sarannya Josua.

                  Saya kira kurang etis menyebut merek disini.
                  Hanya pengalaman saya, secara umum harga perangkat radio sebanding
                  dengan kualitasnya :). Yang perlu diperhatikan itu adalah spesifikasi
                  yang sesuai kebutuhan, misalnya power yang dibutuhkan (berkaitan dengan
                  area yang akan di jangkau), kemudahan mendapatkan konektor untuk
                  antennanya (jika diperlukan antenna tambahan), Ukuran Wifi yang sesuai
                  ukuran Box yang disediakan, dst.
                  Btw ini sudah OOT dari topik linux, pm saya saja di ym, nanti kena marah
                  moderator :) .

                  --
                  regards
                  Josua M Sinambela, CEH™, CCNP, CCNA, Security+™
                  Computer Network & Security Consultant
                  Mobile: 0811 250 8780 Flexi: (0274)7810307 Home: (0274)554272
                  http://josh.staff.ugm.ac.id - http://www.rootbrain.com