Memperbesar Partisi?

  • Amal Khairan
    Message 1 of 6 , Mar 27, 2008
      Saat ini di laptopku terdapat 3 OS, W***, Ubuntu, dan Vixta. Win** sendiri mempunyai dua partisi yakni C dan D.
      Ubuntu berada di hda5, sedang Vixta berada di hda6.
      Masalahnya, sekarang ini partisi untuk Ubuntu dah penuh sesak (cuma sktr 4,5GB). Oleh karena itu aku rencana buka Vixta atau memberikan sebagian drive D: ke Ubuntu.

      Kemarin aku dah coba pake Particion Magic (lewat windows) tapi gak bisa di RESIZE.

      Mgkn teman2 punya solusi lain?

      thanks be4

      --
      Amal Khairan

    • gandhi prima
      Message 2 of 6 , Apr 1 3:50 AM
        Bisa beri penjelasan mengenai "Ga Bisa" tersebut??
        apakah ada pesan error atau bagaimana?
        jika anda ingin me-resize partisi, usahakan anda men-defrag dahulu partisi
        yang akan di resize.
        kenapa??
        karena penyimpanan pada hardisk dilakukan secara random,
        kalo ga di defrag dulu, salah2 ada data yang ikut terhapus...

        regards

      • Amal Khairan
        Message 3 of 6 , Apr 3 2:44 AM
          Defrag? Oooo ada ya fasilitas Partition Magic untuk defrag?Baru tau aku, nanti aku cek deh.
          Kan kalo lewat fasilitas defragnya windows... partisi ext3 gak bisa dikenali.
          "Gak Bisa" artinya, setelah saya pilih partisi tempat Ubuntu GG terinstal untuk di Resize, fasilitas Resize-nya Partition Magic gak aktif. Beda kalo saya pilih drive D misalnya. Bisa.

          Mudah-mudahan Mas bisa ngerti maksud saya.

          --

          Salam

          2008/3/27 Amal Khairan <amal_khairan@ yahoo.com. sg>:

> [...]
          > drive D: ke Ubuntu.
          >
          > Kemarin aku dah coba pake Particion Magic (lewat windows) tapi gak bisa di

          <!--

          #ygrp-mkp{
          border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:14px 0px;padding:0px 14px;}
          #ygrp-mkp hr{
          border:1px solid #d8d8d8;}
          #ygrp-mkp #hd{
          color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:bold;line-height:122%;margin:10px 0px;}
          #ygrp-mkp #ads{
          margin-bottom:10px;}
          #ygrp-mkp .ad{
          padding:0 0;}
          #ygrp-mkp .ad a{
          color:#0000ff;text-decoration:none;}
          -->

          <!--

          #ygrp-sponsor #ygrp-lc{
          font-family:Arial;}
          #ygrp-sponsor #ygrp-lc #hd{
          margin:10px 0px;font-weight:bold;font-size:78%;line-height:122%;}
          #ygrp-sponsor #ygrp-lc .ad{
          margin-bottom:10px;padding:0 0;}
          -->

          <!--

          #ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:arial, helvetica, clean, sans-serif;}
          #ygrp-mlmsg select, input, textarea {font:99% arial, helvetica, clean, sans-serif;}
          #ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}
          #ygrp-text{
          font-family:Georgia;
          }
          #ygrp-text p{
          margin:0 0 1em 0;}
          #ygrp-tpmsgs{
          font-family:Arial;
          clear:both;}
          #ygrp-vitnav{
          padding-top:10px;font-family:Verdana;font-size:77%;margin:0;}
          #ygrp-vitnav a{
          padding:0 1px;}
          #ygrp-actbar{
          clear:both;margin:25px 0;white-space:nowrap;color:#666;text-align:right;}
          #ygrp-actbar .left{
          float:left;white-space:nowrap;}
          .bld{font-weight:bold;}
          #ygrp-grft{
          font-family:Verdana;font-size:77%;padding:15px 0;}
          #ygrp-ft{
          font-family:verdana;font-size:77%;border-top:1px solid #666;
          padding:5px 0;
          }
          #ygrp-mlmsg #logo{
          padding-bottom:10px;}

          #ygrp-reco {
          margin-bottom:20px;padding:0px;}
          #ygrp-reco #reco-head {
          font-weight:bold;color:#ff7900;}

          #reco-grpname{
          font-weight:bold;margin-top:10px;}
          #reco-category{
          font-size:77%;}
          #reco-desc{
          font-size:77%;}

          #ygrp-vital{
          background-color:#e0ecee;margin-bottom:20px;padding:2px 0 8px 8px;}
          #ygrp-vital #vithd{
          font-size:77%;font-family:Verdana;font-weight:bold;color:#333;text-transform:uppercase;}
          #ygrp-vital ul{
          padding:0;margin:2px 0;}
          #ygrp-vital ul li{
          list-style-type:none;clear:both;border:1px solid #e0ecee;
          }
          #ygrp-vital ul li .ct{
          font-weight:bold;color:#ff7900;float:right;width:2em;text-align:right;padding-right:.5em;}
          #ygrp-vital ul li .cat{
          font-weight:bold;}
          #ygrp-vital a{
          text-decoration:none;}

          #ygrp-vital a:hover{
          text-decoration:underline;}

          #ygrp-sponsor #hd{
          color:#999;font-size:77%;}
          #ygrp-sponsor #ov{
          padding:6px 13px;background-color:#e0ecee;margin-bottom:20px;}
          #ygrp-sponsor #ov ul{
          padding:0 0 0 8px;margin:0;}
          #ygrp-sponsor #ov li{
          list-style-type:square;padding:6px 0;font-size:77%;}
          #ygrp-sponsor #ov li a{
          text-decoration:none;font-size:130%;}
          #ygrp-sponsor #nc{
          background-color:#eee;margin-bottom:20px;padding:0 8px;}
          #ygrp-sponsor .ad{
          padding:8px 0;}
          #ygrp-sponsor .ad #hd1{
          font-family:Arial;font-weight:bold;color:#628c2a;font-size:100%;line-height:122%;}
          #ygrp-sponsor .ad a{
          text-decoration:none;}
          #ygrp-sponsor .ad a:hover{
          text-decoration:underline;}
          #ygrp-sponsor .ad p{
          margin:0;}
          o{font-size:0;}
          .MsoNormal{
          margin:0 0 0 0;}
          #ygrp-text tt{
          font-size:120%;}
          blockquote{margin:0 0 0 4px;}
          .replbq{margin:4;}
          -->

        • fathir hamdi
          Message 4 of 6 , Apr 3 7:34 PM
            Pada tanggal 03/04/08, Amal Khairan <amal_khairan@...> menulis:
> [...]
            >
            > Mudah-mudahan Mas bisa ngerti maksud saya.

            Sepertinya ini emang masih jadi masalah klasik di partition magic.
            Partition magic bisa mengenali partisi ext3 tapi TIDAK BISA melakukan
            operasi di ext3. Saya kurang mengikuti perkembangan partition magic.
            Tapi jika seperti yang anda ceritakan.. berarti sampai sekarang
            partition magic memang tidak menyelesaikan masalah operasi di partisi
            ext3 ini.

            Jika tujuannya me-resize partisi.. anda bisa mencoba Gparted yang live
            CD dan di fokuskan untuk urusan partisi-partisi.

            Selamat Mencoba.

            http://fathirhamdi.wordpress.com
          • Amal Khairan
            Message 5 of 6 , Apr 5 12:36 AM
              Pake gParted sudah mas. Yang live CD. Tapi tetap gak bisa di langsung Resize. (fasilitas Resize-nya gak aktif jika di klik di ext3 tmpt Ubuntu bercokol).

              Tapi.. kalao partisi tersebut di format dulu, baru resize-nya aktif. (sebelum di klik Apply).

              Kayaknya... saya harus rela instalasi ulang. Soalnya sekarang partisi nya gak muat lagi.

              --
              Salam

              Amal

            • aspan syahbudin
              Message 6 of 6 , Apr 6 1:39 AM
                Coba deh anda pake Saxen OS live CD. ada partisinya. mudah digunakan. cuma prosesnya agak lama.

                Amal Khairan <amal_khairan@...> wrote: Pake gParted sudah mas. Yang live CD. Tapi tetap gak bisa di langsung Resize. (fasilitas Resize-nya gak aktif jika di klik di ext3 tmpt Ubuntu bercokol).