NAT dan Firewall di LINUX

  • taufiq rahman
    Message 1 of 20 , Mar 18 10:51 PM
      Dear all member;

      Ada yang tau gak cara Setting NAT dan firewall di LINUX , Saya pake Linux UBUNTU 7.10

      Thanks & Regards

    • Rakel Rakel Tatas Rintang
      Message 2 of 20 , Mar 19 5:35 AM
        pada prinsipnya membuat nat dan firewall di linux itu sama. bedanya teknik pembuatan dan konfigurasinya saja

        Ada yang tau gak cara Setting NAT dan firewall di LINUX , Saya pake Linux UBUNTU 7.10

        Thanks & Regards

        Be a better friend, newshound, and
        know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now. http://mobile. yahoo.com/ ;_ylt=Ahu06i62sR 8HDtDypao8Wcj9tA cJ

        Message 3 of 20 , Mar 21 5:55 PM
          yup..beda distro biasanya ada sedikit configurasi yang beda (letaknya)..

          2008/3/19, Rakel Rakel Tatas Rintang <rachel_kids@...>:

          > pada prinsipnya membuat nat dan firewall di linux itu sama. bedanya
          > teknik pembuatan dan konfigurasinya saja

        • Mandahadi Kusuma
          Message 4 of 20 , Mar 23 6:41 PM

            > Linux

            ini ada sedikit contoh konfigurasi NAT..dari milis tetangga
            silahkan dibaca2..
            semoga bermanfaat

            --
            berpikir seperti sapi, bertindak seperti keledai..
            ugos official site : ugos.ugm.ac.id

          • abu bukhori
            Message 5 of 20 , Mar 24 6:04 AM
              Para Senior saya butuh bantuan...!Saya sudah
              menginstal squid...!dan sudah berhasil...!saya
              jalankan tuh servicenya,kebetulan saya letakkan file
              instalasi tersebut di /home.
              saya jalankan service squidnya /home/squid/sbin/squid.
              dan saya lihat servicenya jalan tetapi setelah saya
              lihat lagi untuk yang kedua kalinya, servicenya jadi
              gak jalan lagi.saya jalankan lagi service nya dan
              servicenya jalan tetapi setelah saya cek lagi
              servicenya kembali tidak jalan...!begitu
              seterusnya...!Kenapa yah?

              Looking for last minute shopping deals?
              Find them fast with Yahoo! Search. http://tools.search.yahoo.com/newsearch/category.php?category=shopping
            • Dedy Hariyadi
              Message 6 of 20 , Mar 24 5:47 PM
                abu bukhori wrote:
> [...]
                > gak jalan lagi.saya jalankan lagi service nya dan
                > servicenya jalan tetapi setelah saya cek lagi
                > servicenya kembali tidak jalan...!begitu

                kenapa anda tidak coba install squid yang binary saja.
                misal kalo menggunakan fedora, yum install squid
                atau ubuntu/debian, apt-get install squid

                maaf kalo tidak menjawab.
              • Yuda Nugrahadi
                Message 7 of 20 , Mar 24 5:49 PM

                  --

                  nugrahadi.pramono.info
                  flickr.com/photos/nugrahadi/

                • fathir hamdi
                  Message 8 of 20 , Mar 24 10:10 PM
> [...]
                    > gak jalan lagi.saya jalankan lagi service nya dan
                    > servicenya jalan tetapi setelah saya cek lagi
                    > servicenya kembali tidak jalan...!begitu

                    Mungkin space untuk cache dan log tidak tersedia.. mohon di cek sekali lagi

                    http://fathirhamdi.wordpress.com
                  • abu bukhori
                    Message 9 of 20 , Mar 24 10:12 PM
                      Distro yang di pakai Redhat 9, tapi kalo pake
                      /home/squid/sbin/squid -D mau yah....? dan gak mati
                      lagi squidnya..!

                      Message 10 of 20 , Mar 24 10:20 PM
                        Saya cek sih isi harddisknya total 10 GB,tinggal sisa
                        4GB....!apakah space tersebut kurang memadai....?
                        tetapi saya jalankan dengan perintah
                        /home/squid/sbin/squid -D. service nya mau jalan dan
                        tidak mati mati lagi...!kenapa yah?
                        Mohon maaf maklum awam...!

                        Message 11 of 20 , Mar 24 10:58 PM
                          Pada tanggal 25/03/08, abu bukhori <abu_alit@...> menulis:
> [...]
                          > 4GB....!apakah space tersebut kurang memadai....?
                          > tetapi saya jalankan dengan perintah
                          > /home/squid/sbin/squid -D. service nya mau jalan dan

                          Seharusnya memang squid ini dijalankan dengan opsi daemon ( -D )
                          karena dengan memberlakukan squid sebagai daemon, maka squid akan
                          berjalan di background dan akan mendengarkan setiap permintaan cache.
                          Jika squid dijalankan tanpa opsi daemon maka squid hanya berjalan
                          dikala itu saja.

                          Message 12 of 20 , Mar 24 11:48 PM
                            Tapi mas fathir, saya lihat konfigurasi punya temen
                            saya dia gak pake -D tetapi tetep jalan yah...!dan
                            saya cobain langsung tuh buat stop dan start
                            squidnya..! dan tidak ada masalah...!

> [...]

                            > berjalan di background dan akan mendengarkan setiap
                            > permintaan cache.
                            > Jika squid dijalankan tanpa opsi daemon maka squid

                            Never miss a thing. Make Yahoo your home page.
                            http://www.yahoo.com/r/hs
                          • Yuda Nugrahadi
                            Message 13 of 20 , Mar 25 3:08 AM
> [...]
                              > saya dia gak pake -D tetapi tetep jalan yah...!dan
                              > saya cobain langsung tuh buat stop dan start

                              Itu karena anda menginstall sendiri dan instalan anda tidak masuk ke
                              service (init.d atau rc.d), kalau masuk ke service nanti bisa sebagai
                              daemon dengan start. contoh : /etc/init.d/squid start atau service
                              squid start, itu karena squid tersebut bisa masuk sebagai service.
                              CMIIW

                              --

                              nugrahadi.pramono.info
                              flickr.com/photos/nugrahadi/
                            • yanto
                              Message 14 of 20 , Mar 25 9:00 PM
                                abu bukhori <abu_alit@...> wrote: Distro yang di pakai Redhat 9, tapi kalo pake
                                /home/squid/sbin/squid -D mau yah....? dan gak mati
                                lagi squidnya..!
                                mungkin cache penuh/gak ada, atau bisa jadi koneksi dari gw ke squid servernya putus, aku pernah sering ngalami kalo koneksi down, squidnya ikutan ngadat.. kali membantu

                              • abu bukhori
                                Message 15 of 20 , Mar 25 9:01 PM
                                  Makasih banya mas fathir dan mas yuda....!
                                  makasih atas sharingannya..!

                                  Message 16 of 20 , Mar 25 9:03 PM
                                    Makasih mas...!
                                    makasih atas sharingannya...!

                                    Message 17 of 20 , Mar 25 9:27 PM
> [...]
                                      > saya dia gak pake -D tetapi tetep jalan yah...!dan
                                      > saya cobain langsung tuh buat stop dan start

                                      Jika di redhat 9 anda sudah terdapat aplikasi start-stop-daemon, anda
                                      bisa mendaftarkan squid anda kedalam system sehingga dapat di jalankan
                                      dengan perintah seperti pada service lainnya.

                                      http://fathirhamdi.wordpress.com
                                    • iyan31
                                      Message 18 of 20 , Mar 27 9:51 PM
                                        --- In jogja-linux@yahoogroups.com, abu bukhori <abu_alit@...> wrote:

                                        > Makasih banya mas fathir dan mas yuda....!
                                        > makasih atas sharingannya..!

                                        ora nyambung mode: On

                                        Wah ilmu sharingan tu bisa diturunkan ya? Ato jangan2 mas Abu Bukhori
                                        itu dari klan Uchiha yg belajar dr anggota Akatsuki(Fathir+Yuda)?
                                        Hehehe....

                                        -Iyan-
                                      • nugrahadi@gmail.com
                                        Message 19 of 20 , Mar 29 1:02 AM
                                          he... he... baru tau ya? :lol:

                                          Message 20 of 20 , Apr 1, 2008
                                            Wah gak terlalu ngerti naruto....!Lebih interest ke
                                            apatar (Sunda Mode On).Hehehehee
                                            --- nugrahadi@... wrote:

                                            > he... he... baru tau ya? :lol:

                                            > jangan2 mas Abu Bukhori
                                            > Akatsuki(Fathir+Yuda)?

                                            > --
                                            >
                                            > nugrahadi.pramono.info
                                            > flickr.com/photos/nugrahadi/

                                            You rock. That's why Blockbuster's offering you one month of Blockbuster Total Access, No Cost.
                                            http://tc.deals.yahoo.com/tc/blockbuster/text5.com