Re: [jogja-linux] Re: Tanya Login gagal

  • sijhe95
    Message 1 of 20 , Apr 3, 2007
      kalo buat user baru bisa login.
      folder /tmp-nya sudah memiliki permisi rwxrwxrwxt tapi untuk login ke user
      yang satu itu (sijhe) tetap gak bisa.... :-(

      thanks

    • anto Z
      Message 2 of 20 , Apr 9, 2007
        mungkin permisi dari home sijhe bukan milik user itu sendiri.
        coba cek apakah pemisinya sudah sesuai ato belum.
        coba sesuaikan aja dengan permisi yang dimiliki oleh user satunya.
        contoh:
        misal user barumu tuh linux maka biasanya home direktorinya :
        root@linux:~# ls -l /home
        rwxr-xr-x .. linux users ..... ....... ...... .......... linux
        rwxr-xr-x .. xxxx users .... ....... ...... ........... sijhe

        ****** linux [tab 3] = nama user
        ****** users [tab 4] = nama group << tapi biasanya nama user tu sendiri >>

        jika belum sesuai dapat dirubah menggunakan perintah
        chown -- lebih jelasnya buka man chown -- :
        root@linux:~# chown -R sijhe.users sijhe

        dan coba login lagi...

        ** moga bisa membantu ***

        ato pake user baru aja..hehehehehehehe..

      • Alvonsius Albert
        Message 3 of 20 , Apr 9, 2007
[...]

          Kalao liat dari error di atas, kemungkinan permasalahan ada di modul
          xim (X Input Module, cmiiw dah). Coba uninstall module xim atau hapus
          dulu yang berbau-bau xim di folder .kde yang ada di home anda (atau
          coba saja sekalian setting ke default, rename ajah .kde menjad
          .kde_old, jangan dihapus ntar malah semua mail dan setting ilang, lalu
          login ulang).

          --
          =-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=
          Alvonsius Albert N

          "Do whatever you like, but remember to take care all the responsibilities"

          Currently Blog at http://alvonsius.blogsome.com
        • Akhmad Fathonih
          Message 4 of 20 , Apr 9, 2007
> [...]
            > There is no default input method for the current locale.
            >
            > setelah itu kembali ke menu login sehingga saya tidak bisa login.

            Google to the rescue:
            http://www.linuxforums.org/forum/linux-desktop-x-windows/59110-x-login-error.html

            --
            http://toukakouka.com | http://blog.neofreko.com | http://jogja.linux.or.id|
            http://thedotcomschool.com

          • sijhe95
            Message 5 of 20 , Apr 9, 2007
              udah saya cek permisinya udah sesuai...:-(

              Message 6 of 20 , Apr 9, 2007
                saya cek ternyata .ICEauthority-nya juga ownershipnya masih sesuai (tidak
                berubah menjadi root).
                ....:-(

              • Josua M Sinambela
                Message 7 of 20 , Apr 10, 2007
                  sijhe95 wrote:

                  > saya cek ternyata .ICEauthority-nya juga ownershipnya masih sesuai (tidak
                  > berubah menjadi root).
                  > ....:-(

                  Coba pastein isi lengkap dari ~/.xsession-errors (letaknya di home si user)

                  regards,
                  josh
                • sijhe95
                  Message 8 of 20 , Apr 10, 2007
[...]

                  • Josua M Sinambela
                    Message 9 of 20 , Apr 11, 2007
                      Cobain

                      # mkdir ~/backup
                      # mv ~/.* ~/backup

                      Restart Xnya
                      #init 3
                      #init 5

                      Message 10 of 20 , Apr 11, 2007
                        On 4/11/07, Josua M Sinambela <nightlogin@...> wrote:
                        > Cobain
                        >
                        > # mkdir ~/backup
                        > # mv ~/.* ~/backup
                        >
                        > Restart Xnya
                        > #init 3
                        > #init 5

                        Iiih si josh caranya kasar iihh (heheheh j/k)

                        --
                        =-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=

                        Message 11 of 20 , Apr 11, 2007
                          Terima kasih mas Josua skrg sudah bisa login lagi..:-) Kalo boleh tau
                          penyebabnya apa ya?
                          karena bug atau apa?

                          Terima kasih

                        • Alvonsius Albert
                          Message 12 of 20 , Apr 12, 2007
                            Sepertinya itu bermasalah dengan setting awal anda. FYI, segala file
                            atau folder yang diawali . (titik) itu sebagian besar menyimpan
                            konfigurasi untuk aplikasi-aplikasi anda. Nah termasuk di dalamnya
                            aplikasi-aplikasi yang di-load ketika membuka Desktop Manager,
                            misalnya kalau di KDE itu gw biasanya bakal ngebuka gaim, amarok, dsb
                            dsb. File-file itu akan dilihat ketika anda menjalankan aplikasi itu,
                            well ... dalam hal ini membuka sebuah desktop manager (login ke KDE)
                            adalah aksi menjalankan aplikasi juga. So, kemungkinan permasalahan
                            anda ada pada konfigurasi tersebut, ada aplikasi yang dijalankan yang
                            membuat crash (curiga saya sih XIM, melihat ke log errornya). Yang
                            dilakukan josh adalah menghilangkan file-file konfigurasi tersebut
                            (dengan cara menmindahkannya ke tempat lain) alias mengembalikan ke
                            kondisi default desktop manager anda, so konfigurasi yang di-load
                            adalah konfigurasi yang default dan aplikasi yang bikin crash tadi
                            nggak diload ...

                            yah demikian kira-kira yang terjadi ... cmiiw dah ...

                            PS: kalau anda pakai mozilla thunderbird dan kmail, silahkan dicek itu
                            isi mail-mailnya masih ada atau tidak, soalnya kalo gak salah disimpan
                            di .mozilla dan .kde/share/apps/kmail deh hehehe ...

                            Message 13 of 20 , Apr 12, 2007
                              On 4/11/07, Alvonsius Albert <alvonsius.albert@...> wrote:

                              > Iiih si josh caranya kasar iihh (heheheh j/k)

                              Itu khan "carcep".. cara cepat :)
                              Klo ada yang ilang, tinggal balikin satu persatu konfigurasi dan data
                              dari direktory backup tersebut. Mestinya errornya bisa ditelusuri
                              dari pesan logging ( ~/.xsession-errors , /var/log/* )
                              Yang pasti bukan XIMnya seperti yang Alvon bilang :p

                              Buat sijhe95 :
                              Klo komputernya di laptop, simpan folder backup tadi, terus bawa ke
                              Jemu-ah buat di coba oprek bareng anak anak, itu klo masih penasaran
                              :)

                              --
                              regards,
                              josh
                              Message 14 of 20 , Apr 12, 2007
                                On 4/12/07, Josua M Sinambela <nightlogin@...> wrote:
                                > Yang pasti bukan XIMnya seperti yang Alvon bilang :p

                                Uuupps ... hehehe, namanya juga orang curiga. wekekek ...

                                --

                              • Johanes Joko
                                Message 15 of 20 , Apr 13, 2007
                                  Sebenarnya saya masih penasaran tapi kebetulan saya sedang di Jakarta,
                                  mau saya email ternyata file-nya gede banget. mungkin kalo saya pulang
                                  ke jogja bisa saya bawa.
                                  Terima kasih