Re: [jogja-linux] Re: Tanya Login gagal

  • anto Z
    Message 1 of 20 , Apr 3, 2007
      coba buat user baru habis itu login...<< masih error ga >>

      kalo ga coba lihat permisi dari folder /tmp pake perintah ls -l /
      apakah sudah memiliki permisi rwxrwxrwt apa belum...

      kalo belum seting permisinya pake perintah chmod

      root@linux:~: chmod 7774 /tmp

      habis itu login lagi...<< masih eror ga >>

      moga bisa membantu...

      On 4/4/07, sijhe95 <sijhe95@...> wrote:

      > Space disk-nya masih banyak :
      >
      > # df -h
      > Filesystem Size Used Avail Use% Mounted on
      > /dev/hda1 5.9G 2.9G 3.0G 50% /
      > udev 122M 112K 122M 1% /dev
      > /dev/hda6 13G 3.6G 8.8G 29% /home
      >
      > kalo login pake root atau gnome failsafe masih bisa.
      > apanya kira2 ya?
      >
      > thanks

      > --
      > Using Opera's revolutionary e-mail client: http://www.opera.com/mail/

    • sijhe95
      Message 2 of 20 , Apr 3, 2007
        kalo buat user baru bisa login.
        folder /tmp-nya sudah memiliki permisi rwxrwxrwxt tapi untuk login ke user
        yang satu itu (sijhe) tetap gak bisa.... :-(

        thanks

        Message 3 of 20 , Apr 9, 2007
          mungkin permisi dari home sijhe bukan milik user itu sendiri.
          coba cek apakah pemisinya sudah sesuai ato belum.
          coba sesuaikan aja dengan permisi yang dimiliki oleh user satunya.
          contoh:
          misal user barumu tuh linux maka biasanya home direktorinya :
          root@linux:~# ls -l /home
          rwxr-xr-x .. linux users ..... ....... ...... .......... linux
          rwxr-xr-x .. xxxx users .... ....... ...... ........... sijhe

          ****** linux [tab 3] = nama user
          ****** users [tab 4] = nama group << tapi biasanya nama user tu sendiri >>

          jika belum sesuai dapat dirubah menggunakan perintah
          chown -- lebih jelasnya buka man chown -- :
          root@linux:~# chown -R sijhe.users sijhe

          dan coba login lagi...

          ** moga bisa membantu ***

          ato pake user baru aja..hehehehehehehe..

        • Alvonsius Albert
          Message 4 of 20 , Apr 9, 2007
[...]

            Kalao liat dari error di atas, kemungkinan permasalahan ada di modul
            xim (X Input Module, cmiiw dah). Coba uninstall module xim atau hapus
            dulu yang berbau-bau xim di folder .kde yang ada di home anda (atau
            coba saja sekalian setting ke default, rename ajah .kde menjad
            .kde_old, jangan dihapus ntar malah semua mail dan setting ilang, lalu
            login ulang).

            --
            =-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=
            Alvonsius Albert N

            "Do whatever you like, but remember to take care all the responsibilities"

            Currently Blog at http://alvonsius.blogsome.com
          • Akhmad Fathonih
            Message 5 of 20 , Apr 9, 2007
> [...]
              > There is no default input method for the current locale.
              >
              > setelah itu kembali ke menu login sehingga saya tidak bisa login.

              Google to the rescue:
              http://www.linuxforums.org/forum/linux-desktop-x-windows/59110-x-login-error.html

              --
              http://toukakouka.com | http://blog.neofreko.com | http://jogja.linux.or.id|
              http://thedotcomschool.com

            • sijhe95
              Message 6 of 20 , Apr 9, 2007
                udah saya cek permisinya udah sesuai...:-(

                Message 7 of 20 , Apr 9, 2007
                  saya cek ternyata .ICEauthority-nya juga ownershipnya masih sesuai (tidak
                  berubah menjadi root).
                  ....:-(

                • Josua M Sinambela
                  Message 8 of 20 , Apr 10, 2007
                    sijhe95 wrote:

                    > saya cek ternyata .ICEauthority-nya juga ownershipnya masih sesuai (tidak
                    > berubah menjadi root).
                    > ....:-(

                    Coba pastein isi lengkap dari ~/.xsession-errors (letaknya di home si user)

                    regards,
                    josh
                  • sijhe95
                    Message 9 of 20 , Apr 10, 2007
[...]

                    • Josua M Sinambela
                      Message 10 of 20 , Apr 11, 2007
                        Cobain

                        # mkdir ~/backup
                        # mv ~/.* ~/backup

                        Restart Xnya
                        #init 3
                        #init 5

                        Message 11 of 20 , Apr 11, 2007
                          On 4/11/07, Josua M Sinambela <nightlogin@...> wrote:
                          > Cobain
                          >
                          > # mkdir ~/backup
                          > # mv ~/.* ~/backup
                          >
                          > Restart Xnya
                          > #init 3
                          > #init 5

                          Iiih si josh caranya kasar iihh (heheheh j/k)

                          --
                          =-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=

                          Message 12 of 20 , Apr 11, 2007
                            Terima kasih mas Josua skrg sudah bisa login lagi..:-) Kalo boleh tau
                            penyebabnya apa ya?
                            karena bug atau apa?

                            Terima kasih

                          • Alvonsius Albert
                            Message 13 of 20 , Apr 12, 2007
                              Sepertinya itu bermasalah dengan setting awal anda. FYI, segala file
                              atau folder yang diawali . (titik) itu sebagian besar menyimpan
                              konfigurasi untuk aplikasi-aplikasi anda. Nah termasuk di dalamnya
                              aplikasi-aplikasi yang di-load ketika membuka Desktop Manager,
                              misalnya kalau di KDE itu gw biasanya bakal ngebuka gaim, amarok, dsb
                              dsb. File-file itu akan dilihat ketika anda menjalankan aplikasi itu,
                              well ... dalam hal ini membuka sebuah desktop manager (login ke KDE)
                              adalah aksi menjalankan aplikasi juga. So, kemungkinan permasalahan
                              anda ada pada konfigurasi tersebut, ada aplikasi yang dijalankan yang
                              membuat crash (curiga saya sih XIM, melihat ke log errornya). Yang
                              dilakukan josh adalah menghilangkan file-file konfigurasi tersebut
                              (dengan cara menmindahkannya ke tempat lain) alias mengembalikan ke
                              kondisi default desktop manager anda, so konfigurasi yang di-load
                              adalah konfigurasi yang default dan aplikasi yang bikin crash tadi
                              nggak diload ...

                              yah demikian kira-kira yang terjadi ... cmiiw dah ...

                              PS: kalau anda pakai mozilla thunderbird dan kmail, silahkan dicek itu
                              isi mail-mailnya masih ada atau tidak, soalnya kalo gak salah disimpan
                              di .mozilla dan .kde/share/apps/kmail deh hehehe ...

                              Message 14 of 20 , Apr 12, 2007
                                On 4/11/07, Alvonsius Albert <alvonsius.albert@...> wrote:

                                > Iiih si josh caranya kasar iihh (heheheh j/k)

                                Itu khan "carcep".. cara cepat :)
                                Klo ada yang ilang, tinggal balikin satu persatu konfigurasi dan data
                                dari direktory backup tersebut. Mestinya errornya bisa ditelusuri
                                dari pesan logging ( ~/.xsession-errors , /var/log/* )
                                Yang pasti bukan XIMnya seperti yang Alvon bilang :p

                                Buat sijhe95 :
                                Klo komputernya di laptop, simpan folder backup tadi, terus bawa ke
                                Jemu-ah buat di coba oprek bareng anak anak, itu klo masih penasaran
                                :)

                                --
                                regards,
                                josh
                                Message 15 of 20 , Apr 12, 2007
                                  On 4/12/07, Josua M Sinambela <nightlogin@...> wrote:
                                  > Yang pasti bukan XIMnya seperti yang Alvon bilang :p

                                  Uuupps ... hehehe, namanya juga orang curiga. wekekek ...

                                  --

                                • Johanes Joko
                                  Message 16 of 20 , Apr 13, 2007
                                    Sebenarnya saya masih penasaran tapi kebetulan saya sedang di Jakarta,
                                    mau saya email ternyata file-nya gede banget. mungkin kalo saya pulang
                                    ke jogja bisa saya bawa.
                                    Terima kasih