Re: [jogja-linux] Dual Linux mesti 2 /swap juga?

  • utuh^kulaliL
    Message 1 of 14 , Sep 7, 2006
      On 9/7/06, Abah Agus <abah.agus@...> wrote:

      > Untuk masalah GRUB nya bagaimana ya Mas, berarti nanti saya punya XP,
      > Ubuntu
      > dan FC.
      > Pengalaman saya jika untuk XP dan satu Linux engga pernah masalah, engga
      > tau
      > jika jadi tiga OS.
      >
      > tks,

      Insya Allah gak masalah mas, kita tingal konfigurasi Grub-nya aza trus
      tambahin opsi untuk bisa booting Linux yang lainnya...
      informasi yang diperlukan biasanya cuman :
      - letak partisi root linux yang baru
      - tetak kernel + fileinit linux yang baru
      kira-kira itu aza...

      saya pernah coba-coba ekperiment dengan 10 os dalam 1 pc dengan 1 os windows
      + 9 os Linux...
      untuk booting ke masing-masing os saya cuba perlu konfigurasi ulang Grub-nya
      aza...

      moga membantu :)

    • ahmad Rifqi
      Message 2 of 14 , Sep 7, 2006
> [...]
        >dan FC.
        >Pengalaman saya jika untuk XP dan satu Linux engga pernah >masalah, engga tau

        Untuk tiga distro atau lebih (lilo) kita tinggal mounting partisi root masing2 sistem yang nantinya akan kita tambahkan di lilo, misalkan kita mountingkan di /mnt/dev/hda3/ kemudian tinggal kita tunjukan image dari masing2 sistem tersebut di /etc/lilo.conf, misal :

        #Main distro
        image = /boot/vmlinuz
        root = /dev/hda1
        label = Slackware
        read-only
        #Distro kedua
        image = /mnt/hda3/boot/vmlinuz
        root = /dev/hda3
        label = Mandriva
        read-only
        (dan selanjutnya)
        Jadi kira2 seperti itu, kalau ada yang kurang mohon dikoreksi, dan apabila ingin menggunakan grub sebagai boot loadernya mungkin ada yang menambahkan (sorry bukan pengguna grub) :-D

      • Josua M Sinambela
        Message 3 of 14 , Sep 7, 2006
          utuh^kulaliL wrote:

> [...]
          > + 9 os Linux...
          > untuk booting ke masing-masing os saya cuba perlu konfigurasi ulang Grub-nya

          Woow.. amazing.. 10 OS pada 1 PC.
          Penggila Linux berat ya.. :)
          Bisa tau distro apa saja ? Yang paling sering kamu pake, yang pasti
          bukan windows khan :p ?

          regards,
          josh
        • Yuda Nugrahadi
          Message 4 of 14 , Sep 8, 2006
            Pada tanggal 06/09/07, Rusmanto <rusmanto@...> menulis:

            > Numpang tanya:
            > Jika hanya 1 swap, bagaimana kalau 2 Linux itu sama-sama
            > menjalankan suspend ke hard disk (hibernate)?
            > Apakah hanya berhasil utk distro yg disuspend belakangan?
            >
            > Saya baru coba hibernate utk 1 distro, belum 2 distro.
            > Rus
            >

            > Nah, ini biasanya nanti bermasalah pas bangun dari hibernatenya. misal
            pake FC dan kanotix dalam satu swap. hibernatenya dari FC kemudian
            kanotix-nya di boot. Pas kanotix di boot sih ga masalah pas balik ke fc bisa
            nyala tapi bermasalah ( error ).

          • Ir. Yahya Kurniawan
            Message 5 of 14 , Sep 8, 2006
              Kalau memang ada tujuan khusus penggunaan swap seperti hibernate dll, ya
              sebaiknya swapnya sendiri2. Tapi kalau ndak ada, pake 1 saja (menghemat
              space harddisk). Saya sekarang ada 3 distro, swapnya cuma 1 ndak masalah.

              Regards,

              Ir. Yahya Kurniawan
              =====================
              Penulis Buku Komputer
              y4hy4.blogspot.com
              =====================

              > pake FC dan kanotix dalam satu swap. hibernatenya dari FC kemudian
              > kanotix-nya di boot. Pas kanotix di boot sih ga masalah pas balik ke fc
              > bisa
              > nyala tapi bermasalah ( error ).
            • Iwan Setiawan
              Message 6 of 14 , Sep 10, 2006
                On Thursday 07 September 2006 21:17, wilfridus bambang wrote:

                > tidak perlu buat swap. dan juga klo emang partisi home terpisah, juga
                > tidak perlu dicreate yang baru. karena kan makenya juga satu2. tidak
                > sekaligus.

                Sebagai catatan, user id (uid) pada kedua distro harus sama untuk
                kepemilikan /home/user. Umumnya distro Linux menggunakan uid mulai dari 1000
                ketika menambahkan user tapi ada juga yang tidak, lha ini yang dicermati
                walaupun kasus seperti ini jarang terjadi tapi saya pernah mengalaminya
                --user stwn di kedua distro beda uid-nya :)

                Untuk mengetahui uid, gunakan perintah `id`, biasanya yang doyan masup serper
                itu dah (k)apal(an) :D

                $ id
                uid=1000(stwn) gid=100(users) groups=100(users)

                --
                "Hardware simply does not work like the manual says and no amount
                of Zen contemplation will ever make you at one with a 3c905B

                - Alan Cox
              • Iwan Setiawan
                Message 7 of 14 , Sep 10, 2006
                  On Thursday 07 September 2006 12:45, Rusmanto wrote:

                  > Numpang tanya:
                  > Jika hanya 1 swap, bagaimana kalau 2 Linux itu sama-sama
                  > menjalankan suspend ke hard disk (hibernate)?
                  > Apakah hanya berhasil utk distro yg disuspend belakangan?

                  Mestinya demikian, karena swap yang dipakai image+signature suspend-to-disk
                  dari distro pertama diinisialisasi kembali oleh distro kedua dan akhirnya
                  "ditumpuk" oleh image+signature distro kedua yang melakukan suspend-to-disk
                  juga.

                  > Saya baru coba hibernate utk 1 distro, belum 2 distro.

                  Bisa dicoba dengan filewriter? jadi distro pertama hibernate ke swap dan satu
                  lagi hibernate ke file/berkas. Sayangnya fitur filewriter setahu saya hanya
                  ada di suspend2 bukan swusp default bawaan kernel Linux official :)

                  Modelnya nanti masukkan parameter kernel 'resume2=file:/dev/hdX:0xYY' di
                  bootloader.

                  --
                  > Andrew explicitely did not want to use DMI scanner.

                  I didnt want intel to invent ACPI either. The realities in both cases dont
                  match the goals