update kernel

  • GiDEON
    Message 1 of 11 , Aug 29, 2006
      Masalah yg sering terjadi dlm update kernel shg menyebabkan "kernel panic"
      apa karena salah configure?
      aku berulang kali coba update kernel, dan berkali-kali pula "kernel panic".
      terakhir aku del file ./config. lalu aku coba konfigure lagi malah gak ada
      proses berlangsung, cuma kursor sebatang diam aja kedap-kedip bikin jengkel
      ...(huh..!)

      IMPORTANT - This email and any attachments may be confidential and privileged. If received in error, please contact Thiess and delete all copies. You may not rely on advice and documents received by email unless confirmed by a signed Thiess letter. This restriction on reliance will not apply to the extent that the above email communication is between parties to a contract and is authorised under that contract. Before opening or using attachments, check them for viruses and defects. Thiess' liability is limited to resupplying any affected attachments.

      Message 2 of 11 , Aug 29, 2006
> [...]
        > terakhir aku del file ./config. lalu aku coba konfigure lagi malah gak ada
        > proses berlangsung, cuma kursor sebatang diam aja kedap-kedip bikin

        biasanya
        1. Lupa masukkin filesystem yang dipakai kedalam kernel (sebagai modules)
        2. Lupa install modules
        3. Lupa edit lilo/grub atau salah kasih informasi
        4. Lupa bikin initrd (tidak semua distro perlu initrd)

        apa lagi ya??

        NB : Compile kernel biasanya awal2nya susah, tapi kalo dah pernah berhasil
        sekali, biasanya berhasil terus (kecuali kalo ada bug di kernel atau pas
        memang coba2 fitur2 baru). Dulu aku juga takut compile kernel sendiri, tapi
        sekarang sering banget :D

        Slack-current + 2.6.17.11

        Registered Linux User : 336579
        Web : http://www.informatix.or.id/willy/
        Blog : http://willysr.blogspot.com
      • ahmad Rifqi
        Message 3 of 11 , Aug 31, 2006
          Kalo kayak punyaku kemarin will? hehe...
          Slack-current + 2.6.17.11 <-- lom berhasil, akhirnya pindah kelain hati, ke ubuntu :-p

          Willy Sudiarto Raharjo <willysr@...> wrote: > Masalah yg sering terjadi dlm update kernel shg menyebabkan "kernel panic"
> [...]

          memang coba2 fitur2 baru). Dulu aku juga takut compile kernel sendiri, tapi

          "This is my way being a linuxer..."
          http://jogja.linux.or.id
          http://jogja.linux.or.id/wiki/

          Untuk berhenti langganan silahkan kirim email kosong ke:

          Yahoo! Groups Links

          Born to be Free (GNU/Linux).

          Message 4 of 11 , Aug 31, 2006
            > Kalo kayak punyaku kemarin will? hehe...
            > Slack-current + 2.6.17.11 <-- lom berhasil, akhirnya pindah kelain hati,
            > ke ubuntu :-p

            Maaf, Anda kurang beruntung :D

            J/K

            Registered Linux User : 336579
            Web : http://www.informatix.or.id/willy/
            Blog : http://willysr.blogspot.com
          • M.S. Lubis
            Message 5 of 11 , Aug 31, 2006
              On 31/08/06, Willy Sudiarto Raharjo <willysr@...> wrote:

              > Maaf, Anda kurang beruntung :D
              >
              > J/K

              Berdasarkan hasil coba-coba..., level update kernel yang termudah;
              1. FC.
              2. Slack.

              Masak sih gagal update kernel :).

              --
              regards,
              M.S. Lubis.
              Message 6 of 11 , Aug 31, 2006
                2006/8/30, Willy Sudiarto Raharjo <willysr@...>:

> [...]
                > memang coba2 fitur2 baru). Dulu aku juga takut compile kernel sendiri, tapi

                betul!!
                setuju banget!
                aku emang awal-awalnya agak serem juga mau ikut2-an compile kernel...
                awal2 emang sering ngalamin kernel panic.. tetapi setelah berkali-kali
                baru paham titik-titik mana yang rawan bikin kernel panic di distro
                yang aku pakai...

                karena pengalaman compile kernel inilah.. aku jadi berani coba install
                gentoo yang kernel-nya murni aku oprek sendiri... walhasil... sekarang
                gentoo-nya nganggur.. gara2 kernel-nya config-nya nggak tepat..
                huehehehe.. :D (belum ada waktu buat compile ulang)
              • milisdad
                Message 7 of 11 , Aug 31, 2006
                  M.S. Lubis wrote:
                  > Berdasarkan hasil coba-coba..., level update kernel yang termudah;
                  > 1. FC.
                  > 2. Slack.

                  Kalo di Ubuntu gimana mas?

                  http://www.milisdad.or.id
                • GiDEON
                  Message 8 of 11 , Aug 31, 2006
                    Tengs,
                    Akhirnya saya bisa update kernel.
                    Penyebab errornya saya tidak memasukkan file system. Dan tidak menjalankan
                    lilo setelah kopi image
                    (saya pake mandriva 2006.1; sebelumnya error tidak bisa mendeteksi usb disk,
                    setelah saya update bisa)
                    Kernel sekarang 2.6.16.15

                    Bagaimana cara menghapus kernel yg lama? Apa langsung didelete saja? Karena
                    saya sebelumnya membuat dua pilihan di lilo, 1 utk kernel lama, 1 utk kernel
                    baru.

                    Tengs maneh ..

                    Message 9 of 11 , Aug 31, 2006
> [...]
                      > Karena
                      > saya sebelumnya membuat dua pilihan di lilo, 1 utk kernel lama, 1 utk

                      hapus direktori kernel lama di /usr/src/<versi-kernel-lama>
                      kalo gak pake rpm -e <nama-paket-rpm-lama> kalo kernel lama pake rpm

                      Message 10 of 11 , Sep 1, 2006
                        On 01/09/06, milisdad <milisdad@...> wrote:

                        > Kalo di Ubuntu gimana mas?

                        Saya sudah pernah install Ubuntu bahkan termasuk yang beruntung yang
                        kebagian CD gratis pada masa awal-awal dulu. namun.., kayak nya saya
                        kurang interest sama distro satu ini karena seperti nya lebih mumpuni
                        di desktop, sedangkan kebutuhan saya banyak di Networking. Jadi...,
                        saya belum pernah maen-maen kernel di Ubuntu. :).

                        --
                        regards,
                        M.S. Lubis.
                        Message 11 of 11 , Sep 1, 2006

                          > Kalo di Ubuntu gimana mas?

                          Sorry.., ketinggalan :)
                          ada lagi satu distro yang agak ribet up-date kernel nya..., yaitu TSL.
                          meskipun ribet.., namun "ala bisa karena biasa..."
                          TSL ini murni Konsole dan simple bagi mereka yang mau buat router / server.

                          --
                          regards,
                          M.S. Lubis.