Belajar Linux Buat apa?

  • Kusuma
    Message 1 of 28 , Apr 6, 2006
      Saya ssering ditanyai temen2 "mas belajar Linux manfaatnya apa sih?"
      jawabnya kira2 apa coba?ada yang mau kasih saran gak?

      --
      "just try extraordinary way..."
      my writing bout linux : http://getux.com

    • milisdad
      Message 2 of 28 , Apr 6, 2006
        Kusuma wrote:

        > Saya ssering ditanyai temen2 "mas belajar Linux manfaatnya apa sih?"
        > jawabnya kira2 apa coba?ada yang mau kasih saran gak?

        kalo saya muncul pertanyaan "belajar windows manfaatnya apa sihh?"
        atao "belajar apa aja manfaatnya apa sihh??"
        Kalo saya menjelaskan ke orang lain, belajar linux biar tidak kena virus
        atau aman dari virus :)

        http://www.milisdad.or.id
      • paul dermawan
        Message 3 of 28 , Apr 7, 2006
          yeah kalau menurut aku sich belajar linux apa ya gini
          dech kira2 jika di tanyakan unutuk apa tentu masing2
          punya alasan tapi saya pikir alasan paling tepat ya
          kembali lagi liat aja kelebihan linux dibandingkan
          windows ok, nah kalau udah gitu kira2 pada saat ini
          mengapa banyak perusahaan yang pindah ke linux ya
          karna linux sekarang bukan jadi alternatif tapi jadi
          pilihan iya nggak saya aja yang nyari tenaga pengajar
          linux susah banget kok
          -------Maju terus ya linux jangan pernah
          mundur--------

          http://mail.yahoo.com
        • Riyandi Himawan
          Message 4 of 28 , Apr 7, 2006
            > Saya ssering ditanyai temen2 "mas belajar Linux manfaatnya apa sih?"
            > jawabnya kira2 apa coba?ada yang mau kasih saran gak?

            salam kenal sebelumnya...newbie nih..
            kalo gw belajar linux, pengen belajar pake barang2 halal..:)
            sampe kapan bergantung ke s/w bajakan? mau beli? ga mampu..hiks...
            daripada subhat mending yang halal biar ilmu jadi berkah....:D
          • Yuda Nugrahadi
            Message 5 of 28 , Apr 7, 2006
              On 4/7/06, Kusuma <masoema@...> wrote:

              > "mas belajar Linux manfaatnya apa sih?"

              Wah, banyak. Yang pasti saya dapet ilmu baru. Karena ilmu di dunia ini
              sangat banyak dan linux tuh cuman sebagian kueeeciiill ajah ( sama juga
              kayak windows... )

            • rifqy aboo
              Message 6 of 28 , Apr 7, 2006
                belajar linux?
                buat mengcounter window$ $$
                apalagi pola hidup kita ini mulai mematikan karakter
                bikin software dibajak gimana ndak malezz..
                blajar linux ya sebatas hobi dulu aja
                yang jelas komunitasnya asyik
                ^_^

                benykla alias rifqy

                Yuda Nugrahadi <nugrahadi@...> wrote: On 4/7/06, Kusuma <masoema@...> wrote:

                > "mas belajar Linux manfaatnya apa sih?"

                Wah, banyak. Yang pasti saya dapet ilmu baru. Karena ilmu di dunia ini
                sangat banyak dan linux tuh cuman sebagian kueeeciiill ajah ( sama juga
                kayak windows... )

                "This is my way being a linuxer..."
                http://jogja.linux.or.id
                http://jogja.linux.or.id/wiki/

                Untuk berhenti langganan silahkan kirim email kosong ke:

              • ((( KENZO )))
                Message 7 of 28 , Apr 7, 2006
                  Kalo gue ada yang tanya "Kenapa Sih Lu Mau Belajar Linux ??" ,, gue selalu jawab begini ,, ,
                  "Ibarat Orang Mengaji ,,, gue Windows-nya udah Khattam ,, jadi perlu nerusin ke Belajar Linux" . heheehe

                  --- Yuda Nugrahadi wrote: On 4/7/06, Kusuma wrote:

> [...]

                  Wah, banyak. Yang pasti saya dapet ilmu baru. Karena
                  ilmu di dunia ini
                  sangat banyak dan linux tuh cuman sebagian

                  [Non-text portions of this message have been
                  removed]

                  k3nz0o
                  $$$$$$$$$$$$$$$$$$$$
                  Linux 2.6.12-7mdk i686
                  Registered User #364974
                  http://counter.li.org
                  $$$$$$$$$$$$$$$$$$$$

                • agung bismo
                  Message 8 of 28 , Apr 7, 2006
                    On 4/8/06, ((( KENZO ))) <kenzo_deh@...> wrote:

> [...]
                    > >

                    > Wah, banyak. Yang pasti saya dapet ilmu baru. Karena
                    > ilmu di dunia ini
                    > sangat banyak dan linux tuh cuman sebagian

                    ehm.... berhubung gue gamer, maka jawabannya di Linux (sebenarnya) ga butuh
                    game, karena "Linux is the game it self" (bener ga sih bhs inggrisnya =p)
                    Linux sangat menyenangkan, asik banget deh pokoknya, AMAZING !! kayanya
                    setiap disentuh ada aja hal baru yang jadi tantangan dan menarik untuk
                    dicari jawabannya. Buat gue TOP BANGET tuh.. :)

                  • Waskito Adi
                    Message 9 of 28 , Apr 8, 2006
                      hmm
                      kalau menurutku, banyak untungnya belajar linux apalagi kalau mainannya
                      konsol. kita bisa jadi master dalam bidang jaringan. dan bisa juga
                      mengembangkan penelitian dengan linux.

                      jadi ya tergantung tujuannya apa. Ada orang yang bilang kalau LINUX itu
                      hanya mainan, sedangkan kalau melakukan hal-hal besar kita cenderung akam
                      menggunakan WIndows atau MAC. jadi tergantung kita sendiri sih.

                      On 4/8/06, agung bismo <bizzttyy@...> wrote:

> [...]
                      > dicari jawabannya. Buat gue TOP BANGET tuh.. :)

                      > - Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms of

                      __God Bless yoU__

                    • ahmad Rifqi
                      Message 10 of 28 , Apr 8, 2006
                        He2.. lagi rame ya? ikutan dong, kalo jawabanku gampang aja kok "Makan Tuh Windows Bajakan"

                      • rifqy aboo
                        Message 11 of 28 , Apr 8, 2006
                          window$ $$$
                          pembunuhan karakter banget di indonesia mah
                          ngembangin software dibajak...
                          trus akhirnya masyarakat e males berinovasi
                          ngapain gitu loh susah2 kalo ada yang murah dan gampang
                          instan instan wae mie instant

                          Benykla abu rifqy

                          ahmad Rifqi <masrifqi@...> wrote: He2.. lagi rame ya? ikutan dong, kalo jawabanku gampang aja kok "Makan Tuh Windows Bajakan"

                          "This is my way being a linuxer..."
                          http://jogja.linux.or.id
                          http://jogja.linux.or.id/wiki/

                          Untuk berhenti langganan silahkan kirim email kosong ke:

                          Linux operating system Linux system Hosting linux unix web Free linux operating system Unix operating system Unix vs linux

                        • klunxer
                          Message 12 of 28 , Apr 8, 2006
                            On 4/8/06, rifqy aboo <rifqyaboo@...> wrote:
                            > window$ $$$ > pembunuhan karakter banget di > > indonesia mah
                            > ngembangin software dibajak...

                            btw ngga je di windows aja ada *bajakmembajak*
                            kalo ngga salah make aplikasi di linux juga bisa dibajak koq :D, kaya nero dll

                            > trus akhirnya masyarakat e males berinovasi
                            > ngapain gitu loh susah2 kalo ada yang murah dan >gampang
> [...]

                            kalau saya ditanya buat apa belajar linux, IMHO :
                            hmm
                            kenapa yah...
                            bingung sih...
                            mau jawab dari mana...
                            intinya sih :D

                            soalnya setelah saya make linux
                            *many things can learned from linux*

                            jadi saya pakai atau belajar linux karena ada banyak hal lain yang
                            saya dapat pelajari dengan belajar linux

                            misalnya, belajar berbagi, belajar mengerti sesuatu secara serius dan
                            ngga sekedar buat gaya atau buat prestise aja sesama temen, dll

                            *susahbuatngejelasinnyakarenakebantakanyangbisadipelajari*

                            so.....
                            it's my humble opinion

                            --
                            registered linux user #393945
                            homepage [http://klunxer.kutakutik.or.id]
                            Message 13 of 28 , Apr 8, 2006
                              kalau nggak salah kan cuma di partisi dulu make
                              partition magic untuk filesystem dengan ext2 atau ext3
                              jadi tinggal di instal aja mandrivanya benar nggak
                              sorry ya kalau salah

                              http://mail.yahoo.com
                            • Kristianto@ksl.uajy.ac.id
                              Message 14 of 28 , Apr 8, 2006
                                hi teman, saya dari ksl uajy. Gini kami ada rencana mau ganti distro paka
                                slackware (mau disesuaikan sama praktikum SOJ) tapi kami ada masalah yakni
                                kami ga tau perintah-perintah dasarnya. Temen-temen ada yang punya modul
                                ga mengenai perintah-perintah dasar tersebut?

                                mohon bantuannya

                                salam
                                Kristianto
                              • Cahyo Purnomo
                                Message 15 of 28 , Apr 9, 2006
                                  tanya : "kenapa belajar linux ?"
                                  jawab : "iseng"

                                  tanya : "kenapa pake windows ?"
                                  jawab : "mau buat pintu gak bisa"

                                  On 4/8/06, paul dermawan <p4uld3rm4w4n@...> wrote:
> [...]
                                  > partition magic untuk filesystem dengan ext2 atau ext3
                                  > jadi tinggal di instal aja mandrivanya benar nggak

                                  Warm Regards,

                                  Cahyo P.
                                  KLAS (Kelompok Linux Arek Suroboyo)
                                  Hi-Tech Mall
                                  Jl. Kusuma Bangsa Surabaya, Jawa Timur
                                • leo Go
                                  Message 16 of 28 , Apr 9, 2006
                                    gue gak ngerti apa maksudnya.
                                    saran saya masuk ke linux@.... baca sendiri tulisan soal linux
                                    lihat perkembangan linux. pasti kamu mengerti.
                                    sebenarnya gak perlu diajarin lagi sieh.

                                    Cahyo Purnomo <c.purnomo@...> wrote: tanya : "kenapa belajar linux ?"
> [...]

                                    Linux operating system Linux system Hosting linux unix web Free linux operating system Unix operating system Unix vs linux

                                    -----
                                    Fight back spam! Download the Blue Frog.
                                    http://www.bluesecurity.com/register/s?user=bmFkaW5lX3lhbWFtb3Rv

                                    Message 17 of 28 , Apr 9, 2006
                                      kenapa belajar linux, kalau yang mudah kan biasa, linux mah buat yang
                                      mau pandai

                                    • Redy
                                      Message 18 of 28 , Apr 10, 2006
                                        Kristianto@... wrote:
> [...]
                                        > kami ga tau perintah-perintah dasarnya. Temen-temen ada yang punya modul
                                        > ga mengenai perintah-perintah dasar tersebut?
                                        dah baca Slackbook apa belom?? di http://www.slackbook.org

                                        Salam,
                                        Redy Basuki
                                        Registered Linux User #399651

                                      • fathir hamdi
                                        Message 19 of 28 , Apr 10, 2006
                                          Pada tanggal 4/7/06, Kusuma <masoema@...> menulis:
                                          > Saya ssering ditanyai temen2 "mas belajar Linux manfaatnya apa sih?"
                                          > jawabnya kira2 apa coba?ada yang mau kasih saran gak?
                                          >
                                          > --

                                          seumapama kalau jawabannya...
                                          "Untuk menguasai dunia!!!" (sambil teriak dan mengacungkan kepalan ke angkasa)
                                          kira-kira yang tanya bakal ketakutan nggak yah? :D hehehe

                                          kalau aku pribadi sih...
                                          manfaatnya banyak...
                                          lebih terasa... memahami bagaimana komputer bekerja, dan dapat
                                          beberapa analogi di system linux itu sendiri yang mirip2 dengan habit
                                          manusia..

                                          Mungkin alasaanya terlalu teknis yah... maklumlah.. aku orang geek.. :)
                                        • toink yassin
                                          Message 20 of 28 , Apr 10, 2006
                                            On 4/10/06, Redy <redy@...> wrote:

                                            > paka
> [...]

                                            makasih nih mas redy.., buat yg biasa pake Mandrake....siap2 buat
                                            'discomfortable' Slacky ( Cuci otak kata bang Lubis, tul gak bang ???)

                                          • M.S. Lubis
                                            Message 21 of 28 , Apr 10, 2006
                                              On 10/04/06, toink yassin <toink.stankonia@...> wrote:

                                              > makasih nih mas redy.., buat yg biasa pake Mandrake....siap2 buat
                                              > 'discomfortable' Slacky ( Cuci otak kata bang Lubis, tul gak bang ???)

                                              Bukan kata aku sichhh, willy mungkin yang bilang cuci otak....
                                              he he he... :D

                                              /*KarenaLinuxKeterimaKerja*\

                                              --
                                              regards,
                                              M.S. Lubis.
                                              Message 22 of 28 , Apr 10, 2006
                                                > Bukan kata aku sichhh, willy mungkin yang bilang cuci otak....

                                                STWN juga mungkin bilang begitu hehehhehee

                                                Registered Linux User : 336579
                                                Web : http://www.informatix.or.id/willy/
                                                Blog : http://willysr.blogspot.com
                                              • Redy
                                                Message 23 of 28 , Apr 10, 2006
                                                  Kristianto@... wrote:
> [...]
                                                  > kami ga tau perintah-perintah dasarnya. Temen-temen ada yang punya modul
                                                  > ga mengenai perintah-perintah dasar tersebut?
                                                  oiya, masih ada lagi di http://www.slackbasics.org/
                                                  check lagi... :)

                                                  Salam,
                                                  Redy Basuki
                                                  Registered Linux User #399651
                                                • Mauladi
                                                  Message 24 of 28 , Apr 10, 2006

                                                    Buat apa ya.... xi xi xi xi
                                                  • Redy
                                                    Message 25 of 28 , Apr 10, 2006
                                                      Kusuma wrote:
                                                      > Saya ssering ditanyai temen2 "mas belajar Linux manfaatnya apa sih?"
                                                      > jawabnya kira2 apa coba?ada yang mau kasih saran gak?
                                                      Pengen ngikut njawab juga nih, tapi dengan sedikit cerita gak apa-apa ya :P
                                                      Kalo saya belajar tu yang saya senengin aja (ngoprek, ngotak-atik
                                                      komputer), dan itu dimulai dari sejak jaman kakakku beli komputer
                                                      pertama kali tahun 1989 (kalo nggak salah 286 ya? ato sebelum itu) dulu
                                                      belajar dos prompt, main game prince of persia, prehistorik, pacman, dll :)

                                                      Trus tahun 2002 pa ya aku baru nyobain linux. Kalo diliat dari "manfaat"
                                                      waktu itu aku gak kepikiran manfaatnya apa tuh, tapi dari kesenengan aja
                                                      otak-atik, ngetik2 prompt, dll (waktu itu pake slack 8.1 apa ya?) trus
                                                      nyobain kompile kernel 2.4.? (lupa) di slackware 9.0 dst.. dst.. sampai
                                                      lupa :P

                                                      Sekarang baru terasa manfaatnya bagiku bahwa linux "menang" di server
                                                      (dan banyak yang lain dibanding Windoze), dan aku gi belajar lagi nih
                                                      mengembangkan ilmuku bikin server, walau masih seret2 dan masih butuh
                                                      banyak saran dari master2 linux yang lain :)

                                                      Opini saya, manfaat belajar linux tergantung dari pengguna, mau sekedar
                                                      nyoba2 untuk tahu, atau mau dipake buat ngetik2 doang, menghindari
                                                      lisensi software :P, pengen sistem bebas virus, pengen sistem stabil
                                                      tanpa hang dan menghindari munculnya "blue screen death"nya Win :D dsb..

                                                      CMIIW, Salam,
                                                      Redy Basuki
                                                      Registered Linux User #399651
                                                    • Iip Umar Rifai
                                                      Message 26 of 28 , Apr 10, 2006

> [...]

                                                        > manusia..

                                                        > Mungkin alasaanya terlalu teknis yah... maklumlah.. aku orang geek.. :)

                                                        Wehehe...cool...

                                                        Aku ikutan nimbrung nih..hehehe...

                                                        1. Dalam pandangan bisnis, belajar linux sangat menguntungkan sekali,
                                                        apalagi kalau perusahaannya baru, salah satunya adalah untuk keperluan expansi
                                                        perusahaan, jadi gak pusing mikiri budget buat nambah lisensi
                                                        kompie....

                                                        2. Halal (windows kalo beli..ya halal juga..), ini termasuk hal sangat
                                                        penting dalam hidup orang islam, ada hadits (saya gak tahu tingkatan
                                                        hadits ini) yang menerangkan kalau ada barang haram dalam tubuh, maka
                                                        40 hari ibadahnya tidak diterima :( secara ilmiah pun katanya memang
                                                        lamanya zat makanan yg baru kita makan benar-benar habis dalam tubuh
                                                        sekitar 40 hari...(kecuali mungkin yg jadi daging hehehe...kalo gak
                                                        tobat nasuha....mungkin amalnya gak diterima terus ehehehe...)...
                                                        (makanya bisa jadi doa-doa yang tidak terkabul gara-gara kita
                                                        menyepelekan hal-hal remeh kayak gini...hehehe...yg namanya
                                                        haram..kecil besar..ya tetep aja haram...hehehe)

                                                        Teman saya, di call sama M$,dia tanya2 soal lisensi, dijawab sama
                                                        teman saya apa adanya kalau sekitar 50-an kompie tanpa
                                                        lisensi...hehehe wal hasil dia mabok kepayang...karena jarang banget
                                                        perusahaan di indonesia ini yg mikiri lisensi...bisa dibayangkan
                                                        berapa costnya kalo mau pake XP sekitar 80-an juta, atau yg murahan
                                                        deh..win98 jadi sekitar 25-an juta..itu belum termasuk software lain yg
                                                        juga dipake...

                                                        kalau menurut saya mendingan kursusin aja satu ato dua orang buat maen
                                                        linux, paling budgetnya 3-4jt, abis itu tinggal terusin ke internal
                                                        office training, apalagi kalo kantor maenannya cuma
                                                        excel/word...

                                                        Tapi kalo duitnya banyak...yah...terusin aja deh pake windows :)

                                                        Wallahualam...

                                                        :)

                                                        *adaygulangtaonnih..taksambimakannasikusinghehehe*
                                                      • Agung nugroho
                                                        Message 27 of 28 , Apr 11, 2006
                                                          On 4/9/06, Kristianto@... <Kristianto@...> wrote:

> [...]
                                                          > kami ga tau perintah-perintah dasarnya. Temen-temen ada yang punya modul
                                                          > ga mengenai perintah-perintah dasar tersebut?

                                                          ha... ga' salah kris. bisa2 mahasiswa/mahasiswinya muntah darah (^_^!).
                                                          ha...ha... becanda. asal kamu siap aja di comment ama mahasiswanya.

                                                          aku rasa di slackbook udah cukup lengkap.

                                                          salah satu tool yang paling membantu di slackware adalah pkgtool. tool ini
                                                          sudah mencakup konfigurasi semua sistem slackware (ga' semuanya sih, kl
                                                          masukin cd tetep aj mount manual x-p).

                                                          untuk setting jaringan pake netconfig.

                                                          coba pelajari script /etc/rc.d/rc.inet1.conf.

                                                          kl pengen nge-restart semua servis yang multiuser :
                                                          # /etc/rc.d/rc.M

                                                          restart service DNS :
                                                          # /etc/rc.d/rc.bind restart

                                                          untuk kasus service yang lain kamu tinggal menyesuaikan. BTW temen saya
                                                          manda udah pernah nerbitin buku slackware (promosi :-p~) terbitan andi.

                                                          tapi kl ada waktu saya buatkan versi OL-nya.

                                                          --
                                                          regards,

                                                          agung
                                                          http://agungblog.blogspot.com | http://getux.com