JAVA

  • Tali Goci
    Message 1 of 7 , Nov 1, 2005
      To rekan rekan

      Saya lagi bingung dengan JAVA, mohon bantuan .

      1 J2EE, J2SE, J2ME, J2SDK, J2RE, JDK, JAXP, apa perbedaannya?

      2 kemarin saya install JAVA, dari petunjuk instalasinya

      ./jdkxxxxxx.rpm.bin

      terus muncul pertanyaan lisensi.

      Terbentuk jdkxxxxx.rpm

      Bagaimana seting PATH ??

      3 Setelah saya coba $java

      $javac

      bash berkata command not found?

      4 Untuk yang binari di mana seting PATHnya?

      5 Saya butuh J2EE, J2SE, J2ME, J2SDK (semua yang ada di java.sun) ada yang bisa bantu saya?

      Atau di mana waarnet yang kecepatan download kencang?

      6 Selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan.

      Matur nuwun.

      Taligoci.

      NB:waktu cek rpm –qa muncul jdkxxxxx

    • Okto Silaban
      Message 2 of 7 , Nov 2, 2005
        --- Tali Goci <talig0ci@...> wrote:

        > To rekan rekan
        >
        > Saya lagi bingung dengan JAVA, mohon bantuan .
        >
        > 1 J2EE, J2SE, J2ME, J2SDK, J2RE, JDK, JAXP, apa
        > perbedaannya?

        Waduh.., kalo dijelasin satu - satu bisa panjang
        banget. Kenapa gak coba Googling aja (biar dapat yang
        bahasa Indonesia gitu..)

        Tapi tak bantu jelasin deh (setahuku aja yah..) :
        J2EE : Java untuk aplikasi yang kelas nya Enterprise,
        semisal kayak di Yahoo! Inc, nah itu kan database nya
        sampe gigaan (mungkin Terra malah), terus akses per
        detik nya aja mungkin jutaan. jadi yang kelas tinggi
        gitu deh..

        J2SE : Java 2 Standar Edition -> Java 2 yang standar.
        Inget 2 disini bukan berarti nanti paketnya versi dua
        ya.., soalnya aku juga awalnya bingun, ditulis Java 2,
        tapi di paketnya J2SDK-1.4.2 (jadi "kalo gak salah"
        semenjak versi 1.4, java ini menjadi Java 2.

        J2ME : Untuk aplikasi mobile (yang signifikan sih
        untuk device yang memorinya kecil), misal PDA,
        HandPhone

        JDK : paket development standar Java, karena sekarang
        sudah Java 2, makanya jadinya J2SDK (Java 2 Standar
        Developemnt Kit). Jadi untuk aplikasi Java apapun
        (buat pengembangan) JDK nya ini mesti diinstal dulu,
        baru nanti ada tambahan lainnya misal : Java WTK
        (Wireless ToolKit).

        JAXP : gak tahu.. :( (blank...)

        kalo ada yg salah tolong dioreksi..

        > 2 kemarin saya install JAVA, dari petunjuk
        > instalasinya
        >
        > ./jdkxxxxxx.rpm.bin
        >
        > terus muncul pertanyaan lisensi.
        >
        > Terbentuk jdkxxxxx.rpm

        Kamu pake distro apa? Kalo distro Linux mu pake RPM
        yah udah install aja dengan : rpm -ivh jdkxxx.rpm
        (dengan root ya..)
        Ntar semua file nya (kalo di redhat/fedora) bakal
        diletakkan di /usr/share/j2sdkxxx/

        Tapi kalo menurutku sih mending download yang
        jdkxxx.bin (gak RPM).
        $ ./jdkxxx.bin
        nanti bakal terbentuk folder j2sdkxx, nah terserah
        kamu mau dicopy keman ntar folder ini, ato tetap
        disitu juga gpp.

        jadi installnya ntar manual.

        > Bagaimana seting PATH ??
        >
        > 3 Setelah saya coba $java
        >
        > $javac
        > bash berkata command not found?
        >
        > 4 Untuk yang binari di mana seting PATHnya?

        Wah.. panjang nih kalo di jelasin. Gini aja kamu liat
        aja tutorialnya di situsku
        (http://labanux.sma-tt-jambi.com). Mudah2 an membantu.

        > 5 Saya butuh J2EE, J2SE, J2ME, J2SDK (semua yang ada
        > di java.sun) ada yang bisa bantu saya?
        >
        > Atau di mana waarnet yang kecepatan download
        > kencang?

        Kalo J2SDK ada sih mirrornya tapi lupa linknya. Kalo
        gak salah sih di situsnya salah satu dosen UGM.

        Coba aja cari di Google dengan : j2sdk site:.ugm.ac.id

        > Taligoci.
        Sodaraan sama TamaGochi ya?? :D

        > NB:waktu cek rpm –qa muncul jdkxxxxx
        karena emang sebenarnya waktu rpm -ivh jdkxxx.rpm tadi
        dia bukan nginstall program, tapi cuma mengekstrak jdk
        nya jadi satu folder, terus ditempatin di /usr/share.

        Mudah2 an membantu.

        Met Idul Fitri buat semuanya..

        Okto Silaban (KMTF - UGM : http://kmtf.ft.ugm.ac.id)
        Homepage : http://labanux.sma-tt-jambi.com

        http://mail.yahoo.com
      • ekosusiloharjo
        Message 3 of 7 , Nov 6, 2005
          mas - mas, mba mba, om ada yang bisa bantu ngga,jadi
          gini nih saya lagi TA nah TA nya pake JMF itu loh JAVA
          Media Framework,ada yang bisa bantu gak untuk buat
          transmit video baik dari capture maupun dari rekaman,
          nah saya bingung setting IP nya dah googling ke
          website nya bingung juga kagak ngarti, sapa tau ajah
          temen2 di linuxer ada yang bisa bantu, yah minta
          tolong yah plz

          http://mail.yahoo.com
        • Bambang Purnomosidi D. P.
          Message 4 of 7 , Nov 6, 2005
            On Sun, 6 Nov 2005, ekosusiloharjo wrote:

> [...]
            > website nya bingung juga kagak ngarti, sapa tau ajah
            > temen2 di linuxer ada yang bisa bantu, yah minta

            Hints:
            1. Jgn meminta anggota milis untuk membuatkan tugas / PR / TA / Skripsi
            2. Sebaiknya kerjakan dulu, jika kesulitan baru posting kesini
            kesulitannya seperti apa, apa yang telah anda lakukan,
            source code, pesan error, dan data rinci lainnya
            3. Mungkin bisa posting di milis yang lebih tepat (Java User Group, dll)

            --
            bpdp
          • adre tarigan
            Message 5 of 7 , Nov 7, 2005
              kawkwakawkkaw:))
              asli gw ngakakkk
              sorii om moderator
            • Tali Goci
              Message 6 of 7 , Nov 7, 2005
                yap sekarang saya sudah bisa pake JAVA.
                mas okto matur nuwun tutorialnya, tapi ada sedikit perbedaan di seting path yakni di /usr/java/jdk1xxxx/bin/ bukan di /usr/share/j2sdkxxx/

                talig0ci.

                Okto Silaban <labanux@...> wrote:

                --- Tali Goci <talig0ci@...> wrote:

> [...]

                dia bukan nginstall program, tapi cuma mengekstrak jdk
                nya jadi satu folder, terus ditempatin di /usr/share.

                "This is my way being a linuxer..."
                http://jogja.linux.or.id
                http://jogja.linux.or.id/wiki/

                Untuk berhenti langganan silahkan kirim email kosong ke:

                Linux operating system Linux system Hosting linux unix web Free linux operating system Unix operating system Unix vs linux

              • Okto Silaban
                Message 7 of 7 , Nov 10, 2005
                  --- Tali Goci <talig0ci@...> wrote:

                  > yap sekarang saya sudah bisa pake JAVA.
                  > mas okto matur nuwun tutorialnya, tapi ada sedikit
> [...]

                  Kalo PATH depannya (/usr/share ato /usr/java) gak
                  masalah bisa beda - beda kok tiap komputer, tapi kalo
                  untuk PATH JAVA_HOME nya jangan langsung bin nya lho..
                  JAVA_HOME=/usr/java/jdk1xx
                  sedangkan "bin" nya ditambahkan di PATH nya.

                  PATH=$JAVA_HOME/bin:$PATH

                  Btw, di situsku itu kemaren ada yang kurang lengkap,
                  yaitu CLASSPATH nya. Sekarang udah ku update kok. Coba
                  liat lagi, sapa tau ada yang bisa ditambahin.

                  Okto Silaban (KMTF - UGM : http://kmtf.ft.ugm.ac.id)
                  Homepage : http://labanux.sma-tt-jambi.com

                  Yahoo! FareChase: Search multiple travel sites in one click.
                  http://farechase.yahoo.com