Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.

Re: [JPers] ADA APA DI ASMAT..

Expand Messages
  • DodyJepe
    Temans..... Di Indonesia, di bbrp lokasi memang jd daerah endemik malaria, tdk hanya papua, tapi jg flores, kalimantan, malah jawa jg bisa kena, seorang kru
    Message 1 of 23 , Nov 1, 2008
    • 0 Attachment
      Temans.....

      Di Indonesia, di bbrp lokasi memang jd daerah endemik malaria, tdk hanya papua, tapi jg flores, kalimantan, malah jawa jg bisa kena, seorang kru jp sdh kena, malah waktu trip jawa, antisipasinya ya minum obat anti malaria ada bbrp macam spt resokin, kina, vansidar dsb....itu salah satu cara tuk bisa menangkal penyakit tsb, tapi yg plg penting adalah menjaga kondisi badan kita ttp sehat dan fit, dg makan bnyk, istirahat cukup, minum vitamin, krn klo kondisi drop obat anti malaria tdk akan efektif tuk menangkal penyakit malaria klo sistem kekebalan tubuh kita sendiri sedang turun krn sdg tdk fit/sakit.

      Selama di kawasan malaria kita hrs disiplin jg kondisi badan dan rutin minum obat, sejak kuliah ampe sekarang sy pake resokin (bukan promosi nih) minum 2 butir seminggu sebelum brkt, minum lg di hari yg sama seminggu kemudian, terus tiap minggu di hr yg sama, hingga seminggu setelah plg. Alhamdulilah sampe sekarang sy blum kena malaria. Tuk jaga2, saya selalu kantongi satu bungkus (isi 4 tablet), klo ada gejala meriang, menggigil siang2 panas dan persendian pegal2 saya bom (istilahnya) lngs 4 - 5 butir tablet. Itu (kadang2) efektif tuk menangkal sebelum bibit menyebar dan menjangkiti tubuh kita.....jadi berhati-hatilah.

      Kalau segala upaya sdh dilakukan, lngs ke
      dokter, jng percaya dr yg bilang hanya demam trus kasih obat penghilang demam, lngs tes darah krn hanya itu cara utk tahu kita pos kena malaria atau tdk.

      So...berhati-hatilalah.. !! Selamat menikmati eksotisme alam, manusia dan budaya Papua.

      -----Original Message-----
      From: "Lakilaki Banget"<yani.cowo@...>
      Sent: 1/11/08 12:11:19 PM
      To: "jejakpetualang@yahoogroups.com"<jejakpetualang@yahoogroups.com>
      Subject: Re: [JPers] ADA APA DI ASMAT..
      saya ingin sekali ke papua yg katanya sangat exotic mudah2an sebagus sesuai
      apa yg dikatakan org2, dlm wkt dkt ini ada mkn saya akan dikirim ke sana utk
      tugas ktr *+* 2 bln utk mengaudit klien kami, disatu sisi seneng bgt ada
      kesempatan bisa kesana disatu sisi lain takut dgr kbr disana tingkat malaria
      sgt tinggi bahkan di papau itu termasuk jenis malaria yg sgt ganas yaitu
      malaria hutan tropis (kalau ga salah), om dody atau Jpers lain yg sdh kesana
      minta tipsnya dong antisipasi mencegah penyakit itu, thanx...

      On Sat, Nov 1, 2008 at 11:56 AM, DodyJepe <dodyjepe@...> wrote:

      > Maksudnya kota Agats di Asmat kan....bisa jd macet terutama di pasar
      > ikan....ketika nelayan dtg bawa ikan, wong jalannya selebar 1,5m dr kayu
      > semua, sementara di bawah air dan lumpur ....hehe
      >
      > Tau lebih jauh soal Agats pantengin trus JP yah...yah...yah !
      >
      >
      > -----Original Message-----
      > From: "lis_nenkgeulis"<lis_nenkgeulis@...<lis_nenkgeulis%40yahoo.co.id>
      > >
      > Sent: 1/11/08 7:44:00 AM
      > To: "jejakpetualang@yahoogroups.com <jejakpetualang%40yahoogroups.com>"<
      > jejakpetualang@yahoogroups.com <jejakpetualang%40yahoogroups.com>>
      > Subject: Re: [JPers] ADA APA DI ASMAT..
      >
      >
      > Hehehe.... [:)] gw pasti nonton juga donk.......semua yg udah liat
      > tyngannya pasti mo liat lagi pas teh RD lagi ngupil habis ambil
      > karaka.....
      >
      > wakakaka.........
      >
      > Mo nanya, jlnnya kan disana sempit bgt macet kaya di jakarta ga [:-?] ?
      >
      >
      > --- In jejakpetualang@yahoogroups.com <jejakpetualang%40yahoogroups.com>,
      > "DodyJepe" <dodyjepe@...> wrote:
      > >
      > > sy nonton dong di hotel tarakan....jadi pingin ke asmat lagi, makan
      > karaka dan ....cari bagus.
      > >
      > > -----Original Message-----
      > > From: "Riyanni Djangkaru"riyannijepe@...
      > > Sent: 31/10/08 4:16:26 PM
      > > To: "jejakpetualang@yahoogroups.com <jejakpetualang%40yahoogroups.com>"
      > jejakpetualang@yahoogroups.com <jejakpetualang%40yahoogroups.com>
      > > Subject: Re: [JPers] ADA APA DI ASMAT..
      > > sama..gw juga ga nonton..diulang doong
      > >
      > > On Fri, Oct 31, 2008 at 2:28 PM, hero supertramp herocm19@... wrote:
      > >
      > > > kohan.. gw kok ga disebut..
      > > > huhuhuu..
      > > > kan bareng gw muter2nya..
      > > >
      > > > huhuhuu.. aku juga ga nonton...
      > > > diulang dunkk edisi asmatnya..
      > > >
      > > >
      > > >
      > > > herO
      > > > -jakartapanasmacet-
      > > >
      > > >
      > > > On Thu, Oct 30, 2008 at 7:25 PM, -koHan- phoenixbiru@... wrote:
      > > >
      > > >> Aduhhhh!!!!! gak sempet nonton tipi...
      > > >> tadi siang baru mengantar Om Timmun sampe depan lobby
      > hotel...langsung
      > > >> meluncur ke juanda nemuin rera dan jendral mbenk yang baru turun
      > > >> Semeru...terus ngater sampe stasiunps turi, pulang magrib......
      > > >> asmatnya diulang dong.. :(
      > > >>
      > > >> On 10/30/08, Juppy™ Putra juppyjp@... wrote:
      > > >> > soalnya ini harinya kepiting bakau alias karaka ris,,, jadi
      > tambelonya
      > > >> ga
      > > >> > boleh ikutan masuk tipi,,, gitu,,,
      > > >> > Juppy™ -blmpernahmkantambelo-
      > > >> >
      > > >> >
      > > >> >
      > > >> > 2008/10/30 Faries brownies fariesharjo@...
      > > >> >
      > > >> >> Mantaaaabs... maen lumpur sambil nyari kepiting bakau... sempet
      > > >> nemuin
      > > >> >> tambelo, tapi kok gak dimakan?? hehehe...
      > > >> >>
      > > >> >>
      > > >> >> On 10/30/08, Riyanni Djangkaru
      > > >> >> riyannijepe@...<riyannijepe%40gmail.com>>
      > > >> >> wrote:
      > > >> >> > Buat saya, Papua selalu memiliki daya tarik tersendiri, yang
      > bahkan
      > > >> >> dengan
      > > >> >> > sadisnya membuat saya tega melewatkan kesempatan langka untuk
      > ikut
      > > >> mudik
      > > >> >> ke
      > > >> >> > tanah ibu di Garut sana.
      > > >> >> >
      > > >> >> > Pertemuan kembali dengan meja check in pesawat pada tengah
      > malam,
      > > >> koli
      > > >> >> koli
      > > >> >> > bagasi yang kembali overweight dan sebersit ingatan atas orang
      > orang
      > > >> >> > terkasih yang telah menempelkan baunya di sudut hati saya
      > dalam
      > > >> >> perpisahan
      > > >> >> > sementara , saya bertolak menuju Timika sebelum segera
      > melanjutkan
      > > >> >> > penerbangan ke tanah basah , Asmat.
      > > >> >> >
      > > >> >> > Asmat sekarang telah menjadi kabupaten baru, setelah
      > sebelumnya dalam
      > > >> >> > sua
      > > >> >> > kali pertama saya di tahun 2003 ia adalah sebuah kecamatan nun
      > jauh
      > > >> >> disana
      > > >> >> > yang bisa dicapai melalui perjalanan sungai atau penerbangan
      > pesawat
      > > >> >> kelas
      > > >> >> > dag-dig-dug ke bandara kecil serupa kantor pos di Ewer.
      > > >> >> >
      > > >> >> > Seharusnya saya bisa langsung melanjutkan penerbangan menuju
      > Ewer
      > > >> >> > begitu mendarat
      > > >> >> > di Timika, akan tetapi saya kembali terhalang masalah klasik
      > khas
      > > >> >> > penerbangan kawasan Timur, ketidakpastian jadwal berangkat
      > karena
      > > >> kuota
      > > >> >> > penumpang kurang, dan faktor alam tentunya. Pada waktu itu,
      > > >> >> > keberangkatan
      > > >> >> > saya tertunda karean faktor cuaca yang tidak mendukung, dan
      > baru bisa
      > > >> >> > berangkat dua hari kemudian, dengan catatan, kalau cuaca
      > membaik dan
      > > >> >> > kalau mendapatkan
      > > >> >> > jatah kursi..uh!
      > > >> >> >
      > > >> >> >
      > > >> >> > Penerbangan ke Asmat memakan waktu kurang lebih 45 menit. Di
      > dalam
      > > >> >> pesawat
      > > >> >> > berkapasitas 28 orang, kami digiring melewati kawasan tailing
      > nan
      > > >> luas
      > > >> >> dan
      > > >> >> > semakin melebar memakan sisi hutan di tepi sungai, hingga,
      > kawasan
      > > >> rawa
      > > >> >> yang
      > > >> >> > tertutup rapat pepohoanan dan sungai kecoklatan yang meliuk.
      > Saya
      > > >> benar
      > > >> >> > benar penasaran, seperti apa rupa Asmat setelah beberapa waktu
      > > >> berlalu.
      > > >> >> >
      > > >> >> > Bandara di Ewer kurang lebih tidak jauh berbeda dengan kali
      > pertama
      > > >> saya
      > > >> >> > kesana, mungkin yaaa..sedikit tambahan beberapa gelintir
      > bangunan
      > > >> papan
      > > >> >> di
      > > >> >> > pinggir bandara dan bebeapa bangunan kayu yang mengusam,
      > selebihnya,
      > > >> ini
      > > >> >> > adalah bandara yang sama, udara yang sama, muara sungai yang
      > sama,
      > > >> daya
      > > >> >> > magis yang sama.
      > > >> >> >
      > > >> >> > Seperti sebelumnya, dari Ewer kami melintasi muara sungai
      > menuju
      > > >> ibukota
      > > >> >> > kabupaten Asmat, Agats dengan menggunakan speedboat selama 15
      > > >> menitan.
      > > >> >> > Suasana khas Agats mulai terlihat dari kejauhan, tiang tiang
      > kayu
      > > >> besi
      > > >> >> > sebagai pondasi rumah rumah panggung terlihat mnjulanag saat
      > air meti
      > > >> >> atau
      > > >> >> > air surut. Beberapa rumah di sisi paling luar Agats tinggal
      > tersisa
      > > >> >> tiangnya
      > > >> >> > saja, abrasi pantai meluluhlantahkan sebagian dudukan dari
      > rumah
      > > >> rumah
      > > >> >> > panggung, beberapa bangunan terlihat dalam kondisi miring yang
      > > >> >> membahayakan,
      > > >> >> > jembatan jembatan kayu besi yang dipakai sebagai pengganti
      > jalan
      > > >> darat
      > > >> >> > diatas tanah becek berawa tampak lelah ditempa ribuan tapak
      > manusia
      > > >> yang
      > > >> >> > lalu lalang.
      > > >> >> >
      > > >> >> >
      > > >> >> > Sewaktu berjalan melintasi pasar, mata saya menelisik mencari
      > cari
      > > >> salah
      > > >> >> > satu andalan kawasan ini, keraka A.K.A. kepiting bakau. Dulu
      > kami
      > > >> bisa
      > > >> >> > mendapatkan minimal 8 ekor keraka ukuran lumayan besar dengan
      > harga
      > > >> 10
      > > >> >> ribu
      > > >> >> > rupiah, tapi sekarang, saya agak bertanya tanya juga, dengan
      > semakin
      > > >> >> > populernya keraka dari kawasan bakau asmat dan sekitarnya
      > sepertinya
      > > >> >> > harganya sudah lumayan naik. Bayangkan, hampir 1 ton keraka
      > keluar
      > > >> dari
      > > >> >> > Bandara Timika untuk dikirim ke Denpasar atau Jakarta untuk
      > tujuan
      > > >> >> ekspor!
      > > >> >> > Saya agak khawatir juga, jangan jangan kali ini saya tidak
      > akan
      > > >> kebagian
      > > >> >> > menyowani pencernaan saya dengan keraka.
      > > >> >> >
      > > >> >> > Saya hampir putus asa, menyusuri tepian pasar , melihat lihat
      > siapa
      > > >> tahu
      > > >> >> > masih ada keraka yang terselip dan tersisa, seorang pedagang
      > disana
      > > >> >> bilang,
      > > >> >> > memang sedang bukan musimnya, mungkin kalau di Ewer masih
      > lebih
      > > >> banyak.
      > > >> >> Wah,
      > > >> >> > masa' sudah nyebrang sampai di Agats harus balik lagi ke
      > > >> Ewer...hhh..ya
      > > >> >> > sudahlah..demi daging tebal keraka Asmat diputuskan, keesokan
      > harinya
      > > >> >> adalah
      > > >> >> > waktunya kembali ke Ewer untuk berburu keraka.
      > > >> >> >
      > > >> >> > Keraka biasa diburu ketika air sedang surut, jadi para pemburu
      > keraka
      > > >> >> biasa
      > > >> >> > melipir tepian kali berjalan di atas lumpur masuk ke dalam
      > hutan
      > > >> bakau
      > > >> >> untuk
      > > >> >> > menggali lubang lubang keraka. Hari itu berbekal sampan
      > tradisioanal,
      > > >> >> > peralatan untuk berburu keraka dan ditemani oleh para pemburu
      > > >> handalanya
      > > >> >> > tentu saja, saya masuk ke dalam kawasan anak sungai Pek di
      > dekat
      > > >> bandara
      > > >> >> > Ewer.
      > > >> >> >
      > > >> >> > Air sungai yang kecoklatan, matahari yang menusuk di sela
      > rimbunnya
      > > >> >> > pepohonan benar benar membuat saya sempat terlupa akan rencana
      > > >> >> > perburuan.
      > > >> >> > Saya malah teringat dengan seorang teman baik yang acapkali
      > saya beri
      > > >> >> kabar
      > > >> >> > mengenai cantiknya kawasan asmat, dia pasti akan senang sekali
      > jika
      > > >> >> bersama
      > > >> >> > saya berburu keraka..sayang...seperti beberapa teman lainnya,
      > ia
      > > >> pasti
      > > >> >> > sedang sibuk bingung terkurung hiruk pikuk ibu kota yang
      > sesak, dan
      > > >> saya
      > > >> >> > dengan senyum mengembang, bersama mama Panky, mama Albertha,
      > Eka dan
      > > >> >> > Ani,
      > > >> >> > masuk ke pedalaman asmat yang tenang , khidmat dan sunyi.
      > ah....what
      > > >> a
      > > >> >> life
      > > >> >> > ?... ;p
      > > >> >> >
      > > >> >> > Dalam sekali perburuan yang memakan waktu seharian, biasanya
      > para ibu
      > > >> >> > ini
      > > >> >> > mendapatkan minimal 7-10 ekor keraka. Ukurannya beragam,
      > keraka
      > > >> ukuran
      > > >> >> kecil
      > > >> >> > laku dijual dengan kisaran harga 200-3500 per ekor, sedang
      > 5000
      > > >> rupiah,
      > > >> >> > besar sekitar 10 ribu rupiah. Harga yang lumayan jika
      > dibandingkan
      > > >> >> > dengan
      > > >> >> > harga keraka di kota kota besar tentunya., apalagi kalau ikut
      > cari
      > > >> >> > sendiri..
      > > >> >> >
      > > >> >> > Saya benar benar penasaran dengan perjuangan masyarakat
      > setempat demi
      > > >> >> > mencari keraka, makanya jauh jauh dari tanah Jawa yang nyaman,
      > saya
      > > >> >> > tidak
      > > >> >> > gentar turun langsung ke dalam lumpur di tepian hutan
      > mangrove.
      > > >> Benaman
      > > >> >> > lumpur hingga sebatas paha cukup menyulitkan langkah kami yang
      > > >> >> bertelanjang
      > > >> >> > kaki. Sesekali tersandung, tersangkut atau terpekik tertahan
      > karena
      > > >> >> > menginjak patahan ranting yang menusuk di dalam lumpur. Keraka
      > > >> pertama
      > > >> >> yang
      > > >> >> > ditangkap mama Albertha bersembunyi di bawah akar pepohonan
      > bakau.
      > > >> >> > akibatnya, lubang sebesar kepalan tangan itu di korek korek
      > dengan
      > > >> >> sebatang
      > > >> >> > kayu khusus, keraka berusaha ditarik dengan semacam kaitan
      > dari besi,
      > > >> >> sampai
      > > >> >> > akhirnya, lumpur yang terlalu tebal, dikapak oleh mama Panky,
      > hingga
      > > >> >> > terbelah, dan inilah dia keraka pertama kami di anak sungai
      > Pek.
      > > >> >> >
      > > >> >> >
      > > >> >> >
      > > >> >> > Keraka berikutnya diambil dengan cara yang tidak kalah
      > keukeuhnya.
      > > >> Ada
      > > >> >> > seekor yang lumayan besar bersembunyi di dalam batang pohon
      > Rhizopora
      > > >> >> yang
      > > >> >> > keras luar biasa. Gak pusing, mama Panky dengan santainya
      > membelah
      > > >> kayu
      > > >> >> > dengan kekuatan luar biasa untuk mengambil keraka yang
      > bersembunyi.
      > > >> >> Walah!
      > > >> >> > Sampai segitunya ya..? Membelah kayu keras untuk seekor keraka
      > saja.
      > > >> >> > Tapi
      > > >> >> > inilah pasar swalayan hutan bakau, self service, menyediakan
      > berbagai
      > > >> >> > makanan yang dibutuhkan, mulai dari keraka, udang udang besar,
      > ikan ,
      > > >> >> > burung, tanaman obat sampai kayu untuk membuat rumah.Asal mau,
      > semua
      > > >> >> > bisa
      > > >> >> > didapat.
      > > >> >> >
      > > >> >> > Kembali ke keraka keraka yang sudah ditangkap. Mereka biasanya
      > diikat
      > > >> >> dengan
      > > >> >> > menggunakan tali dari akar akar tumbuhan yang biasa ada di
      > sekitar
      > > >> >> pepohonan
      > > >> >> > bakau, menyumpal bagian capit dan matanya dengan dedaunan,
      > lalu
      > > >> >> dibersihkan
      > > >> >> > dengan air sungai untuk membasuh sisa sisa lumpur di tubuhnya.
      > > >> >> >
      > > >> >> > Kami mendapatkan kurang lebih 15 ekor keraka yang habis
      > disikat dalam
      > > >> >> waktu
      > > >> >> > setengah jam saja oleh saya dan 2 teman lain.
      > > >> >> >
      > > >> >> >
      > > >> >> >
      > > >> >> > Ditemani matahari yang mulai lelah di senja hari, melancong ke
      > Asmat
      > > >> >> tanpa
      > > >> >> > menikmati keraka , percaya atau tidak, bagai air laut tanpa
      > garam.
      > > >> >> >
      > > >> >> >
      > > >> >> >
      > > >> >> > Sampai jumpa di Asmat.
      > > >> >> >
      > > >> >> > P.S : HARI INI, 30 OKT, JP ASMAT TAYANG PUKUL 16.00, KALO
      > SEMPET
      > > >> NONTON
      > > >> >> > YAAWW...
      > > >> >> >
      > > >> >>
      > > >> >> --
      > > >> >> Sent from Gmail for mobile | mobile.google.com
      > > >> >>
      > > >> >>
      > > >> >>
      > > >> >
      > > >>
      > > >>
      > > >> --
      > > >> -koHan-
      > > >> [kohan2282.multiply]
      > > >>
      > > >> ------------------------------------
      > > >>
      > > >> Share your journals & photos : http://jejakpetualang.multiply.com/
      > > >>
      > > >> Baru bergabung? lengkapi form ini ya : http://jp-form.co.cc/
      > > >>
      > > >> Ingin kenal teman-teman JPers..?? : http://member-jpers.tk/
      > > >>
      > > >> Yahoo! Groups Links
      > > >>
      > > >>
      > > >>
      > > >>
      > > >
      > > >
      > >
      >
      >
      >
      >
      >
    • dee 4na
      om dod...thanks bgt inpo nya,nanya donk.......mank klo kt dah pernah kna malaria skali aja,bdn kt langsung ringkih ya...dan slalu gampang kna pnyakit? ... -- ^
      Message 2 of 23 , Nov 1, 2008
      • 0 Attachment
        om dod...thanks bgt inpo nya,nanya donk.......mank klo kt dah pernah
        kna malaria skali aja,bdn kt langsung ringkih ya...dan slalu gampang
        kna pnyakit?

        On 11/1/08, DodyJepe <dodyjepe@...> wrote:
        > Temans.....
        >
        > Di Indonesia, di bbrp lokasi memang jd daerah endemik malaria, tdk hanya
        > papua, tapi jg flores, kalimantan, malah jawa jg bisa kena, seorang kru jp
        > sdh kena, malah waktu trip jawa, antisipasinya ya minum obat anti malaria
        > ada bbrp macam spt resokin, kina, vansidar dsb....itu salah satu cara tuk
        > bisa menangkal penyakit tsb, tapi yg plg penting adalah menjaga kondisi
        > badan kita ttp sehat dan fit, dg makan bnyk, istirahat cukup, minum vitamin,
        > krn klo kondisi drop obat anti malaria tdk akan efektif tuk menangkal
        > penyakit malaria klo sistem kekebalan tubuh kita sendiri sedang turun krn
        > sdg tdk fit/sakit.
        >
        > Selama di kawasan malaria kita hrs disiplin jg kondisi badan dan rutin minum
        > obat, sejak kuliah ampe sekarang sy pake resokin (bukan promosi nih) minum 2
        > butir seminggu sebelum brkt, minum lg di hari yg sama seminggu kemudian,
        > terus tiap minggu di hr yg sama, hingga seminggu setelah plg. Alhamdulilah
        > sampe sekarang sy blum kena malaria. Tuk jaga2, saya selalu kantongi satu
        > bungkus (isi 4 tablet), klo ada gejala meriang, menggigil siang2 panas dan
        > persendian pegal2 saya bom (istilahnya) lngs 4 - 5 butir tablet. Itu
        > (kadang2) efektif tuk menangkal sebelum bibit menyebar dan menjangkiti tubuh
        > kita.....jadi berhati-hatilah.
        >
        > Kalau segala upaya sdh dilakukan, lngs ke
        > dokter, jng percaya dr yg bilang hanya demam trus kasih obat penghilang
        > demam, lngs tes darah krn hanya itu cara utk tahu kita pos kena malaria atau
        > tdk.
        >
        > So...berhati-hatilalah.. !! Selamat menikmati eksotisme alam, manusia dan
        > budaya Papua.
        >
        > -----Original Message-----
        > From: "Lakilaki Banget"<yani.cowo@...>
        > Sent: 1/11/08 12:11:19 PM
        > To: "jejakpetualang@yahoogroups.com"<jejakpetualang@yahoogroups.com>
        > Subject: Re: [JPers] ADA APA DI ASMAT..
        > saya ingin sekali ke papua yg katanya sangat exotic mudah2an sebagus
        > sesuai
        > apa yg dikatakan org2, dlm wkt dkt ini ada mkn saya akan dikirim ke sana
        > utk
        > tugas ktr *+* 2 bln utk mengaudit klien kami, disatu sisi seneng bgt ada
        > kesempatan bisa kesana disatu sisi lain takut dgr kbr disana tingkat
        > malaria
        > sgt tinggi bahkan di papau itu termasuk jenis malaria yg sgt ganas yaitu
        > malaria hutan tropis (kalau ga salah), om dody atau Jpers lain yg sdh
        > kesana
        > minta tipsnya dong antisipasi mencegah penyakit itu, thanx...
        >
        > On Sat, Nov 1, 2008 at 11:56 AM, DodyJepe <dodyjepe@...> wrote:
        >
        > > Maksudnya kota Agats di Asmat kan....bisa jd macet terutama di pasar
        > > ikan....ketika nelayan dtg bawa ikan, wong jalannya selebar 1,5m dr
        > kayu
        > > semua, sementara di bawah air dan lumpur ....hehe
        > >
        > > Tau lebih jauh soal Agats pantengin trus JP yah...yah...yah !
        > >
        > >
        > > -----Original Message-----
        > > From:
        > "lis_nenkgeulis"<lis_nenkgeulis@...<lis_nenkgeulis%40yahoo.co.id>
        > > >
        > > Sent: 1/11/08 7:44:00 AM
        > > To: "jejakpetualang@yahoogroups.com
        > <jejakpetualang%40yahoogroups.com>"<
        > > jejakpetualang@yahoogroups.com <jejakpetualang%40yahoogroups.com>>
        > > Subject: Re: [JPers] ADA APA DI ASMAT..
        > >
        > >
        > > Hehehe.... [:)] gw pasti nonton juga donk.......semua yg udah liat
        > > tyngannya pasti mo liat lagi pas teh RD lagi ngupil habis ambil
        > > karaka.....
        > >
        > > wakakaka.........
        > >
        > > Mo nanya, jlnnya kan disana sempit bgt macet kaya di jakarta ga [:-?]
        > ?
        > >
        > >
        > > --- In jejakpetualang@yahoogroups.com
        > <jejakpetualang%40yahoogroups.com>,
        > > "DodyJepe" <dodyjepe@...> wrote:
        > > >
        > > > sy nonton dong di hotel tarakan....jadi pingin ke asmat lagi, makan
        > > karaka dan ....cari bagus.
        > > >
        > > > -----Original Message-----
        > > > From: "Riyanni Djangkaru"riyannijepe@...
        > > > Sent: 31/10/08 4:16:26 PM
        > > > To: "jejakpetualang@yahoogroups.com
        > <jejakpetualang%40yahoogroups.com>"
        > > jejakpetualang@yahoogroups.com <jejakpetualang%40yahoogroups.com>
        > > > Subject: Re: [JPers] ADA APA DI ASMAT..
        > > > sama..gw juga ga nonton..diulang doong
        > > >
        > > > On Fri, Oct 31, 2008 at 2:28 PM, hero supertramp herocm19@... wrote:
        > > >
        > > > > kohan.. gw kok ga disebut..
        > > > > huhuhuu..
        > > > > kan bareng gw muter2nya..
        > > > >
        > > > > huhuhuu.. aku juga ga nonton...
        > > > > diulang dunkk edisi asmatnya..
        > > > >
        > > > >
        > > > >
        > > > > herO
        > > > > -jakartapanasmacet-
        > > > >
        > > > >
        > > > > On Thu, Oct 30, 2008 at 7:25 PM, -koHan- phoenixbiru@... wrote:
        > > > >
        > > > >> Aduhhhh!!!!! gak sempet nonton tipi...
        > > > >> tadi siang baru mengantar Om Timmun sampe depan lobby
        > > hotel...langsung
        > > > >> meluncur ke juanda nemuin rera dan jendral mbenk yang baru turun
        > > > >> Semeru...terus ngater sampe stasiunps turi, pulang magrib......
        > > > >> asmatnya diulang dong.. :(
        > > > >>
        > > > >> On 10/30/08, Juppy™ Putra juppyjp@... wrote:
        > > > >> > soalnya ini harinya kepiting bakau alias karaka ris,,, jadi
        > > tambelonya
        > > > >> ga
        > > > >> > boleh ikutan masuk tipi,,, gitu,,,
        > > > >> > Juppy™ -blmpernahmkantambelo-
        > > > >> >
        > > > >> >
        > > > >> >
        > > > >> > 2008/10/30 Faries brownies fariesharjo@...
        > > > >> >
        > > > >> >> Mantaaaabs... maen lumpur sambil nyari kepiting bakau...
        > sempet
        > > > >> nemuin
        > > > >> >> tambelo, tapi kok gak dimakan?? hehehe...
        > > > >> >>
        > > > >> >>
        > > > >> >> On 10/30/08, Riyanni Djangkaru
        > > > >> >> riyannijepe@...<riyannijepe%40gmail.com>>
        > > > >> >> wrote:
        > > > >> >> > Buat saya, Papua selalu memiliki daya tarik tersendiri, yang
        > > bahkan
        > > > >> >> dengan
        > > > >> >> > sadisnya membuat saya tega melewatkan kesempatan langka
        > untuk
        > > ikut
        > > > >> mudik
        > > > >> >> ke
        > > > >> >> > tanah ibu di Garut sana.
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > Pertemuan kembali dengan meja check in pesawat pada tengah
        > > malam,
        > > > >> koli
        > > > >> >> koli
        > > > >> >> > bagasi yang kembali overweight dan sebersit ingatan atas
        > orang
        > > orang
        > > > >> >> > terkasih yang telah menempelkan baunya di sudut hati saya
        > > dalam
        > > > >> >> perpisahan
        > > > >> >> > sementara , saya bertolak menuju Timika sebelum segera
        > > melanjutkan
        > > > >> >> > penerbangan ke tanah basah , Asmat.
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > Asmat sekarang telah menjadi kabupaten baru, setelah
        > > sebelumnya dalam
        > > > >> >> > sua
        > > > >> >> > kali pertama saya di tahun 2003 ia adalah sebuah kecamatan
        > nun
        > > jauh
        > > > >> >> disana
        > > > >> >> > yang bisa dicapai melalui perjalanan sungai atau penerbangan
        > > pesawat
        > > > >> >> kelas
        > > > >> >> > dag-dig-dug ke bandara kecil serupa kantor pos di Ewer.
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > Seharusnya saya bisa langsung melanjutkan penerbangan menuju
        > > Ewer
        > > > >> >> > begitu mendarat
        > > > >> >> > di Timika, akan tetapi saya kembali terhalang masalah klasik
        > > khas
        > > > >> >> > penerbangan kawasan Timur, ketidakpastian jadwal berangkat
        > > karena
        > > > >> kuota
        > > > >> >> > penumpang kurang, dan faktor alam tentunya. Pada waktu itu,
        > > > >> >> > keberangkatan
        > > > >> >> > saya tertunda karean faktor cuaca yang tidak mendukung, dan
        > > baru bisa
        > > > >> >> > berangkat dua hari kemudian, dengan catatan, kalau cuaca
        > > membaik dan
        > > > >> >> > kalau mendapatkan
        > > > >> >> > jatah kursi..uh!
        > > > >> >> >
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > Penerbangan ke Asmat memakan waktu kurang lebih 45 menit. Di
        > > dalam
        > > > >> >> pesawat
        > > > >> >> > berkapasitas 28 orang, kami digiring melewati kawasan
        > tailing
        > > nan
        > > > >> luas
        > > > >> >> dan
        > > > >> >> > semakin melebar memakan sisi hutan di tepi sungai, hingga,
        > > kawasan
        > > > >> rawa
        > > > >> >> yang
        > > > >> >> > tertutup rapat pepohoanan dan sungai kecoklatan yang meliuk.
        > > Saya
        > > > >> benar
        > > > >> >> > benar penasaran, seperti apa rupa Asmat setelah beberapa
        > waktu
        > > > >> berlalu.
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > Bandara di Ewer kurang lebih tidak jauh berbeda dengan kali
        > > pertama
        > > > >> saya
        > > > >> >> > kesana, mungkin yaaa..sedikit tambahan beberapa gelintir
        > > bangunan
        > > > >> papan
        > > > >> >> di
        > > > >> >> > pinggir bandara dan bebeapa bangunan kayu yang mengusam,
        > > selebihnya,
        > > > >> ini
        > > > >> >> > adalah bandara yang sama, udara yang sama, muara sungai yang
        > > sama,
        > > > >> daya
        > > > >> >> > magis yang sama.
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > Seperti sebelumnya, dari Ewer kami melintasi muara sungai
        > > menuju
        > > > >> ibukota
        > > > >> >> > kabupaten Asmat, Agats dengan menggunakan speedboat selama
        > 15
        > > > >> menitan.
        > > > >> >> > Suasana khas Agats mulai terlihat dari kejauhan, tiang tiang
        > > kayu
        > > > >> besi
        > > > >> >> > sebagai pondasi rumah rumah panggung terlihat mnjulanag saat
        > > air meti
        > > > >> >> atau
        > > > >> >> > air surut. Beberapa rumah di sisi paling luar Agats tinggal
        > > tersisa
        > > > >> >> tiangnya
        > > > >> >> > saja, abrasi pantai meluluhlantahkan sebagian dudukan dari
        > > rumah
        > > > >> rumah
        > > > >> >> > panggung, beberapa bangunan terlihat dalam kondisi miring
        > yang
        > > > >> >> membahayakan,
        > > > >> >> > jembatan jembatan kayu besi yang dipakai sebagai pengganti
        > > jalan
        > > > >> darat
        > > > >> >> > diatas tanah becek berawa tampak lelah ditempa ribuan tapak
        > > manusia
        > > > >> yang
        > > > >> >> > lalu lalang.
        > > > >> >> >
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > Sewaktu berjalan melintasi pasar, mata saya menelisik
        > mencari
        > > cari
        > > > >> salah
        > > > >> >> > satu andalan kawasan ini, keraka A.K.A. kepiting bakau. Dulu
        > > kami
        > > > >> bisa
        > > > >> >> > mendapatkan minimal 8 ekor keraka ukuran lumayan besar
        > dengan
        > > harga
        > > > >> 10
        > > > >> >> ribu
        > > > >> >> > rupiah, tapi sekarang, saya agak bertanya tanya juga, dengan
        > > semakin
        > > > >> >> > populernya keraka dari kawasan bakau asmat dan sekitarnya
        > > sepertinya
        > > > >> >> > harganya sudah lumayan naik. Bayangkan, hampir 1 ton keraka
        > > keluar
        > > > >> dari
        > > > >> >> > Bandara Timika untuk dikirim ke Denpasar atau Jakarta untuk
        > > tujuan
        > > > >> >> ekspor!
        > > > >> >> > Saya agak khawatir juga, jangan jangan kali ini saya tidak
        > > akan
        > > > >> kebagian
        > > > >> >> > menyowani pencernaan saya dengan keraka.
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > Saya hampir putus asa, menyusuri tepian pasar , melihat
        > lihat
        > > siapa
        > > > >> tahu
        > > > >> >> > masih ada keraka yang terselip dan tersisa, seorang pedagang
        > > disana
        > > > >> >> bilang,
        > > > >> >> > memang sedang bukan musimnya, mungkin kalau di Ewer masih
        > > lebih
        > > > >> banyak.
        > > > >> >> Wah,
        > > > >> >> > masa' sudah nyebrang sampai di Agats harus balik lagi ke
        > > > >> Ewer...hhh..ya
        > > > >> >> > sudahlah..demi daging tebal keraka Asmat diputuskan,
        > keesokan
        > > harinya
        > > > >> >> adalah
        > > > >> >> > waktunya kembali ke Ewer untuk berburu keraka.
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > Keraka biasa diburu ketika air sedang surut, jadi para
        > pemburu
        > > keraka
        > > > >> >> biasa
        > > > >> >> > melipir tepian kali berjalan di atas lumpur masuk ke dalam
        > > hutan
        > > > >> bakau
        > > > >> >> untuk
        > > > >> >> > menggali lubang lubang keraka. Hari itu berbekal sampan
        > > tradisioanal,
        > > > >> >> > peralatan untuk berburu keraka dan ditemani oleh para
        > pemburu
        > > > >> handalanya
        > > > >> >> > tentu saja, saya masuk ke dalam kawasan anak sungai Pek di
        > > dekat
        > > > >> bandara
        > > > >> >> > Ewer.
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > Air sungai yang kecoklatan, matahari yang menusuk di sela
        > > rimbunnya
        > > > >> >> > pepohonan benar benar membuat saya sempat terlupa akan
        > rencana
        > > > >> >> > perburuan.
        > > > >> >> > Saya malah teringat dengan seorang teman baik yang acapkali
        > > saya beri
        > > > >> >> kabar
        > > > >> >> > mengenai cantiknya kawasan asmat, dia pasti akan senang
        > sekali
        > > jika
        > > > >> >> bersama
        > > > >> >> > saya berburu keraka..sayang...seperti beberapa teman
        > lainnya,
        > > ia
        > > > >> pasti
        > > > >> >> > sedang sibuk bingung terkurung hiruk pikuk ibu kota yang
        > > sesak, dan
        > > > >> saya
        > > > >> >> > dengan senyum mengembang, bersama mama Panky, mama Albertha,
        > > Eka dan
        > > > >> >> > Ani,
        > > > >> >> > masuk ke pedalaman asmat yang tenang , khidmat dan sunyi.
        > > ah....what
        > > > >> a
        > > > >> >> life
        > > > >> >> > ?... ;p
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > Dalam sekali perburuan yang memakan waktu seharian, biasanya
        > > para ibu
        > > > >> >> > ini
        > > > >> >> > mendapatkan minimal 7-10 ekor keraka. Ukurannya beragam,
        > > keraka
        > > > >> ukuran
        > > > >> >> kecil
        > > > >> >> > laku dijual dengan kisaran harga 200-3500 per ekor, sedang
        > > 5000
        > > > >> rupiah,
        > > > >> >> > besar sekitar 10 ribu rupiah. Harga yang lumayan jika
        > > dibandingkan
        > > > >> >> > dengan
        > > > >> >> > harga keraka di kota kota besar tentunya., apalagi kalau
        > ikut
        > > cari
        > > > >> >> > sendiri..
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > Saya benar benar penasaran dengan perjuangan masyarakat
        > > setempat demi
        > > > >> >> > mencari keraka, makanya jauh jauh dari tanah Jawa yang
        > nyaman,
        > > saya
        > > > >> >> > tidak
        > > > >> >> > gentar turun langsung ke dalam lumpur di tepian hutan
        > > mangrove.
        > > > >> Benaman
        > > > >> >> > lumpur hingga sebatas paha cukup menyulitkan langkah kami
        > yang
        > > > >> >> bertelanjang
        > > > >> >> > kaki. Sesekali tersandung, tersangkut atau terpekik tertahan
        > > karena
        > > > >> >> > menginjak patahan ranting yang menusuk di dalam lumpur.
        > Keraka
        > > > >> pertama
        > > > >> >> yang
        > > > >> >> > ditangkap mama Albertha bersembunyi di bawah akar pepohonan
        > > bakau.
        > > > >> >> > akibatnya, lubang sebesar kepalan tangan itu di korek korek
        > > dengan
        > > > >> >> sebatang
        > > > >> >> > kayu khusus, keraka berusaha ditarik dengan semacam kaitan
        > > dari besi,
        > > > >> >> sampai
        > > > >> >> > akhirnya, lumpur yang terlalu tebal, dikapak oleh mama
        > Panky,
        > > hingga
        > > > >> >> > terbelah, dan inilah dia keraka pertama kami di anak sungai
        > > Pek.
        > > > >> >> >
        > > > >> >> >
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > Keraka berikutnya diambil dengan cara yang tidak kalah
        > > keukeuhnya.
        > > > >> Ada
        > > > >> >> > seekor yang lumayan besar bersembunyi di dalam batang pohon
        > > Rhizopora
        > > > >> >> yang
        > > > >> >> > keras luar biasa. Gak pusing, mama Panky dengan santainya
        > > membelah
        > > > >> kayu
        > > > >> >> > dengan kekuatan luar biasa untuk mengambil keraka yang
        > > bersembunyi.
        > > > >> >> Walah!
        > > > >> >> > Sampai segitunya ya..? Membelah kayu keras untuk seekor
        > keraka
        > > saja.
        > > > >> >> > Tapi
        > > > >> >> > inilah pasar swalayan hutan bakau, self service, menyediakan
        > > berbagai
        > > > >> >> > makanan yang dibutuhkan, mulai dari keraka, udang udang
        > besar,
        > > ikan ,
        > > > >> >> > burung, tanaman obat sampai kayu untuk membuat rumah.Asal
        > mau,
        > > semua
        > > > >> >> > bisa
        > > > >> >> > didapat.
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > Kembali ke keraka keraka yang sudah ditangkap. Mereka
        > biasanya
        > > diikat
        > > > >> >> dengan
        > > > >> >> > menggunakan tali dari akar akar tumbuhan yang biasa ada di
        > > sekitar
        > > > >> >> pepohonan
        > > > >> >> > bakau, menyumpal bagian capit dan matanya dengan dedaunan,
        > > lalu
        > > > >> >> dibersihkan
        > > > >> >> > dengan air sungai untuk membasuh sisa sisa lumpur di
        > tubuhnya.
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > Kami mendapatkan kurang lebih 15 ekor keraka yang habis
        > > disikat dalam
        > > > >> >> waktu
        > > > >> >> > setengah jam saja oleh saya dan 2 teman lain.
        > > > >> >> >
        > > > >> >> >
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > Ditemani matahari yang mulai lelah di senja hari, melancong
        > ke
        > > Asmat
        > > > >> >> tanpa
        > > > >> >> > menikmati keraka , percaya atau tidak, bagai air laut tanpa
        > > garam.
        > > > >> >> >
        > > > >> >> >
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > Sampai jumpa di Asmat.
        > > > >> >> >
        > > > >> >> > P.S : HARI INI, 30 OKT, JP ASMAT TAYANG PUKUL 16.00, KALO
        > > SEMPET
        > > > >> NONTON
        > > > >> >> > YAAWW...
        > > > >> >> >
        > > > >> >>
        > > > >> >> --
        > > > >> >> Sent from Gmail for mobile | mobile.google.com
        > > > >> >>
        > > > >> >>
        > > > >> >>
        > > > >> >
        > > > >>
        > > > >>
        > > > >> --
        > > > >> -koHan-
        > > > >> [kohan2282.multiply]
        > > > >>
        > > > >> ------------------------------------
        > > > >>
        > > > >> Share your journals & photos :
        > http://jejakpetualang.multiply.com/
        > > > >>
        > > > >> Baru bergabung? lengkapi form ini ya : http://jp-form.co.cc/
        > > > >>
        > > > >> Ingin kenal teman-teman JPers..?? : http://member-jpers.tk/
        > > > >>
        > > > >> Yahoo! Groups Links
        > > > >>
        > > > >>
        > > > >>
        > > > >>
        > > > >
        > > > >
        > > >
        > >
        > >
        > >
        > >
        > >
        >
        >
        >


        --


        ^ Diana ^
        ~ No mountain is too high to climb when you trust in yourself and believe ~
      • Lakilaki Banget
        trimakasi om dody dan mas aji, setau saya, yg udah kena malaria bibit itu akan ada dalam tubuh kita seumur hidup, dianjurkan selalu jaga kesehatan biar fit
        Message 3 of 23 , Nov 1, 2008
        • 0 Attachment
          trimakasi om dody dan mas aji, setau saya, yg udah kena malaria bibit itu akan ada dalam tubuh kita seumur hidup, dianjurkan selalu jaga kesehatan biar fit trus, makanya saya takut akan penyakit itu, penyakit itu akan teridenfikasi kalau kita sudah parah, dan di indonesia yg ada lab malaria hanya di rs cipto saja, trimakasih tips dan pengalamannya...

          On Sat, Nov 1, 2008 at 3:01 PM, dee 4na <d334na@...> wrote:
          om dod...thanks bgt inpo nya,nanya donk.......mank klo kt dah pernah
          kna malaria skali aja,bdn kt langsung ringkih ya...dan slalu gampang
          kna pnyakit?

          On 11/1/08, DodyJepe <dodyjepe@...> wrote:
          > Temans.....
          >
          > Di Indonesia, di bbrp lokasi memang  jd daerah endemik malaria, tdk hanya
          > papua, tapi jg flores, kalimantan, malah jawa jg bisa kena, seorang kru jp
          > sdh kena, malah waktu trip jawa, antisipasinya ya minum obat anti malaria
          > ada bbrp macam spt resokin, kina, vansidar dsb....itu salah satu cara tuk
          > bisa menangkal penyakit tsb, tapi yg plg penting adalah menjaga kondisi
          > badan kita ttp sehat dan fit, dg makan bnyk, istirahat cukup, minum vitamin,
          > krn klo kondisi drop obat anti malaria tdk akan efektif tuk menangkal
          > penyakit malaria klo sistem kekebalan tubuh kita sendiri sedang turun krn
          > sdg tdk fit/sakit.
          >
          > Selama di kawasan malaria kita hrs disiplin jg kondisi badan dan rutin minum
          > obat, sejak kuliah ampe sekarang sy pake resokin (bukan promosi nih) minum 2
          > butir seminggu sebelum brkt, minum lg di hari yg sama seminggu kemudian,
          > terus tiap minggu di hr yg sama, hingga seminggu setelah plg. Alhamdulilah
          > sampe sekarang sy blum kena malaria. Tuk jaga2, saya selalu kantongi satu
          > bungkus (isi 4 tablet), klo ada gejala meriang, menggigil siang2 panas dan
          > persendian pegal2 saya bom (istilahnya) lngs 4 - 5 butir tablet. Itu
          > (kadang2) efektif tuk menangkal sebelum bibit menyebar dan menjangkiti tubuh
          > kita.....jadi berhati-hatilah.
          >
          > Kalau segala upaya sdh dilakukan, lngs ke
          > dokter, jng percaya dr yg bilang hanya demam trus kasih obat penghilang
          > demam, lngs tes darah krn hanya itu cara utk tahu kita pos kena malaria atau
          > tdk.
          >
          > So...berhati-hatilalah.. !! Selamat menikmati eksotisme alam, manusia dan
          > budaya Papua.
          >
          > -----Original Message-----
          >     From: "Lakilaki Banget"<yani.cowo@...>
          >     Sent: 1/11/08 12:11:19 PM
          >     To: "jejakpetualang@yahoogroups.com"<jejakpetualang@yahoogroups.com>
          >     Subject: Re: [JPers] ADA APA DI ASMAT..
          >       saya ingin sekali ke papua yg katanya sangat exotic mudah2an sebagus
          > sesuai
          >     apa yg dikatakan org2, dlm wkt dkt ini ada mkn saya akan dikirim ke sana
          > utk
          >     tugas ktr *+* 2 bln utk mengaudit klien kami, disatu sisi seneng bgt ada
          >     kesempatan bisa kesana disatu sisi lain takut dgr kbr disana tingkat
          > malaria
          >     sgt tinggi bahkan di papau itu termasuk jenis malaria yg sgt ganas yaitu
          >     malaria hutan tropis (kalau ga salah), om dody atau Jpers lain yg sdh
          > kesana
          >     minta tipsnya dong antisipasi mencegah penyakit itu, thanx...
          >
          >     On Sat, Nov 1, 2008 at 11:56 AM, DodyJepe <dodyjepe@...> wrote:
          >
          >     >   Maksudnya kota Agats di Asmat kan....bisa jd macet terutama di pasar
          >     > ikan....ketika nelayan dtg bawa ikan, wong jalannya selebar 1,5m dr
          > kayu
          >     > semua, sementara di bawah air dan lumpur ....hehe
          >     >
          >     > Tau lebih jauh soal Agats pantengin trus JP yah...yah...yah !
          >     >
          >     >
          >     > -----Original Message-----
          >     > From:
          > "lis_nenkgeulis"<lis_nenkgeulis@...<lis_nenkgeulis%40yahoo.co.id>
          >     > >
          >     > Sent: 1/11/08 7:44:00 AM
          >     > To: "jejakpetualang@yahoogroups.com
          > <jejakpetualang%40yahoogroups.com>"<
          >     > jejakpetualang@yahoogroups.com <jejakpetualang%40yahoogroups.com>>
          >     > Subject: Re: [JPers] ADA APA DI ASMAT..
          >     >
          >     >
          >     > Hehehe.... [:)] gw pasti nonton juga donk.......semua yg udah liat
          >     > tyngannya pasti mo liat lagi pas teh RD lagi ngupil habis ambil
          >     > karaka.....
          >     >
          >     > wakakaka.........
          >     >
          >     > Mo nanya, jlnnya kan disana sempit bgt macet kaya di jakarta ga [:-?]
          > ?
          >     >
          >     >
          >     > --- In jejakpetualang@yahoogroups.com
          > <jejakpetualang%40yahoogroups.com>,
          >     > "DodyJepe" <dodyjepe@...> wrote:
          >     > >
          >     > > sy nonton dong di hotel tarakan....jadi pingin ke asmat lagi, makan
          >     > karaka dan ....cari bagus.
          >     > >
          >     > > -----Original Message-----
          >     > > From: "Riyanni Djangkaru"riyannijepe@...
          >     > > Sent: 31/10/08 4:16:26 PM
          >     > > To: "jejakpetualang@yahoogroups.com
          > <jejakpetualang%40yahoogroups.com>"
          >     > jejakpetualang@yahoogroups.com <jejakpetualang%40yahoogroups.com>
          >     > > Subject: Re: [JPers] ADA APA DI ASMAT..
          >     > > sama..gw juga ga nonton..diulang doong
          >     > >
          >     > > On Fri, Oct 31, 2008 at 2:28 PM, hero supertramp herocm19@... wrote:
          >     > >
          >     > > > kohan.. gw kok ga disebut..
          >     > > > huhuhuu..
          >     > > > kan bareng gw muter2nya..
          >     > > >
          >     > > > huhuhuu.. aku juga ga nonton...
          >     > > > diulang dunkk edisi asmatnya..
          >     > > >
          >     > > >
          >     > > >
          >     > > > herO
          >     > > > -jakartapanasmacet-
          >     > > >
          >     > > >
          >     > > > On Thu, Oct 30, 2008 at 7:25 PM, -koHan- phoenixbiru@... wrote:
          >     > > >
          >     > > >> Aduhhhh!!!!! gak sempet nonton tipi...
          >     > > >> tadi siang baru mengantar Om Timmun sampe depan lobby
          >     > hotel...langsung
          >     > > >> meluncur ke juanda nemuin rera dan jendral mbenk yang baru turun
          >     > > >> Semeru...terus ngater sampe stasiunps turi, pulang magrib......
          >     > > >> asmatnya diulang dong.. :(
          >     > > >>
          >     > > >> On 10/30/08, Juppy™ Putra juppyjp@... wrote:
          >     > > >> > soalnya ini harinya kepiting bakau alias karaka ris,,, jadi
          >     > tambelonya
          >     > > >> ga
          >     > > >> > boleh ikutan masuk tipi,,, gitu,,,
          >     > > >> > Juppy™ -blmpernahmkantambelo-
          >     > > >> >
          >     > > >> >
          >     > > >> >
          >     > > >> > 2008/10/30 Faries brownies fariesharjo@...
          >     > > >> >
          >     > > >> >> Mantaaaabs... maen lumpur sambil nyari kepiting bakau...
          > sempet
          >     > > >> nemuin
          >     > > >> >> tambelo, tapi kok gak dimakan?? hehehe...
          >     > > >> >>
          >     > > >> >>
          >     > > >> >> On 10/30/08, Riyanni Djangkaru
          >     > > >> >> riyannijepe@...<riyannijepe%40gmail.com>>
          >     > > >> >> wrote:
          >     > > >> >> > Buat saya, Papua selalu memiliki daya tarik tersendiri, yang
          >     > bahkan
          >     > > >> >> dengan
          >     > > >> >> > sadisnya membuat saya tega melewatkan kesempatan langka
          > untuk
          >     > ikut
          >     > > >> mudik
          >     > > >> >> ke
          >     > > >> >> > tanah ibu di Garut sana.
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > Pertemuan kembali dengan meja check in pesawat pada tengah
          >     > malam,
          >     > > >> koli
          >     > > >> >> koli
          >     > > >> >> > bagasi yang kembali overweight dan sebersit ingatan atas
          > orang
          >     > orang
          >     > > >> >> > terkasih yang telah menempelkan baunya di sudut hati saya
          >     > dalam
          >     > > >> >> perpisahan
          >     > > >> >> > sementara , saya bertolak menuju Timika sebelum segera
          >     > melanjutkan
          >     > > >> >> > penerbangan ke tanah basah , Asmat.
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > Asmat sekarang telah menjadi kabupaten baru, setelah
          >     > sebelumnya dalam
          >     > > >> >> > sua
          >     > > >> >> > kali pertama saya di tahun 2003 ia adalah sebuah kecamatan
          > nun
          >     > jauh
          >     > > >> >> disana
          >     > > >> >> > yang bisa dicapai melalui perjalanan sungai atau penerbangan
          >     > pesawat
          >     > > >> >> kelas
          >     > > >> >> > dag-dig-dug ke bandara kecil serupa kantor pos di Ewer.
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > Seharusnya saya bisa langsung melanjutkan penerbangan menuju
          >     > Ewer
          >     > > >> >> > begitu mendarat
          >     > > >> >> > di Timika, akan tetapi saya kembali terhalang masalah klasik
          >     > khas
          >     > > >> >> > penerbangan kawasan Timur, ketidakpastian jadwal berangkat
          >     > karena
          >     > > >> kuota
          >     > > >> >> > penumpang kurang, dan faktor alam tentunya. Pada waktu itu,
          >     > > >> >> > keberangkatan
          >     > > >> >> > saya tertunda karean faktor cuaca yang tidak mendukung, dan
          >     > baru bisa
          >     > > >> >> > berangkat dua hari kemudian, dengan catatan, kalau cuaca
          >     > membaik dan
          >     > > >> >> > kalau mendapatkan
          >     > > >> >> > jatah kursi..uh!
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > Penerbangan ke Asmat memakan waktu kurang lebih 45 menit. Di
          >     > dalam
          >     > > >> >> pesawat
          >     > > >> >> > berkapasitas 28 orang, kami digiring melewati kawasan
          > tailing
          >     > nan
          >     > > >> luas
          >     > > >> >> dan
          >     > > >> >> > semakin melebar memakan sisi hutan di tepi sungai, hingga,
          >     > kawasan
          >     > > >> rawa
          >     > > >> >> yang
          >     > > >> >> > tertutup rapat pepohoanan dan sungai kecoklatan yang meliuk.
          >     > Saya
          >     > > >> benar
          >     > > >> >> > benar penasaran, seperti apa rupa Asmat setelah beberapa
          > waktu
          >     > > >> berlalu.
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > Bandara di Ewer kurang lebih tidak jauh berbeda dengan kali
          >     > pertama
          >     > > >> saya
          >     > > >> >> > kesana, mungkin yaaa..sedikit tambahan beberapa gelintir
          >     > bangunan
          >     > > >> papan
          >     > > >> >> di
          >     > > >> >> > pinggir bandara dan bebeapa bangunan kayu yang mengusam,
          >     > selebihnya,
          >     > > >> ini
          >     > > >> >> > adalah bandara yang sama, udara yang sama, muara sungai yang
          >     > sama,
          >     > > >> daya
          >     > > >> >> > magis yang sama.
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > Seperti sebelumnya, dari Ewer kami melintasi muara sungai
          >     > menuju
          >     > > >> ibukota
          >     > > >> >> > kabupaten Asmat, Agats dengan menggunakan speedboat selama
          > 15
          >     > > >> menitan.
          >     > > >> >> > Suasana khas Agats mulai terlihat dari kejauhan, tiang tiang
          >     > kayu
          >     > > >> besi
          >     > > >> >> > sebagai pondasi rumah rumah panggung terlihat mnjulanag saat
          >     > air meti
          >     > > >> >> atau
          >     > > >> >> > air surut. Beberapa rumah di sisi paling luar Agats tinggal
          >     > tersisa
          >     > > >> >> tiangnya
          >     > > >> >> > saja, abrasi pantai meluluhlantahkan sebagian dudukan dari
          >     > rumah
          >     > > >> rumah
          >     > > >> >> > panggung, beberapa bangunan terlihat dalam kondisi miring
          > yang
          >     > > >> >> membahayakan,
          >     > > >> >> > jembatan jembatan kayu besi yang dipakai sebagai pengganti
          >     > jalan
          >     > > >> darat
          >     > > >> >> > diatas tanah becek berawa tampak lelah ditempa ribuan tapak
          >     > manusia
          >     > > >> yang
          >     > > >> >> > lalu lalang.
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > Sewaktu berjalan melintasi pasar, mata saya menelisik
          > mencari
          >     > cari
          >     > > >> salah
          >     > > >> >> > satu andalan kawasan ini, keraka A.K.A. kepiting bakau. Dulu
          >     > kami
          >     > > >> bisa
          >     > > >> >> > mendapatkan minimal 8 ekor keraka ukuran lumayan besar
          > dengan
          >     > harga
          >     > > >> 10
          >     > > >> >> ribu
          >     > > >> >> > rupiah, tapi sekarang, saya agak bertanya tanya juga, dengan
          >     > semakin
          >     > > >> >> > populernya keraka dari kawasan bakau asmat dan sekitarnya
          >     > sepertinya
          >     > > >> >> > harganya sudah lumayan naik. Bayangkan, hampir 1 ton keraka
          >     > keluar
          >     > > >> dari
          >     > > >> >> > Bandara Timika untuk dikirim ke Denpasar atau Jakarta untuk
          >     > tujuan
          >     > > >> >> ekspor!
          >     > > >> >> > Saya agak khawatir juga, jangan jangan kali ini saya tidak
          >     > akan
          >     > > >> kebagian
          >     > > >> >> > menyowani pencernaan saya dengan keraka.
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > Saya hampir putus asa, menyusuri tepian pasar , melihat
          > lihat
          >     > siapa
          >     > > >> tahu
          >     > > >> >> > masih ada keraka yang terselip dan tersisa, seorang pedagang
          >     > disana
          >     > > >> >> bilang,
          >     > > >> >> > memang sedang bukan musimnya, mungkin kalau di Ewer masih
          >     > lebih
          >     > > >> banyak.
          >     > > >> >> Wah,
          >     > > >> >> > masa' sudah nyebrang sampai di Agats harus balik lagi ke
          >     > > >> Ewer...hhh..ya
          >     > > >> >> > sudahlah..demi daging tebal keraka Asmat diputuskan,
          > keesokan
          >     > harinya
          >     > > >> >> adalah
          >     > > >> >> > waktunya kembali ke Ewer untuk berburu keraka.
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > Keraka biasa diburu ketika air sedang surut, jadi para
          > pemburu
          >     > keraka
          >     > > >> >> biasa
          >     > > >> >> > melipir tepian kali berjalan di atas lumpur masuk ke dalam
          >     > hutan
          >     > > >> bakau
          >     > > >> >> untuk
          >     > > >> >> > menggali lubang lubang keraka. Hari itu berbekal sampan
          >     > tradisioanal,
          >     > > >> >> > peralatan untuk berburu keraka dan ditemani oleh para
          > pemburu
          >     > > >> handalanya
          >     > > >> >> > tentu saja, saya masuk ke dalam kawasan anak sungai Pek di
          >     > dekat
          >     > > >> bandara
          >     > > >> >> > Ewer.
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > Air sungai yang kecoklatan, matahari yang menusuk di sela
          >     > rimbunnya
          >     > > >> >> > pepohonan benar benar membuat saya sempat terlupa akan
          > rencana
          >     > > >> >> > perburuan.
          >     > > >> >> > Saya malah teringat dengan seorang teman baik yang acapkali
          >     > saya beri
          >     > > >> >> kabar
          >     > > >> >> > mengenai cantiknya kawasan asmat, dia pasti akan senang
          > sekali
          >     > jika
          >     > > >> >> bersama
          >     > > >> >> > saya berburu keraka..sayang...seperti beberapa teman
          > lainnya,
          >     > ia
          >     > > >> pasti
          >     > > >> >> > sedang sibuk bingung terkurung hiruk pikuk ibu kota yang
          >     > sesak, dan
          >     > > >> saya
          >     > > >> >> > dengan senyum mengembang, bersama mama Panky, mama Albertha,
          >     > Eka dan
          >     > > >> >> > Ani,
          >     > > >> >> > masuk ke pedalaman asmat yang tenang , khidmat dan sunyi.
          >     > ah....what
          >     > > >> a
          >     > > >> >> life
          >     > > >> >> > ?... ;p
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > Dalam sekali perburuan yang memakan waktu seharian, biasanya
          >     > para ibu
          >     > > >> >> > ini
          >     > > >> >> > mendapatkan minimal 7-10 ekor keraka. Ukurannya beragam,
          >     > keraka
          >     > > >> ukuran
          >     > > >> >> kecil
          >     > > >> >> > laku dijual dengan kisaran harga 200-3500 per ekor, sedang
          >     > 5000
          >     > > >> rupiah,
          >     > > >> >> > besar sekitar 10 ribu rupiah. Harga yang lumayan jika
          >     > dibandingkan
          >     > > >> >> > dengan
          >     > > >> >> > harga keraka di kota kota besar tentunya., apalagi kalau
          > ikut
          >     > cari
          >     > > >> >> > sendiri..
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > Saya benar benar penasaran dengan perjuangan masyarakat
          >     > setempat demi
          >     > > >> >> > mencari keraka, makanya jauh jauh dari tanah Jawa yang
          > nyaman,
          >     > saya
          >     > > >> >> > tidak
          >     > > >> >> > gentar turun langsung ke dalam lumpur di tepian hutan
          >     > mangrove.
          >     > > >> Benaman
          >     > > >> >> > lumpur hingga sebatas paha cukup menyulitkan langkah kami
          > yang
          >     > > >> >> bertelanjang
          >     > > >> >> > kaki. Sesekali tersandung, tersangkut atau terpekik tertahan
          >     > karena
          >     > > >> >> > menginjak patahan ranting yang menusuk di dalam lumpur.
          > Keraka
          >     > > >> pertama
          >     > > >> >> yang
          >     > > >> >> > ditangkap mama Albertha bersembunyi di bawah akar pepohonan
          >     > bakau.
          >     > > >> >> > akibatnya, lubang sebesar kepalan tangan itu di korek korek
          >     > dengan
          >     > > >> >> sebatang
          >     > > >> >> > kayu khusus, keraka berusaha ditarik dengan semacam kaitan
          >     > dari besi,
          >     > > >> >> sampai
          >     > > >> >> > akhirnya, lumpur yang terlalu tebal, dikapak oleh mama
          > Panky,
          >     > hingga
          >     > > >> >> > terbelah, dan inilah dia keraka pertama kami di anak sungai
          >     > Pek.
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > Keraka berikutnya diambil dengan cara yang tidak kalah
          >     > keukeuhnya.
          >     > > >> Ada
          >     > > >> >> > seekor yang lumayan besar bersembunyi di dalam batang pohon
          >     > Rhizopora
          >     > > >> >> yang
          >     > > >> >> > keras luar biasa. Gak pusing, mama Panky dengan santainya
          >     > membelah
          >     > > >> kayu
          >     > > >> >> > dengan kekuatan luar biasa untuk mengambil keraka yang
          >     > bersembunyi.
          >     > > >> >> Walah!
          >     > > >> >> > Sampai segitunya ya..? Membelah kayu keras untuk seekor
          > keraka
          >     > saja.
          >     > > >> >> > Tapi
          >     > > >> >> > inilah pasar swalayan hutan bakau, self service, menyediakan
          >     > berbagai
          >     > > >> >> > makanan yang dibutuhkan, mulai dari keraka, udang udang
          > besar,
          >     > ikan ,
          >     > > >> >> > burung, tanaman obat sampai kayu untuk membuat rumah.Asal
          > mau,
          >     > semua
          >     > > >> >> > bisa
          >     > > >> >> > didapat.
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > Kembali ke keraka keraka yang sudah ditangkap. Mereka
          > biasanya
          >     > diikat
          >     > > >> >> dengan
          >     > > >> >> > menggunakan tali dari akar akar tumbuhan yang biasa ada di
          >     > sekitar
          >     > > >> >> pepohonan
          >     > > >> >> > bakau, menyumpal bagian capit dan matanya dengan dedaunan,
          >     > lalu
          >     > > >> >> dibersihkan
          >     > > >> >> > dengan air sungai untuk membasuh sisa sisa lumpur di
          > tubuhnya.
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > Kami mendapatkan kurang lebih 15 ekor keraka yang habis
          >     > disikat dalam
          >     > > >> >> waktu
          >     > > >> >> > setengah jam saja oleh saya dan 2 teman lain.
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > Ditemani matahari yang mulai lelah di senja hari, melancong
          > ke
          >     > Asmat
          >     > > >> >> tanpa
          >     > > >> >> > menikmati keraka , percaya atau tidak, bagai air laut tanpa
          >     > garam.
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > Sampai jumpa di Asmat.
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >> > P.S : HARI INI, 30 OKT, JP ASMAT TAYANG PUKUL 16.00, KALO
          >     > SEMPET
          >     > > >> NONTON
          >     > > >> >> > YAAWW...
          >     > > >> >> >
          >     > > >> >>
          >     > > >> >> --
          >     > > >> >> Sent from Gmail for mobile | mobile.google.com
          >     > > >> >>
          >     > > >> >>
          >     > > >> >>
          >     > > >> >
          >     > > >>
          >     > > >>
          >     > > >> --
          >     > > >> -koHan-
          >     > > >> [kohan2282.multiply]
          >     > > >>
          >     > > >> ------------------------------------
          >     > > >>
          >     > > >> Share your journals & photos :
          > http://jejakpetualang.multiply.com/
          >     > > >>
          >     > > >> Baru bergabung? lengkapi form ini ya : http://jp-form.co.cc/
          >     > > >>
          >     > > >> Ingin kenal teman-teman JPers..?? : http://member-jpers.tk/
          >     > > >>
          >     > > >> Yahoo! Groups Links
          >     > > >>
          >     > > >>
          >     > > >>
          >     > > >>
          >     > > >
          >     > > >
          >     > >
          >     >
          >     >
          >     >
          >     >
          >     >
          >
          >
          >


          --


           ^ Diana ^
          ~ No mountain is too high to climb when you trust in yourself and believe ~

          ------------------------------------

          Share your journals & photos : http://jejakpetualang.multiply.com/

          Baru bergabung? lengkapi form ini ya : http://jp-form.co.cc/

          Ingin kenal teman-teman JPers..?? : http://member-jpers.tk/

          Yahoo! Groups Links

          <*> To visit your group on the web, go to:
             http://groups.yahoo.com/group/jejakpetualang/

          <*> Your email settings:
             Individual Email | Traditional

          <*> To change settings online go to:
             http://groups.yahoo.com/group/jejakpetualang/join
             (Yahoo! ID required)

          <*> To change settings via email:
             mailto:jejakpetualang-digest@yahoogroups.com
             mailto:jejakpetualang-fullfeatured@yahoogroups.com

          <*> To unsubscribe from this group, send an email to:
             jejakpetualang-unsubscribe@yahoogroups.com

          <*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
             http://docs.yahoo.com/info/terms/


        • DodyJepe
          Kayaknya seperti itu, malaria tertanam di darah (lebih jelas sila tanya dr). Sementa„ dari pengalalaman teman2 JP yg sudah kena, kalau kondisi mereka buruk,
          Message 4 of 23 , Nov 1, 2008
          • 0 Attachment
            Kayaknya seperti itu, malaria tertanam di darah (lebih jelas sila tanya dr). Sementa„ dari pengalalaman teman2 JP yg sudah kena, kalau kondisi mereka buruk, penyakitnya bisa kambuh, panas badan bisa sampai 40°C, makanya bbrp dipensiunkan dr JP krn sering sakit dan atas permintaan keluarganya.....

            -----Original Message-----
            From: "dee 4na"<d334na@...>
            Sent: 1/11/08 3:01:51 PM
            To: "jejakpetualang@yahoogroups.com"<jejakpetualang@yahoogroups.com>
            Subject: Re: [JPers] ADA APA DI ASMAT..

            om dod...thanks bgt inpo nya,nanya donk.......mank klo kt dah pernah
            kna malaria skali aja,bdn kt langsung ringkih ya...dan slalu gampang
            kna pnyakit?

            On 11/1/08, DodyJepe <dodyjepe@...> wrote:
            > Temans.....
            >
            > Di Indonesia, di bbrp lokasi memang jd daerah endemik malaria, tdk hanya
            > papua, tapi jg flores, kalimantan, malah jawa jg bisa kena, seorang kru jp
            > sdh kena, malah waktu trip jawa, antisipasinya ya minum obat anti malaria
            > ada bbrp macam spt resokin, kina, vansidar dsb....itu salah satu cara tuk
            > bisa menangkal penyakit tsb, tapi yg plg penting adalah menjaga kondisi
            > badan kita ttp sehat dan fit, dg makan bnyk, istirahat cukup, minum vitamin,
            > krn klo kondisi drop obat anti malaria tdk akan efektif tuk menangkal
            > penyakit malaria klo sistem kekebalan tubuh kita sendiri sedang turun krn
            > sdg tdk fit/sakit.
            >
            > Selama di kawasan malaria kita hrs disiplin jg kondisi badan dan rutin minum
            > obat, sejak kuliah ampe sekarang sy pake resokin (bukan promosi nih) minum 2
            > butir seminggu sebelum brkt, minum lg di hari yg sama seminggu kemudian,
            > terus tiap minggu di hr yg sama, hingga seminggu setelah plg. Alhamdulilah
            > sampe sekarang sy blum kena malaria. Tuk jaga2, saya selalu kantongi satu
            > bungkus (isi 4 tablet), klo ada gejala meriang, menggigil siang2 panas dan
            > persendian pegal2 saya bom (istilahnya) lngs 4 - 5 butir tablet. Itu
            > (kadang2) efektif tuk menangkal sebelum bibit menyebar dan menjangkiti tubuh
            > kita.....jadi berhati-hatilah.
            >
            > Kalau segala upaya sdh dilakukan, lngs ke
            > dokter, jng percaya dr yg bilang hanya demam trus kasih obat penghilang
            > demam, lngs tes darah krn hanya itu cara utk tahu kita pos kena malaria atau
            > tdk.
            >
            > So...berhati-hatilalah.. !! Selamat menikmati eksotisme alam, manusia dan
            > budaya Papua.
            >
            > -----Original Message-----
            > From: "Lakilaki Banget"<yani.cowo@...>
            > Sent: 1/11/08 12:11:19 PM
            > To: "jejakpetualang@yahoogroups.com"<jejakpetualang@yahoogroups.com>
            > Subject: Re: [JPers] ADA APA DI ASMAT..
            > saya ingin sekali ke papua yg katanya sangat exotic mudah2an sebagus
            > sesuai
            > apa yg dikatakan org2, dlm wkt dkt ini ada mkn saya akan dikirim ke sana
            > utk
            > tugas ktr *+* 2 bln utk mengaudit klien kami, disatu sisi seneng bgt ada
            > kesempatan bisa kesana disatu sisi lain takut dgr kbr disana tingkat
            > malaria
            > sgt tinggi bahkan di papau itu termasuk jenis malaria yg sgt ganas yaitu
            > malaria hutan tropis (kalau ga salah), om dody atau Jpers lain yg sdh
            > kesana
            > minta tipsnya dong antisipasi mencegah penyakit itu, thanx...
            >
            > On Sat, Nov 1, 2008 at 11:56 AM, DodyJepe <dodyjepe@...> wrote:
            >
            > > Maksudnya kota Agats di Asmat kan....bisa jd macet terutama di pasar
            > > ikan....ketika nelayan dtg bawa ikan, wong jalannya selebar 1,5m dr
            > kayu
            > > semua, sementara di bawah air dan lumpur ....hehe
            > >
            > > Tau lebih jauh soal Agats pantengin trus JP yah...yah...yah !
            > >
            > >
            > > -----Original Message-----
            > > From:
            > "lis_nenkgeulis"<lis_nenkgeulis@...<lis_nenkgeulis%40yahoo.co.id>
            > > >
            > > Sent: 1/11/08 7:44:00 AM
            > > To: "jejakpetualang@yahoogroups.com
            > <jejakpetualang%40yahoogroups.com>"<
            > > jejakpetualang@yahoogroups.com <jejakpetualang%40yahoogroups.com>>
            > > Subject: Re: [JPers] ADA APA DI ASMAT..
            > >
            > >
            > > Hehehe.... [:)] gw pasti nonton juga donk.......semua yg udah liat
            > > tyngannya pasti mo liat lagi pas teh RD lagi ngupil habis ambil
            > > karaka.....
            > >
            > > wakakaka.........
            > >
            > > Mo nanya, jlnnya kan disana sempit bgt macet kaya di jakarta ga [:-?]
            > ?
            > >
            > >
            > > --- In jejakpetualang@yahoogroups.com
            > <jejakpetualang%40yahoogroups.com>,
            > > "DodyJepe" <dodyjepe@...> wrote:
            > > >
            > > > sy nonton dong di hotel tarakan....jadi pingin ke asmat lagi, makan
            > > karaka dan ....cari bagus.
            > > >
            > > > -----Original Message-----
            > > > From: "Riyanni Djangkaru"riyannijepe@...
            > > > Sent: 31/10/08 4:16:26 PM
            > > > To: "jejakpetualang@yahoogroups.com
            > <jejakpetualang%40yahoogroups.com>"
            > > jejakpetualang@yahoogroups.com <jejakpetualang%40yahoogroups.com>
            > > > Subject: Re: [JPers] ADA APA DI ASMAT..
            > > > sama..gw juga ga nonton..diulang doong
            > > >
            > > > On Fri, Oct 31, 2008 at 2:28 PM, hero supertramp herocm19@... wrote:
            > > >
            > > > > kohan.. gw kok ga disebut..
            > > > > huhuhuu..
            > > > > kan bareng gw muter2nya..
            > > > >
            > > > > huhuhuu.. aku juga ga nonton...
            > > > > diulang dunkk edisi asmatnya..
            > > > >
            > > > >
            > > > >
            > > > > herO
            > > > > -jakartapanasmacet-
            > > > >
            > > > >
            > > > > On Thu, Oct 30, 2008 at 7:25 PM, -koHan- phoenixbiru@... wrote:
            > > > >
            > > > >> Aduhhhh!!!!! gak sempet nonton tipi...
            > > > >> tadi siang baru mengantar Om Timmun sampe depan lobby
            > > hotel...langsung
            > > > >> meluncur ke juanda nemuin rera dan jendral mbenk yang baru turun
            > > > >> Semeru...terus ngater sampe stasiunps turi, pulang magrib......
            > > > >> asmatnya diulang dong.. :(
            > > > >>
            > > > >> On 10/30/08, Juppy™ Putra juppyjp@... wrote:
            > > > >> > soalnya ini harinya kepiting bakau alias karaka ris,,, jadi
            > > tambelonya
            > > > >> ga
            > > > >> > boleh ikutan masuk tipi,,, gitu,,,
            > > > >> > Juppy™ -blmpernahmkantambelo-
            > > > >> >
            > > > >> >
            > > > >> >
            > > > >> > 2008/10/30 Faries brownies fariesharjo@...
            > > > >> >
            > > > >> >> Mantaaaabs... maen lumpur sambil nyari kepiting bakau...
            > sempet
            > > > >> nemuin
            > > > >> >> tambelo, tapi kok gak dimakan?? hehehe...
            > > > >> >>
            > > > >> >>
            > > > >> >> On 10/30/08, Riyanni Djangkaru
            > > > >> >> riyannijepe@...<riyannijepe%40gmail.com>>
            > > > >> >> wrote:
            > > > >> >> > Buat saya, Papua selalu memiliki daya tarik tersendiri, yang
            > > bahkan
            > > > >> >> dengan
            > > > >> >> > sadisnya membuat saya tega melewatkan kesempatan langka
            > untuk
            > > ikut
            > > > >> mudik
            > > > >> >> ke
            > > > >> >> > tanah ibu di Garut sana.
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > Pertemuan kembali dengan meja check in pesawat pada tengah
            > > malam,
            > > > >> koli
            > > > >> >> koli
            > > > >> >> > bagasi yang kembali overweight dan sebersit ingatan atas
            > orang
            > > orang
            > > > >> >> > terkasih yang telah menempelkan baunya di sudut hati saya
            > > dalam
            > > > >> >> perpisahan
            > > > >> >> > sementara , saya bertolak menuju Timika sebelum segera
            > > melanjutkan
            > > > >> >> > penerbangan ke tanah basah , Asmat.
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > Asmat sekarang telah menjadi kabupaten baru, setelah
            > > sebelumnya dalam
            > > > >> >> > sua
            > > > >> >> > kali pertama saya di tahun 2003 ia adalah sebuah kecamatan
            > nun
            > > jauh
            > > > >> >> disana
            > > > >> >> > yang bisa dicapai melalui perjalanan sungai atau penerbangan
            > > pesawat
            > > > >> >> kelas
            > > > >> >> > dag-dig-dug ke bandara kecil serupa kantor pos di Ewer.
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > Seharusnya saya bisa langsung melanjutkan penerbangan menuju
            > > Ewer
            > > > >> >> > begitu mendarat
            > > > >> >> > di Timika, akan tetapi saya kembali terhalang masalah klasik
            > > khas
            > > > >> >> > penerbangan kawasan Timur, ketidakpastian jadwal berangkat
            > > karena
            > > > >> kuota
            > > > >> >> > penumpang kurang, dan faktor alam tentunya. Pada waktu itu,
            > > > >> >> > keberangkatan
            > > > >> >> > saya tertunda karean faktor cuaca yang tidak mendukung, dan
            > > baru bisa
            > > > >> >> > berangkat dua hari kemudian, dengan catatan, kalau cuaca
            > > membaik dan
            > > > >> >> > kalau mendapatkan
            > > > >> >> > jatah kursi..uh!
            > > > >> >> >
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > Penerbangan ke Asmat memakan waktu kurang lebih 45 menit. Di
            > > dalam
            > > > >> >> pesawat
            > > > >> >> > berkapasitas 28 orang, kami digiring melewati kawasan
            > tailing
            > > nan
            > > > >> luas
            > > > >> >> dan
            > > > >> >> > semakin melebar memakan sisi hutan di tepi sungai, hingga,
            > > kawasan
            > > > >> rawa
            > > > >> >> yang
            > > > >> >> > tertutup rapat pepohoanan dan sungai kecoklatan yang meliuk.
            > > Saya
            > > > >> benar
            > > > >> >> > benar penasaran, seperti apa rupa Asmat setelah beberapa
            > waktu
            > > > >> berlalu.
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > Bandara di Ewer kurang lebih tidak jauh berbeda dengan kali
            > > pertama
            > > > >> saya
            > > > >> >> > kesana, mungkin yaaa..sedikit tambahan beberapa gelintir
            > > bangunan
            > > > >> papan
            > > > >> >> di
            > > > >> >> > pinggir bandara dan bebeapa bangunan kayu yang mengusam,
            > > selebihnya,
            > > > >> ini
            > > > >> >> > adalah bandara yang sama, udara yang sama, muara sungai yang
            > > sama,
            > > > >> daya
            > > > >> >> > magis yang sama.
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > Seperti sebelumnya, dari Ewer kami melintasi muara sungai
            > > menuju
            > > > >> ibukota
            > > > >> >> > kabupaten Asmat, Agats dengan menggunakan speedboat selama
            > 15
            > > > >> menitan.
            > > > >> >> > Suasana khas Agats mulai terlihat dari kejauhan, tiang tiang
            > > kayu
            > > > >> besi
            > > > >> >> > sebagai pondasi rumah rumah panggung terlihat mnjulanag saat
            > > air meti
            > > > >> >> atau
            > > > >> >> > air surut. Beberapa rumah di sisi paling luar Agats tinggal
            > > tersisa
            > > > >> >> tiangnya
            > > > >> >> > saja, abrasi pantai meluluhlantahkan sebagian dudukan dari
            > > rumah
            > > > >> rumah
            > > > >> >> > panggung, beberapa bangunan terlihat dalam kondisi miring
            > yang
            > > > >> >> membahayakan,
            > > > >> >> > jembatan jembatan kayu besi yang dipakai sebagai pengganti
            > > jalan
            > > > >> darat
            > > > >> >> > diatas tanah becek berawa tampak lelah ditempa ribuan tapak
            > > manusia
            > > > >> yang
            > > > >> >> > lalu lalang.
            > > > >> >> >
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > Sewaktu berjalan melintasi pasar, mata saya menelisik
            > mencari
            > > cari
            > > > >> salah
            > > > >> >> > satu andalan kawasan ini, keraka A.K.A. kepiting bakau. Dulu
            > > kami
            > > > >> bisa
            > > > >> >> > mendapatkan minimal 8 ekor keraka ukuran lumayan besar
            > dengan
            > > harga
            > > > >> 10
            > > > >> >> ribu
            > > > >> >> > rupiah, tapi sekarang, saya agak bertanya tanya juga, dengan
            > > semakin
            > > > >> >> > populernya keraka dari kawasan bakau asmat dan sekitarnya
            > > sepertinya
            > > > >> >> > harganya sudah lumayan naik. Bayangkan, hampir 1 ton keraka
            > > keluar
            > > > >> dari
            > > > >> >> > Bandara Timika untuk dikirim ke Denpasar atau Jakarta untuk
            > > tujuan
            > > > >> >> ekspor!
            > > > >> >> > Saya agak khawatir juga, jangan jangan kali ini saya tidak
            > > akan
            > > > >> kebagian
            > > > >> >> > menyowani pencernaan saya dengan keraka.
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > Saya hampir putus asa, menyusuri tepian pasar , melihat
            > lihat
            > > siapa
            > > > >> tahu
            > > > >> >> > masih ada keraka yang terselip dan tersisa, seorang pedagang
            > > disana
            > > > >> >> bilang,
            > > > >> >> > memang sedang bukan musimnya, mungkin kalau di Ewer masih
            > > lebih
            > > > >> banyak.
            > > > >> >> Wah,
            > > > >> >> > masa' sudah nyebrang sampai di Agats harus balik lagi ke
            > > > >> Ewer...hhh..ya
            > > > >> >> > sudahlah..demi daging tebal keraka Asmat diputuskan,
            > keesokan
            > > harinya
            > > > >> >> adalah
            > > > >> >> > waktunya kembali ke Ewer untuk berburu keraka.
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > Keraka biasa diburu ketika air sedang surut, jadi para
            > pemburu
            > > keraka
            > > > >> >> biasa
            > > > >> >> > melipir tepian kali berjalan di atas lumpur masuk ke dalam
            > > hutan
            > > > >> bakau
            > > > >> >> untuk
            > > > >> >> > menggali lubang lubang keraka. Hari itu berbekal sampan
            > > tradisioanal,
            > > > >> >> > peralatan untuk berburu keraka dan ditemani oleh para
            > pemburu
            > > > >> handalanya
            > > > >> >> > tentu saja, saya masuk ke dalam kawasan anak sungai Pek di
            > > dekat
            > > > >> bandara
            > > > >> >> > Ewer.
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > Air sungai yang kecoklatan, matahari yang menusuk di sela
            > > rimbunnya
            > > > >> >> > pepohonan benar benar membuat saya sempat terlupa akan
            > rencana
            > > > >> >> > perburuan.
            > > > >> >> > Saya malah teringat dengan seorang teman baik yang acapkali
            > > saya beri
            > > > >> >> kabar
            > > > >> >> > mengenai cantiknya kawasan asmat, dia pasti akan senang
            > sekali
            > > jika
            > > > >> >> bersama
            > > > >> >> > saya berburu keraka..sayang...seperti beberapa teman
            > lainnya,
            > > ia
            > > > >> pasti
            > > > >> >> > sedang sibuk bingung terkurung hiruk pikuk ibu kota yang
            > > sesak, dan
            > > > >> saya
            > > > >> >> > dengan senyum mengembang, bersama mama Panky, mama Albertha,
            > > Eka dan
            > > > >> >> > Ani,
            > > > >> >> > masuk ke pedalaman asmat yang tenang , khidmat dan sunyi.
            > > ah....what
            > > > >> a
            > > > >> >> life
            > > > >> >> > ?... ;p
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > Dalam sekali perburuan yang memakan waktu seharian, biasanya
            > > para ibu
            > > > >> >> > ini
            > > > >> >> > mendapatkan minimal 7-10 ekor keraka. Ukurannya beragam,
            > > keraka
            > > > >> ukuran
            > > > >> >> kecil
            > > > >> >> > laku dijual dengan kisaran harga 200-3500 per ekor, sedang
            > > 5000
            > > > >> rupiah,
            > > > >> >> > besar sekitar 10 ribu rupiah. Harga yang lumayan jika
            > > dibandingkan
            > > > >> >> > dengan
            > > > >> >> > harga keraka di kota kota besar tentunya., apalagi kalau
            > ikut
            > > cari
            > > > >> >> > sendiri..
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > Saya benar benar penasaran dengan perjuangan masyarakat
            > > setempat demi
            > > > >> >> > mencari keraka, makanya jauh jauh dari tanah Jawa yang
            > nyaman,
            > > saya
            > > > >> >> > tidak
            > > > >> >> > gentar turun langsung ke dalam lumpur di tepian hutan
            > > mangrove.
            > > > >> Benaman
            > > > >> >> > lumpur hingga sebatas paha cukup menyulitkan langkah kami
            > yang
            > > > >> >> bertelanjang
            > > > >> >> > kaki. Sesekali tersandung, tersangkut atau terpekik tertahan
            > > karena
            > > > >> >> > menginjak patahan ranting yang menusuk di dalam lumpur.
            > Keraka
            > > > >> pertama
            > > > >> >> yang
            > > > >> >> > ditangkap mama Albertha bersembunyi di bawah akar pepohonan
            > > bakau.
            > > > >> >> > akibatnya, lubang sebesar kepalan tangan itu di korek korek
            > > dengan
            > > > >> >> sebatang
            > > > >> >> > kayu khusus, keraka berusaha ditarik dengan semacam kaitan
            > > dari besi,
            > > > >> >> sampai
            > > > >> >> > akhirnya, lumpur yang terlalu tebal, dikapak oleh mama
            > Panky,
            > > hingga
            > > > >> >> > terbelah, dan inilah dia keraka pertama kami di anak sungai
            > > Pek.
            > > > >> >> >
            > > > >> >> >
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > Keraka berikutnya diambil dengan cara yang tidak kalah
            > > keukeuhnya.
            > > > >> Ada
            > > > >> >> > seekor yang lumayan besar bersembunyi di dalam batang pohon
            > > Rhizopora
            > > > >> >> yang
            > > > >> >> > keras luar biasa. Gak pusing, mama Panky dengan santainya
            > > membelah
            > > > >> kayu
            > > > >> >> > dengan kekuatan luar biasa untuk mengambil keraka yang
            > > bersembunyi.
            > > > >> >> Walah!
            > > > >> >> > Sampai segitunya ya..? Membelah kayu keras untuk seekor
            > keraka
            > > saja.
            > > > >> >> > Tapi
            > > > >> >> > inilah pasar swalayan hutan bakau, self service, menyediakan
            > > berbagai
            > > > >> >> > makanan yang dibutuhkan, mulai dari keraka, udang udang
            > besar,
            > > ikan ,
            > > > >> >> > burung, tanaman obat sampai kayu untuk membuat rumah.Asal
            > mau,
            > > semua
            > > > >> >> > bisa
            > > > >> >> > didapat.
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > Kembali ke keraka keraka yang sudah ditangkap. Mereka
            > biasanya
            > > diikat
            > > > >> >> dengan
            > > > >> >> > menggunakan tali dari akar akar tumbuhan yang biasa ada di
            > > sekitar
            > > > >> >> pepohonan
            > > > >> >> > bakau, menyumpal bagian capit dan matanya dengan dedaunan,
            > > lalu
            > > > >> >> dibersihkan
            > > > >> >> > dengan air sungai untuk membasuh sisa sisa lumpur di
            > tubuhnya.
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > Kami mendapatkan kurang lebih 15 ekor keraka yang habis
            > > disikat dalam
            > > > >> >> waktu
            > > > >> >> > setengah jam saja oleh saya dan 2 teman lain.
            > > > >> >> >
            > > > >> >> >
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > Ditemani matahari yang mulai lelah di senja hari, melancong
            > ke
            > > Asmat
            > > > >> >> tanpa
            > > > >> >> > menikmati keraka , percaya atau tidak, bagai air laut tanpa
            > > garam.
            > > > >> >> >
            > > > >> >> >
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > Sampai jumpa di Asmat.
            > > > >> >> >
            > > > >> >> > P.S : HARI INI, 30 OKT, JP ASMAT TAYANG PUKUL 16.00, KALO
            > > SEMPET
            > > > >> NONTON
            > > > >> >> > YAAWW...
            > > > >> >> >
            > > > >> >>
            > > > >> >> --
            > > > >> >> Sent from Gmail for mobile | mobile.google.com
            > > > >> >>
            > > > >> >>
            > > > >> >>
            > > > >> >
            > > > >>
            > > > >>
            > > > >> --
            > > > >> -koHan-
            > > > >> [kohan2282.multiply]
            > > > >>
            > > > >> ------------------------------------
            > > > >>
            > > > >> Share your journals & photos :
            > http://jejakpetualang.multiply.com/
            > > > >>
            > > > >> Baru bergabung? lengkapi form ini ya : http://jp-form.co.cc/
            > > > >>
            > > > >> Ingin kenal teman-teman JPers..?? : http://member-jpers.tk/
            > > > >>
            > > > >> Yahoo! Groups Links
            > > > >>
            > > > >>
            > > > >>
            > > > >>
            > > > >
            > > > >
            > > >
            > >
            > >
            > >
            > >
            > >
            >
            >
            >


            --


            ^ Diana ^
            ~ No mountain is too high to climb when you trust in yourself and believe ~

            ------------------------------------

            Share your journals & photos : http://jejakpetualang.multiply.com/

            Baru bergabung? lengkapi form ini ya : http://jp-form.co.cc/

            Ingin kenal teman-teman JPers..?? : http://member-jpers.tk/

            Yahoo! Groups Links
          Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.