Re: [JARDIKNAS] guru go Blog Bukan Guru Goblok

  • Putu Sudiarta
    Message 1 of 12 , Jun 1, 2011
      Salam,

      Menarik sekali, kebetulan kita memiliki materi pelatihan dalam bentuk CD yang materinya cocok sekali untuk Rekan-rekan Guru.

      Semoga bermanfaat. Bisa dilihat di link ini: http://www.bamboomedia.net/detail.php?cat=2&pid=262

      Putu S.

      MATERI GO-BLOG (TUTORIAL MEMBUAT BLOG PENDIDIKAN)

      Persiapan
      1. Tujuan Pembuatan Blog
      2. Pengumpulan Materi
      Sumber ( - Search engine , Website Pendidikan , Blog Pendidikan)
      Bentuk materi ( - Teks dan Gambar, - PDF -Animasi, video )
      3. Mengenal beberapa blog yang ada.
      4. Mendaftar di Wordpress.
      5. Halaman Administrasi dan Setting Umum
      6. Pemilihan Template.
      7. Mengenal dan memasukkan Widget
      8. Mengganti Header Blog

      Mengisi Blog
      1. Posting artikel pertama
      2. Menata tampilan artikel
      3. Memasukkan gambar di Blog
      4. Menambahkan Video
      5. Menambahkan file untuk Didownload (PDF)
      6. Menambahkan file untuk Didownload (PPT)
      7. Menambahkan file untuk Didownload (DOC)
      8. Mengelola Posting
      9. Membuat dan Mengelola Kategori
      10.Mengelola Komentar
      11.Mengelola Link penting (link ke website lain)
      12.Mengelola Arsip posting
      13.Membuat Halaman (page)

      Lebih lanjut - Advanced
      1. Mengelola Frontpage.
      2. Melengkapi widget
      3. Membuat Galeri sederhana
      4. Opsi tingkat lanjut
      5. Buku tamu
      6. Mengelola Profil
      7. Memasang status Online YM/Messenger pemilik blog.
      8. Membuat Polling /Jajak Pendapat

      Promosi dan meningkatkan Popularitas Blog
      1. Melihat Statistik Blog
      2. Mempromosikan blog di forum
      3. Memasang link blog di Signature Email
      4. Memasang link blog di Social Network
      5. Memasang link blog di messenger.
      6. Blogwalking : memasang link di Blog orang lain
      6. Memasukkan Blog ke search engine
      7. Memasukkan Blog ke komunitas blog
      8. Mengetahui Popularitas Blog (Pagerank dan Alex Rank)

      Message 2 of 12 , Jun 7, 2011
        Memang semua guru seharusnya kreatif  dan mampu mengembangkan  yang menjadi milik dan motifasi demi kemajuan pendidikan yang relatif kurang di pahami oleh semua yang memamng haurus dipahami demi kemajuan pendidikan , namun itu keterbatasan kemamppuan dan kemamuan sesorang yang kompeten dibidangnya yang relatif gak paham tentang hal itu Mudah mudahan go Blog nya bisa terakumudir

        Dari: Putu Sudiarta <sudiarta@...>
        Judul: Re: [JARDIKNAS] guru go Blog Bukan Guru Goblok
        Kepada: jardiknas@yahoogroups.com
        Tanggal: Rabu, 1 Juni, 2011, 8:11 AM

        Message 3 of 12 , Jun 7, 2011
          pak, tapi dg program guru selama 2 th ini hanya blog ;0

          saya rasa ini akan jadi lelucon nasional, dan akan terbentuk pola pikir guru
          goblok terjadi..

          apalagi guru adalah bulan-bulanan kepsek/kadiknas, dan dari 12rb member
          dikmenjur yang notabene adalah guru..

          saya rasa kalau dibiarkan, akan terbentuk pola guru go blog jadi nyeleneh
          guru goblok

          saya rasa harus buat prgoram guru lebih smart, dari sekedar blog aja harus
          diajarin, apa gak beneran goblog doang bisanya ;)

          harus naik dari blog ke knowledge management, jadi guru go kms atau guru go
          collaborate

          kalau dibiarkan selama 4x2 th, akan naik pangkat grade guru indonesia, go
          blog akan terhipnosis dibawah sadar.

          apalgi dg topik di dikmenjur, sekolah kita makin hancur , bener gak pak
          ketum IGI :)

          2011/6/8 Wiyanto Santut <ru_ka_6@...>

> [...]
          >
          > 6. Memasukkan Blog ke search engine
          >
          > 7. Memasukkan Blog ke komunitas blog
          >
          > 8. Mengetahui Popularitas Blog (Pagerank dan Alex Rank)

        • Susilo Tri atmojo
          Message 4 of 12 , Jun 7, 2011
            Memang sekarang adalah dunia IT jadi guru harus menguasai blog sebagai bahan
            pembelajarnya dalam bentuk e-learning, sehingga pembelajaran akan lebih inovati
            tidak hanya di sekolah atau para siswa dapat membaca materi yang dipelajari dari
            materi yang diberikan oleh guru melalui e- learning yang dibuat oleh gurunya
            bisa pakai blog atau yang lain. Salam
            berikut ini blog saya : www.chemistry35.co.cc yang berisi materi kimia SMA, lat
            soal materi dan oal OSN kimia sampe 2010 semoga bermanfaat bgi rekan -rekan

            ________________________________

            Message 5 of 12 , Jun 7, 2011
              Blog kayak jadi trend.
              Kenapa harus blog
              Supaya gak di bilang goblok harus punya blog
              Itu yang aneh di dunia pendidikan kita
              Hanya mengikuti trend dan hanya bikin topeng
              biar ga dibilang goblok
              coba kaji lebih dalam paradigma baru IT

              Salam

              mujiono

            • Mujiono
              Message 6 of 12 , Jun 7, 2011
                Kenapa harus di wordpress ya ?
                Kalau kita punya hosting dan domain sendiri...
                Tambah pengetahuan kita tentang manage web...
                pengetahuan kelola account email...
                pengetahuan kelola halaman web ...
                pengetahuan install script joomla... wordpress ... moodle ...
                pengetahuan kelola file download ... jadi gak numpang
                pengetahuan kelola ftp..

                Kalau belajar jangan tanggung-tanggung ...

                Salam

                mujiono
                guru SD
                http://mujiono.com

              • bagusramdan@yahoo.com
                Message 7 of 12 , Jun 7, 2011
                  Menambahkan:

                  Blogging adalah salah satu bentuk cikal bakal terbangunnya knowledge management, baik secara personal atau institutional.

                  Guru Go Blog didukung bukan untuk diberikan pelatihan saja tapi yang lebih penting konsistensi konten. Sebisa mungkin pelatihan secara fisik dikurangi bahkan kalo bisa dihilangkan shg Guru Go. Blog bisa berjalan by nature, karena akan lebih familiar dengan pemanfaatan teknologi.

                  Ayo Guru Go Blog (saran: sebaiknya slogan dirubah karena secara apapun maksudnya, ini bisa jadi lelucon). Mungkin coba diganti dengan Blogging with Guru, maksudnya adalah nge-Blog bersama guru. Ini mengandung unsur motivasi bahwa guru adalah agent of change, guru adalah seseorang yang dituntut mengetahui yang terdepan & cepat respon terhadap perkembangan TIK.

                  Mungkin ada masukan lain?

                  Salam,
                  Bagus
                  Konsultan www.perpustakaan.net

                  Powered by Telkomsel BlackBerry®

                  Message 8 of 12 , Jun 7, 2011
                    gimana kalau gini

                    kalau blog doang, go blog levelnya

                    kalau buat lebih tinggi, mungkin go smart

                  • Wildan Maulana >> OpenThink Labs
                    Message 9 of 12 , Jun 7, 2011
                      Awwb,

                      Saya pikir, untuk blogging Guru difasilitasi 1 hari sudah bisa. Kalau ada yg
                      masih kurang familliar, pasti beliau baru pegang komputer .. :).

                      Mungkin kalau untuk Guru bahkan untuk Dosen, sebaiknya 1 level di atas blog
                      biasa, kita namakan saja "Peer Reviewed Blog", ini pun saya dapat dari Dosen
                      saya di Fisika UI, dari namanya sudah bisa nebak kan apa artinya ?

                      Ini Saya ambil dari presentasi saya ke STTJ [1], lihat halaman 7.

                      Semoga berkenan.

                      Referensi :
                      [1] Masterplan Portal Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta,
                      http://www.slideshare.net/wildan.m/masterplan-portal-sekolah-tinggi-teknologi-jakarta-sttj

                      Salam'alaina,
                      Wildan
                      ---
                      OpenThink Labs Indonesia | http://www.openthinklabs.com
                      Harmonizing IT, Business and Education

                      *‎"You cannot teach a man anything; you can only help him find it within
                      himself." - Galileo Galilei*

                      Negeri Pelangi | http://www.negeripelangi.com
                      A Pay it Forward Community | Komunitas Ahli Ikhlas, Ahli Sabar dan Ahli
                      Syukur

                      Y! : hawking_123
                      Linkedln : http://www.linkedin.com/in/wildanmaulana
                      Twitter : http://twitter.com/wildanmaulana

                    • wijaya kusumah

                        Dari: bagusramdan@... <bagusramdan@...>
                        Judul: Re: [JARDIKNAS] guru go Blog Bukan Guru Goblok
                        Kepada: jardiknas@yahoogroups.com
                        Tanggal: Rabu, 8 Juni, 2011, 8:56 AM

> [...]

                        > 6. Memasukkan Blog ke search engine
                        >
                        > 7. Memasukkan Blog ke komunitas blog
                        >
                        > 8. Mengetahui Popularitas Blog (Pagerank dan Alex Rank)

                      • Ephi Lintau
                        Message 11 of 12 , Jun 8, 2011
                          pak frans...kalau pake go smart.......wah..berarti selama ini guru
                          belum smart dong...:(...peace....

                          salam
                          Yuhefizar aka Ephi Lintau