Re: ICT dan Pendidikan ....?????

  • arman puspa
    Message 1 of 1 , Nov 30, 2010
      Dear All, (Salam Kangen buat Pak Khalid, Pak Bambang/Deceng Selamat Berjuang)

      Dari Mbak Puti n Pak Muzi sangat menarik, ikutan berbagi ... (share)
      Kebetulan sy tidak memiliki latar belakang
      pendididk cuma saya pernah menjadi trainer diperusahaan dan mengantongi
      Sertifikat Asesor (itupun untuk lulus setengah mati tapi saya suka
      kejujurannya), memang benar segala sesuatu yg berhubungan dengan
      ketrampilan harus dilaksanakan bukan cuma melihat di visual apapun
      namanya (ICT) atau yg lain, masak mau praktek bedah (bagi calon dokter),
      cuma melihat pada tayangan sofrware, apakah akan menjadi doter yg
      kompeten/trampil? pertanyaan seperti ini pasti menggelitik, dan sejak
      dulu saya berpendapat bahwa pendidikan di negara kita walaupun itu
      pendidikan formal (PF) para pendidiknya/sdm harus trampil dan cakap
      dibidangnya alias kompeten (melalu uji kompetensi yg jujur, rata-rata
      mereka takut uji kompetensi takut tidak lulus dan biayanya cukup mahal)
      dan berani memberikan pendidikan semi skill kepada para siswa, seperti
      materinya pak Muzi sy sangat2 setuju, disekitar kita apapun dapat
      digunakan sebagai praktek nyata (alam kita kaya), tinggal
      kompetensi/skil pendidiknya saja yg ditingkatkan, bukan portofolionya.

      Pak Muzi dan Mbak Puti, bagaimana jadi orang kecil ini kok tidak bisa
      marah dengan penjabat yg "Keblinger", sertfikasi kompetensi guru kok
      porto folio???? Saya marah sekali dan saya heran orang-orang yg lebih
      pandai dari pada saya sebagai trainer kok tidak dapat memberikan
      subangan signifikan terhadap dunia pendidikan, banyak trainer2 di
      perusahaan seperti saya yg lebih pandai tetapi jiwanya belum tersentuh
      membagikan ilmunya yg sekaligus merupakan bekal di akherat nanti. EEEEE
      ... malah untuk "minteri" dan mengejar kekayaan pribadi. Coba perhatikan
      beberapa tahun terakhir ini, kalau ada Workshop, seminar dan sejenisnya
      dijanjikan sertifikat pasti para pendidik PNS berbondong-bondong,
      padahal bukan ketrampilan/skill dibidangnya yg ditingkatan .... hanya
      untuk melengkapi porto folio. Aduh .... pandainya para pemegang
      kebijakan "menjerumuskan" anak bangsa.

      Perih dan ngilu jiwa ini tapi tidak memiliki power untuk menekan
      birokrasi .... memang susah segelintir orang idealis tidak mendapat
      dukungan ... malah disingkirkan .... semoga ada penerus yg mampu merubah
      keadaan ini, jangan salahkan "bibit" koruptor kalau pendidikanya tidak
      memberikan contoh kejujuran, tiang negara ini adalah "pendidik/guru"
      kalau masih ada oknom pendidik di jajaran pendidikan yg korup maka saya
      pastikan melahirkan generasi "Koruptor". Kalau Pendidik/Guru tidak mau
      disalahkan atau dikambing hitamkan maka "Jujur" kuncinya.

      "Mencari nafkah dengan cara haram, sama saja menanam buah penghidupan
      yang haram setelah dituai/dipetik maka menafkahi keluarga dengan haram,
      mengalirlah darah haram yg tidak ada obatnya, NERAKA JAHANAM JANJI
      ALLAH"

      Salam Pendidikan.
      Arman Puspa

      --- On Tue, 11/30/10, sains@yahoogroups.com <sains@yahoogroups.com>

      From: sains@yahoogroups.com
      <sains@yahoogroups.com>
      Subject: [sains] Digest Number 1272
      To:
      sains@yahoogroups.com
      Date: Tuesday, November 30, 2010, 10:52 AM

      Milis Pengajaran Sains

      Milis Pengajaran Sains

      Messages In This Digest (4
      Messages)

      1a.
      Re: ICT dan
      Pendidikan
      From:
      Jaha Nababan 1b.
      Re: ICT dan
      Pendidikan
      From:
      Arkhadi Pustaka 1c.
      Re: ICT dan
      Pendidikan
      From:
      A. Muzi Marpaung 1d.
      Scientific
      inquiry
      From:
      A. Muzi Marpaung

      View
      All Topics | Create
      New Topic

      Messages

      1a.

      Re: ICT dan Pendidikan

      Posted by: "Jaha
      Nababan"
      ilmubebaspakai@...

      ilmubebaspakai

      Mon Nov 29, 2010 7:04 pm (PST)

      Hi Dhitta,

      Two thumbs up for you.

      Milis ini jadi sepi, pasti gara-gara facebook. I left facebook, bikin
      milis

      ini rame lagi dong :)

      Rgds,

      Jaha

      2010/11/29 Dhitta <dhitta@yahoo.
      com>

      > ICT dan Pendidikan

      > oleh Dhitta Puti Sarasvati

      > http://edukasi.
      kompasiana. com/2010/ 11/29/ict- dan-pendidikan/

      Back to top

      Reply to sender

      Reply to group

      Messages in this topic
      (5)
      1b.

      Re: ICT dan Pendidikan

      Posted by: "Arkhadi
      Pustaka"
      arkhadipustaka@...

      arkhadipustaka

      Mon Nov 29, 2010 10:12 pm (PST)

      setuju!

      sudah lama juga nggak denger update dari Bang Muzi di sini? apa kabar
      Bang? Pak Bambang juga lama tidak dengar kabarnya ... : ) semoga sehat
      selalu semuanya.

      --- On Tue, 30/11/10, Jaha Nababan <ilmubebaspakai@

      From: Jaha Nababan <ilmubebaspakai@
      gmail.com>

      Subject: Re: [sains] ICT dan Pendidikan

      To: sains@yahoogroups.
      com

      Date: Tuesday, 30 November, 2010, 10:04 AM

> [...]

      > oleh Dhitta Puti Sarasvati

      > http://edukasi.
      kompasiana. com/2010/ 11/29/ict- dan-pendidikan/

      1c.

      Re: ICT dan Pendidikan

      Posted by: "A. Muzi
      Marpaung"
      bang_muzi@...

      bang_muzi

      Mon Nov 29, 2010 11:49 pm (PST)

      Arkha, dan teman-teman lainnya. Saya merasa "bersalah" juga tidak
      lagi

      meramaikan milis ini (plus semua milis lain yang saya ikuti). Padatnya
      jadwal

      membuat saya tak bisa seleluasa dulu mengikuti milis.

      Tulisan Puti sangat menggugah. Amat sangat setuju. Hemat saya "dirty
      hand" akan

      jauh lebih bermanfaat ketimbang virtual lab. Bulan lalu saya keliling ke

      beberapa wilayah di kalsel bagian pedalaman, bermain sains dengan anak
      dan juga

      guru. Seru sekali. Tak bisa dibandingkan dengan jika para guru dan anak
      itu

      menonton animasi sains yang dipancarkan beamer ke layar.

      Atau bandingkan ini :

      a. seorang anak menggunakan magnet virtual untuk menemukan benda
      magnetik dan

      bukan magnetik virtual

      b. seorang anak diberikan magnet sungguhan dan mengeksplorasi lingkungan

      sekitarnya untuk menemukan benda magnetik dan non magnetik sungguhan.

      rasanya, bangsa ini (kita semualah) perlu merekonstruksikan kembali
      pemahaman

      kita tentang apa yang disebut dengan belajar.

      salam, muzi

      http://rumahsainsil
      ma.wordpress. com/

      ____________ _________ _________ __

      From: Arkhadi Pustaka <arkhadipustaka@
      yahoo.com>

      From: Jaha Nababan <ilmubebaspakai@
      gmail.com>

      To: sains@yahoogroups.
      com

      Date: Tuesday, 30 November, 2010, 10:04 AM

> [...]

      > oleh Dhitta Puti Sarasvati

      > http://edukasi.
      kompasiana. com/2010/ 11/29/ict- dan-pendidikan/

      1d.

      Scientific inquiry

      Posted by: "A. Muzi
      Marpaung"
      bang_muzi@...

      bang_muzi

      Mon Nov 29, 2010 11:53 pm (PST)

      Untuk menyegarkan kita.

      Scientific inquiry

      1) make an observation,

      2) select a question to investigate,

      3) make a prediction (hypothesis) ,

      4) think of a procedure to test the hypothesis,

      5) record results (pictures, checklists, or words),

      6) state the conclusion,

      7) tell or write questions, observations, and suggestions for future

      investigations

      salam, muzi

      http://rumahsainsil
      ma.wordpress. com/

      Back to top

      Reply to sender

      Reply to group

      Messages in this topic
      (5)

      Recent Activity

       4
      New
      Members

      Visit Your Group

      Give Back
      Yahoo! for Good
      Get inspired
      by a good cause.

      Y! Toolbar
      Get it Free!
      easy 1-click
      access
      to your groups.

      Yahoo! Groups
      Start a group
      in 3 easy steps.
      Connect with
      others.

      Need to Reply?
      Click one of the "Reply" links to
      respond to a specific message in the Daily Digest.

      Create New Topic |

      Visit Your Group on the Web

      Messages

      | Database

      | Calendar

      Untuk mengubah status keanggotaan

      Akses milis lewat web kirim email kosong: sains-nomail@yahoogroups.com

      kembali menerima email secara rutin: sains-normal@yahoogroups.com

      merubah ke digest: sains-digest@yahoogroups.com

      Change
      settings via the Web (Yahoo! ID required)

      Change settings via email: Switch
      delivery to Individual | Switch
      format to Traditional

      Visit Your Group |