Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.
 

[islam-kristen] Keselamatan

Expand Messages
  • Omega
    KERJASAMA YAYASAN PARAMADINA DAN STUDIA SYRIACA ORTHODOXIA Salah satu masalah teologis yang paling penting, dan selalu menjadi batu sandungan proses dialog
    Message 1 of 9 , Nov 18, 1998

      KERJASAMA YAYASAN PARAMADINA DAN STUDIA SYRIACA ORTHODOXIA

          Salah satu masalah teologis yang paling penting, dan selalu menjadi batu sandungan proses dialog antar agama adalah masalah klaim kebenaran suatu agama dan keselamatan yabg dijanjikan agama tersebut. Masalah ini telah menimbukan pandangan-pandangan eksklusif dalam beragama, yang mengakibatkan pemisahan antara satu dan lain agama.

      Dalam perkemnbangan studi agama-agama, persoalan ini dibahas dalam bidang yang disebut "teologia religionum" (teologi yang membahas masalah agama-agama). Sejauh manakah sebenarnya, seharusnya agama lain mendapat tempat dalam agama sendiri. Dan bagaimana keselamatan -di akhirat- itu bisa melingkupi agama lain juga, tidak hanya agama sendiri.

      Masalah ini akan dibahas dalam FORUM DIALOG TEOLOGIA IV dengan tema :

      PARADIGMA DIALOG DAN MASALAH KESELAMATAN

      Pengantar kepada Teologi Agama-agama dalam Konteks Hubungan Kristen Islam

       

      Pembicara :       Dr. Eddy Kristyanto, OFM

                                  Budhy Munawar-Rahman

       

      Moderator:         Bambang Noorsena

      Akan diselenggarakan pada

      Hari Kamis, 26 Nopember 1998, Pukul 19.00 - 21.30 Bertempat di Ball Room Lt. 2, HOTEL SAHID JAYA Jl. Jenderal Sudirman Kav. 86, JAKARTA- PUSAT

      Datanglah tepat pada waktunya, silahkan ajak kawan dan relasi sambil membina silaturahmi antar agama dalam forum ini.

      Informasi lebih : Martha (pagi) 6012559 (sore) 8900662

      Yosi 7501969, 7501983, 7507173

      Biaya Umum Rp. 20.000,-, Anggota Paramadina Rp. 10.000,-


      Free Web-based e-mail groups -- www.eGroups.com
    • Efron Dwi Poyo
      ... MDS: Yang mana itu? Kalo bingung silakan bertanya biar saya terangkan. Kalo masih bingung juga, ya ndeprok aza sambil cekelan cagak. :-) ... MDS: Selama
      Message 2 of 9 , Jan 24, 2001
        --- Bambang Mr <ratchom@...> wrote:
        >
        > Bambang:
        > Disinilah letak perbedaan keimanan Islam dan kristen. Kalau
        > keimanan kristen adalah umat manusia akan terselamatkan jika
        > mengikuti jalan Yesus, karena dia telah mengorbankan dirinya
        > sebagai penebus dosa umat manusia. Tapi, saya juga masih bingung,
        > karena beberapa kata Yesus malah tidak diikuti karena telah
        > dipatahkan oleh kesaksian orang lain.

        MDS:
        Yang mana itu? Kalo bingung silakan bertanya biar saya terangkan.
        Kalo masih bingung juga, ya ndeprok aza sambil cekelan cagak. :-)

        >
        > Sedangkan keimanan Islam meyakini, bahwa yang bisa menyelamatkan
        > adalah diri kita sendiri. Tidak Muhammad, tidak ulama, tidak pula
        > Alquran. Semua itu hanyalah petunjuk. Yang menyelamatkan manusia
        > adalah Taqwa, dimana artinya selalu mengikuti petunjuk-petunjuk
        > yang telah diberikan oleh Allah, baik itu tertuang di dalam Alquran
        > atau yang telah diajarkanNya lewat Muhammad.
        >

        MDS:
        Selama manusia menginjak bumi, selamanya manusia tidak bisa kudus.
        Siapapun orangnya tetap akan lebih banyak dosanya ketimbang amal
        solehnya, lebih banyak tidak setianya ketimbang setianya. Nah, mana
        mungkin manusia dapat mendekatkan diri kepada Allah yang mahakudus
        itu. Mana mungkin juga manusia sanggup melintasi sidrathul muntaha?

        ps: emang lebih enak abis kepakek, ketimbang lapuk tergantung :-)



        __________________________________________________
        Do You Yahoo!?
        Yahoo! Auctions - Buy the things you want at great prices.
        http://auctions.yahoo.com/
      • Bambang Mr
        Omega on 23/01/2001 04:51:55 PM Pertanyaan saya (yang mungkin goblok nih) apakah ada hubungan antara keselamatan yang dijanjikan Allah dan
        Message 3 of 9 , Jan 25, 2001
          "Omega" <omega@...> on 23/01/2001 04:51:55 PM
          Pertanyaan saya (yang mungkin goblok nih) apakah ada hubungan antara
          keselamatan yang dijanjikan Allah dan yang didambakan umat manusia dengan
          daging babi?
           
          Bambang:
          Disinilah letak perbedaan keimanan Islam dan kristen. Kalau keimanan kristen adalah umat manusia akan terselamatkan jika mengikuti jalan Yesus, karena dia telah mengorbankan dirinya sebagai penebus dosa umat manusia. Tapi, saya juga masih bingung, karena beberapa kata Yesus malah tidak diikuti karena telah dipatahkan oleh kesaksian orang lain.
           
          Sedangkan keimanan Islam meyakini, bahwa yang bisa menyelamatkan adalah diri kita sendiri. Tidak Muhammad, tidak ulama, tidak pula Alquran. Semua itu hanyalah petunjuk. Yang menyelamatkan manusia adalah Taqwa, dimana artinya selalu mengikuti petunjuk-petunjuk yang telah diberikan oleh Allah, baik itu tertuang di dalam Alquran atau yang telah diajarkanNya lewat Muhammad. 
        • Kodok Ngorek
          Just one word... JESUS
          Message 4 of 9 , Jan 27, 2001
            Just one word...
            JESUS
          • Bambang Mr
            Efron Dwi Poyo ... MDS: Yang mana itu? Kalo bingung silakan bertanya biar saya terangkan. Kalo masih bingung juga, ya ndeprok aza sambil
            Message 5 of 9 , Jan 27, 2001
              Efron Dwi Poyo <klinsi68@...>
              >
              Bambang:
              > Tapi, saya juga masih bingung, karena beberapa kata Yesus
              malah tidak diikuti karena telah
              > dipatahkan oleh kesaksian orang
              lain.

              MDS:
              Yang mana itu? Kalo bingung silakan bertanya biar saya terangkan.
              Kalo masih bingung juga, ya ndeprok aza sambil cekelan cagak. :-)
               
              Bambang:
              Contoh yang gamblang yang Matius 5. Tetapi karena pemahaman kita tentang ayat tersebut berbeda, penerangan anda sama sekali tidak menerangkan saya ;-)
              Contoh lain mengenai keilahian Yesus. Saya belum menemukan bahwa Yesus telah mengatakan keilahiannya secara jelas, kecuali lewat penafsiran saja. Mestinya, kalau memang ini suatu keimanan yang hakiki, haruslah dijelaskan secara tegas oleh Yesus sendiri, bukan oleh kesaksian orang lain.
              Secara jelas dan tegas Yesus mengatakan dirinya hanyalah Utusan Allah.
               
              Joh 5:30  Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.
               
              MDS:
              ps: emang lebih enak abis kepakek, ketimbang lapuk tergantung :-)
               
              Bambang:
              Terus apa hubungannya dengan keselamatan? ;-))


            • Maikel Bendot
              Sederhana saja, koq repot2, di posting2 terdahulu banyak sekali disinggung bahwa Kristen mengimani Kalimatullah Nuzul menjaid manusia melalui Siti Maryam. Lha
              Message 6 of 9 , Jan 29, 2001
                Sederhana saja, koq repot2, di posting2 terdahulu banyak sekali disinggung
                bahwa Kristen mengimani Kalimatullah Nuzul menjaid manusia melalui Siti
                Maryam.
                Lha interpretasi apalagi yang bisa dispekulasikan selain bahwa Kalimatullah
                itu sesuai dengan keberadaan Allah SWT sendiri bersifat illahi dong.
                Kalimatullah itu yang di-imani (lebih dari haq'l yaqin) Nuzul menjadi
                manusia Isa Al Maseh oleh umat Kristiani. Jadi jelaslah bagi umat Kristiani
                perihal keillahian Isa AlMaseh (dalam bahasa baratnya = Yesus Kristus) koq
                masih saja ada yang ngeyel, wong itu diyakini demikian kan kita hormati
                walaupun kita tidak mengimani hal itu, ya kalo kita mengimani hal itu kan
                kita jadi kristen, ta' iya?!


                >From: "Bambang Mr" <ratchom@...>
                >Reply-To: islam-kristen@yahoogroups.com
                >To: <islam-kristen@yahoogroups.com>
                >Subject: [islam-kristen] re:Keselamatan
                >Date: Sat, 27 Jan 2001 10:31:00 -0800
                >
                >Efron Dwi Poyo <klinsi68@...>
                > > Bambang:
                > > Tapi, saya juga masih bingung, karena beberapa kata Yesus malah tidak
                >diikuti karena telah
                > > dipatahkan oleh kesaksian orang lain.
                >
                >MDS:
                >Yang mana itu? Kalo bingung silakan bertanya biar saya terangkan.
                >Kalo masih bingung juga, ya ndeprok aza sambil cekelan cagak. :-)
                >
                >
                >Bambang:
                >Contoh yang gamblang yang Matius 5. Tetapi karena pemahaman kita tentang
                >ayat tersebut berbeda, penerangan anda sama sekali tidak menerangkan saya
                >;-)
                >Contoh lain mengenai keilahian Yesus. Saya belum menemukan bahwa Yesus
                >telah mengatakan keilahiannya secara jelas, kecuali lewat penafsiran saja.
                >Mestinya, kalau memang ini suatu keimanan yang hakiki, haruslah dijelaskan
                >secara tegas oleh Yesus sendiri, bukan oleh kesaksian orang lain.
                >Secara jelas dan tegas Yesus mengatakan dirinya hanyalah Utusan Allah.
                >
                >Joh 5:30 Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku
                >menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil,
                >sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang
                >mengutus Aku.
                >
                >MDS:
                >ps: emang lebih enak abis kepakek, ketimbang lapuk tergantung :-)
                >
                >Bambang:
                >Terus apa hubungannya dengan keselamatan? ;-))
                >
                >
                >

                _________________________________________________________________________
                Get Your Private, Free E-mail from MSN Hotmail at http://www.hotmail.com
              • mursalaat
                Sdara-sdari skalian, salah satu pengertian yang belum tentu sama diantara kita semua adalah pengertian keslamatan. Saya pernah mbahas hal ini tapoi saya masih
                Message 7 of 9 , Aug 22, 2008
                  Sdara-sdari skalian,

                  salah satu pengertian yang belum tentu sama diantara kita semua adalah
                  pengertian keslamatan.

                  Saya pernah mbahas hal ini tapoi saya masih ingin tahu bila anda2
                  bicara rentang keslamatan maksud tepatnya apa.

                  Mengapa butuh keslamatan? dan siapa yang menylamatakan dan apa makan
                  keseharaian keslamatan itu?

                  trimakasih sbelumnya
                • zaky
                  Cak Mur, saya dulu berpikir tau arti keselamatan. kata yang sederhana kok. tapi semakin tua, semakin ga tau, dan akhirnya nyerah. waktu saya tak dapet order
                  Message 8 of 9 , Aug 26, 2008
                    Cak Mur,

                    saya dulu berpikir tau arti keselamatan. kata yang sederhana kok. tapi
                    semakin tua, semakin ga tau, dan akhirnya nyerah. waktu saya tak dapet
                    order kerjaan, misalnya. saya bilang, "mampus deh gue." tapi dari situ
                    saya menghargai artinya uang. dan hidup saya lebih hemat sekarang.
                    saya diselamatkan. lain waktu putus sama pacar, lalu saya bilang,
                    "celaka!" tapi ternyata itu membawa keberkahan lain. lagi-lagi saya
                    diselamatkan. padahal tadinya saya berpikir saya celaka.

                    itu cuma contoh cetek. ibunya artis sheila marcia punya definisi
                    keselamatan yang jauh lebih luar biasa. saat anaknya tertangkap basah
                    pesta shabu-shabu, ibu sheila dengan tabah berkata, "saya bersyukur
                    tuhan yesus menyelamatkan anak saya." maksud dia adalah untung polisi
                    lebih dulu menangkap basah anaknya. kalau tidak buru-buru ditangkap,
                    sheila bisa saja makin terjerumus dan ketergantungan. masalah bisa
                    lebih runyam. karena itu, dia pun tidak merengek-rengek meminta
                    anaknya dikeluarkan dari tahanan dengan status tahanan rumah (seperti
                    yang biasa dilakukan koruptor-koruptor itu). ibu sheila mengatakan,
                    biarlah dia ditahan, biar sheila dewasa. walaupun pada kenyataannya
                    ibu sheila ini menangis, pingsan beberapa kali, setidaknya menurut
                    saya ibu sheila sudah berpikir dan bertindak di jalur yang benar.

                    artinya, keselamatan hanyalah soal persepsi. selamat atau tidak adalah
                    pilihan. selamat atau celaka bukan pemberian (given) dari langit yang
                    tak bisa dipilih. perhatikan kasus ibu sheila tadi. dalam kondisi
                    se-sial-sialnya, masih juga berpikir kondisinya beruntung. padahal
                    karier keartisan anaknya tersendat, tawaran bermain di sinetron/film
                    sana-sini otomatis pada kabur. bisa jadi ini akhir dari karier anaknya
                    di dunia hiburan. pernikahan anaknya pun terancam batal. belum lagi
                    tinggal di tahanan. dia merasa beruntung karena dia memilih untuk
                    merasa beruntung. kondisi luar tidak ia pedulikan.

                    karena itu saya percaya, saya tidak bisa diselamatkan siapapun,
                    kecuali (pikiran) diri sendiri. begitulah islam mengajari saya. ini
                    tidak berarti paham islam bertentangan dengan nasrani yang percaya
                    bahwa tuhan yesus adalah juru selamat semua makhluk. perbedaan
                    hanyalah masalah cara mendidik umat.

                    sekarang saya tidak tahu apa arti keselamatan. dalam islam, celaka
                    paling celaka adalah masuk neraka. dan beruntung paling beruntung
                    adalah surga. kalau neraka dan surga itu memang ada, saya tidak akan
                    memilih keduanya. saya akan menyerahkan pilihan kepada allah, sang
                    hyang widhi, tuhan bapa, tuhan yesus. kepada "mereka" saya pasrah.

                    saya pasrah, karenanya tak penting lagi selamat atau tidak. yang
                    penting adalah kehendak tuhan. di manapun saya ditempatkan, di neraka
                    atau surga, yang penting di situlah tuhan menghendaki saya berada.

                    salam,

                    zaky
                    pertanyaan yang luar biasa dari cak mursalat.

                    --- In islam-kristen@yahoogroups.com, "mursalaat" <mursalaat@...> wrote:
                    >
                    > Sdara-sdari skalian,
                    >
                    > salah satu pengertian yang belum tentu sama diantara kita semua adalah
                    > pengertian keslamatan.
                    >
                    > Saya pernah mbahas hal ini tapoi saya masih ingin tahu bila anda2
                    > bicara rentang keslamatan maksud tepatnya apa.
                    >
                    > Mengapa butuh keslamatan? dan siapa yang menylamatakan dan apa makan
                    > keseharaian keslamatan itu?
                    >
                    > trimakasih sbelumnya
                    >
                  • Yan Pee
                    Cak Zaky yang budiman, Apa kabar nih .. long time no see hah! Kalau boleh saya ikut sharing ...   Barangkali apa yang diucapkan ibunya sheila marcela itu
                    Message 9 of 9 , Aug 28, 2008
                      Cak Zaky yang budiman,
                      Apa kabar nih .. long time no see hah!
                      Kalau boleh saya ikut sharing ...
                       
                      Barangkali apa yang diucapkan ibunya sheila marcela itu karena sebagai orang kristen dia ingat ayat2 Alkitab di bawah ini, bhw mengucap syukur itu tidak hanya saat kita menerima berkat saja, tetapi juga saat musibah diizinkan atas kita:
                       
                      1-Tesalonika  5:18 - "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu."
                       
                      Yakobus  1:2-3 - "Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan."
                       
                      1 Kor 10:13 -  "Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya."
                       
                      Demikian sekedar sharing.
                      Syalom,
                       
                      Yan Pee.
                       
                       
                       


                      --- On Wed, 27/8/08, zaky <zakymuzakir@...> wrote:
                      From: zaky <zakymuzakir@...>
                      Subject: [islam-kristen] Re: Keselamatan
                      To: islam-kristen@yahoogroups.com
                      Date: Wednesday, 27 August, 2008, 11:52 AM

                      Cak Mur,

                      saya dulu berpikir tau arti keselamatan. kata yang sederhana kok. tapi
                      semakin tua, semakin ga tau, dan akhirnya nyerah. waktu saya tak dapet
                      order kerjaan, misalnya. saya bilang, "mampus deh gue." tapi dari situ
                      saya menghargai artinya uang. dan hidup saya lebih hemat sekarang.
                      saya diselamatkan. lain waktu putus sama pacar, lalu saya bilang,
                      "celaka!" tapi ternyata itu membawa keberkahan lain. lagi-lagi saya
                      diselamatkan. padahal tadinya saya berpikir saya celaka.

                      itu cuma contoh cetek. ibunya artis sheila marcia punya definisi
                      keselamatan yang jauh lebih luar biasa. saat anaknya tertangkap basah
                      pesta shabu-shabu, ibu sheila dengan tabah berkata, "saya bersyukur
                      tuhan yesus menyelamatkan anak saya." maksud dia adalah untung polisi
                      lebih dulu menangkap basah anaknya. kalau tidak buru-buru ditangkap,
                      sheila bisa saja makin terjerumus dan ketergantungan. masalah bisa
                      lebih runyam. karena itu, dia pun tidak merengek-rengek meminta
                      anaknya dikeluarkan dari tahanan dengan status tahanan rumah (seperti
                      yang biasa dilakukan koruptor-koruptor itu). ibu sheila mengatakan,
                      biarlah dia ditahan, biar sheila dewasa. walaupun pada kenyataannya
                      ibu sheila ini menangis, pingsan beberapa kali, setidaknya menurut
                      saya ibu sheila sudah berpikir dan bertindak di jalur yang benar.

                      artinya, keselamatan hanyalah soal persepsi. selamat atau tidak adalah
                      pilihan. selamat atau celaka bukan pemberian (given) dari langit yang
                      tak bisa dipilih. perhatikan kasus ibu sheila tadi. dalam kondisi
                      se-sial-sialnya, masih juga berpikir kondisinya beruntung. padahal
                      karier keartisan anaknya tersendat, tawaran bermain di sinetron/film
                      sana-sini otomatis pada kabur. bisa jadi ini akhir dari karier anaknya
                      di dunia hiburan. pernikahan anaknya pun terancam batal. belum lagi
                      tinggal di tahanan. dia merasa beruntung karena dia memilih untuk
                      merasa beruntung. kondisi luar tidak ia pedulikan.

                      karena itu saya percaya, saya tidak bisa diselamatkan siapapun,
                      kecuali (pikiran) diri sendiri. begitulah islam mengajari saya. ini
                      tidak berarti paham islam bertentangan dengan nasrani yang percaya
                      bahwa tuhan yesus adalah juru selamat semua makhluk. perbedaan
                      hanyalah masalah cara mendidik umat.

                      sekarang saya tidak tahu apa arti keselamatan. dalam islam, celaka
                      paling celaka adalah masuk neraka. dan beruntung paling beruntung
                      adalah surga. kalau neraka dan surga itu memang ada, saya tidak akan
                      memilih keduanya. saya akan menyerahkan pilihan kepada allah, sang
                      hyang widhi, tuhan bapa, tuhan yesus. kepada "mereka" saya pasrah.

                      saya pasrah, karenanya tak penting lagi selamat atau tidak. yang
                      penting adalah kehendak tuhan. di manapun saya ditempatkan, di neraka
                      atau surga, yang penting di situlah tuhan menghendaki saya berada.

                      salam,

                      zaky
                      pertanyaan yang luar biasa dari cak mursalat.

                      --- In islam-kristen@ yahoogroups. com, "mursalaat" <mursalaat@. ..> wrote:
                      >
                      > Sdara-sdari skalian,
                      >
                      > salah satu pengertian yang belum tentu sama diantara kita semua adalah
                      > pengertian keslamatan.
                      >
                      > Saya pernah mbahas hal ini tapoi saya masih ingin tahu bila anda2
                      > bicara rentang keslamatan maksud tepatnya apa.
                      >
                      > Mengapa butuh keslamatan? dan siapa yang menylamatakan dan apa makan
                      > keseharaian keslamatan itu?
                      >
                      > trimakasih sbelumnya
                      >



                      Get your new Email address!
                      Grab the Email name you've always wanted before someone else does!
                    Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.