Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.

Re: [islam-kristen] Re: tanggapan saya (mhn dijwb dulu)

Expand Messages
  • Jose Idris
    Dear Yan (Pee?), Perintah sholat 5 waktu langsung dari Allah swt, tanpa ada perantara malaikat jibril a.s, Baginda Rasul di panggil menghadap langsung (bertemu
    Message 1 of 55 , Nov 30, 2009
    • 0 Attachment
      Dear Yan (Pee?),

      Perintah sholat 5 waktu langsung dari Allah swt, tanpa ada perantara malaikat jibril a.s, Baginda Rasul di panggil menghadap langsung (bertemu dengan Allah swt), peristiwa ini dikenal dengan isra' dan mi'raj.

      Hadist-hadist yang membenarkan peristiwa ini antara lain:
      Hadist Shahih Bukhari No. 211 Jilid I
      Berita dari Anas bin Malik r.a mengatakan, “Abu Dzar pernah bercerita, bahwa Rasulullah s.a.w bersabda: Pada suatu waktu ketika aku berada di Mekah, tiba-tiba atap rumahku dibuka orang. Maka turunlah Jibril, lalu dibedahnya dadaku, kemudian dibersihkannya dengan air zamzam. Sesudah itu dibawanya sebuah bejana emas penuh hikmat dan iman, lalu dituangkan kedadaku, dan sesudah itu dadaku dipertautkan kembali. Lalu Jibril a.s membawaku naik ke langit. Ketika Jibril a.s meminta agar dibukakan pintu, kedengaran suara bertanya: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s ditanya lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia telah diutuskan. Lalu dibukakan pintu kepada kami. Ketika aku bertemu dengan Nabi Adam a.s, beliau menyambutku serta mendoakan aku dengan kebaikan. Seterusnya aku dibawa naik ke langit kedua. Jibril a.s meminta supaya dibukakan pintu. Kedengaran suara bertanya lagi: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s ditanya lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia telah diutuskan. Pintu pun dibukakan kepada kami. Ketika aku bertemu dengan Isa bin Mariam dan Yahya bin Zakaria, mereka berdua menyambutku dan mendoakan aku dengan kebaikan. Aku dibawa lagi naik langit ketiga. Jibril a.s meminta supaya dibukakan pintu. Kedengaran suara bertanya lagi: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s ditanya lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia telah diutuskan. Pintu pun dibukakan kepada kami. Ketika aku bertemu dengan Nabi Yusuf a.s ternyata dia telah dikurniakan sebahagian dari keindahan. Dia terus menyambut aku dan mendoakan aku dengan kebaikan. Aku dibawa lagi naik ke langit keempat. Jibril a.s meminta supaya dibukakan pintu. Kedengaran suara bertanya lagi: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s ditanya lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia telah diutuskan. Pintu pun dibukakan kepada kami. Ketika aku bertemu dengan Nabi Idris a.s dia terus menyambutku dan mendoakan aku dengan kebaikan. Aku dibawa lagi naik ke langit kelima. Jibril a.s meminta supaya dibukakan pintu. Kedengaran suara bertanya lagi: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s ditanya lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia telah diutuskan. Pintu pun dibukakan kepada kami. Ketika aku bertemu dengan Nabi Harun a.s dia terus menyambutku dan mendoakan aku dengan kebaikan. Aku dibawa lagi naik ke langit keenam. Jibril a.s meminta supaya dibukakan pintu. Kedengaran suara bertanya lagi: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s ditanya lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia telah diutuskan. Pintu pun dibukakan kepada kami. Ketika aku bertemu dengan Nabi Musa a.s dia terus menyambutku dan mendoakan aku dengan kebaikan. Aku dibawa lagi naik ke langit ketujuh. Jibril a.s meminta supaya dibukakan. Kedengaran suara bertanya lagi: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s ditanya lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia telah diutuskan. Pintu pun dibukakan kepada kami. Ketika aku bertemu dengan Nabi Ibrahim a.s dia sedang berada dalam keadaan menyandar di Baitul Makmur. Keluasannya setiap hari memuatkan tujuh puluh ribu malaikat. Setelah keluar mereka tidak kembali lagi kepadanya. Kemudian aku dibawa ke Sidratul Muntaha. Daun-daunnya besar umpama telinga gajah manakala buahnya pula sebesar tempayan. Baginda bersabda: Ketika baginda merayau-rayau meninjau kejadian Allah s.w.t, baginda dapati kesemuanya aneh-aneh. Tidak seorang pun dari makhluk Allah yang mampu menggambarkan keindahannya. Lalu Allah s.w.t memberikan wahyu kepada baginda dengan mewajibkan sembahyang lima puluh waktu sehari semalam. Tatakala baginda turun dan bertemu Nabi Musa a.s, dia bertanya: Apakah yang telah difardukan oleh Tuhanmu kepada umatmu? Baginda bersabda: Sembahyang lima puluh waktu. Nabi Musa a.s berkata: Kembalilah kepada Tuhanmu, mintalah keringanan kerana umatmu tidak akan mampu melaksanakannya. Aku pernah mencuba Bani Israel dan memberitahu mereka. Baginda bersabda: Baginda kemudiannya kembali kepada Tuhan dan berkata: Wahai Tuhanku, berilah keringanan kepada umatku. Lalu Allah s.w.t mengurangkan lima waktu sembahyang dari baginda. Baginda kembali kepada Nabi Musa a.s dan berkata: Allah telah mengurangkan lima waktu sembahyang dariku. Nabi Musa a.s berkata: Umatmu masih tidak mampu melaksanakannya. Kembalilah kepada Tuhanmu, mintalah keringanan lagi. Baginda bersabda: Baginda tak henti-henti berulang-alik antara Tuhan dan Nabi Musa a.s, sehinggalah Allah s.w.t berfirman Yang bermaksud: Wahai Muhammad! Sesungguhnya aku fardukan hanyalah lima waktu sehari semalam. Setiap sembahyang fardu diganjarkan dengan sepuluh ganjaran. Oleh yang demikian, bererti lima waktu sembahyang fardu sama dengan lima puluh sembahyang fardu. Begitu juga sesiapa yang berniat, untuk melakukan kebaikan tetapi tidak melakukanya, nescaya akan dicatat baginya satu kebaikan. Jika dia melaksanakannya, maka dicatat sepuluh kebaikan baginya. Sebaliknya sesiapa yang berniat ingin melakukan kejahatan, tetapi tidak melakukannya, nescaya tidak sesuatu pun dicatat baginya. Seandainya dia melakukannya, maka dicatat sebagai satu kejahatan baginya. Baginda turun hingga sampai kepada Nabi Musa a.s, lalu aku memberitahu kepadanya. Dia masih lagi berkata: Kembalilah kepada Tuhanmu, mintalah keringanan. Baginda menyahut: Aku terlalu banyak berulang alik kepada Tuhan, sehingga menyebabkan aku malu kepada-Nya. Kemudian Jibril membawaku hingga ke Sidratul Muntaha. Tempat mana ditutup dengan aneka warna yang aku tak tau warna-warna apa namanya. Sesudah itu aku dibawa masuk ke dalam surga, dimana didalamnya terdapat mutiara bersusun-susun sedang buminya bagaikan kasturi.



      Salam,
      Jose Idris

      --- On Mon, 11/30/09, Yan <yanpratam@...> wrote:

      From: Yan <yanpratam@...>
      Subject: [islam-kristen] Re: tanggapan saya (mhn dijwb dulu)
      To: islam-kristen@yahoogroups.com
      Date: Monday, November 30, 2009, 2:00 PM

       

      Sdr Silkroad yang terkasih,
      Assalamu 'alaikum wr. wb.


      Memang pertanyaan2 saya dalam e-mail saya dibawah itu tidak perlu dijawab
      Yang perlu dijawab adalah tantangan utk mencarikan kutipan hadits tentang turunnya sholat 5 waktu yaitu sbg perintahlangsung dari Allah SWT kepada Muhammad.

      Jadi kayaknya nggak ada hubungannya deh dgn persyaratan2 anda yang menurut saya paling aneh... Kenapa?
      Andaikan itu 100% wahyu dari Tuhan, masih perlu ditulis oleh tangan manusia... supaya bisa jadi kitab seperti sekarang ini donk dik!.. gimana sih logikamu itu....cing!

      Saya simpulkan ya persyaratan2 dari anda:
      1. Kalo jawabannya a) anda bilang pertanyaan saya tak perlu mendapat jawaban.
      2. Kalo jawabannya b) anda bilang tak perlu didiskusikan lagi..
      3. Kalo jawabannya c) anda bilang s.d.a alias  tak perlu didiskusikan lagi..

      Berarti apapun jawabannya anda memang nggak akan mau menjawab tantangan posting hadits ttg sholat 5 waktu.... Iya kan?....
      Hahaha.... kalo nggak bisa jawab bilang terus terang ... gak usah mbulet pura2 ngasih syarat  segala ..... akhirnya NOL BESAR!

      Kalau nggak bisa berdiskusi disini, lebih baik duduk manis saja melihat teman2 anda berdiskusi.. OK?. Dari pada diketawain sama orang2 sedunia yg lagi liat milis ini.... hahaha!!!
      Sekarang yang sudah dapat haditsnya, tolong di post disini.

      Semoga Sang Khalik memberikan hikmat kepada anda.

      Wassalam,

      Yan Pee




      --- In islam-kristen@ yahoogroups. com, "silk_road_75" <goldeagle75@ ...> wrote:
      >
      >
      >
      > Bung Yan Pee yg dikasihi Tuhan,
      >
      >
      > berkenaan dg pertanyaan Sdr, Saya ingin bertanya dulu. tolong di jwb dg
      > jujur. Apakah sebuah kitab suci, termasuk kitab suci yg Anda yakini (Al
      > Kitab) berasal dari:
      >
      > a) wahyu samawi (wahyu Tuhan)?,
      >
      > b) berasal dari tulisan2 tangan manusia, hasil karya akal pikiran
      > manusia?
      >
      > c) Campuran keduanya?
      >
      >
      > Jika jwbn Anda adlh A, maka Saya bingung dan heran dg pertanyaan Anda.
      > Anda seharusnya sudha memahami bhw sebuah kitab suci yg memuat wahyu
      > Tuhan tdk boleh di campur2/dikotori oleh tangan2 lain. Jadi pertanyaan
      > Anda adalah pertanyaan yg tdk perlu mendapat jwbn
      >
      > Jika jwbn Anda adlh B, maka pertanyaan ini tdk perlu didiskusikan lagi,
      > krn sudah jelas ada perbedaan persepsi ttg kitab suci. Kami meyakini
      > kitab suci adalah wahyu dari Tuhan krn itu tdk boleh dicampuri tangan2
      > lain. Jika Anda berpersepsi sblknya itu hak anda. Tapi sampai kapanpun
      > diskuis nggak akan nyambung. Bung Harpro sudah berusaha menjelaskannya.
      > Bahkan dlm diskusi dg peserta millist sblm2 nya hal ini pernah dibahas.
      > Silahkan Anda trace back lagi atau minta catatan Bung Harpro.
      >
      > JIka jwb Anda adlh C, maka jwbn saya kira2 sama dg yg B..
      >
      > NOte: Bukanlah hak manusia menambah2 kan isi dari kitab suci. wahyu
      > berasal dari ALLAH, bukan dari manusia. maka jika Khalifah Ustman RA,
      > menambah2 kan sesuatu didlm Quran, sama saja dia sudah menodai kesucian
      > Kitab Suci. Demikian
      >
      >
      >
      >
      > Silahkan jawab pertanyaan Saya, maka Kami akan jawab tantangan Anda.
      >
      > Semoga Anda mendapat hidayah,
      >
      > Wassalam
      >
      > --- In islam-kristen@ yahoogroups. com, "Yan" yanpratam@ wrote:
      > >
      > > Mas Dedy ytk,
      > >
      > > Benar sekali kata anda kenapa hadits yang memuat sejarah turunnya
      > perintah sholat 5 waktu itu kok tidak dimasukkan ke dlm Al Quran?
      > Padahal sholat 5 waktu itu menurut kepercayaan teman2 muslim adalah soko
      > guru (tiangnya) agama.
      > > Kira2 kenapa kok nggak dimasukkan?
      > > Silakan teman2 Muslim carikan hadits mengenai turunnya perintah sholat
      > 5 waktu tsb. Kalau sudah dapat mari kita share disini , mengapa sampai
      > hal sepenting itu kok tidak dimasukkan ke dalam Quran saat Standarisasi
      > Al Quran oleh Khalifah Utsman bin Affan?
      > >
      > > Silakan jawab tantangan ini, yaitu carikan haditsnya.
      > >
      > > Wassalam,
      > >
      > > Yan Pee.
      > >
      > >
      > >
      > > --- In islam-kristen@ yahoogroups. com, "dedy" hartantodedy@ wrote:
      > > >
      > > >
      > > > --- In islam-kristen@ yahoogroups. com, "Harpro" <harpro31@> wrote:
      > > > >
      > > > > Ayat2 di dalam Alquran diwahyukan Allah SWT kepada Rasululullah
      > SAW,
      > > > bukan seperti Injil yang merupakan kitab sejarah, hasil dari cerita2
      > > > orang, jadi bagi Injil perlu pembuktian siapa yang menceritakan
      > > > peristiwa penyaliban tsb kepada murid2 Yesus.
      > > > >
      > > > >
      > > > > Hp
      > > >
      > > > He,he,he yang lewat Jibril (alias diwahyukan) ditulis di Al Quran,
      > tapi
      > > > dialog langsung Allah SWT dengan Rasuullah SAW, mengenai perintah
      > sholat
      > > > 5 (lima) waktu malah tidak ditulis di Al Quran.
      > > > Dan perintah ini begitu kuatnya, padahal cuma ada di hadist yang
      > katanya
      > > > mirip dengan Injil, bukan?
      > > >
      > > > Pertanyaan saya, apakah anak-anak yang lahir setelah tahun 1965,
      > perlu
      > > > menunggu wahyu untuk tahu cerita G30S ? Tentu tidak perlu, bukan?
      > > > Tinggal tanya saja sama saksi-saksi yang masih hidup.
      > > >
      > > > Nah, apa benar Muhammad perlu wahyu untuk menulis surah al Fiil,
      > padahal
      > > > dia di lahir pada tahun Gajah itu?
      > > > Apakah para saksi mata yang masih hidup melihat burung ababil
      > membawa
      > > > batu berapi????
      > > >
      > > > Mana lebih valid, catatan saksi sejarah atau surah yang katanya
      > wahyu?
      > > >
      > > > Dh
      > > >
      > > >
      > > >
      > > > Dh
      > > >
      > >
      >


    • Yan
      Bung Sil yang terkasih, Lho saya sudah membuka diskusi dgn mengemukakan pendapat saya yaitu hub antara hadits tsb dgn ayat2 Quran yang berhubungan dgn sholat
      Message 55 of 55 , Dec 19, 2009
      • 0 Attachment
        Bung Sil yang terkasih,

        Lho saya  sudah membuka diskusi dgn mengemukakan pendapat saya yaitu hub antara hadits tsb dgn ayat2 Quran yang berhubungan dgn sholat (lihat warna biru dari email yg lalu).
        Anda dan teman2 muslim yg lain donk yg memberi tanggapan setuju dgn pendapat saya tsb dibawah atau tidak. Kalau tidak, silakan jelaskan... kok malah nyuruh ngasih lagi... ketahuan nggak nyimak... hahaha!


        7.
        SEKARANG kita bahas hadits tsb karena sudah masuk ke milis, jadi semua pihak bisa mengopy sendiri.
        Setelah membaca keseluruhan text hadits tsb, maka  menurut saya justru peristiwa dalam hadits inilah yang duluan terjadi. Setelah Muhammad mengantungi perintah sholat wajib 5 x sehari tsb, lalu dijalankan sesuai dgn contoh dari Muhammad (sunnah).
        Logikanya, setelah turun perintah tsb lewat cerita hadits tab, barulah AllahSWT menurunkan Qs. Al Isra 78 dll untuk mengingatkan akan perintah yg sudah diberikan oleh Allah melalui Muhammad tsb.
        Sehingga bukan perintah sholat dalam Quran yg duluan datang, kmd baru cerita dalam haditsnya sbg pelengkap, tetapi justru sebaliknya.


        Saya tunggu lho tanggapan teman2 muslim ....(terutama yg sebelumnya ngotot kalau turunnya perintah sholat 5 waktu tsb sdh ada di Quran, sedangkan haditsnya hanya penunjang/pelengkap barangkali punya alasan lain yg bisa di share disini.)

        Wassalam,

        Yan Pee







        --- In islam-kristen@yahoogroups.com, "Silk Road 75" <goldeagle75@...> wrote:
        >
        > Assalamualaikum Bung Jose,
        > Salam Bung Yan Pee yg baik,
        >
        > Baiklah kita lupakan kronologisnya. Saya setuju, Tdk usah membahas soal kronologis itu. kurang bermanfaat. Silahkan jika memang Haditsnya masih ingin dibahas. Saya mungkin akan lebih banyak menyimak krn pd dsrnya saya masih beranggapan pembahasan ini hanya akan membenamkan kita pada kesalah-pengertian.
        > Mungkin point 7 ulasan Bung Yan Pee nyambung dg maksud saya.Tapi mungkin ada yg ingin di jelaskan oleh Bung Jose seputar topik ini. Monggo....silahkan! Tapi saya berharap Bung Jose mau CC kan Japri ulasan anda kepada saya krn trkdng saya mengikuti millis hanya lewat info2 yg disampaikan melalui email Client. (Mungkin juga Cak Semprul dan Bung Harpro mau. Krn Sdr ber-2 juga pernah menyanggah dlm perbincangan sblmnya mengenai Hadits ini)
        >
        > Silahkan Anda mulai Bung Yan Pee. Apa yg ingin anda sampaikan. di point 7 anda sudah membuat pembukaan.
        >
        > Semoga kita semua diberi pencerahan dan tambahan ilmu yg bermanfaat oleh sang Khalik.
        >
        > Wasalam
        >
        > ----- Original Message -----
        > From: Jose Idris
        > To: islam-kristen@yahoogroups.com
        > Cc: Silk Road 75
        > Sent: Thursday, December 10, 2009 10:54 AM
        > Subject: Re: [islam-kristen] Re: tanggapan saya
        >
        >
        > Dear Yan,
        >
        > Akhirnya saudara muncul juga, sudah sekian lama ditunggu2.. ^_^
        >
        > Baiklah, kita lupakan kronologis gimana kejadiannya. Karena jika kita bahas terus, tidak ada manfaat, lebih baik kita bahas yang intinya. hadist....
        >
        > Silahkan saudara Yan bahas dan kirim pembahasan hadist mengenai perintah sholat 5 waktu ini, kita tunggu...
        >
        >
        > Salam,
        > Jose Idris
        >
        > --- On Wed, 12/9/09, Yan yanpratam@... wrote:
        >
        >
        > From: Yan yanpratam@...
        > Subject: [islam-kristen] Re: tanggapan saya
        > To: islam-kristen@yahoogroups.com
        > Date: Wednesday, December 9, 2009, 3:47 PM
        >
        >
        >
        > Bung Silk yang budiman,
        >
        > Sebelumnya saya urutkan kronologinya sbb:
        >
        > 1. Sdr Dedi tgl 20 Nov-09 bertanya:
        >
        >
        >
        > > From: islam-kristen@ yahoogroups. com [mailto:islam- kristen@yahoogro ups.com]
        > > On Behalf Of dedy
        > > Sent: 20 Nopember 2009 10:03
        > > To: islam-kristen@ yahoogroups. com
        > > Subject: [islam-kristen] Re: tanggapan saya
        >
        > He,he,he yang lewat Jibril (alias diwahyukan) ditulis di Al Quran, tapi
        > > dialog langsung Allah SWT dengan Rasuullah SAW, mengenai perintah sholat
        > > 5 ( lima ) waktu malah tidak ditulis di Al Quran.
        > > Dan perintah ini begitu kuatnya, padahal cuma ada di hadist yang katanya
        > > mirip dengan Injil, bukan?
        >
        > 2. Tgl 30Nov-09 bung Harpro menjawab ayat di Quran ttg perintah sholat.
        > In islam-kristen@ yahoogroups. com, "Harpro" harpro31@ wrote:
        > >
        > > Alquran diturunkan bagi orang2 yang mau berfikir
        > >
        > > Perintah sholat lima waktu, jelas tertulis di dalam surat Al-Israa ayat 78:
        > >
        > > Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan
        > > (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan
        > > (oleh malaikat)
        >
        > 3. Tgl 30-Nov-09 saya jawab:
        > From: Yan yanpratam@yahoo. com>
        > Subject: [islam-kristen] Re: tanggapan saya
        > To: islam-kristen@ yahoogroups. com
        > Date: Monday, November 30, 2009, 4:21 PM
        >
        >
        > Bung Harpro yang baik,
        >
        >
        >
        > Hehehe.... anak kecil juga tau kalo perintah sholat itu ada di Quran...( Anda udah berpikir...tapi ternyata nggak ngerti maksud pertanyaan.. )
        >
        > Yang diminta itu isi dialog Muhammad dgn Allah SWT tentang proses turunnya perintah sholat yang akhirnya sampai pada angka 5 kali sehari
        >
        > 4. Tanggal 1 Des-09 Bung Jose lalu kirim jawaban katanya hadits sdh dikirimkan:
        >
        >
        > Sent: Tuesday, December 1, 2009 11:10:27
        > Subject: Re: [islam-kristen] Re: tanggapan saya
        >
        > Dear Yan Pee,
        >
        > Mengenai hadist sholat 5 waktu, sudah saya kirim pada email sebelumnya.
        >
        > 5. Ternyata saya belum terima dan tidak ada di milis. Supaya mudah kontrolnya, saya hanya akan menjawab pertanyaan yg lewat jarum (milis).. Lalu saya kirim lagi e-mail :
        >
        > (2-Des-09):
        >
        > Bung Jose yang terkasih,
        > Sekali lagi soal turunnya perintah sholat 5 waktu.
        > Qs.Al Isra 78 itu bukanlah cerita soal proses turunnya sholat 5 waktu, tapi merupakan reminder dari Tuhan agar menjalankan sholat mulai sore mau magrib sampai subuh.
        > Sedangkan proses dialog Muhammad dgn Allah dan Musa sampai akhirnya ditetapkan sholat itu 5 kali sehari saya pernah diberi tahu ada di hadits. Nah hadits inilah yang saya maksudkan untuk diposting disini bagi siapa saja yang berhasil menemukannya.
        >
        > ============ ========= =====
        >
        >
        >
        > 6. Akhirnya tgl 5 Des-09 saya kirim hadits yang cukup panjang.
        > Apakah yang saya kirim tsb sama dgn yg dikirim bung Jose. Anggap sama karena itu peristiwa penting yg "dibawa sbg oleh2" Muhammad dari perjalanan ruhnya. Kalau beda, mohon diposting lagi.
        >
        > 7. SEKARANG kita bahas hadits tsb karena sudah masuk ke milis, jadi semua pihak bisa mengopy sendiri.
        > Setelah membaca keseluruhan text hadits tsb, maka menurut saya justru peristiwa dalam hadits inilah yang duluan terjadi. Setelah Muhammad mengantungi perintah sholat wajib 5 x sehari tsb, lalu dijalankan sesuai dgn contoh dari Muhammad (sunnah).
        > Logikanya, setelah turun perintah tsb lewat cerita hadits tab, barulah AllahSWT menurunkan Qs. Al Isra 78 dll untuk mengingatkan akan perintah yg sudah diberikan oleh Allah melalui Muhammad tsb.
        > Sehingga bukan perintah sholat dalam Quran yg duluan datang, kmd baru cerita dalam haditsnya sbg pelengkap, tetapi justru sebaliknya.
        >
        > Sementara demikian dulu, pembahasan haditsnya menyusul..
        >
        > Wassalam.
        >
        > Yan Pee.
        >
        >
        >
        >
        >
        >
        >
        >
        >
        >
      Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.