RE: [islam-kristen] Re: menanggapi agil chang

  • agil prasetyo
    Message 1 of 78 , Apr 28, 2007
      Anda bisa membaca dalam Perjanjian Lama, bahwa hari Sabbath itu adalah hari ketujuh. Dalam tradisi Yahudi (dan juga Islam), hari pertma dimulai dengan hari Minggu (Yom Rishon dalam bahasa Hebrew) atau Hari Ahad dalam bahasa Arab yang artinya SATU. Nah, hari ketujuh adalah hari Sabtu atau disebut Yom Shabbath.

      Kurang jelas apa lagi?

      Justru tidak ada satupun keteranga dalam Alkitab atau Al Quran yang memerintahkan untuk menguduskan Hari Minggu. Itu hanya tradisi dari Gereja Katolik saja!

      d ongan <d_ongan@...> wrote:
      salam juga,

      Itukan hanya ketetapan, tidak ada bukti nyata bahwa Sabat = Sabtu. Apakah di alkitab ditulis bahwa Sabat = Sabtu? Ataukah ada bukti yang penelitian yg actual yang menyatakan Sabat = Sabtu? Setahu saya, belum ada bukti nyata yang menyatakan hal tersebut, untuk sementara pernyataan tersebut hanya merupakan kesimpulan belaka.

      FKU

      agil prasetyo <agil_chang@yahoo. com.sg> wrote:
      Salam,

      Rasanya jawabannya sudah ada di power point yang sudah dibuat oleh Pak Situmorang. Tapi baiklah saya akan ambil dari sumber lain:

      Roman Catholic:  No such law in the Bible  "Nowhere in the bible do we find that Jesus or the apostles ordered that the Sabbath be changed from Saturday to Sunday.  We have the commandment of God given to Moses to keep holy the Sabbath day, that is, the Seventh day of the week, Saturday.  Today, all Christians keep Sunday because it has been revealed to us by the [Roman] church outside the Bible."  Catholic Virginian, Oct. 3, 1947

      "You may read the Bible from Genesis to Revelation, and you will not find a single line authorizing the sanctification of Sunday. The Scriptures enforce the religious observance of Saturday, a day which we never sanctified." James Cardinal Gibbons, The Faith of Our Fathers (1917 ed.), pp.72,73

      "If protestants would follow the Bible, they should worship God on the Sabbath Day, that is Saturday. In keeping Sunday they are following a law of the Catholic Church.Albert Smith, chancellor of the Archdiocese of Baltimore, replying for the cardinal in a letter of Feb. 10, 1920.

      d ongan <d_ongan@yahoo. com> wrote:
       JM Situmorang Menulis :
      Pertanyaan yang patut direnungkan : Apakah kita bisa mengganti hari Sabat (Sabtu) dengan hari Minggu? Tentu bisa, tapi itu berarti bukan Bendera Allah yang kita kibarkan, lalu bendera siapakah?

      D_ongan:
      Sabat (sabtu)???? tolong dong dikasih bukti nyata, tulisan seperti ini ngarang ato memang ada referensinya?

       Tau dari mana pak, sabat = sabtu???

      FKU

      Real people. Real questions. Real answers. Share what you know.

      Check out new cars at Yahoo! Autos.

      Yahoo! Movies - Search movie info and celeb profiles and photos.

    • Bsm Technical
      Message 78 of 78 , Aug 24, 2007
        Daer Saudara Zaky Muzakir,
        Setiap cara atau system tidak ada yang sempurna. Semua memiliki kelemannya masing-masing.Demikian, kristen katolikpun menyadari hal itu sejujur-jujurnya.Kita di dunia ini selalu dihapkan dua pilihan, ikut setan atau ikut Tuhan.Ada positif dan ada negatif, dalam setiap situasi dan pilihan apapun juga. Jadi orang saleh ada resiko, jadi orang jahat ada resiko.Topik ini bukan sesuatu yang baru, sudah ratusan tahun sebelum kita lahir, berabad-abad yang lalu kalau kita baca sejarah sudah didiskusikan dan sudah diseminarkan berkali-kali oleh pendahulu-pendahulu kita.Saya jadi heran juga, semua yang dibicarakan di MILIS ini sebenarnya hanya kulitnya saja, sehubungan dengan peradapan manusia dengan Penciptanya. Bukan kepada intinya. Kita berputar-putar tidak kepada inti,atau kehendak Sang Pencipta.Sudah begitu banyak orang menghabiskan waktu,tenaga membicarakan sisilah,kitab,orang,perbuatan orang dan ini dan itu.Belum lagi masalah interen agama masing-masing pun ada bergudang-gudang lagi masalah dalam penafsiran kitab mereka masing-masing.Mereka semua mau mempertahankan pandangan masing-masing.Dengan cara itu sebenarnya manusia mulai membangun berhala-berhala baut mereka sendiri.Disini saya mau menyampaikan keyakinan saya bahwa,ini sesuai dengan pendapat,tokoh rohaniawan 1500 tahun yang lalu, bahwa Tuhan memberikan Hukum kepada seluruh umat manusia, siapapun agamanya, dimanapun mereka berada yaitu : KASIHILAH ALLAH-mu dan KASIHILAH SESAMAMU MANUSIA.Menurut saya ini Hukum Utama dan Yang TERUTAMA. Hukum ini melebihi Hukum apa pun juga dari segala bentu Hukum di Dunia.Dalam setiap persoalan, kita harus memandang manusia itu sebagai suatu ciptaan yang sama, pencipta kita sama, maka harus kita KASIHI.Namun kita harus hati-hati, Hukum itu tidak membenarkan satu dengan yang lain, artinya, ada orang yang mengatakan kalau orang mencintai Allah pasti mencintai Manusia.Dalam hal ini saya tidak setuju.Karena pandangan manusia tentang Allah bisa berbeda. Demikian sebaliknya, saya tidak setuju kalau orang mengatakan, kalau orang mencintai sesma pasti mencintai Allah. Alasan saya tidak setuju, karena Allah tidak mengatakan demikian kepada saya.
        Jadi dalam perjalanan, tindakan manusia dalam hidup ini, dan penafsiran yang sulit terhadap buku suci mereka, selalu saya terapkan hukum ini. Apapun kata kitab suci mereka, walaupun mereka berkuak menerikkan 'Alahuu Akbar,Alahu Akbar, Aleluya Puji Tuhan, Aleluya,puji Tuhan, namun kalau dengan perbuatn itu membuat sesamanya menderita,takut tersiksa, tidak nyaman, ingat lah itu TIDAK BENAR !! Itu bertentangan dengan HUKUM KASIH: Cintailah Tuhanmu dan Cintailah Sesamamu manusia.Allah tidak mengatakan cintailah sesamamu kristen saja, atau cintailah sesamamu islam saja.Tidak ! Cintailah sesaamamu manusia.Jadi tidak pandang bulu dan kulit,tempat dimana saja dipermukaan bumi ini.
        Demikian dalam penafsiran kita suci. Ini pun selalu ada perdebatan seru baik intern agama maupun dengan agama lain. Di milis ini, kalau semua dicetak  pembicaraan tentang Iskak, mukin sudah lebih tebal dari pada kitab suci sendiri.Sebenarnya kalau orang mau, hal itu bisa diselesaikan dengan cara yang sederhana, tanpa bertele-tele.Usahakan semua mengacu kepada Hukum di atas.Lihat penerapannya.Lihat caranya, lihat tujuannya.Apa bila tidak bertentangan dengan Hukum di atas, SAYA YAKIN SEYAAKIN YAKINNYA tidak akan ada pertentangan. Bila seorang menentangnya mungkin orang sudah sakit, atau ada udang di balik batu, ada kepentingan kelompok atau kepentingan tertentu lebih luas.Sampai disini dulu. Wassalam.(Mars)