GEREJA-GEREJA KRISTEN: PRO AMANE

  • Lendong Rangke
    Message 1 of 1 , Jul 2, 2000

      AMANE WROTE:

      Bung Jeha sorry kalo saya ikutan nimbrung.....

      Dari pertanyaan anda, sepertinya anda selalu membedakan antara Gereja yang satu dengan yang lain, apa sih bedanya ? Misalnya saya, hidup berpindah-pindah bulan ini saya ada di surabaya dan ikut kebaktian di Gereja A bulan berikunya saya ada di Semarang dan berkitnya lagi di LA bulan berikutnya lagi di Fatikan dan bulan berikutnya lagi di Cairo yang disana kristennya Ortodok dan tidak berpusat pada Fatikan dan bulan berikutnya terus..... disemua tempat itulah saya ikut kebaktian ikut mengkaji al kitab dan segala aktifitas gereja lainnya, trus gimana kalau anda bertanya seperti itu ditujukan pada saya...? apa yang harus saya jawab ? kalau semuanya.... wah repot.
      Bung.... suatu hari pernah saya jalan-jalan di TP mall, ketika saya sedang duduk-duduk sambil menikmati minuman ada orang datang ke saya namanya Yusak, kamudian dia ngasih saya kartu undangan kebaktian umum yang akan diselenggarakan disebuah hotel (untuk menghindari orang yang suka usil seperti anda, menanyakan soal asal gereja kali ya...) di Surabaya, dalam perkenalan dia tidak menyebutkan dari gereja mana namun dia hanya mengatakan dia dari Indonesia timur. Ketika saya datang dan ketemu lagi ama dia, nggak ada tuh disuruh ngisi buku tamu dan nyebutin dari gereja mana, semuanya berjalan biasa, kecuali acaranya lo... Wooow ramai. Bung lendong kagak ngukit kan.....?
      Dari pengalaman itu kan bisa saya katakan bahwa tidak ada membedakan antara gereja yang ini dan yang itu... dan kalau anda bertanya seperti itu orang akan berpendapat lain, bahwa kalao saya bukan anggota gereja A maka nanti saya enggak boleh ikut kebaktian di gereja itu apalagi segala aktifitas lainnya. ya nggak ? Parah lagi kalau perbedaan hanya karena gereja itu dijadikan sekte.... kacau lah... orang sekarang aja udah banyak sekte kok contohnya Protestan, Roma Katholic, Saksi Yehovah, Greek Katholic, Katholic Anglikan, Kristen Orthodox dan masih ada yang laen yang membuat banyak orang bingung termasuk saya, mana diantara sekian itu yang benar?, masak nanti timbul lagi Kristen gereja A,B,C dst. ya jangan to.... biar saya enggak tambah bingung lagi.
      Salam
      Dari Kampung Permai
      CAI.

      TANGGAPAN LENDONG RANGKE:

             Komentar ini saya anggap wajar jika Bung Amane seorang Muslim.Bukan hanya anda yang bingung membedakan Gereja Kristen. Banyak orang mengalami hal yang sama dengan anda. Karena ketidaktahuan mengenai Gereja-Gereja Kristen, mereka melihat hanya ada satu GEREJA(AGAMA) KRISTEN. Saya punya beberapa pengalaman berkaitan dengan hal di atas. Hanya tiga contoh yang saya tuliskan:
          Contoh I:pada tahun 1996 ada  seorang Katolik yang akan dilantik menjadi Kepala Dep. Transmigrasi di salah satu Dati II. Pendamping rohani yang diperlukan dalam sumpah itu adalah Pastor.Ketika pengangkatan sumpah mau dilakukan, Kepala SOSLPOL( Seorang Muslim) ditugaskan menjemput Pastor. Tiba di jalan yang dituju; kebetulan tempat saya dekat Gereja Katolik, bapak itu mulai bertanya," Dimana rumah pemimpin Kristen di sini??". Mendengar itu saya hanya berkata dalam hati," bagaimana mungkin seorang pemimpin tidak bisa membedakan seorang Pastor dan Pendeta??"
          Contoh II. Ada seorang PNS yang baru terangkat akan disumpah. Petugas pengangkatan sumpah mendatangi Pastor dan berkata," Ada seorang Kristen yang mau disumpah. Bapak diminta kesediaannya untuk mendampingi sebagai rohaniawan." Pastor balik bertanya," Kristen apa dia?" Petugas itu bingung, lalu berkata," Saya kira  Gereja Kristen itu hanya satu."
          Contoh III. Seorang kelompok diskusi Universitas Muhammadiyah (UNISMU) mendatangi rumah saya. Ingin mencari nara sumber seorang Kristen yang dapat menjelaskan bagaimanakah paham Kristen mengenai TRADISI yang dalam Islam di sebut HADIST NABI. Saya waktu itu menjawab," Anda mau paham dari Gereja Kristen mana?? Apakah paham Gereja Protestan atau Paham Gereja Katolik?? Karena paham dari dari kedua Gereja ini mengenai Tradisi berbeda. Protestan tidak mengakui Tradisi; sedang Katolik menerimanya." Mahasiswa itu hanya berkata,"Oooohhh....saya kira Kristen itu hanya satu."

          Menanyakan identitas Gereja seorang dalam perjumpaan sehari-hari memang agak aneh. Oleh karena itu tidak perlu bertanya kepada seseorang di tengah jalan," Eeehhh...kamu dari Kristen mana??". Saya hanya bertanya kepada bung Jeha dalam Milis ini karena kita berdiskusi masalah-masalah pemaham iman dan teologis.Dengan mengetahui seseorang itu dari Gereja Kristen apa, khan jelas bagi saya kalau dia mengungkapkan suatu peernyataan iman.

          Kesamaan iman yang paling pokok diantara Gereja-gereja yang mengklaim diri Kristen adalah: MENGAKUI YESUS KRISTUS SEBAGAI TUHAN YANG MENYELAMATKAN/JURUSELAMAT. MENGAKUI IMAN TRITUNGGAL. SATU ALLAH TIGA PRIBADI. BAPA, PUTERA DAN ROH KUDUS.  Jadi kalau ada yang mengklaim diri Kristen lalu mengingkari iman yang paling pokok ini, berarti dia bukan Kristen.
          Namun banyak juga ajaran iman yang berbeda dari Gereja-Gereja Kristen. Justru karena adanya penafsiran yang berbeda tentang ajaran iman maka muncullah macam-macam Gereja.Sebab kalau ajaran imannya serba seragam, satu, maka tidak ada yang namanya: Agama Kristen Protestan, Katolik, Pentakosta, Adven, dll.Kalau kita memperhatikan organisasi keagamaan yang diakui pemerintah di Indonesia ( walaupun sebetulnya bukan hak pemerintah mengakui/atau tidak kepercayaan seseorang, dalam hal ini saya sependapat bung Omegamaka jelas dibedakan antara PGI dan MAWI. PGI adalah organisasi gereja-gereja Protestan. MAWI adalah organisasi gereja Katolik.
          Kalau anda berprinsip bahwa Gereja Kristen itu sama saja atau satu, maka anda penganut paham Sinkretisme.Mencampur adukkan suatu ajaran agama, bahkan mau memperdamaikan ajaran-ajaran yang mungkin tidak bisa didamaikan.
          Saya kira hal yang biasa kalau anda misalnya Pentekosta di kota Surabaya. Pindah ke Semarang lalu masuk Gereja Pentakosta. Pindah ke Roma, juga masuk Pentokasta. Tapi suatu keanehan jika anda menjadi Katolik di Makassar , di Ambon anda masuk GPIB, di Medan anda masuk Advent,di Manokwari anda masuk sekte Saksi Yehovah.

          Saya juga bisa mengerti kalau selalu ada tuduhan Kristenisasi yang dialamatkan kepada semua Gereja Kristen tanpa melihat yang melakukan itu dari Gereja mana karena Gereja Kristen hanya dilihat SATU. Kalau itu dilakukan Gereja Katolik, semua Gereja Kristen kena getahnya. Kalau itu dilakukan Pentakosta, semua Gereja Kristen kena tulahnya. Kalau itu dilakukan Gereja Protestan, semua Gereja Kristen dituduh. Kalau penginjilan dari rumah ke rumah itu dilakukan saksi Yehovah, Gereja-Gereja Kristen yang lain kena lemparan batu.

          Dengan penjelasan singkat ini semoga anda tidak menjadi bingung kalau saya ingin mengetahui Gereja seseorang. Dan semoga kebingungan mengenai adanya Gereja-Gereja Kristen semakin bisa dikurangi dari pemikiran rekan-rekan Muslim.

      Lenndong Rangke