Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.

Re: [islam-kristen] Ulangan 33:2 (was: Re: Muhammad SAW di Bible)

Expand Messages
  • Amin Abdulrauf
    Dont worry, InshaAllah, kawan2 moeslem anda bisa memberikan anda pencerahan atas izin Allah SWT. Mari kita atur agar diskusi kita berjalan sistematis dan
    Message 1 of 73 , Mar 27, 2006
    • 0 Attachment
      Dont worry, InshaAllah, kawan2 moeslem anda bisa
      memberikan anda pencerahan atas izin Allah SWT.
      Mari kita atur agar diskusi kita berjalan sistematis
      dan berada pada track yg santun.

      Sy mengusulkan topik diskusi spt ini:

      1. Konsep trinitas
      2. Penebusan dosa makhluk oleh pencipta
      3. sejarah kanonisasi alkitab
      4. kontradiksi isi alkitab
      5. ayat2 yg diinterpretasikan kurang senonoh
      6. Peranan PL dimasa kini
      7. Pengampunan dosa oleh pihak gereja
      8. Penafsiran atas sifat kemahakuasaan Tuhan yg
      dikaitkan dengan kematian Tuhan,
      dan keberatan anda thd politeisme.
      9. Konsep Kasih dan keadilan yg realistis pada masa
      lampau dan kini.

      Silakan ajukan bhn topik diskusi dari yg prinsipal
      sampai yg berat2. setelah itu nanti kita bicarakan 1
      per 1.

      thx,
      best regards,:-)
      Amin

      --- mikael_agl <mikael_agl@...> wrote:

      > Kalau memang tafsirannya salah atau tidak tepat
      > silahkan berikan
      > tafsiran dan pengertian yang benar dari ayat-ayat
      > Quran serta hadist
      > tersebut.
      > Jangan hanya mengatakan salah dan tidak mengerti
      > saja, namun silahkan
      > berikan pengertian yang benar menurut anda,
      > setidaknya pengertian
      > dari pihak muslim.
      > Selama ini saya tidak pernah menemui penjelasan dari
      > pihak muslim
      > untuk meluruskan pengertian tersebut kalau memang
      > pengertian tersebut
      > tidak tepat.
      >
      > Kalau bung eddy tidak mampu memberikan pengertian
      > atau tafsiran yang
      > benar atas ayat-ayat quran dan hadist tersebut,
      > mungkin ada rekan
      > muslim yang mampu?
      >
      > salam
      > mikael
      >
      >
      > --- In islam-kristen@yahoogroups.com, "Eddy"
      > <eddy@...> wrote:
      > >
      > > Hahaha
      > >
      > > saya udah liat postingnya
      > > Setelah saya baca hanya tafsir dari orang yg tidak
      > mengerti sama
      > sekali,
      > > Seperti katak dalam tempurung,
      > > Satu kalimat dipotong trus disambung sama yg lain
      > kagak nyambung....
      > > Trus diartikan semaunya.......
      > >
      > > Anak kecilpun bisa menulis kayak gitu....
      > > Kepada teman2 muslim yg udah liat postingnya
      > dibwah , ngak usah
      > ditanggapi
      > > Anggap aja orang bodoh lagi belajar membaca......
      > >
      > >
      > >
      > > Eddy
      > >
      > > ----- Original Message -----
      > > From: mikael_agl
      > > To: islam-kristen@yahoogroups.com
      > > Sent: Wednesday, March 22, 2006 3:58 AM
      > > Subject: [islam-kristen] Ulangan 33:2 (was: Re:
      > Muhammad SAW di
      > Bible)
      > >
      > >
      > > Entah harus berapa kali saya harus mengatakan
      > bahwa saya sama
      > sekali
      > > tidak mempunyai kebencian kepada islam ataupun
      > kepada Muhammad.
      > > Dan entah harus berapa kali saya harus
      > mengatakan bahwa umat
      > kristen
      > > itu:
      > > Hanya menyembah satu Tuhan saja.
      > > Hanya bersujud kepada Allah.
      > > Hanya berdoa kepada Allah saja.
      > >
      > > Namun memang menurut pendapat saya (setelah
      > membaca Quran dan
      > > Hadist) :
      > > Muhammad bukanlah nabi Allah.
      > > Allah tidak pernah memberikan wahyu-Nya kepada
      > Muhammad.
      > > Al Quran merupakan karang-karangan Muhammad
      > semata alias buah
      > karya
      > > Muhammad semata.
      > >
      > > Adapun alasan saya berpendapat demikian adalah:
      > > 1. Quran yang merupakan karya Muhammad telah
      > salah kaprah dalam
      > > melihat ajaran nasrani/kristen, yang mana
      > dikatakan bahwa nasrani
      > > menyembah lebih dari satu Tuhan. Padahal dari
      > sejak abad pertama
      > > sampai saat ini tidak pernah umat
      > nasrani/kristen mempunyai
      > keyakinan
      > > yang seperti itu.
      > > 2. Kebencian yang mendalam terhadap nasrani dan
      > Yahudi, serta
      > > prasangka yang salah bahwa umat nasrani memusuhi
      > islam.
      > > 3. Permusuhan yang dikobarkannya terhadap
      > nasrani dan yahudi,
      > > khususnya bagi yang menolak islam. Padahal baik
      > nasrani maupun
      > Yahudi
      > > bukanlah penyembah berhala, melainkan hanya
      > menyembah Allah yang
      > Esa.
      > > Hanya kerena menolak islam dan menolak mengakui
      > Muhammad sebagai
      > > nabi, kaum nasrani dan yahudi tersebut harus
      > dilenyapkan dari
      > muka
      > > bumi ini.
      > > 4. Banyaknya pertentangan dalam Quran sendiri,
      > salah satu contoh
      > > yaitu mengenai bunuh diri dalam (2) Al Baqarah
      > 54 dan (4) An
      > Nisaa 29.
      > > 5. Banyak peryataan Quran yang bertentangan
      > dengan ilmu
      > pengetahuan
      > > modern. Contoh : (16) An Nahl 15, (27) An-Naml
      > 88, dan (18) Al-
      > Kahfi
      > > 86.
      > > 6. Banyaknya ketidak sesuaian dengan kitab suci
      > yang di ilhamkan
      > > Allah sebelumnya yaitu Taurat dan Injil, baik
      > dari riwayat
      > cerita,
      > > silsilah,dan sebagainya.
      > > 7. Banyaknya ajaran Quran dari segi etika dan
      > kepatutan yang
      > tidak
      > > sesuai dengan kebudayaan manusia yang
      > beradab/modern.
      > > 8. Ketidak adilan, diskriminasi, anti semitisme
      > dalam ajaran
      > Quran.
      > > 9. Buah dari ajaran Muhammad/Quran yang
      > membuahkan aksi terorisme
      > > seperti bom bunuh diri, serta sikap beringas dan
      > membabi buta
      > yang
      > > ditunjukkan para pengikut Muhammad, bahkan bisa
      > dilihat pada hari-
      > > hari belakangan ini.
      > >
      > > Masih banyak lagi kalau harus ditulis satu
      > persatu mas yaallta.
      > > Saya berpendapat demikian bukanlah sekedar
      > prasangka saja. Namun
      > saya
      > > berpendapat demikian setelah saya membaca Al
      > Quran yang merupakan
      > > sumber keyakinan umat muslim itu sendiri.
      > > Sudahkah anda membaca postingan dibawah ini?
      > >
      >
      http://groups.yahoo.com/group/islam-kristen/message/12574
      > >
      >
      http://groups.yahoo.com/group/islam-kristen/message/12726
      >
      > >
      >
      http://groups.yahoo.com/group/islam-kristen/message/12727
      >
      > >
      >
      http://groups.yahoo.com/group/islam-kristen/message/12707
      >
      > >
      >
      http://groups.yahoo.com/group/islam-kristen/message/12842
      >
      > >
      > > Wajar, anda sebagai seorang muslim membela
      > agama, keyakinan dan
      > > Muhammad yang anda anggap sebagai nabi anda.
      > > Silahkan saja. Itu adalah hak anda.
      > > Namun adalah juga merupakan hak saya juga bagi
      > rekan-rekan
      > lainnya
      > > bila tidak mempercayai Quran sebagai berasal
      > dari Allah, dan juga
      > hak
      > > saya kalau saya menolak Muhammad sebagai nabi
      > Allah.
      > >
      > > Semuanya akan menjadi nyata di hari akhir nanti,
      > dan pada saat
      > kita
      > > menghadapi penghakiman dari Yang Maha Adil.
      > > Pakailah akal dan logika dalam meneliti
      > kebenaran.
      > > Btw, setahu saya bukankah Muhammad tidak tahu
      > akan nasibnya
      > kelak?
      > > (46) Al-Ahqaaf 9. Ayat tersebut menyatakan
      > bahwa Beliau tidak
      > tahu
      > > akan nasibnya kelak, bahkan nasib para
      > pengikutnyapun beliau
      > tidak
      > > tahu. Dan untuk itulah Muhammad meminta agar
      > para pengikutnya
      >
      === message truncated ===


      __________________________________________________
      Do You Yahoo!?
      Tired of spam? Yahoo! Mail has the best spam protection around
      http://mail.yahoo.com
    • wiedya
      Pak Mursalaat, saya cinta sama bapak. Bapak udah menikah? ataukah anak bapak sedang mencari jodoh? saya mencari jodoh susah sekali kriterianya kecuali sama
      Message 73 of 73 , May 19 6:24 AM
      • 0 Attachment
        Pak Mursalaat, saya cinta sama bapak. Bapak udah menikah? ataukah anak bapak sedang mencari jodoh? saya mencari jodoh susah sekali kriterianya kecuali sama bapak saja saya rasa. Atau anak didik bapak. Atau siapapun yang merupakan saudara2 bapak dalam iman.
        --- In islam-kristen@yahoogroups.com, "wiedya" <wiedyaparamita@...> wrote:
        >
        > BETUL SEKALI ! SESUAI PENGALAMAN PRIBADI !
        > --- In islam-kristen@yahoogroups.com, "mursalaat" <mursalaat@> wrote:
        > >
        > > Huebuat tennaan dik.
        > >
        > > Kebenaran kadangkala dikorbankan demi keluarga, saudara, adat, orang
        > > sekitar, bos, ambisi dlsb.
        > > Padahal kekristenan justru menekankan barang siapa berpihak kepada
        > > kebenaran maka kebenaran itu selalu berpihak kepadanya.
        > > Kebenaran perlu dibela bukan dengan pedang (kekerasan) tetapi dengan
        > > melakukan kebenaran berapapun harganya (penyangkalan diri) ini
        > > prinsip jihad murni.
        > > Namun seringkali penyangkalan diri itu begitu sulit sehingga
        > > kebenaranlah yang dikorbankan, demi tradisi, demi ego, demi adat,
        > > demi keluarga, demi pemimpin dst.
        > > Disisi lain juga ada yang mengorbankan kebenaran karena takut
        > > diputusin pacar, dicerai, dibakar, dikeroyok, dikucilkan, dijarah,
        > > dirampok, dibom, diteror dlsb.
        > > Padahal kebenaran menjanjikan kebebasan dari keterikatan, ketakutan,
        > > kecanduan, dlsb.
        > >
        > > Ta' iya?
        > >
        > > --- In islam-kristen@yahoogroups.com, Jap Evan <JapEvan@> wrote:
        > > >
        > > > Saudara Tery yang baik,
        > > >
        > > > Jalan Tuhan Yesus memang sukar, jalan yang penuh penyangkalan
        > > diri, banyak
        > > > orang Yang mengaku Kristen tapi kelakuannya tidak sesuai dengan
        > > ajaran
        > > > Yesus, dan akhirnya menginggalkan agamanya karena tidak tahan
        > > dengan jalan
        > > > penyangkalan diri tersebut. Saudara lihat sekeliling saudara
        > > apalagi di
        > > > Eropah, Amerika, orang sudah bayak yang meninggalkan agamanya
        > > karena
        > > > kehidupan Duniawi lebih menarik
        > > >
        > > > Saudara tahu pada jaman Nabi Nuh, dari jutaan orang pada saat itu
        > > yang
        > > > selamat hanya 8 orang saja lainya binasa. Jadi Mayoritas bukan
        > > jaminan akan
        > > > kebenaran dan keselamatan.
        > > >
        > > > Apakah yang kamu cari kebenaran atau mayoritas pengikutnya ?
        > > >
        > > >
        > > >
        > > >
        > > >
        > > >
        > > > -----Original Message-----
        > > > From: tery tery [mailto:terypencari@]
        > > > Sent: Thursday, March 16, 2006 1:06 PM
        > > > To: islam-kristen@yahoogroups.com
        > > > Subject: Re: [islam-kristen] Ulangan 33:2 (was: Re: Muhammad SAW
        > > di Bible)
        > > >
        > > > Assalammualaikum...
        > > > mas yalta dan rekan lainnya dimilis ini..
        > > > saya pribadi sih cuma melihat kenyataan disekitar saya
        > > > aja...walau banyak pihak (kristen) yg bilang islam itu
        > > > agama pembunuh, nabinya buruk kotor2 dan kalimat2 lain
        > > > yg rasanya bikin kuping panas... tapi kenapa ya..
        > > > disekeliling saya justru berlomba masuk islam??
        > > >
        > > > ini kenyataan... ibu saya adalah seorg kristen advent
        > > > yg taat.. tapi mau2nya masuk islam..tanpa dipaksa dan
        > > > terpaksa.. stlah itu menyusul adik2nya (om dan tante)
        > > > gak lama sepupu2nya yg protestan masuk islam juga...
        > > > eh malah yg sekarang oma udh sejak dua thn lalu minta
        > > > masuk islam...tapi kita cucu2nya jg anak2nya ortu dan
        > > > om/tante yg udh islam masih melihat kesungguhan
        > > > oma....(takutnya krn dia udh mulai pikun jdi pengen
        > > > masuk islam) tpi kok ya so oma maksa mulu agar dia di
        > > > islamkan sebelum meninggal....
        > > >
        > > > klu islam itu agama perang hal ini saya tentang
        > > > bangat.. inget tragedi penyerangan kaum muslim di
        > > > maluku, morotai dan sekitarnya yg diserang kristen
        > > > saat sholat idul fitri beberapa thn silam??? apakah
        > > > pantas seorg kristen yg ngakunya mulia nabinya mulia
        > > > semuanya mulia...menyerang org lain yg tengah
        > > > beribadah dihari rayanya???? mereka memaksa tawanan
        > > > islam utk memakan dan meminum darah babi.... yg jelas
        > > > itu haram buat umat islam?? memperkosa anak2 dan para
        > > > isteri tawanannya.. apakah itu adill??? apakah itu
        > > > tidak kejam??
        > > > saya tdk pernah melihat dan mendengar berita seperti
        > > > itu yg terjadi nyata dikampung halaman saya...
        > > >
        > > > saya dan keluarga besar saya adalah saksi hidup...
        > > > dan ntah bagaimana banyak tetangga dikampung halaman
        > > > yg kristen kemudian masuk islam...
        > > >
        > > > tidak percaya dan anggap saya membual...silahkan..
        > > > tapi Demi Allah saya menceritakan ini apa adanya..
        > > >
        > > > kalau memang kalian mulia tunjukkanlah sikap mulia
        > > > anda..
        > > >
        > > > Wassalam
        > > >
        > > >
        > > > --- mikael_agl <mikael_agl@> wrote:
        > > >
        > > > > Mas yaallta, tampaknya diskusi kita semakin melebar
        > > > > kemana-mana saja
        > > > > nih.
        > > > > Tampaknya anda telah siap untuk berdebat kusir.
        > > > > Silahkan saja kalau
        > > > > hal tersebut yang anda inginkan.
        > > > > Memang tidak mudah untuk menerima kenyataan bahwa
        > > > > agama anda dan nabi
        > > > > anda yang anda anggap mulia itu dihujat dan dianggap
        > > > > sebagai tidak
        > > > > benar. Namun apa yang saya kemukakan bukanlah
        > > > > sekedar prasangka,
        > > > > melainkan merupakan suatu fakta yang nyata karena
        > > > > sejarah telah
        > > > > menyatakan hal ini, begitupun dengan pernyataan
        > > > > Quran serta hadist
        > > > > yang turut memperkuat hal ini.
        > > > > Dan tampaknya anda belum siap menerima kenyataan
        > > > > ini. Dan sepertinya
        > > > > anda telah terbuai dan telah dibuat buta oleh
        > > > > propaganda-propaganda
        > > > > yang dibuat rekan-rekan anda, pengajar-pengajar,
        > > > > serta penulis-
        > > > > penulis islam yang terlalu melebih-lebihkan islam
        > > > > serta Muhammad
        > > > > sebagai sesuatu yang mulia dan haram untuk dihujat.
        > > > >
        > > > > Saya TIDAK sedang membicarakan mengenai penyebaran
        > > > > agama islam di
        > > > > jawa, di indonesia, di eropa, di amerika, jepang,
        > > > > atau penyebaran
        > > > > agama islam seperti yang terjadi sekarang ini.
        > > > > Melainkan saya sedang membicarakan ekspansi serta
        > > > > penyebaran agama
        > > > > yang dilakukan Muhammad beserta pasukan muslimnya
        > > > > yang dilakukan
        > > > > dengan kekerasan dan paksaan. Dan bahkan hal itu
        > > > > terus berlangsung
        > > > > bahkan sampai seabad setelah Muhammad meninggal
        > > > > dunia.
        > > > > Saya TIDAK berbicara mengenai peperangan yang
        > > > > terjadi sekarang ini,
        > > > > seperti perang di palestina, afganistan ataupun
        > > > > irak. Saya
        > > > > membicarakan peperangan yang dilakukan oleh Muhammad
        > > > > beserta pasukan
        > > > > muslimnya.
        > > > >
        > > > > Peperangan yang dilakukan Muhammad beserta pesukan
        > > > > muslimnya tidaklah
        > > > > dapat disamakan dengan peperangan yang dilakukan
        > > > > oleh Daud ataupun
        > > > > peperangan antara mailaikat dengan iblis. Setahu
        > > > > saya, Musa tidak
        > > > > pernah berperang dengan Firaun. Begitupun Nuh setahu
        > > > > saya tidak
        > > > > pernah melakukan peperangan.
        > > > >
        > > > > Apa maksud anda dengan peperangan yang dilakukan
        > > > > oleh umat kristen?
        > > > > Tidak ada didalam ajaran kristen atau ajaran Kristus
        > > > > untuk berperang
        > > > > secara fisik dengan penggunaan senjata. Seperti yang
        > > > > telah dinyatakan
        > > > > dalam Efesus 6:12 bahwa "perjuangan kita bukanlah
        > > > > melawan darah dan
        > > > > daging". Peperangan umat kristen bukanlah peperangan
        > > > > fisik, melainkan
        > > > > peperangan secara rohani melawan roh-roh jahat,
        > > > > dengan iman dan doa.
        > > > > Apakah yang anda maksud adalah perang salib? Perang
        > > > > salib bukanlah
        > > > > peperangan karena ajaran kristen. Perang salib
        > > > > merupakan suatu
        > > > > keputusan politis dari penguasa di eropa. Keputusan
        > > > > politis itupun
        > > > > timbul karena penindasan dan tindakan
        > > > > sewenang-wenang penguasa muslim
        > > > > terhadap pejiarah-pejiarah di Yerusalem. Seperti
        > > > > kita ketahui bahwa
        > > > > Yerusalem merupakan kota suci bagi umat kristen dan
        > > > > yahudi. Tapi
        > > > > karena tindakan sewenang-wenang penguasa muslim dan
        > > > > penutupan kota
        > > > > Yerusalem bagi umat pejiarah-pejiarah kristen dan
        > > > > yahudi menjadi
        > > > > pemicu timbulnya perang salib.
        > > > >
        > > > > Saya tidaklah heran dengan ayat-ayat Quran yang anda
        > > > > kemukakan. Namun
        > > > > ayat tersebut belumlah cukup untuk membenarkan
        > > > > kesimpulan anda bahwa
        > > > > peperangan yang dilakukan muslim sebagai bentuk
        > > > > pembelaan diri saja.
        > > > > Karena memang tidak dijabarkan secara detail pada
        > > > > ayat-ayat yang
        > > > > telah anda sebutkan itu. Lagipula ayat-ayat Quran
        > > > > sendiri penuh
        > > > > dengan kontradiksi dan pertentangan antara ayat yang
        > > > > satu dengan ayat
        > > > > yang lainnya.
        > > > >
        > > > > Dan saya juga kurang setuju bahwa peperang yang
        > > > > dilakukan Muhammad
        > > > > sebagai bentuk pembelaan diri. Karena banyak
        > > > > peperangan yang
        > > > > dilakukan Muhammad justru inisiatif nya dimulai dari
        > > > > pihak Muhammad
        > > > > terlebih dahulu.
        > > > > Mungkin ada baiknya anda menyimak tulisan sdr.
        > > > > Jangkrik genggong
        > > > > dimilis ini beberapa waktu yang lalu. Dan setahu
        > > > > saya belum ada yang
        > > > > menanggapi atau menjelaskan ayat-ayat Quran serta
        > > > > hadist yang
        > > > > dikemukakan oleh sdr jangkrik genggong kecuali
        > > > > hujatan, cacian dan
        > > > > makian.
        > > > > Silahkan disimak tulisan berikut. Dan terus terang
        > > > > anda tidak akan
        > > > > suka membacanya.
        > > > >
        > > > >
        > > > http://groups.yahoo.com/group/islam-kristen/message/12574
        > > > >
        > > > >
        > > > http://groups.yahoo.com/group/islam-kristen/message/12726
        > > > >
        > > > >
        > > > http://groups.yahoo.com/group/islam-kristen/message/12727
        > > > >
        > > > >
        > > > http://groups.yahoo.com/group/islam-kristen/message/12707
        > > > >
        > > > >
        > > > http://groups.yahoo.com/group/islam-kristen/message/12842
        > > > >
        > > > > Silahkan disimak baik-baik, dan silahkan ditanggapi
        > > > > ayat-ayat Quran
        > > > > dan ayat-ayat hadist tersebut.
        > > > > Dan kemudian kita lanjutkan diskusi kita kembali.
        > > > >
        > > > > Salam
        > > > > mikael
        > > > >
        > > > > --- In islam-kristen@yahoogroups.com, "yaallta
        > > > > Muhammad"
        > > > > <yaallta@> wrote:
        > > > > >
        > > > > > Dalam banyak kasus, baik sekarang maupun dulu
        > > > > mayoritas orang yang
        > > > > > masuk Islam adalah benar-benar tanpa paksaan.
        > > > > > Agama Islam menjadi daya tarik bagi manusia dari
        > > > > segala bangsa
        > > > > karena
        > > > > > banyak ajaran baik yang bisa mereka dapatkan dari
        > > > > Islam.
        > > > > > -Orang-orang miskin, para budak dan orang-orang
        > > > > berbagai ras baik
        > > > > itu
        > > > > > hitam, kuning, maupun putih menerima Islam karena
        > > > > dalam Islam semua
        > > > > > orang diperlakukan sama.
        > > > > > -Ada juga yang karena melihat beberapa mukjizat
        > > > > kenabian Nabi
        > > > > Muhammad.
        > > > > > -Para ilmuwan masuk Islam karena takjub akan ayat
        > > > > AlQuran yang penuh
        > > > > > dengan kebenaran sesuai dengan apa yang mereka
        > > > > ketahui.
        > > > > > -Ada yang memang benar-benar dapat hidayah dari
        > > > > Allah baik itu lewat
        > > > > > mimpi maupun keajaiban lainnya.
        > > > > > -Dan sebagainya, masing-masing orang memiliki
        > > > > jalannya sendiri untuk
        > > > > > kembali ke Fitrah yaitu menjadi orang Islam.
        > > > > >
        > > > > > Kalau anda berpikir Islam itu disebarkan dengan
        > > > > paksaan dengan
        > > > > memakai
        > > > > > pedang dan pasukan. Kenapa juga anda tidak
        > > > > berpikir bagaimana
        > > > > pasukan
        > > > > > yang banyak itu bisa ada? Apakah mereka dipaksa
        > > > > juga menjadi
        > > > > Islam?...
        > > > > >
        > > > > > Begitu juga dengan masuk Islamnya orang di pulau
        > > > > Jawa, apakah memang
        > > > > > ada pasukan dari Arab yang menyerang orang Jawa.
        > > > > Jika Demak disebut
        > > > > > yang memaksa orang Jawa masuk Islam, apakah tidak
        > > > > ada yang berpikir
        > > > > > bahwa orang Demak itu adalah orang Jawa juga? Apa
        > > > > tidak ada yang
        > > > > > berpikir bagaimana mulanya orang Demak yang Jawa
        > > > > itu masuk Islam?
        > > > > >
        > > > > > Kenapa juga pada zaman sekarang ini masih banyak
        > > > > yang masuk Islam,
        > > > > > kita lihat saja di Amerika, Eropa, Jepang dan
        > > > > negara-negara lainnya?
        > > > > > Apakah anda melihat adanya paksaan pada mereka?...
        > > > > >
        > > > > > Soal adanya ayat-ayat AlQuran yang menyuruh orang
        > > > > Islam berperang
        > > > >
        > > > === message truncated ===
        > > >
        > > >
        > > > __________________________________________________
        > > > Do You Yahoo!?
        > > > Tired of spam? Yahoo! Mail has the best spam protection around
        > > > http://mail.yahoo.com
        > > >
        > > >
        > > >
        > > >
        > > >
        > > > Yahoo! Groups Links
        > > >
        > >
        >
      Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.