Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.

Re: [islam-kristen] Dosa Waris

Expand Messages
  • ahmad
    Jika tuhan yang berdosa, maka tepatlah kalau tuhan (yesus) disalib untuk menebus dosa tersebut. ... From: helmy To: islam Sent: Wednesday, March 17, 2004 6:54
    Message 1 of 64 , Mar 23, 2004
    • 0 Attachment
      Jika tuhan yang berdosa, maka tepatlah kalau tuhan (yesus) disalib untuk menebus dosa tersebut.
       
      ----- Original Message -----
      From: helmy
      To: islam
      Sent: Wednesday, March 17, 2004 6:54 PM
      Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris

      Terima Kasih bung Zulvan buat penjelasan anda yang lengkap tentang
      komputer dan manusia (programer).
      Oleh karena itu kesimpulannya adalah saya kutip pernyataan anda;
       
      tiap kesalahan pada komputer atau software yang salah ya manusianya :-)
       
      Lalu bagaimana dengan dosa manusia? apakah karena manusia adalah
      ciptaan Tuhan maka, dosa manusia adalah Tuhan juga yang berdosa??
       
      ----- Original Message -----
      Sent: Friday, March 12, 2004 5:56 PM
      Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris

      Berdasarkan pengalaman pahit selama jadi computer programmer.. tiap kesalahan pada komputer atau software yang salah ya manusianya :-)
       
      Kalo ada kerusakan dengan harware, maka yang salah itu:
      - Pabrik yang bikin hardware dan desainer hardware; bikin alat nggak mutu.
      - Derpartemen Pembelian; beli alat yang kualitas jelek.
      - User; salah pencet, ruang komputer tidak layak, tidak merawat komputer dengan baik.
      - Departemen Kelistrikan; listrik tidak stabil.
      - Computer Technician; tidak melakukan maintenance rutin.
      - Manager Komputer; tidak buat perencanaan dengan baik, kurang kontrol, kurang pelatihan SDM.
       
      Kalo ada kerusakan software; sama saja, tetap orangnya yang salah ;-D
       
       
       
       
       
       
      ----- Original Message -----
      From: helmy
      Sent: Friday, February 27, 2004 4:16 PM
      Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris

      Menurut ajaran Kristen;
      arti kata " dosa " adalah menentang atau melawan kehendak Tuhan, atau
      melakukan perbuatan yang tidak berkenan bagi Tuhan.
       
      Manusia bisa melakukan kesalahan, tetapi komputer juga bisa melakukan
      kesalahan. Namun komputer tidak dapat dikatakan berdosa.
       
      Kesalahan manusia bisa dimaafkan oleh orang lain, tetapi orang lain tidak
      dapat mengampuni dosa oleh karena arti kata dosa tersebut diatas.
       
      Manusia bisa memaklumi kesalahan komputer yang mungkin salah program
      atau low battery. Tetapi manusia tidak dapat menghukum komputer yang
      salah itu........gak ada gunanya.
      ----- Original Message -----
      From: syamsul
      Sent: Sunday, February 15, 2004 4:05 PM
      Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris

      Saya mau tanya sedikit.
      - Apa perbedaan diampuni (mengampuni) dengan dimaafkan (memaafkan)?
      - Apa perbedaan bersalah dengan berdosa?
       
      ----- Original Message -----
      From: helmy
      Sent: Friday, February 06, 2004 4:11 PM
      Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris

      Mas Zulvan yang baik,
       
      Yesus tidak pernah mengajarkan bahwa manusia bisa mengampuni dosa
      manusia yang lain.
       
      Tolong anda baca lagi perlahan-lahan, dan perhatikan baik-baik ayat
      Markus 11:25. Apakah ayat tersebut ada menyebut "ampunilah terelebih
      dahulu dosa orang lain"??.  Yang ada adalah "Bapamu yang disorga
      megampuni kesalahan-kesalahanmu".
      Jadi yang dimaksud "ampunilah terlebih dahulu.." itu ialah; kita harus
      mengampuni " kesalahan " orang lain yang bersalah kepada kita lebih
      dahulu sebelum kita memohon ampun akan kesalahan kita sendiri.
       
      Karena setiap orang/manusia berbuat dosa bukan kepada manusia lain
      tetapi hanya kepada Allah. Namun manusia berbuat salah tentu kepada
      orang lain. Oleh karena itu hanya Allah sendiri saja yang dapat mengampuni
      dosa manusia. Kalau manusia bisa mengampuni dosa manusia lainnya lalu
      untuk apa Allah harus mengampuni dosa manusia lagi?? karena dosa itu
      toh sudah diampuni.
       
      Mengampuni dosa, ini artinya; membersihkan manusia dari segala dosa
      sehingga manusia menjadi benar dihadapan Allah. Kalau manusia benar
      dihadapan Allah maka dia dapat datang berkumpul bersama Allah yang
      Maha Kudus itu. Jadi apakah manusia bisa mengampuni dosa sehingga
      menjadikan manusia lain itu benar dihadapan Allah??
       
      Maka dari itu, sesuatu yang salah di mata manusia belum tentu salah
      di mata Allah begitupun sebaliknya yang benar di mata manusia belum
      tentu benar di mata Allah.
      Tetapi untuk suatu dosa, sekecil apapun dosa manusia, maka dia akan
      mati bila berhadapan dengan Allah.
       
      salalm,
      hs
       
       
      ----- Original Message -----
      Sent: Monday, January 19, 2004 6:23 PM
      Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris

      Sdr. HS,
       
      Yeshua mengajarkan bahwa sesama manusia dapat mengampunkan dosa sesama manusia:
       
      Markus
      11:25 Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu."
       
      Ayat tersebut sudah jelas bahwa manusia dapat mengampunkan dosa/kesalahan antar sesama. Ayat tersebut menyatakan tentang adanya jenis-jenis dosa:
      (1)  dosa yang dapat diampunkan oleh Allah
      (2)  dosa yang dapat diampunkan oleh sesama manusia.
       
      Dalam kaitannya dengan dosa waris ini, maka mohon diperjelas dahulu, tentang siapa yang mengajarkan tentang adanya dosa waris ini.
       
      Kita perlu terlebih dahulu mengetahui dengan jelas dari mana sumber ajaran tentang dosa waris ini, karena Alkitab telah menyatakan tentang adanya kualifikasi sumber ajaran:
      (1) perkataan yang difirmankan Tuhan, dan
      (2) perkataan yang tidak difirmankan Tuhan.
       
      Jadi, mohon jelaskan terlebih dahulu, apakah ajaran tentang dosa waris ini adalah ajaran yang difirmankan Tuhan ataukah ajaran ini bersumber dari gnosis agama pagan belaka?
       
      Hormat saya,
      ZAC
       
       
      ----- Original Message -----
      From: hs
      Sent: Friday, January 16, 2004 6:39 PM
      Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris

      Salam  Ruce Lee,
       
      Karena yang berdosa itu manusia, berarti tidak ada manusia yang bisa menebus
      dosa??...kalo semua manusia berdosa kepada Tuhan, terus gimana caranya
      manusia bisa mendapat pengampunan dosa dari Tuhan.?!
      Agar murid-murid sekelas bisa dimaafkan dari kesalahannya yang tidak dapat
      diampuni, maka sang Guru Fisika sendirilah yang harus berubah menjadi Guru
      Fisika yang baik hati. dengan begitu murid-murid bisa diampuni kesalahannya.
       
      Sederhana sekali kan?!
       
      Dari versi orang Kristen, Yesus itu adalah Allah yang turun ke dunia. Oleh
      karena itu Yesus itu adalah manusia yang tidak berbuat dosa dan tidak
      mengenal dosa.
      Kalo anda bilang Tuhan itu berdosa karena Dia telah menjadi manusia, berarti
      Dia memang bukan Allah. Tetapi manusia pertama (Adam) dia kan juga tidak
      berdosa waktu pertama diciptakan.... apakah Adam bisa disebut Allah??.
       
      Kalo manusia berdosa berarti manusia itu berada didalam kuasa/cenkraman
      iblis. Maka untuk mengambil kembali manusia dari kuasa/cengkraman iblis,
      harus ada sesuatu yang diserahkan kepada iblis (barter). Dan karena yang
      berbuat dosa itu adalah satu orang yang tadinya tidak berdosa (Adam), iblis
      menuntut harus orang yang tidak berdosa juga yang menebusnya. Iblis mengira
      karena semua manusia sudah berdosa maka tidak mungkin manusia bisa
      dibebaskan dari cengkraman dia. Barter itu harus terjadi untuk menyatakan
      bahwa Allah Maha Adil.
      ----- Original Message -----
      From: Ruce Lee
      Sent: Thursday, January 15, 2004 4:20 PM
      Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris

      kalau manusia yang berdosa maka yang harus menebusnya adalah manusia bukan Tuhan. Masakan yang lain berbuat yang lain bertanggung jawab ? bahkan menjadi manusia lagi berarti dia juga berdosa setengah karena dia berwujud manusia kan ? terus ditebusnya ke siapa ? karena dia kan sudah menjadi manusia
      ----- Original Message -----
      From: hs
      Sent: Wednesday, January 14, 2004 5:01 PM
      Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris

      Salam sejahtera,
       
      Analogi mas Syamsul mungkin benar dari perspektif Islam, tetapi salah dari
      perspektif Kristen.
      Karena manusia berdosa kepada Allah maka Allah menjadi manusia untuk
      menebus dosa manusia (yang tujuan akhirnya adalah manusia menerima
      pengampunan). Kenapa Allah yang harus jadi manusia??? jawab: karena manusia
      yang ada dosa tidak mungkin bisa datang kepada Allah yang Maha Suci. Tetapi
      Allah yang Maha Kuasa bisa datang kepda manusia meskipun dosa manusia itu
      sebesar dan setinggi gunung.
      Sedangkan murid-murid disekolah telah melakukan kesalahan (berdosa) kepada
      guru Fisika. Maka untuk mengampuni murid-murid satu kelas itu Guru Fisika
      harus menjadi murid-murid itu juga (dalam pikiran = menempatkan dirinya pada
      posisi murid) untuk mengerti apa yang membuat anak2 itu bersalah. Sehingga
      guru Fisika menjadi guru Fisika yang baik hati dan mau memaafkan semua
      murid-muridnya. Jadi tidak ada perbedaan oknum antara Guru Fisika dengan
      Guru Fisika yang baik hati. Guru Fisika dan Guru Fisika yang baik hati adalah
      satu oknum, Begitu juga Allah danYesus.
       
      semoga membantu.
      helmy
       
      ----- Original Message -----
      From: syamsul
      Sent: Monday, January 12, 2004 4:25 PM
      Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris

      Apakah benar Tuhan menjelmah menjadi Yesus dengan tujuan menebus dosa dengan jalan di Salib ???? Apakah saya bisa analogikan begini:
      Di suatu kelas semua murid melakukan kesalahan yang tidak dapat diampuni oleh salah seorang guru mereka (misalnya guru Fisika). Untuk itu datanglah Wali kelas mereka membela murid mereka dengan jalan menjalani hukuman dari guru Fisika tersebut demi cintanya kepada murid-muridnya. Setelah itu maka guru Fisika tadi mengampuni kesalahan murid-murid tersebut dari kesalahan yang telah diperbuat oleh mereka.
      Berarti kalau demikian GURU FISIKA TIDAK SAMA DENGAN WALI KELAS. Sehingga Tuhan tidak sama dengan Yesus.
      Bisa saja guru Fisika tersebut merangkap sebagai wali kelas mereka berarti : GURU FISIKA SAMA DENGAN WALI KELAS, Sehingga Tuhan sama dengan Yesus. 
      Tetapi apakah logika terakhir ini bisa diterima. Alangkah bodohnya sang guru tersebut jika melakukan hal yang demikian. Bisa saja dengan alasan menjelmah sebagai Wali Kelas untuk memberi bimbingan kepada murid-muridnya, tetapi sekali lagi Apakah seorang guru rela melakukan kebohongan seperti itu kepada murid-muridnya, yang pada akhirnya ketahuan juga bahwa yang menjelmah itu adalah guru Fisika itu sendiri.
       
       
       
      ----- Original Message -----
      Sent: Thursday, January 01, 2004 4:10 PM
      Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris

      dahulu pd waktu zaman adam/eva belum memakan buah terlarang,mereka
      seharusnya dapat hidup kekal,tetapi setelah melanggar perintah tuhan mk
      mereka malu akan keterlanjangannya dan dapat mati, mk bila kini manusia
      dapat mati, malah masih muda, mk itu adalah semua krn dosa waris.
      tetapi aku dari dahulu masih bingung krn kitab terdahulu manusia pertama
      adam,dan kitab yg katanya asli dan beberapa ratus tahun belakangan namanya
      juga adam ,mengapa bukan ali,umar, etc tolong siapa yg bisa menjelaskan
      siapa tiru siapa,mengapa nama2 nabi2 sama2 semua,tolong dijelaskan sebab
      dari dahulu nggak ada yg bisa menjelaskan hal ini.

      -------deleted-----





    • Arijanto
      Pendapat saya: Saudara kembar yg tidak melakukan kejahatan belum tentu mau kalau disuruh menggantikan utk dihukum mati. Kecuali dia sendiri yang mengajukan
      Message 64 of 64 , Apr 25, 2004
      • 0 Attachment
        Pendapat saya:

        Saudara kembar yg tidak melakukan kejahatan belum tentu mau kalau disuruh
        menggantikan utk dihukum mati. Kecuali dia sendiri yang mengajukan dengan
        penuh kerelaan atau sebagai tanda bahwa dia sangat2 mencintai Ajo saudaranya
        itu.

        Demikian juga dengan umat Allah yaitu manusia yang berdosa. Allah tidak
        ingin umatNya binasa karena Dia sangat mencintai umat ciptaan-Nya (kasih),
        tetapi hukuman itu harus dilaksanakan (adil). Jadi agar kedua "sifat" Allah
        (diantara sifat2 lainnya) yaitu Maha Pengasih dan Maha Adil itu dapat
        terwujud dua2nya maka pengorbanan Yesus itulah jalan yang dipakai-Nya.

        Yoh 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah
        mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya
        kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

        Syalom.



        -----Original Message-----
        From: CT [mailto:edo_121571@...]
        Sent: Saturday, April 10, 2004 10:53 AM
        To: islam-kristen@yahoogroups.com
        Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris


        Aja, Aji, Ajo adalah 3 orang bersaudara kembar identik
        bahkan hampir tidak bisa dibedakan, hanya saja mereka
        memiliki kepribadian yang berbeda, pada suatu ketika
        salah seorang diantara mereka yaitu Ajo melakukan
        kejahatan besar. Lalu terjadilah penangkapan, setelah
        melalui persidangan maka diputuskan Ajo harus dihukum
        mati, tapi Ajo menolak dan mengatakan "saya tidak mau
        dihukum mati, tapi ambil saja saudara saya yang lain
        untuk menggantikan posisi saya, lihat muka sama,
        tangan sama, semua sama, sudahlah saudara saya saja
        yang dihukum mati"

        Need your opinion for this story.....

        --- helmy <ebot1230@...> wrote:
        > Memang tepat kalo kamu percaya bahwa Yesus adalah
        > Tuhan. Karena
        > hanya Tuhan yang bisa menolong manusia menghapus
        > dosa mereka.
        > Karena manusia tidak bisa menolong diri sendiri
        > untuk menghapus
        > dosa2nya. Maka diperlukan pihak kedua yang tidak
        > berdosa. Sebab
        > Mana bisa orang berdosa menghapus dosa orang lain??.
        >
        > ----- Original Message -----
        > From: ahmad
        > To: islam-kristen@yahoogroups.com
        > Sent: Wednesday, March 24, 2004 8:24 AM
        > Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris
        >
        >
        > Jika tuhan yang berdosa, maka tepatlah kalau tuhan
        > (yesus) disalib untuk menebus dosa tersebut.
        >
        > ----- Original Message -----
        > From: helmy
        > To: islam
        > Sent: Wednesday, March 17, 2004 6:54 PM
        > Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris
        >
        >
        > Terima Kasih bung Zulvan buat penjelasan anda
        > yang lengkap tentang
        > komputer dan manusia (programer).
        > Oleh karena itu kesimpulannya adalah saya kutip
        > pernyataan anda;
        >
        > tiap kesalahan pada komputer atau software yang
        > salah ya manusianya :-)
        >
        > Lalu bagaimana dengan dosa manusia? apakah
        > karena manusia adalah
        > ciptaan Tuhan maka, dosa manusia adalah Tuhan
        > juga yang berdosa??
        >
        > ----- Original Message -----
        > From: Zulvan A.C.
        > To: islam-kristen@yahoogroups.com
        > Sent: Friday, March 12, 2004 5:56 PM
        > Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris
        >
        >
        > Berdasarkan pengalaman pahit selama jadi
        > computer programmer.. tiap kesalahan pada komputer
        > atau software yang salah ya manusianya :-)
        >
        > Kalo ada kerusakan dengan harware, maka yang
        > salah itu:
        > - Pabrik yang bikin hardware dan desainer
        > hardware; bikin alat nggak mutu.
        > - Derpartemen Pembelian; beli alat yang
        > kualitas jelek.
        > - User; salah pencet, ruang komputer tidak
        > layak, tidak merawat komputer dengan baik.
        > - Departemen Kelistrikan; listrik tidak
        > stabil.
        > - Computer Technician; tidak melakukan
        > maintenance rutin.
        > - Manager Komputer; tidak buat perencanaan
        > dengan baik, kurang kontrol, kurang pelatihan SDM.
        >
        > Kalo ada kerusakan software; sama saja, tetap
        > orangnya yang salah ;-D
        >
        >
        >
        >
        >
        >
        > ----- Original Message -----
        > From: helmy
        > To: islam-kristen@yahoogroups.com
        > Sent: Friday, February 27, 2004 4:16 PM
        > Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris
        >
        >
        > Menurut ajaran Kristen;
        > arti kata " dosa " adalah menentang atau
        > melawan kehendak Tuhan, atau
        > melakukan perbuatan yang tidak berkenan bagi
        > Tuhan.
        >
        > Manusia bisa melakukan kesalahan, tetapi
        > komputer juga bisa melakukan
        > kesalahan. Namun komputer tidak dapat
        > dikatakan berdosa.
        >
        > Kesalahan manusia bisa dimaafkan oleh orang
        > lain, tetapi orang lain tidak
        > dapat mengampuni dosa oleh karena arti kata
        > dosa tersebut diatas.
        >
        > Manusia bisa memaklumi kesalahan komputer
        > yang mungkin salah program
        > atau low battery. Tetapi manusia tidak dapat
        > menghukum komputer yang
        > salah itu........gak ada gunanya.
        > ----- Original Message -----
        > From: syamsul
        > To: islam-kristen@yahoogroups.com
        > Sent: Sunday, February 15, 2004 4:05 PM
        > Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris
        >
        >
        > Saya mau tanya sedikit.
        > - Apa perbedaan diampuni (mengampuni)
        > dengan dimaafkan (memaafkan)?
        > - Apa perbedaan bersalah dengan berdosa?
        >
        > ----- Original Message -----
        > From: helmy
        > To: islam-kristen@yahoogroups.com
        > Sent: Friday, February 06, 2004 4:11 PM
        > Subject: Re: [islam-kristen] Dosa Waris
        >
        >
        > Mas Zulvan yang baik,
        >
        > Yesus tidak pernah mengajarkan bahwa
        > manusia bisa mengampuni dosa
        > manusia yang lain.
        >
        > Tolong anda baca lagi perlahan-lahan,
        > dan perhatikan baik-baik ayat
        > Markus 11:25. Apakah ayat tersebut ada
        > menyebut "ampunilah terelebih
        > dahulu dosa orang lain"??. Yang ada
        > adalah "Bapamu yang disorga
        > megampuni kesalahan-kesalahanmu".
        > Jadi yang dimaksud "ampunilah terlebih
        > dahulu.." itu ialah; kita harus
        > mengampuni " kesalahan " orang lain yang
        > bersalah kepada kita lebih
        > dahulu sebelum kita memohon ampun akan
        > kesalahan kita sendiri.
        >
        > Karena setiap orang/manusia berbuat dosa
        > bukan kepada manusia lain
        > tetapi hanya kepada Allah. Namun manusia
        > berbuat salah tentu kepada
        > orang lain. Oleh karena itu hanya Allah
        > sendiri saja yang dapat mengampuni
        > dosa manusia. Kalau manusia bisa
        > mengampuni dosa manusia lainnya lalu
        > untuk apa Allah harus mengampuni dosa
        > manusia lagi?? karena dosa itu
        > toh sudah diampuni.
        >
        > Mengampuni dosa, ini artinya;
        > membersihkan manusia dari segala dosa
        > sehingga manusia menjadi benar dihadapan
        > Allah. Kalau manusia benar
        > dihadapan Allah maka dia dapat datang
        > berkumpul bersama Allah yang
        > Maha Kudus itu. Jadi apakah manusia bisa
        > mengampuni dosa sehingga
        > menjadikan manusia lain itu benar
        > dihadapan Allah??
        >
        > Maka dari itu, sesuatu yang salah di
        > mata manusia belum tentu salah
        > di mata Allah begitupun sebaliknya yang
        > benar di mata manusia belum
        > tentu benar di mata Allah.
        > Tetapi untuk suatu dosa, sekecil apapun
        > dosa manusia, maka dia akan
        > mati bila berhadapan dengan Allah.
        >
        > salalm,
        > hs
        >
        >
        > ----- Original Message -----
        > From: Zulvan A.C.
        > To: islam-kristen@yahoogroups.com
        > Sent: Monday, January 19, 2004 6:23 PM
        > Subject: Re: [islam-kristen] Dosa
        > Waris
        >
        >
        > Sdr. HS,
        >
        > Yeshua mengajarkan bahwa sesama
        > manusia dapat mengampunkan dosa sesama manusia:
        >
        > Markus
        > 11:25 Dan jika kamu berdiri untuk
        > berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang
        > sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga
        > Bapamu yang di sorga mengampuni
        > kesalahan-kesalahanmu."
        >
        > Ayat tersebut sudah jelas bahwa
        > manusia dapat mengampunkan dosa/kesalahan antar
        > sesama. Ayat tersebut menyatakan tentang adanya
        > jenis-jenis
        === message truncated ===


        __________________________________
        Do you Yahoo!?
        Yahoo! Tax Center - File online by April 15th
        http://taxes.yahoo.com/filing.html





        Yahoo! Groups Links
      Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.