Re: [islam-kristen] UNTU DIRENUNGKAN SEBELUM BERDISKUSI LEBIH JAUH.

  • alka aal
    Message 1 of 3 , Feb 19, 2004

      Ya .. saya setuju dengan pendapat rekan- rekan, tolong diskusi dengan ilmu bukan dengan nafsu, baca masing- masing kitab suci anda masing- masing secara total dan komprehensive, jangan hanya dari terjemahnya saja, tafsiran ahli harus diperhatikan, apalagi dalam bahasa yang kita tidak mengerti sama sekali, atau cuma sedikit ( kulit luarnya saja ) alih- alih ingin kedamaian yang ada digiring ke nereka karena kebodohan kita sendiri.
      dienw <dienw2@...> wrote:
      Benar, ada sedikit arah yang saya sendiri tidak setuju di forum seperti ini.
      Banyak diskusi yang dibawa, bertujuan sejak awal menyerang atau mempertanyakan
      kesahihan sebuah kondisi religius.

      Padahal, sebagai 2 agama besar, sudah barang tentu menyimpan perbedaan.
      Meski ada tulisan literal yang mungkin bisa dipandang dan ditafsir
      secara tidak kontradiktif seperti menurut sdr. Alfian.. bahkan ada
      surat-surat yang mungkin tidak setuju atau kontradiktif.

      Secara fundamental, Islam dan Kristen sudah memiliki perbedaan pandangan
      mendasar dalam hal Tritunggal dan Allah Tunggal. Ini jelas akan menyulitkan
      diskusi apabila saling menyerang. Karena.. apabila masalah ini telah dipecahkan
      sejak awal, maka mungkin tidak ada agama yang berbeda. Justru agama berbeda
      hadir karena adanya perbedaan religius yang fundamental dengan pegangan masing-
      masing.

      Menurut saya, diskusi yang sehat, adalah yang tidak bersifat ofensif tapi
      belajar. Sebagai hidup berdampingan, tidak perlu saling mengajak atau mengikuti
      ajaran lain, tapi kenapa tidak saling tahu dan paham mengenai pola pikir dan
      pandangan dari agama lain. Misalnya umat Muslim bertanya, mengapa Tritunggal?
      Apa yang dianut oleh umat Nasrani mengenai ini. Boleh ada pertanyaan, debat,
      namun untuk tujuan memahami apa yang dipikirkan orang Nasrani. Demikian pula
      umat Nasrani hendaknya menanyakan apa yang sekiranya tidak dipahami tentang
      tata cara dan pandangan Muslim, agar lebih memahami juga.

      Sehingga.. forum seperti ini alangkah baiknya untuk tempat saling memahami,
      daripada saling mencari kesalahan, karena ada ada modal perbedaan mendasar,
      yang membuat mencari kesalahan adalah sangat mudah dan bisa menjadi diskusi
      tanpa ujung selain teguh pada pendirian masing2. Tidak mungkin bukan, setelah
      membahas satu masalah agama A terus si agama A menerima bahwa ajarannnya salah?

      Gitu aja menambahkan sdr. Alfian.

      Dan.. setelah rehat sebentar..
      silahkan diskusi2 dan debat seru sebelumnya dilanjutkan kembali... ^_^

      -dienw-

      Sering kali didalam forum diskusi dan debat di situs ini, saya
      melihat argumen diajukan secara sangat ofensif dan merasa yakin bahwa
      pihak lawan, tidak memiliki jawaban yang kuat untuk
      mematahkannya.Semangat seperti itu terlihat sangat dominan dalam
      sebagian besar wacana diskusi. Padahal suatu hal yang terlihat
      kontradiktif jika dilihat dariperspektif alternatif dapat saja
      menjadi tidak kontradiktif. Contohnya,banyak ayat-ayat didalam kitab
      suci baik bi'bel maupun al'quran yang terlihat sepintas seperti
      kontradiktif- dan biasanya fenomena tersebut dimanfaatkan oleh masing-
      masing penganut agama untuk melakukan serangan pada pihak lain.
      Padahal jika dilihat dari perspektif lain ayat-ayat yang kontradiktif
      tersebut akan terlihat tidak kontradiktif.

      Jadi bagaimana dong mensikapi segala sesuatu - jika semuannya
      relatif ? Menurut hemat saya yang juga belum tentu benar, adalah
      dengan terus menerus tanpa kenal lelah melakukan proses
      belajar,perenungan,pengujian, kontemplasi, membuka diri terhadap
      pemikiran dan pendapat orang lain [baik dari masa lalu maupun masa
      kini, baik pendapatan orang pintar ahlinya maupun pendapat orang
      bodoh] dan tentunya memohon petunjuk pada yang memiliki segala
      perbendaharaan ilmu dan pemonopoli kebenaran yaitu Allah SWT.

      Sekian dari saya,mohon maaf jika apa yang saya untarkan terdapat
      kekeliruan dan ketidak benaran - Wasalam

      Do you Yahoo!?
      Yahoo! Mail SpamGuard - Read only the mail you want.