RE: [indoprog-vb] Tanya Jaringan

  • David Gunawan Sugianto
    Message 1 of 13 , Aug 1, 2007
      Thx responnya Bung Iwan. FO itu apa ya? Dan bagaimana cara kerjanya?
      Sori aku masih kurang pengetahuan dengan networking. Thx

      Message 2 of 13 , Aug 1, 2007
        Jadi menurut Bung Iwan harus menggunakan pihak ketiga (dalam hal ini
        media internet) atau dengan networking yang kita bangun sendiri?
        Misalnya pakai wifi, atau bagaimana saran yang baik untuk jangkauan 1km2
        itu tadi? Tx

      • Ibnu_Muakhori@manulife.com
        Message 3 of 13 , Aug 1, 2007
          ====="David Gunawan Sugianto" <dave-g@...> wrote======
          Saya ada rencana meng-konek-kan jaringan yang radius antar komputernya
          adalah 1km persegi. Bagaimana jaringan yang baik apakah pakai wifi dan
          berapa kira2 dana yang dibutuhkan. Dan apa ada cara lain? Thx before.

          Bung David, berdasarkan pengalaman saya, biaya termurah adalah menggunakan
          WIFI, kenapa ?
          Selain perangkatnya bisa dibuat sendiri, juga tidak perlu tarik menarik
          kabel lagi. Kalao kita pakai FO ( Fiber Optic ) biayanya terlalu mahal dan
          agak sulit untuk instalasinya.
          Saya gunakan WIFI di rumah dg antena pemancar buatan sendiri dan
          jangkauannya lumayan jauh juga kira 2x > 3 Km

          Salam
          IBNU MUAKHORI
          Client Data Warehouse Officer
          PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia
          Phone  : +62-21-23559966 - EXT. 1821
          Fax      : +62-21-3911393 / 543
          Mobile   : 021-70889063
        • David Gunawan Sugianto

            Message 5 of 13 , Aug 1, 2007
              Hardware apa saja yang dibutuhkan untuk membangun jaringan wifi dan
              berapa biayanya (kisaran aja)?

            • mustapa_mail
              Message 6 of 13 , Aug 1, 2007
                aku mau tanya nih masalah jaringan.
                di sekolahku ada 10 komputer,
                saya udah buat jaringan LAN semuanya,
                tapi ada satu komputer yang conect ke internet menggunakan telkomNet
                gmn cara setting jaringannya biar semua komputer conect ke internet
                dalam LAN tersebut,apa DNS tiap komputer harus diisi atau gmn,

                tolong di balas ya ke: mustapa_mail@...

                makasih!!!
              • mustapa_mail

                  Message 8 of 13 , Aug 1, 2007
                    Sudah pernah pake Internet Connection Sharing (ICS)? coba jalan-jalan
                    ke sini

                    http://www.microsoft.com/windowsxp/using/networking/expert/crawford_02july01.mspx

                    semoga membantu

                    regards

                    Eko Heri
                    http://www.smsqta.com

                    --- In indoprog-vb@yahoogroups.com, "mustapa_mail" <mustapa_mail@...>
                    wrote:

> [...]
                    > gmn cara setting jaringannya biar semua komputer conect ke internet
                    > dalam LAN tersebut,apa DNS tiap komputer harus diisi atau gmn,

                  • Syamsul Bahri
                    Message 9 of 13 , Aug 1, 2007
                      Kamu cukup aktifkan Internet Connection Sharing.
                      Caranya : Start, Connect to, lalu klik kanan Icon dial up (telkomnet), trus pilih properties, masuk ke tab Advanced, pada Internet Connection Sharing, centang (check mark) pada Allow other network users to connect through this compu computer's to Internet connection, lalu OK.

                      Dengan asumsi, komputer tersebut (yg bisa mendial) menjadi gateway, bagi komputer lain. Artinya gateway pada komputer lain, harus di set IP addressnya sama dengan IP Address komputer yang bisa mendial.

                      Misal :

                      Komputer yang bisa mendial : IP Addressnya : 192.168.0.1, subnet mask : 255.255.255.0, default gateway : 192.168.0.1
                      Komputer lain (A) : IP Addressnya : 192.168.0.15, subnet mask : 255.255.255.0, default gateway : 192.168.0.1
                      Komputer lain (B) : IP Addressnya : 192.168.0.16, subnet mask : 255.255.255.0, default gateway : 192.168.0.1 dst.

                      Gatewaynya, 192.168.0.1

                      Mudah2an, bisa membantu.

                      Kalo gak ngerti bahasa indonesia, saya kasi bahasa Jawanya.
                      Internet Connection Sharing settings
                      When you run the Network Setup Wizard and enable Internet Connection Sharing,
                      some protocols, services, interfaces, and routes are configured automatically.
                      The following table describes these configured items.

                      Configured item
                      Action

                      IP address 192.168.0.1
                      Configured with a subnet mask of 255.255.255.0 on the LAN adapter that is
                      connected to the home or small office network.

                      Autodial feature
                      Enabled.

                      Static default IP route
                      Created when the dial-up connection is established.

                      Internet Connection Sharing service
                      Started.

                      DHCP allocator
                      Enabled with the default range of 192.168.0.1 and a subnet mask of
                      255.255.255.0. Unique addresses in the range 192.168.0.2 to 192.168.0.254 are
                      allocated to private network clients.

                      DNS proxy
                      Enabled.
                      Playing Internet games on your network
                      To play Internet games using a computer on your network and a computer on the
                      Internet, you must ensure that network communications for the Internet game are
                      forwarded by the network devices between your network and the Internet. For
                      example:

                      If the network device between your network and the Internet is a computer
                      running Windows XP and Internet Connection Sharing, you must configure
                      Internet Connection Sharing settings to pass network communications for the
                      game. For more information about adding service definitions for Internet
                      Connection Sharing, see Add a service definition for
                      Internet Connection Sharing and Using Internet Gateway Device
                      Discovery and Control. To enable Internet Gateway Device Discovery and
                      Control, select the connection properties Advanced tab, and then select
                      the Allow other network users to control or disable the shared Internet
                      connection check box.
                      If the network device is a firewall or security gateway, you must configure
                      the device to pass network communications for the game. In this case, contact
                      your network administrator who will identify the specific type of communications
                      used by the Internet game and will configure the firewall to forward them.
                      If you do not make these configurations, computers on your network
                      will be unable to connect to Internet game servers on the Internet, and game
                      players on the Internet will be unable to connect to Internet game servers on
                      your network.
                      Notes

                      If you enable Internet Connection Sharing on a local area network (LAN)
                      connection, TCP/IP for the LAN connection to the Internet must be configured
                      with a default gateway. The TCP/IP addressing for this might be a static address
                      or a dynamic address using DHCP.
                      To start the Network Setup Wizard, click Start, click
                      Control Panel, and then double-click Network Setup Wizard.

                      tapi ada satu komputer yang conect ke internet menggunakan telkomNet

                      gmn cara setting jaringannya biar semua komputer conect ke internet

                      dalam LAN tersebut,apa DNS tiap komputer harus diisi atau gmn,

                      tolong di balas ya ke: mustapa_mail@ plasa.com

                      makasih!!!

                      <!--

                      #ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:arial, helvetica, clean, sans-serif;}
                      #ygrp-mlmsg select, input, textarea {font:99% arial, helvetica, clean, sans-serif;}
                      #ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}
                      #ygrp-text{
                      font-family:Georgia;
                      }
                      #ygrp-text p{
                      margin:0 0 1em 0;}
                      #ygrp-tpmsgs{
                      font-family:Arial;
                      clear:both;}
                      #ygrp-vitnav{
                      padding-top:10px;font-family:Verdana;font-size:77%;margin:0;}
                      #ygrp-vitnav a{
                      padding:0 1px;}
                      #ygrp-actbar{
                      clear:both;margin:25px 0;white-space:nowrap;color:#666;text-align:right;}
                      #ygrp-actbar .left{
                      float:left;white-space:nowrap;}
                      .bld{font-weight:bold;}
                      #ygrp-grft{
                      font-family:Verdana;font-size:77%;padding:15px 0;}
                      #ygrp-ft{
                      font-family:verdana;font-size:77%;border-top:1px solid #666;
                      padding:5px 0;
                      }
                      #ygrp-mlmsg #logo{
                      padding-bottom:10px;}

                      #ygrp-vital{
                      background-color:#e0ecee;margin-bottom:20px;padding:2px 0 8px 8px;}
                      #ygrp-vital #vithd{
                      font-size:77%;font-family:Verdana;font-weight:bold;color:#333;text-transform:uppercase;}
                      #ygrp-vital ul{
                      padding:0;margin:2px 0;}
                      #ygrp-vital ul li{
                      list-style-type:none;clear:both;border:1px solid #e0ecee;
                      }
                      #ygrp-vital ul li .ct{
                      font-weight:bold;color:#ff7900;float:right;width:2em;text-align:right;padding-right:.5em;}
                      #ygrp-vital ul li .cat{
                      font-weight:bold;}
                      #ygrp-vital a {
                      text-decoration:none;}

                      #ygrp-vital a:hover{
                      text-decoration:underline;}

                      #ygrp-sponsor #hd{
                      color:#999;font-size:77%;}
                      #ygrp-sponsor #ov{
                      padding:6px 13px;background-color:#e0ecee;margin-bottom:20px;}
                      #ygrp-sponsor #ov ul{
                      padding:0 0 0 8px;margin:0;}
                      #ygrp-sponsor #ov li{
                      list-style-type:square;padding:6px 0;font-size:77%;}
                      #ygrp-sponsor #ov li a{
                      text-decoration:none;font-size:130%;}
                      #ygrp-sponsor #nc {
                      background-color:#eee;margin-bottom:20px;padding:0 8px;}
                      #ygrp-sponsor .ad{
                      padding:8px 0;}
                      #ygrp-sponsor .ad #hd1{
                      font-family:Arial;font-weight:bold;color:#628c2a;font-size:100%;line-height:122%;}
                      #ygrp-sponsor .ad a{
                      text-decoration:none;}
                      #ygrp-sponsor .ad a:hover{
                      text-decoration:underline;}