Re: [indoprog-vb] buat saldo di crystal report.....

  • antony
    Message 1 of 19 , Jun 1, 2007
      sudah saya coba,masih tetap gak bisa tuh formulanya.yang muncul malah masuk+keluar,jadi untuk saldo baris ke 2 tidak bisa di jumlahkan/dikurangi.

      Lilis Suryani ArjaMaya <lilis_5ury4n1@...> wrote:
      coba pake formula, contohnya spt ini

      abs({tabel.masuk}+{tabel.keluar})

      salam
      Lilis Suryani ArjaMaya

      Sucker-punch spam with award-winning protection.
      Try the free Yahoo! Mail Beta.
      http://advision.webevents.yahoo.com/mailbeta/features_spam.html

    • Agus SA
      Message 2 of 19 , Jun 1, 2007
        formula nya ( VB syntax)

        formula = iif(isnull(keluar),0, keluar) - iif (isnull(masuk),0,masuk)

        untuk deteksi jika fieldnya null kita gunakan fungsi iif dan isnull

        semoga membantu.

        rgds,

        agus sa

      • antony
        Message 3 of 19 , Jun 2, 2007
          salam,

          mungkin para milis salah persepsi.
          maksud saldo disini bukan hanya untuk 1 baris.

          jadi nilai saldo baris ke 2 dan seterusnya itu di ambil dari data baris 1 (masuk-keluar) jadi saldo nya kan sudah dapat lalu di tambahkan lagi saldo+masuk-keluar di baris ke 2 dan seterusnya .....

          Tanggal Nama Masuk Keluar Saldo
          1/1/07 PT.ABC 10 - 10 (masuk-keluar)->saldo awal
          1/2/07 PT.A - 10 0 (saldo+masuk-keluar)->transaksi
          1/2/07 PT.ABC 10 - 10 (saldo+masuk-keluar)->transaksi
          1/3/07 PT.B 15 - 25 (saldo+masuk-keluar)->transaksi
          1/3/07 PT.C - 5 20 (saldo+masuk-keluar)->transaksi

          Agus SA <leran.wetan@...> wrote: formula nya ( VB syntax)

          antony wrote:
          > salam,
          >
          > saya mau tanya.
          >
          > saya mau buat laporan kartu stock seperti ini:
          >

          > Nama Stock : Mouse
          > Tanggal Nama Masuk Keluar Saldo
          > 1/1/07 PT.ABC 10 - 10
          > 1/2/07 PT.A - 10 0
          > 1/2/07 PT.ABC 10 - 10
          > 1/3/07 PT.B 15 - 25
          > 1/3/07 PT.C - 5 20
          >
          > saya mau tanya untuk formula saldo itu gimana buatnya ya?

        • David Joyo Mulyono
          Message 4 of 19 , Jun 2, 2007
            > jadi nilai saldo baris ke 2 dan seterusnya itu di ambil dari data baris 1
            > (masuk-keluar) jadi saldo nya kan sudah dapat lalu di tambahkan lagi
            > saldo+masuk-keluar di baris ke 2 dan seterusnya .....

            Tampilan laporan dalam bentuk apa ?

            Kalo dalam bentuk flexgrid, tinggal ambil data masuk dan keluar, kemudian
            hitung saldonya per baris.

            Biasanya saya membuat satu tabel khusus untuk kartu stok, dimana field
            saldo akhir dihitung langsung saat pembelian dan penjualan. Jadi waktu
            laporan, tinggal langsung ambil datanya. Tidak perlu dihitung ulang.

            Best Regards,
            David J M

            Advess - ISV
          • antony
            Message 5 of 19 , Jun 3, 2007
              tampilannya dalam bentuk report saja.tidak pakai grid.

              David Joyo Mulyono <fdavidjm@...> wrote: > jadi nilai saldo baris ke 2 dan seterusnya itu di ambil dari data baris 1

              Message 6 of 19 , Jun 3, 2007
                oh begitu tho rupanya.
                mungkin bisa dicari dengan cara begini :
                1. buat satu formula. anggap saja saw. formulanya seperti dibawah:
                (vbsyntax)

                formula= iif(isnull(keluar),0, keluar) - iif (isnull(masuk),0,masuk)

                2. buat Running total field untuk @saw ini (formula field) yang di atas
                namakan rsaldo,
                field to summarize= @saw,
                type of summary = sum
                evaluate : for each record
                reset : Never.

                3. saldo setiap record dari @rsaldo ini.

                ok semoga membantu.

                rgds,

                Agus SA
                antony wrote:
> [...]
                >
                > formula = iif(isnull(keluar),0, keluar) - iif (isnull(masuk),0,masuk)
                >
                > untuk deteksi jika fieldnya null kita gunakan fungsi iif dan isnull

              • Mario Indra Jaya
                Message 7 of 19 , Jun 3, 2007
                  Kalo anda pakai sql server, anda dapat gunakan temporary table dan kursor,
                  walaupun para master-master suhu sql server tidak menyarankan model begini.

                  Dari logikanya, untuk itu diperlukan variable yang bisa disimpan 1 baris
                  untuk menghitung baris selanjutnya. Saya namakan balance quantity.

                  Selanjutnya field balance quantity tersebut tinggal anda geret masuk kedalam
                  reportnya.

                  Selengkapnya ini querynya, saya declare table, selanjutnya tinggal
                  modifikasi dari anda.

                  Description of Field :

                  A1 = Tanggal

                  B1 = Nama

                  C1 = Masuk

                  D1 = Keluar

                  E1=Masuk-Keluar ( Balance Quantity)

                  DECLARE @X TABLE (

                  A1 datetime,

                  B1 varchar(50),

                  C1 int,

                  D1 int,

                  E1 int

                  )

                  DECLARE @FetchOk int

                  DECLARE @BlcQty int

                  declare @A1 datetime

                  declare @B1 varchar(50)

                  declare @C1 int

                  declare @D1 int

                  SET @FetchOk=0

                  SET @BlcQty=0

                  DECLARE CRS_HIST CURSOR FOR

                  SELECT A, B, C, D

                  FROM C

                  ORDER BY A ASC

                  OPEN CRS_HIST

                  FETCH NEXT FROM CRS_HIST INTO

                  @A1, @B1, @C1, @D1

                  IF @@FETCH_STATUS=0

                  BEGIN

                  SET @FetchOk=1

                  END

                  WHILE @FetchOk=1

                  BEGIN

                  SET @BlcQty = @BlcQty + @C1 - @D1

                  INSERT INTO @X

                  VALUES(@A1, @B1, @C1, @D1, @BlcQty)

                  FETCH NEXT FROM CRS_HIST INTO

                  @A1, @B1, @C1, @D1

                  IF @@FETCH_STATUS=0

                  SET @FetchOk=1

                  ELSE

                  SET @FetchOk=0

                  END

                  CLOSE CRS_HIST

                  DEALLOCATE CRS_HIST

                  select * from @X

                  Make your choice.

                  Best Regards,

                  _____

                  antony wrote:
                  > salam,
                  >
                  > saya mau tanya.
                  >
                  > saya mau buat laporan kartu stock seperti ini:
                  >

                  > Nama Stock : Mouse
                  > Tanggal Nama Masuk Keluar Saldo
                  > 1/1/07 PT.ABC 10 - 10
                  > 1/2/07 PT.A - 10 0
                  > 1/2/07 PT.ABC 10 - 10
                  > 1/3/07 PT.B 15 - 25
                  > 1/3/07 PT.C - 5 20
                  >
                  > saya mau tanya untuk formula saldo itu gimana buatnya ya?

                • Andy Zazz
                  Message 8 of 19 , Jun 4, 2007
                    Aku bikin program pake MySQL 4 (aku pake paket xampp-win32-1.4.11), trus aku mau migrasi ke MySQL 5, ternyata setelah di Migrasi aplikasinya nampilin pesan error "Multiple Step Error....", waktu mau nampilin ke DBGrid..

                    Ada yang tau nggak caranya biar migrasinya bisa, trus gimana atasi "Multiple Step Error...." itu..

                    Makasih

                  • Dody Dwi Indrajaya
                    Message 9 of 19 , Jun 4, 2007
                      download mysql odbc di mysql.com yang terbaru trus install di pc
                      pasti multistep itu nggak muncul lg

[...]

                    • Hikmat (office) mobile
                      Message 10 of 19 , Jun 4, 2007
                        Selamat pagi,...

                        Mau minta bantuan buat rekan2...
                        Di kantor saya (kebetulan daerah sudirman jkt)
                        Lagi gencar2 nya info sweeping software...

                        Ada yang punya informasi mengenai perusahaan2 mana saja yang sudah
                        disweeping...

                        TQ
                        Hikmat
                      • ERIS RISO
                        Message 11 of 19 , Jun 4, 2007
                          coba gunakan connection string ini:
                          conn.ConnectionString = "DRIVER={MySQL ODBC 3.51 Driver};" _
                          & "SERVER=127.0.0.1;" _
                          & "DATABASE=test;" _
                          & "UID=testuser;" _
                          & "PWD=12345;" _
                          & "OPTION=" & 1 + 2 + 8 + 32 + 2048 + 16384

                          Jika masih terjadi error, saya minta query select recordset nya boleh,
                          dan dimana line break menunjukan errornya....
                          Pengalaman saya, biasanya sech multiple step error terjadi pada saat update data
                          Saya tunggu ya...

                          rgd,
                          eris riso

                        • ERIS RISO
                          Message 12 of 19 , Jun 4, 2007
                            apakah tabel yang di load untuk ditampilkan dalam grid memiliki type
                            Decimal, ini juga akan berpengaruh
                            coba baca di link berikut:
                            http://dev.mysql.com/doc/refman/5.0/en/precision-math-decimal-changes.html

                          • Andy Zazz
                            Message 13 of 19 , Jun 6, 2007
                              Udah aku coba dua-duanya mas..

                              aku udah coba yg Connectionstring-nya,
                              trus aku lihat di tabelnya emang ada yg pake desimal, kelihatannya formatnya udah benar. Aku lihat di web yg mas referensi'in kelihatannya udah sesuai sih
                              Ini strukturnya:

                              CREATE TABLE `customer` (
                              `client` char(2) collate latin1_general_ci default NULL,
                              `client_name` varchar(50) collate latin1_general_ci default NULL,
                              `bank_short` varchar(8) collate latin1_general_ci default NULL,
                              `bank_name` varchar(30) collate latin1_general_ci default NULL,
                              `apar_id` decimal(8,0) NOT NULL default '0',
                              `apar_name` varchar(50) collate latin1_general_ci default NULL,
                              `apar_gr_id` char(2) collate latin1_general_ci default NULL,
                              `apar_gr_descr` varchar(50) collate latin1_general_ci default NULL,
                              `address` varchar(150) collate latin1_general_ci default NULL,
                              `telephone_2` char(3) collate latin1_general_ci default NULL,
                              `telephone_3` char(3) collate latin1_general_ci default NULL,
                              `telephone_4` varchar(35) collate latin1_general_ci default NULL,
                              `telephone_5` varchar(35) collate latin1_general_ci default NULL,
                              `zip_code` varchar(15) collate latin1_general_ci default NULL,
                              `route_id` varchar(12) collate latin1_general_ci default NULL,
                              `route_descr` varchar(50) collate latin1_general_ci default NULL,
                              `property_id` varchar(25) collate latin1_general_ci default NULL,
                              `property_descr` varchar(50) collate latin1_general_ci default NULL,
                              `grup` int(11) default '0',
                              PRIMARY KEY (`apar_id`),
                              KEY `apar_id` (`apar_id`)
                              ) ENGINE=MyISAM DEFAULT CHARSET=latin1 COLLATE=latin1_general_ci;

                              Querynya biasa aja mas,
                              kueri = "select apar_id as 'No Pelanggan', property_id as 'No Properti', apar_name as 'Nama Pelanggan', address as 'Alamat', telephone_2 as 'RT', telephone_3 as 'RW', telephone_4 as 'Desa/Kelurahan', telephone_5 as 'Kecamatan', zip_code as 'Kode Pos'
                              from customer
                              group by apar_id
                              order by apar_id"

                              trus query ini aku hubungkan ke adodc untuk ditampilin di datagrid. Errornya pas mau jalanin queri itu:
                              Adodc1.RecordSource = kueri
                              Adodc1.Refresh

                              Errornya masih sama: "Multiple-step operation generated errors. Check Each Status Value."

                              Padahal kalo pake MySQL versi 4 nggak masalah nih.

                              Makasih nih atas jawabannya

                            • Andri
                              Message 14 of 19 , Jun 10, 2007
                                ganti jangan pakai decimal, pakai aja type data double.

                                Andre
                                www.talagasoft.com
                              • Andy Zazz
                                Message 15 of 19 , Jun 10, 2007
                                  Wah.. betul.. ini ternyata solusinya. Semua yg pake decimal aku ganti ke double..
                                  Bisa ternyata...

                                  Makasih nih atas solusinya..

                                  Message 16 of 19 , Jun 11, 2007
                                    udah solve kan....