Re: [indonesian_marine_biotechnology] Re: Indonesia Society for Marine Biotech

  • aris tri wahyudi
    Message 1 of 28 , Dec 18, 2009
      Dear Kawan-Kawan IMB,

      Indonesian Society for Microbiology tahun depan akan mengadakan International Seminar dengan tema: Microbial Diversity and Biotechnology for Sustainable Development. Salah satu programnya yaitu bidang Aquatic Microbiology. First circular akan segera dipublish dalam waktu dekat

      Message 2 of 28 , Dec 18, 2009
        Dear kawan-kawan IMB,

        Maaf barusan email yang saya tulis belum selesai sudah terkirim, salah pencet. Saya teruskan ya...

        Indonesian Society for Microbiology tahun depan akan mengadakan International Seminar dengan tema: Microbial Diversity and Biotechnology for Sustainable Development. Salah satu programnya yaitu bidang Aquatic Microbiology. First circular akan segera dipublish dalam waktu dekat ini. Jika nanti ada kawan-kawan IMB yang tertarik, dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Banyak keynote speaker dari luar negeri yang sudah confirmed. Rencananya seminar akan diadakan di IPB Convention Center, Bogor, pada tanggal 4-7 Oktober 2010.
        Demikian sekilas info awal sebelum first circular muncul.
        Mudah-mudahan informasi ini berguna bagi yang membutuhkannya.

        Salam
        ATW

> [...]

        > Negara-negara tetangga kita sudah pada jauh penelitian mengenai Marine Biotech nya, apalagi China ini. Memang sungguh luar biasa potensi sumberdaya laut kita ini kalau kita bisa memanfaatkannya dari segi biotechnology nya,  lebih lagi daerah Papua yg belum banyak terkontaminasi/ tersentuh. Sampai-sampai untuk Insentif RISTEK penelitian mengenai potensi mikroorganisme laut yang punya potensi memproduksi senyawa antimikrob thd penyakit-penyakit tertentu diberi slot khusus, begitu juga DIKTI penelitian yang 1 M itu. Memang kita belum banyak orang peneliti/ researcher yang bekerja dengan Marine Biotech ini.

        Get your preferred Email name!
        Now you can @... and @....
      • rofiq sunar
        Message 3 of 28 , Dec 18, 2009
          terima kasih pak aris infonya. Jadi inget PERMI bagaimana sepak terjang sehingga sampe sekarang anggota2 permi dah cukup banyak dan solid. Dulu saya pernah meragukan Permi dalam menyelenggarakan acara rutin temu ilmiah tahunan. Melihat organisasi profesi yg lain seperti Himpunan Kimia Indonesia yg pernah ada dan tidak.
          Berbeda halnya dengan organisasi profesi seperti IDI yg memiliki power terhadap anggotanya (dokter), kalo tdk aktif ya nggak dapat memperpanjang ijin prakteknya, belum lagi iuran saat perpanjangan praktek dokternya yg lumayan tinggi.maka wajar kalo eksistensi IDI akan langgeng. Tetapi dugaan saya salah. Ternyata PERMI pun bisa bertahan dan rutin mengadakan acara ilmiah.
          Dari pengalaman tersebut mungkin kita bisa ya pak aris merintis atau menghidupkan kembali (kalo dah ada) Indonesia society for marine Biotech. Dah banyak institusi maupun kalangan akademisi yg bergerak di wilayah marine atau perairan. Lebih2 cakupan ilmu marine & perairan itu sangat luas.
          Mungkin ini bisa menjadikan isu penting.
          Regards

          Rofiq sunaryanto
          Biotek BPPT
          PUSPIPTEK Serpong Tangerang Banten.

> [...]

          > Negara-negara tetangga kita sudah pada jauh penelitian mengenai Marine Biotech nya, apalagi China ini. Memang sungguh luar biasa potensi sumberdaya laut kita ini kalau kita bisa memanfaatkannya dari segi biotechnology nya,  lebih lagi daerah Papua yg belum banyak terkontaminasi/ tersentuh. Sampai-sampai untuk Insentif RISTEK penelitian mengenai potensi mikroorganisme laut yang punya potensi memproduksi senyawa antimikrob thd penyakit-penyakit tertentu diberi slot khusus, begitu juga DIKTI penelitian yang 1 M itu. Memang kita belum banyak orang peneliti/ researcher yang bekerja dengan Marine Biotech ini.

        • brsidharta
          Message 4 of 28 , Jan 13, 2010

            Dear ALGAE-L members
            The 45th European Marine Biology Symposium will be held at Heriot-Watt University, Edinburgh, Scotland from 23 to 27 August 2010. The purpose of this e-mail is to invite you to offer papers on marine algae and marine botany which we would like to see figure as an important part of the meeting.
            The proposed sessions are:
            Ocean acidification and climate change xml:namespace prefix = o ns = "urn:schemas-microsoft-com:office:office" / Marine Conservation Invasive Marine Species Impacts of Disease on Marine Ecology
            Marine Renewables
            Marine Biotechnology General Marine Biology and Biodiversity

            Important dates are:

            Registration Opens: 01 February 2010
            Abstract submission deadline: 01 April 2010
            Abstract decision: 15 April 2010
            Deadline for Early Registration: 31 May 2010