Re: [indonesian_marine_biotechnology] KORDI

  • aris tri wahyudi
    Message 1 of 28 , Dec 11, 2009
      Dear Pak Irvan dan anggota mail list Marine Biotechnology,

      Beberapa waktu yang lalu di Tokyo saya ngobrol dengan salah satu panitia international IMBC 2010. Mungkin event IMBC ini penting bagi kita-kita yang interest tentunya. IMBC tahun depan akan diadakan di China, bisa dilihat web berikut ini http://www.imbc2010.org . Mudah-mudahan informasi ini berguna bagi yang tertarik.

      Salam
      Aris

      From: supangat dr. Ph.D <supangatmanggis@ yahoo.com>
      To: indonesian_marine_ biotechnology@ yahoogroups. com
      Date: Thursday, December 10, 2009, 8:42 AM

      maaf, ini sudah harus lewat japri atau bisa disini atau mungkin ada , pedoman tata cara mengirim email di milis ini? dimana mesti bisa saya dapatkan?
      untuk biasiswa khusus untuk orang indonesia setahu saya tidak ada kurang tahu juga  kalau itu masuk dalam salah satu klausul perjanjian KORDI-LIPI  setahu saya juga KORDI tidak menerima mahasiswa secara langsung seperti perguruan tinggi (SNU, GSNU dll) karena merupakan research institute kaya LIPI, kalau ad amahasiswa penelitian disini dari perguruan tinggi. begitu kira kira infomasinya maaf kalau tidak lengkap, maklum masih tahap orientasi ya.

      Supangat MD,MS Ph.D

      Structural Biology Lab. Dept. Marine Biotechnology Korean Ocean Research & Development Institute, Ansan, Korea

      Tel. +82 314007767 Hp. 010 86865590

      Message 2 of 28 , Dec 13, 2009
        Wah menarik sekali pak Aris info IMBC nya. Komentarnya: I wish I could ke sana pak ... he..he.. Seandainya kita punya konsorsium Indonesian Marine Biotechnology mungkin bisa mengumpulkan dana utk membiaya peneliti/mahasiswa yang bisa mengharumkan kegiatan Marine Biotech Indonesia di konferensi itu ya ...

        salam,
        Irvan

        Message 3 of 28 , Dec 13, 2009
          Ya mungkin bagi kawan-kawan yang profesinya sebagai dosen, dapat memanfaatkan dana  dari DIKTI yang 45 juta itu ya, syaratnya ya presentasinya harus oral. Berkenaan dengan oral ini, saya katakan ke salah satu anggota committee yg lain untuk international programnya, waktu bertemu beberapa waktu lalu, untuk kawan2 dari Ind kalau diterima abstractnya jangan hanya untuk poster tapi oral supaya dapet dana dari pemerintah Ind (DIKTI) atau sumber lain bagi kawan2 yg non-dosen, supaya bisa ikut kegiatan ini.

          Memang kita tidak punya semacam "Indonesian Society for Marine Biotecnology". Jadi ya kegiatan-kegiatan semacam ini kita tidak ada yang mengkoordinir. Kita punya wakilnya sebenarnya untuk representatifnya Indonesia yaitu Pak Antonius Suwanto sejak IMBC 2003 di Tokyo-Jepang.

          Negara-negara tetangga kita sudah pada jauh penelitian mengenai Marine Biotech nya, apalagi China ini. Memang sungguh luar biasa potensi sumberdaya laut kita ini kalau kita bisa memanfaatkannya dari segi biotechnology nya,  lebih lagi daerah Papua yg belum banyak terkontaminasi/tersentuh. Sampai-sampai untuk Insentif RISTEK penelitian mengenai potensi mikroorganisme laut yang punya potensi memproduksi senyawa antimikrob thd penyakit-penyakit tertentu diberi slot khusus, begitu juga DIKTI penelitian yang 1 M itu. Memang kita belum banyak orang peneliti/ researcher yang bekerja dengan Marine Biotech ini.

          Salam
          ATW

[...]

          Get your preferred Email name!
          Now you can @... and @....
        • ipan
          Message 4 of 28 , Dec 14, 2009
            Masukan yang berarti pak Aris. Kalau ide pembentukan "Indonesian Society for Marine Biotechnology" diwujudkan akan sangat bagus sekali. Tentu fungsinya: kumpul antar peneliti, sharing ilmu dan teknik juga alat, seminar, dll yang mungkin bisa memberikan daya tawar juga ke pemberi kebijakan di instansi masing-masing utk kemajuan perkembangan penelitian marine biotech.

            Ada yang tertarik tentang hal ini?

            salam,
            Irvan

            --- In indonesian_marine_biotechnology@yahoogroups.com, aris tri wahyudi <aristri2003@...> wrote:

> [...]
            >
            > Negara-negara tetangga kita sudah pada jauh penelitian mengenai Marine Biotech nya, apalagi China ini. Memang sungguh luar biasa potensi sumberdaya laut kita ini kalau kita bisa memanfaatkannya dari segi biotechnology nya,  lebih lagi daerah Papua yg belum banyak terkontaminasi/tersentuh. Sampai-sampai untuk Insentif RISTEK penelitian mengenai potensi mikroorganisme laut yang punya potensi memproduksi senyawa antimikrob thd penyakit-penyakit tertentu diberi slot khusus, begitu juga DIKTI penelitian yang 1 M itu. Memang kita belum banyak orang peneliti/ researcher yang bekerja dengan Marine Biotech ini.

          • yeti darmayati
            Message 5 of 28 , Dec 15, 2009
              Ide bagus untuk bersinergi bersama agar hasilnya bisa segera terlihat ya. Saya yakin banyak peneliti yang tertarik dengan bidang ini. Namun, kalau tidak terarah akan terjadi penelitian yang  overlap sehingga terjadi penghamburan dana, daya dan waktu yang tentunya sangat merugikan bagi negara kita yang komitmen pada dunia penelitiannya masih rendah. Disisi lain, ada penelitian lain yang dibutuhkan tapi tak ada yang menyentuhnya. Oleh karenanya, akan bagus sekali kalau kita bisa berdiskusi dan sharing tentang apa yang kita mau dan apa yang kita mampu dengan berbasis tupoksi institusi masing-masing. Dengan saling berkomunikasi kita bisa menetapkan fokus masing-masing dan berkoordinasi dengan sejawat di institusi lain yang dapat membantu terwujudnya sasaran institusi masing-masing. Karena suatu kelemahan di suatu institusi mungkin bisa dibantu oleh institusi lain yang sudah lebih maju.

              Kalau tidak salah, sudah ada wadah yang bergerak dalam marine biotech ini yang dulu diprakarsai oleh Dr. Rahmaniar Satari dan para senior kita. Tapi bagaimana kelanjutan wadah ini, saya juga tidak begitu tahu. Mungkin ada baiknya, kalau beliau-beliau diajak berurun rembug untuk merevitalisasi wadah yang pernah ada.

              salam,
              Yeti

              Kalau tidak

> [...]

              > Negara-negara tetangga kita sudah pada jauh penelitian mengenai Marine Biotech nya, apalagi China ini. Memang sungguh luar biasa potensi sumberdaya laut kita ini kalau kita bisa memanfaatkannya dari segi biotechnology nya,  lebih lagi daerah Papua yg belum banyak terkontaminasi/ tersentuh. Sampai-sampai untuk Insentif RISTEK penelitian mengenai potensi mikroorganisme laut yang punya potensi memproduksi senyawa antimikrob thd penyakit-penyakit tertentu diberi slot khusus, begitu juga DIKTI penelitian yang 1 M itu. Memang kita belum banyak orang peneliti/ researcher yang bekerja dengan Marine Biotech ini.

              See what's on at the movies in your area. Find out now.
            • aris tri wahyudi
              Message 6 of 28 , Dec 18, 2009
                Dear Kawan-Kawan IMB,

                Indonesian Society for Microbiology tahun depan akan mengadakan International Seminar dengan tema: Microbial Diversity and Biotechnology for Sustainable Development. Salah satu programnya yaitu bidang Aquatic Microbiology. First circular akan segera dipublish dalam waktu dekat

                Message 7 of 28 , Dec 18, 2009
                  Dear kawan-kawan IMB,

                  Maaf barusan email yang saya tulis belum selesai sudah terkirim, salah pencet. Saya teruskan ya...

                  Indonesian Society for Microbiology tahun depan akan mengadakan International Seminar dengan tema: Microbial Diversity and Biotechnology for Sustainable Development. Salah satu programnya yaitu bidang Aquatic Microbiology. First circular akan segera dipublish dalam waktu dekat ini. Jika nanti ada kawan-kawan IMB yang tertarik, dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Banyak keynote speaker dari luar negeri yang sudah confirmed. Rencananya seminar akan diadakan di IPB Convention Center, Bogor, pada tanggal 4-7 Oktober 2010.
                  Demikian sekilas info awal sebelum first circular muncul.
                  Mudah-mudahan informasi ini berguna bagi yang membutuhkannya.

                  Salam
                  ATW

> [...]

                  > Negara-negara tetangga kita sudah pada jauh penelitian mengenai Marine Biotech nya, apalagi China ini. Memang sungguh luar biasa potensi sumberdaya laut kita ini kalau kita bisa memanfaatkannya dari segi biotechnology nya,  lebih lagi daerah Papua yg belum banyak terkontaminasi/ tersentuh. Sampai-sampai untuk Insentif RISTEK penelitian mengenai potensi mikroorganisme laut yang punya potensi memproduksi senyawa antimikrob thd penyakit-penyakit tertentu diberi slot khusus, begitu juga DIKTI penelitian yang 1 M itu. Memang kita belum banyak orang peneliti/ researcher yang bekerja dengan Marine Biotech ini.

                • rofiq sunar
                  Message 8 of 28 , Dec 18, 2009
                    terima kasih pak aris infonya. Jadi inget PERMI bagaimana sepak terjang sehingga sampe sekarang anggota2 permi dah cukup banyak dan solid. Dulu saya pernah meragukan Permi dalam menyelenggarakan acara rutin temu ilmiah tahunan. Melihat organisasi profesi yg lain seperti Himpunan Kimia Indonesia yg pernah ada dan tidak.
                    Berbeda halnya dengan organisasi profesi seperti IDI yg memiliki power terhadap anggotanya (dokter), kalo tdk aktif ya nggak dapat memperpanjang ijin prakteknya, belum lagi iuran saat perpanjangan praktek dokternya yg lumayan tinggi.maka wajar kalo eksistensi IDI akan langgeng. Tetapi dugaan saya salah. Ternyata PERMI pun bisa bertahan dan rutin mengadakan acara ilmiah.
                    Dari pengalaman tersebut mungkin kita bisa ya pak aris merintis atau menghidupkan kembali (kalo dah ada) Indonesia society for marine Biotech. Dah banyak institusi maupun kalangan akademisi yg bergerak di wilayah marine atau perairan. Lebih2 cakupan ilmu marine & perairan itu sangat luas.
                    Mungkin ini bisa menjadikan isu penting.
                    Regards

                    Rofiq sunaryanto
                    Biotek BPPT
                    PUSPIPTEK Serpong Tangerang Banten.

> [...]

                    > Negara-negara tetangga kita sudah pada jauh penelitian mengenai Marine Biotech nya, apalagi China ini. Memang sungguh luar biasa potensi sumberdaya laut kita ini kalau kita bisa memanfaatkannya dari segi biotechnology nya,  lebih lagi daerah Papua yg belum banyak terkontaminasi/ tersentuh. Sampai-sampai untuk Insentif RISTEK penelitian mengenai potensi mikroorganisme laut yang punya potensi memproduksi senyawa antimikrob thd penyakit-penyakit tertentu diberi slot khusus, begitu juga DIKTI penelitian yang 1 M itu. Memang kita belum banyak orang peneliti/ researcher yang bekerja dengan Marine Biotech ini.

                  • brsidharta
                    Message 9 of 28 , Jan 13, 2010

                      Dear ALGAE-L members
                      The 45th European Marine Biology Symposium will be held at Heriot-Watt University, Edinburgh, Scotland from 23 to 27 August 2010. The purpose of this e-mail is to invite you to offer papers on marine algae and marine botany which we would like to see figure as an important part of the meeting.
                      The proposed sessions are:
                      Ocean acidification and climate change xml:namespace prefix = o ns = "urn:schemas-microsoft-com:office:office" / Marine Conservation Invasive Marine Species Impacts of Disease on Marine Ecology
                      Marine Renewables
                      Marine Biotechnology General Marine Biology and Biodiversity

                      Important dates are:

                      Registration Opens: 01 February 2010
                      Abstract submission deadline: 01 April 2010
                      Abstract decision: 15 April 2010
                      Deadline for Early Registration: 31 May 2010