perkenalan

  • supangat dr. Ph.D
    Message 1 of 28 , Dec 6, 2009
      Kepada member milis Indonesia-marine-biotech

      mohon mau mengenalkan diri sebagai member baru:
      Nama: Supangat
      dari FK universitas jember sekarang kebetulan sedang berada di KORDI
      terima kasih

      Supangat MD,MS Ph.D

      Structural Biology Lab. Dept. Marine Biotechnology Korean Ocean Research & Development Institute, Ansan, Korea

      Tel. +82 314007767 Hp. 010 86865590

    • sekar mira
      Message 2 of 28 , Dec 6, 2009
        Wa...selamat bergabung bapak dr.Supangat Ph.D
        saya anak bawang dimailist ini....
        kalo boleh sharing...di KORDI sedang mengerjakan apa pak?
        Oya pak apakah KORDI jg mengerjakan biofuel dari algae laut?
        sudah sejauh mana yah?

        Terimakasih banyak sebelumnya yah,
        Sekar Mira
        UPT.LPKSDMO Pulau Pari,
        PPO-LIPI
        Jl. Raden saleh No.43
        Jak-pus
        0856-89-34-809

[...]

        Tel.  +82 314007767  +82 314007767 Hp. 010 86865590

        New Email names for you!
        Hurry before someone else does!
      • supangat dr. Ph.D
        Message 3 of 28 , Dec 7, 2009
          iya terima kasih,
          di KORDI kebetulan saya di lab structure protein, bagian dari dept Marine biotecnology,
          kalau tentang biofuel saya kurang faham secara pastinya tapi yang kearah itu ada juga yang lagi neliti enzyme PDC pada bacteria yang bisa produksi ethanol dari E.coli , terus kayaknya juga ada yang research H2, BTW sempat agak kaget ketika masuk gedung departement di deket tangga ada deep frezzer dengan label: Indonesian sedimen.

[...]

          Tel.    +82 314007767  +82 314007767    +82 314007767  +82 314007767 Hp.  010 86865590  010 86865590

          New Email names for you!
          Hurry before someone else does!

        • yeti darmayati
          Message 4 of 28 , Dec 7, 2009
            Salam kenal juga Pak. Ngomong2...sedang mengerjakan apa disana Pak? Adakah yang bisa kita kerjakan bersama-sama dengan KORDI dalam bidang bioremediasi minyak di laut? Saya ada beberapa yang udah kenal seperti Dr. Shim di sana.

            Salam,
            Yeti

[...]

            See what's on at the movies in your area. Find out now.
          • yeti darmayati
            Message 5 of 28 , Dec 7, 2009
              Asyik juga ya....eh ya, tentang sedimen dari Indonesia...studi apa yang dia dilakukan? Apa ada yang melakukan deep sea bacteria?

              Salam,
              Yeti

              Message 6 of 28 , Dec 7, 2009
                "...sedang mengerjakan apa disana Pak? Adakah yang bisa kita kerjakan bersama-sama dengan KORDI dalam bidang bioremediasi minyak di laut? Saya ada beberapa yang udah kenal seperti Dr. Shim di sana".
                maaf saya kurang paham untuk bioremediasi minyak dilaut, yang saya tahu waktu 2 -tahun lalu terjadi oil spil di teyan-korea KORDI salah satu yang menangani, saya waktu itu masih di EBRC jinju sempat ikut bersih bersih juga tapi tidak pakai kuman cuma pakai tangan, untuk DR Shim di departemennya apa ya ? yang didepartemen marine biotech yang pernah cerita kalau pernah ke jakarta/LIPI ada DR Kim yang punya paten pfu-Forte untuk PCR- tapi melihat ada sampel indonesia di sini mungkin memang banyak yang sudah kerjasama.
                untuk saya kebetulan ada di lab structure protein jadi sedang belajar mencari structure 3D pakai X-ray crystallography

                Supangat MD,MS Ph.D

                Structural Biology Lab. Dept. Marine Biotechnology Korean Ocean Research & Development Institute, Ansan, Korea

                Tel. +82 314007767 Hp. 010 86865590

                .

              • supangat dr. Ph.D
                Message 7 of 28 , Dec 7, 2009
                  Dear Milister
                  ternyata sudah ada MOU LIPI-KORDI jadi mungkin saya tdk perlu kaget ya kalau ada sampel disini,saya aja yang kurang gaul mungkin ya,  maklum tidak lewat jalur laut ke kesininya jadi mesti lihat kanan kiri dulu.
                  berikut beritanya:
                  "Kerja sama : Riset Kelautan Perlu Terus Ditingkatkan
                  Sabtu, 27 Januari 2007

                  Riset kelautan Indonesia perlu terus dikembangkan, bukan saja dari segi sumber daya laut, melainkan juga teknologi. Penelitian ini penting tidak hanya karena tiga perempat wilayah Indonesia adalah perairan, tetapi juga pengaruhnya terhadap perubahan iklim.

                  "Untuk terus meningkatkan penelitian kelautan, LIPI juga bekerja sama dengan negara-negara lain. Laut, kan, tidak bisa dipotong-potong hanya karena batas negara. Pemahaman bersama dengan pertukaran data dan penelitian, misalnya, sangat diperlukan di bidang kelautan," kata Deputi Kebumian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Hery Harjono seusai penandatanganan nota kesepahaman dengan Korea Ocean Research and Development (KORDI) di Jakarta, Jumat (26/1).

                  Kesepakatan kerja sama yang bertujuan untuk memperkuat jaringan dan menyediakan kerangka kerja bagi pemasyarakatan kegiatan ilmiah di bidang kelautan antara Indonesia dan Korea itu ditandatangani Ketua LIPI Umar Anggara Jenie dan Presiden KORDI Ki Dai Yum. KORDI termasuk lembaga riset kelautan terbaik di dunia yang langsung berkoordinasi di bawah Wakil Presiden Korea.

                  Ruang lingkup kegiatan kerja sama KORDI-LIPI nanti adalah pengawasan keragaman sumber daya hayati dan bioteknologi kelautan, pertanian di laut, pembaruan ekologi daerah pesisir, penelitian kebijakan di bidang kelautan, penelitian manajemen daerah pesisir, serta pemanfaatan sumber daya alam laur.

                  Selain itu, kedua lembaga juga akan bekerja sama meningkatkan keamanan dan transportasi laut, penggunaan energi laut, hingga arus laut, perubahan iklim, dan penelitian lingkungan di laut.

                  Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI Suharsono mengatakan, perhatian terhadap perairan di Indonesia memang perlu serius dilakukan karena pengaruhnya juga sangat penting dalam perubahan iklim dunia. (ELN)

                  Sumber : Kompas (27 Januari 2007)

                  Supangat MD,MS Ph.D

                  Structural Biology Lab. Dept. Marine Biotechnology Korean Ocean Research & Development Institute, Ansan, Korea

                  Tel. +82 314007767 Hp. 010 86865590 e-mail:supangat@...

                • Dewi Zilda
                  Message 8 of 28 , Dec 7, 2009
                    Hi Bu Yeti.. Pak Supangat Juga..
                    wah saya jadi ikut menyimak dan tertarik nih.. karena Bu Yeti nanya deep sea bacteria.
                    Saya lagi di The First Institute of Oceanografi, Qingdao, China.  Disini mereka sedang melakukan penelitian mengenai segala macam aspek mengenai deep sea, . Salah satunya di laboratorium tempat saya sedang bekerja, microbiology lab, mereka sedang produksi protease dari bakteri laut dalam yang sudah sampai ekspresi di E. coli. mereka juga lagi meneliti mengenai exopolysakarida dari bakteri laut dalam dan fungsinya sebagai antioxidant.

                    Dewi Zilda

                    Dari: yeti darmayati <yetidarmayati@...>
                    Judul: Re: [indonesian_marine_biotechnology] perkenalan
                    Kepada: indonesian_marine_biotechnology@yahoogroups.com
                    Tanggal: Selasa, 8 Desember, 2009, 11:21 AM

[...]

                    Yahoo! Mail Kini Lebih Cepat dan Lebih Bersih. Rasakan bedanya sekarang!
                  • yeti darmayati
                    Message 9 of 28 , Dec 8, 2009
                      Waw.....asyik juga ya. Belajar yang banyak mbak.....biar oleh2nya bagi-bagi ke kita. Di Indonesia yang udah ngerjan bakteri laut dalam itu Dr. Ocky Karna Radjasa dari UNDIP, tapi sekarang beliau sedang asyik dengan bioprospecting dari bakter-bakteri karang. Dengan siapa mbak kerja di sana dan dalam rangka apa? Aku pernah ke situ dan kontak sama peneliti yang sedang mengerjakan bioremediasi minyak. Sayangnya....aku lupa namanya. Ada yang tahu ?  Oke deh, selamat bekerja

                      Salam,
                      Yeti

[...]

                      Win 1 of 4 Sony home entertainment packs thanks to Yahoo!7. Enter now.
                    • Dewi Zilda
                      Message 10 of 28 , Dec 8, 2009
                        mbak yeti dari undip ya.. kalau ngak salah sekarang lagi di UGM?

                        Dari: yeti darmayati <yetidarmayati@...>
                        Judul: Re: [indonesian_marine_biotechnology] perkenalan
                        Kepada: indonesian_marine_biotechnology@yahoogroups.com
                        Tanggal: Selasa, 8 Desember, 2009, 3:40 PM

[...]

                        Lebih bergaul dan terhubung dengan lebih baik.
                        Tambah lebih banyak teman ke Yahoo! Messenger sekarang!
                      • brsidharta
                        Message 11 of 28 , Dec 8, 2009
                          Pak Supangat ysh,

                          ikutan nimbrung diskusi soal biotek kelautan di sini ahhhh....
                          numpang tanya pak, apakah KORDI memberikan beasiswa bg orang Indonesia? atau ada peluang studi s-3 di sana?

                          terima kasih banyak sebelumnya....

                          salam biotek,

                          boy rahardjo sidharta
                          faculty of biotechnology
                          atma jaya yogyakarta university
                          jl. babarsari 44
                          yogyakarta-55281
                          indonesia
                          e-mail: <brsidharta@...> or
                                 <b_rasidh@...>
                          YM    : b_rasidh
                          http://brsidharta/wordpress.com
                          http://brsidharta.edublogs.org
                          http://brsidharta.staf.uajy.ac.id
                          http://www.facebook.com/people/B-Rahardjo-Sidharta/1615022012

                                               [kabiogama81@yahoogroups.com],
                                               [dyno_cyst_rg@yahoogroups.com]
                                  Yayasan Gema Mitra Bahari (GeMaRi) Yogyakarta

                        • yeti darmayati
                          Message 12 of 28 , Dec 8, 2009
                            Bukan, saya alumni IPB yang terus ngelanjutin ke School of Ocean Sciences di  Univ of Wales di Inggris. Anakku yang sekarang di UGM ... he..he...he. Mbak Dewi dari UNDIP, sekarang berafiliasi dimana?

                            Message 13 of 28 , Dec 8, 2009
                              Oh begitu, saya lupa institusinya...mesti buka2 lagi filenya.Kami ketemuan tahun kemarin ada workshop dan seminar tentang Yellow sea  di Qingdao. Ngomong2 dalam rangka apa nih di Korea?

                              Message 14 of 28 , Dec 8, 2009
                                Maaf,
                                sudah semestinya untuk obrolan yang sifatnya pribadi seperti ini pakailah email personal, jangan pakai mailinglist seperti ini. Tolong moderator mestinya dapat menyeleksi email-email yang sifatnya pribadi atau tidak. Jadi sebaiknya untuk yang bersifat pribadi, hanya sekedar ngobrol2 begini tidak perlulah pakai mailing list. Mestinya mailing list ini bisa dipakai sebagai sarana komunikasi ilmiah yang baik, sharing informasi penelitian, diskusi ilmiah, pencarian info alat2 penel dll yang berhubungan dengan namanya MARINE BIOTECHNOLOGY (bisa lihat mailing list sebelah, Biotek, itu bagus) . Jika terus begini, hanya akan memenuhi mail box saja.
                                Maaf kalau tidak berkenan. Terima kasih.

                                Wassalam
                                Aris

[...]

                                New Email addresses available on Yahoo!
                                Message 15 of 28 , Dec 8, 2009
                                  wah nampaknya bu Yeti sangat aktif di dunia ocean ya, jaringannya sangat luas, mungkin sebagai pejabat di LIPI ibu tahu persih kerjasama yang dilakukan KORDI-LIPI dan statusnya saat ini, kalau tidak salah waktu saya ke central office mereka juga cerita kalau dari LIPI pernah datang ke sini kurang tahu workshop-pelatihan atau apa begitu?
                                  "Ngomong2 dalam rangka apa nih di Korea?"
                                  saya sedang belajar protein crystalligraphy bu, bahasa undangannya sih jadi visiting scientist cuma sebenarnya saya sih belajar apalagi backgound saya yang bukan dari laut- eh kelautan jadi yang paling pas sedang belajar, nanti kalau pulang bisa nerusin belajar ke LIPI kalau diijinkan.

                                  Message 16 of 28 , Dec 8, 2009
                                    ups.. maaf kalau omongannya kurang ilmiah... not again..

                                    Dari: supangat dr. Ph.D <supangatmanggis@...>
                                    Judul: Re: [indonesian_marine_biotechnology] KORDI
                                    Kepada: indonesian_marine_biotechnology@yahoogroups.com
                                    Tanggal: Selasa, 8 Desember, 2009, 6:08 PM

                                    Tel. +82 314007767 Hp. 010 86865590 e-mail: supangat@kordi. re.kr

[...]

                                    Berselancar lebih cepat.
                                    Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali Anda membuka browser.Dapatkan IE8 di sini! (Gratis)
                                  • supangat dr. Ph.D
                                    Message 17 of 28 , Dec 9, 2009
                                      maaf, ini sudah harus lewat japri atau bisa disini atau mungkin ada , pedoman tata cara mengirim email di milis ini? dimana mesti bisa saya dapatkan?
                                      untuk biasiswa khusus untuk orang indonesia setahu saya tidak ada kurang tahu juga  kalau itu masuk dalam salah satu klausul perjanjian KORDI-LIPI  setahu saya juga KORDI tidak menerima mahasiswa secara langsung seperti perguruan tinggi (SNU, GSNU dll) karena merupakan research institute kaya LIPI, kalau ad amahasiswa penelitian disini dari perguruan tinggi. begitu kira kira infomasinya maaf kalau tidak lengkap, maklum masih tahap orientasi ya.

                                      e-mail: <brsidharta@mail. uajy.ac.id> or
                                             <b_rasidh@yahoo. com>
[...]

                                    • Irvan Faizal
                                      Message 18 of 28 , Dec 10, 2009
                                        Utk milist ini pak, tidak ada pedoman khusus utk kirim email di milist ini. Yang jelas, email harus berkaitan dgn info ttg marine biotech, saling komunikasi antar peneliti. Selain dari itu, kami ban pak.  Terima kasih.

                                        Irvan Faizal
                                        Moderator

                                        Message 19 of 28 , Dec 10, 2009
                                          Dear Pak Irvan

                                          Terima kasih infonya, memang seharusnya seperti itu, meskipun tidak ada pedoman khusus, tapi yang berkaitan dengan Marine Biotech sesuai dengan namanya. Jadi apa yang saya komentari tgl 8 Des (coba simak) itu sepertinya sudah ke personals sekali, jadi saya menyarankan Japri akan lebih baik.
                                          Memang kalau Mail list ini dipakai untuk sharing info, pekerjaan, beasiswa, mengulas suatu topik tertentu, perlu jurnal2 tertentu, keperluan bahan/alat2 untuk riset, dsb yang sesuai dengan namanya-yang berhub dengan Marine Biotech akan sangat bermanfaat sekali. Itu harapan saya, seperti yang saya juga ikut mailing list sebelah (Bioteknologi) itu bermanfaat sekali untuk komunitasnya.

                                          Ok pak Irvan, mudah2an ke depan Mailing list Marine Biotech ke depan menjadi lebih baik.
                                          Terima kasih responnya.

                                          Salam,
                                          Aris-IPB

[...]

                                          Get your new Email address!
                                          Grab the Email name you've always wanted before someone else does!
                                        • aris tri wahyudi
                                          Message 20 of 28 , Dec 11, 2009
                                            Dear Pak Irvan dan anggota mail list Marine Biotechnology,

                                            Beberapa waktu yang lalu di Tokyo saya ngobrol dengan salah satu panitia international IMBC 2010. Mungkin event IMBC ini penting bagi kita-kita yang interest tentunya. IMBC tahun depan akan diadakan di China, bisa dilihat web berikut ini http://www.imbc2010.org . Mudah-mudahan informasi ini berguna bagi yang tertarik.

                                            Salam
                                            Aris

                                            Message 21 of 28 , Dec 13, 2009
                                              Wah menarik sekali pak Aris info IMBC nya. Komentarnya: I wish I could ke sana pak ... he..he.. Seandainya kita punya konsorsium Indonesian Marine Biotechnology mungkin bisa mengumpulkan dana utk membiaya peneliti/mahasiswa yang bisa mengharumkan kegiatan Marine Biotech Indonesia di konferensi itu ya ...

                                              salam,
                                              Irvan

                                              Message 22 of 28 , Dec 13, 2009
                                                Ya mungkin bagi kawan-kawan yang profesinya sebagai dosen, dapat memanfaatkan dana  dari DIKTI yang 45 juta itu ya, syaratnya ya presentasinya harus oral. Berkenaan dengan oral ini, saya katakan ke salah satu anggota committee yg lain untuk international programnya, waktu bertemu beberapa waktu lalu, untuk kawan2 dari Ind kalau diterima abstractnya jangan hanya untuk poster tapi oral supaya dapet dana dari pemerintah Ind (DIKTI) atau sumber lain bagi kawan2 yg non-dosen, supaya bisa ikut kegiatan ini.

                                                Memang kita tidak punya semacam "Indonesian Society for Marine Biotecnology". Jadi ya kegiatan-kegiatan semacam ini kita tidak ada yang mengkoordinir. Kita punya wakilnya sebenarnya untuk representatifnya Indonesia yaitu Pak Antonius Suwanto sejak IMBC 2003 di Tokyo-Jepang.

                                                Negara-negara tetangga kita sudah pada jauh penelitian mengenai Marine Biotech nya, apalagi China ini. Memang sungguh luar biasa potensi sumberdaya laut kita ini kalau kita bisa memanfaatkannya dari segi biotechnology nya,  lebih lagi daerah Papua yg belum banyak terkontaminasi/tersentuh. Sampai-sampai untuk Insentif RISTEK penelitian mengenai potensi mikroorganisme laut yang punya potensi memproduksi senyawa antimikrob thd penyakit-penyakit tertentu diberi slot khusus, begitu juga DIKTI penelitian yang 1 M itu. Memang kita belum banyak orang peneliti/ researcher yang bekerja dengan Marine Biotech ini.

                                                Salam
                                                ATW

[...]

                                                Get your preferred Email name!
                                                Now you can @... and @....
                                              • ipan
                                                Message 23 of 28 , Dec 14, 2009
                                                  Masukan yang berarti pak Aris. Kalau ide pembentukan "Indonesian Society for Marine Biotechnology" diwujudkan akan sangat bagus sekali. Tentu fungsinya: kumpul antar peneliti, sharing ilmu dan teknik juga alat, seminar, dll yang mungkin bisa memberikan daya tawar juga ke pemberi kebijakan di instansi masing-masing utk kemajuan perkembangan penelitian marine biotech.

                                                  Ada yang tertarik tentang hal ini?

                                                  salam,
                                                  Irvan

                                                  --- In indonesian_marine_biotechnology@yahoogroups.com, aris tri wahyudi <aristri2003@...> wrote:

> [...]
                                                  >
                                                  > Negara-negara tetangga kita sudah pada jauh penelitian mengenai Marine Biotech nya, apalagi China ini. Memang sungguh luar biasa potensi sumberdaya laut kita ini kalau kita bisa memanfaatkannya dari segi biotechnology nya,  lebih lagi daerah Papua yg belum banyak terkontaminasi/tersentuh. Sampai-sampai untuk Insentif RISTEK penelitian mengenai potensi mikroorganisme laut yang punya potensi memproduksi senyawa antimikrob thd penyakit-penyakit tertentu diberi slot khusus, begitu juga DIKTI penelitian yang 1 M itu. Memang kita belum banyak orang peneliti/ researcher yang bekerja dengan Marine Biotech ini.

                                                • yeti darmayati
                                                  Message 24 of 28 , Dec 15, 2009
                                                    Ide bagus untuk bersinergi bersama agar hasilnya bisa segera terlihat ya. Saya yakin banyak peneliti yang tertarik dengan bidang ini. Namun, kalau tidak terarah akan terjadi penelitian yang  overlap sehingga terjadi penghamburan dana, daya dan waktu yang tentunya sangat merugikan bagi negara kita yang komitmen pada dunia penelitiannya masih rendah. Disisi lain, ada penelitian lain yang dibutuhkan tapi tak ada yang menyentuhnya. Oleh karenanya, akan bagus sekali kalau kita bisa berdiskusi dan sharing tentang apa yang kita mau dan apa yang kita mampu dengan berbasis tupoksi institusi masing-masing. Dengan saling berkomunikasi kita bisa menetapkan fokus masing-masing dan berkoordinasi dengan sejawat di institusi lain yang dapat membantu terwujudnya sasaran institusi masing-masing. Karena suatu kelemahan di suatu institusi mungkin bisa dibantu oleh institusi lain yang sudah lebih maju.

                                                    Kalau tidak salah, sudah ada wadah yang bergerak dalam marine biotech ini yang dulu diprakarsai oleh Dr. Rahmaniar Satari dan para senior kita. Tapi bagaimana kelanjutan wadah ini, saya juga tidak begitu tahu. Mungkin ada baiknya, kalau beliau-beliau diajak berurun rembug untuk merevitalisasi wadah yang pernah ada.

                                                    salam,
                                                    Yeti

                                                    Kalau tidak

                                                    Message 25 of 28 , Dec 18, 2009
                                                      Dear Kawan-Kawan IMB,

                                                      Indonesian Society for Microbiology tahun depan akan mengadakan International Seminar dengan tema: Microbial Diversity and Biotechnology for Sustainable Development. Salah satu programnya yaitu bidang Aquatic Microbiology. First circular akan segera dipublish dalam waktu dekat

                                                      Message 26 of 28 , Dec 18, 2009
                                                        Dear kawan-kawan IMB,

                                                        Maaf barusan email yang saya tulis belum selesai sudah terkirim, salah pencet. Saya teruskan ya...

                                                        Indonesian Society for Microbiology tahun depan akan mengadakan International Seminar dengan tema: Microbial Diversity and Biotechnology for Sustainable Development. Salah satu programnya yaitu bidang Aquatic Microbiology. First circular akan segera dipublish dalam waktu dekat ini. Jika nanti ada kawan-kawan IMB yang tertarik, dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Banyak keynote speaker dari luar negeri yang sudah confirmed. Rencananya seminar akan diadakan di IPB Convention Center, Bogor, pada tanggal 4-7 Oktober 2010.
                                                        Demikian sekilas info awal sebelum first circular muncul.
                                                        Mudah-mudahan informasi ini berguna bagi yang membutuhkannya.

                                                        Salam
                                                        ATW

> [...]

                                                        > Negara-negara tetangga kita sudah pada jauh penelitian mengenai Marine Biotech nya, apalagi China ini. Memang sungguh luar biasa potensi sumberdaya laut kita ini kalau kita bisa memanfaatkannya dari segi biotechnology nya,  lebih lagi daerah Papua yg belum banyak terkontaminasi/ tersentuh. Sampai-sampai untuk Insentif RISTEK penelitian mengenai potensi mikroorganisme laut yang punya potensi memproduksi senyawa antimikrob thd penyakit-penyakit tertentu diberi slot khusus, begitu juga DIKTI penelitian yang 1 M itu. Memang kita belum banyak orang peneliti/ researcher yang bekerja dengan Marine Biotech ini.

                                                      • rofiq sunar
                                                        Message 27 of 28 , Dec 18, 2009
                                                          terima kasih pak aris infonya. Jadi inget PERMI bagaimana sepak terjang sehingga sampe sekarang anggota2 permi dah cukup banyak dan solid. Dulu saya pernah meragukan Permi dalam menyelenggarakan acara rutin temu ilmiah tahunan. Melihat organisasi profesi yg lain seperti Himpunan Kimia Indonesia yg pernah ada dan tidak.
                                                          Berbeda halnya dengan organisasi profesi seperti IDI yg memiliki power terhadap anggotanya (dokter), kalo tdk aktif ya nggak dapat memperpanjang ijin prakteknya, belum lagi iuran saat perpanjangan praktek dokternya yg lumayan tinggi.maka wajar kalo eksistensi IDI akan langgeng. Tetapi dugaan saya salah. Ternyata PERMI pun bisa bertahan dan rutin mengadakan acara ilmiah.
                                                          Dari pengalaman tersebut mungkin kita bisa ya pak aris merintis atau menghidupkan kembali (kalo dah ada) Indonesia society for marine Biotech. Dah banyak institusi maupun kalangan akademisi yg bergerak di wilayah marine atau perairan. Lebih2 cakupan ilmu marine & perairan itu sangat luas.
                                                          Mungkin ini bisa menjadikan isu penting.
                                                          Regards

                                                          Rofiq sunaryanto
                                                          Biotek BPPT
                                                          PUSPIPTEK Serpong Tangerang Banten.

                                                          Message 28 of 28 , Jan 13, 2010

                                                            Dear ALGAE-L members
                                                            The 45th European Marine Biology Symposium will be held at Heriot-Watt University, Edinburgh, Scotland from 23 to 27 August 2010. The purpose of this e-mail is to invite you to offer papers on marine algae and marine botany which we would like to see figure as an important part of the meeting.
                                                            The proposed sessions are:
                                                            Ocean acidification and climate change xml:namespace prefix = o ns = "urn:schemas-microsoft-com:office:office" / Marine Conservation Invasive Marine Species Impacts of Disease on Marine Ecology
                                                            Marine Renewables
                                                            Marine Biotechnology General Marine Biology and Biodiversity

                                                            Important dates are:

                                                            Registration Opens: 01 February 2010
                                                            Abstract submission deadline: 01 April 2010
                                                            Abstract decision: 15 April 2010
                                                            Deadline for Early Registration: 31 May 2010