Re: Bls: [incres] Selamat Bergabung dan Berkarya

  • serealina tampubolon
    Message 1 of 28 , Jan 2, 2009
      Salam kenal juga buat kawan2 yg bergabubg dgn INCRES ya..., saya akan sangat berterima kasih jika kawan2 ikut MEMOTIVASI masyarakat di sekitar  pesisir  yg  ada di  daerah kita utk  ikut menjaga  TERUMBU KARANG.
      Terima kasih & salam kenal....

      Best regards,
      ALINA TAMPUBOLON

      Message 2 of 28 , Jan 2, 2009
        Mengenal Terumbu Karang (1):
        Pertumbuhan Karang dan Terumbu Karang

        Membicarakan pertumbuhan karang, kita harus mengenal
        karang sebagai hewan klonal. Istilah ‘klonal’ masih agak
        asing di dalam bahasa Indonesia. Contoh yang paling akrab
        dengan kita adalah ‘tebu’ yang merupakan tumbuhan klonal.
        Tebu terdiri atas ‘ruas’ dan ‘buku’. Setiap ruas tebu
        merupakan satu unit (satuan, klon) dari pohon tebu
        tersebut. Karang adalah hewan klonal, yang terdiri atas
        banyak polip. Setiap polip terintegrasi di dalam
        metabolisme, pertumbuhan dan reproduksinya. Karena itu,
        membicarakan pertumbuhan dan reproduksi karang didasarkan
        pada satuan koloni, bukan individu polip.

        Hewan klonal mempunyai pertumbuhan yang berbeda dengan
        hewan tunggal. Hewan tunggal tumbuh dengan memperpanjang
        atau memperbesar tubuhnya, tetapi hewan klonal tumbuh
        dengan menambah jumlah polipnya. Pertambahan jumlah polip
        dilakukan dengan banyak cara oleh karang. Pada karang
        bercabang, polip baru dibentuk diujung cabang. Pada karang
        Acropora bercabang, misalnya, di ujung cabang terdapat
        polip besar berwarna putih yang disebut polip aksial, yang
        berfungsi membentuk polip-polip baru. Pada karang massif,
        polip baru dapat dibentuk melalui pertunasan dari dalam
        polip yang lama, atau di luar polip yang lama. Pada
        karang yang berbentuk foliose atau merayap, pertambahan
        polip terjadi pada polip-polip lama di bagian pinggir
        koloni.

        Terumbu karang bukanlah makhluk hidup, melainkan benda
        mati, yaitu struktur berkapur di dalam air yang berasal
        dari proses biogenik. Proses biogenic adalah proses
        pengapuran melalui proses biologis (metabolism) makhluk
        hidup. Terumbu karang terdiri atas bukit kapur dan
        kerangka karang yang menempel di bukit tersebut, baik
        karang yang masih hidup maupun kerangka karang yang sudah
        mati. Bahan kapur di bukit kapur (terumbu) tersebut
        berasal sebagian besar dari kerangka karang dan kerangka
        alga berkapur, serta kerangka biota lain yang mengandung
        kapur (siput, kerang, foraminifera). Terumbu karang
        dikatakan tumbuh jika terjadi penimbunan bahan kapur di
        permukaan terumbu, yang menyebabkan terumbu semakin
        dangkal.

        Pertumbuhan terumbu terjadi jika bahan kapur yang
        tertimbun lebih besar daripada yang tergerus oleh erosi.
        Penimbunan kapur terjadi ketika kerangka karang (hidup
        maupun mati) dimakan ikan-ikan herbivore (grazer). Ketika
        ikan-ikan tersebut buang hajat besar, maka bahan kapur
        ikut keluar sebagai pasir-pasir lembut yang kemudian
        tenggelam dan menempel di permukaan terumbu. Pasir kapur
        halus tersebut merupakan perekat dari bermacam-macam
        kepingan kerangka kapur lain yang terserak di permukaan
        terumbu. Kepingan kerangka kapur tersebut dapat berasal
        dari kerangka karang, kerangka siput dan kerang, kerangka
        kepiting dan udang, kerangka foraminifera dan sebagainya.

        Jika erosi kapur lebih besar daripada penimbunan, maka
        terjadi deficit di dalam anggaran kapur, sehingga terumbu
        menjadi menyusut. Erosi kapur dapat terjadi melalui proses
        biologi maupun fisika. Pada terumbu karang banyak hewan
        pengebor yang hidup di dalam kerangka karang, misalnya
        cacing polychaeta dan kerang-kerangan. Hewan pengebor
        tersebut melubangi karang sehingga mengurangi kapur
        terumbu karang. Hewan pemakan algae juga menyebabkan
        bioerosi, misalnya bulu babi. Jika kelimpahan algae
        sedikit, bulu babi akan makan lapisan film algae di
        terumbu. Ketika mengambil lapisan film tersebut, tergaruk
        pula kapur terumbu sehingga terjadi erosi kapur. Secara
        fisik, badai dapat menghapus pasir atau bahkan karang dari
        terumbu sedangkan pasir tersebut merupakan sedimen yang
        diperlukan untuk pertumbuhan terumbu.

        Dapatkah kita memperkirakan pertumbuhan terumbu karang
        berdasarkan pertumbuhan karang? Ikuti pembahasan seri
        berikutnya, Insya Allah.

        (Imam Bachtiar, 2 Januari 2009)

        ============================================================================================================================
        "Flexi - Gratis bicara sepanjang waktu se-Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta."

        "Speedy - Gratis internetan unlimited dari pkl. 20.00 s/d 08.00 se-Jabodetabek, Banten, Karawang dan Purwakarta."
        ============================================================================================================================
        “Nikmati akses TelkomNet Instan Week End Net hanya Rp 1.000/jam. Berlaku untuk Sabtu-Minggu, khusus Jawa Tengah dan DIY s/d

        31 Desember 2008”.
        ============================================================================================================================
        "Kini telah hadir Protector, layanan keamanan online yang dapat digunakan langsung saat menjelajahi internet kapan saja dan

        di mana saja. Dapatkan secara GRATIS layanan Protector hingga 31 Desember 2008. Klik ke: http://protector.telkomspeedy.com".

        ============================================================================================================================

        Ikuti Speedy Blogging Competition 2008, ajang kompetisi Blog yang terbuka bagi semua Blogger dengan tema: Seperti Apa Konten Hebat Menurutmu? Dapatkan hadiah utama 1 Buah Notebook Mininote. Informasi lebih lanjut kunjungi http://lomba.blog.telkomspeedy.com
      • Dennis Denciktra
        Message 3 of 28 , Jan 10, 2009
          mas,saya kan masih sekolah,saya lagi nyari tempat buat saya praktek nanti,,masih lama sih,,tapi kan ga ada salahnya klo saya nyari dari sekarang...mas tau ga tempat yang bagus buat praktek konservasi terumbu karang,ya paling ga,ada fasilitasnya lah...sebelumnya makasih ya...

          Nikmati chatting lebih sering di blog dan situs web
          Gunakan Wizard Pembuat Pingbox Online
        • adey_dago
          Message 4 of 28 , Jan 10, 2009
            Domisilinya Mas Dennis dimana ? biar ga jauh...atau tidak masalah
            dengan jarak....nanya dulu sekolahnya dimana ? kuliah...kalau di
            sekitar Jatim...mas dennis bisa ke Brawijaya, nanti ditemani sama klub
            selam Fisheries Diving CLub trus ke Pulau Sempu Malang atau Situbondo,
            Kalo di Sulawesi Bisa Ke Unhas
          • joko prihatno prihatno
            Message 5 of 28 , Jan 14, 2009
              Bagi rekan-rekan yang akan praktek lapang di TN Kepulauan Seribu, kami siap menerima. TK

              Message 6 of 28 , Feb 8, 2009
                Minggu depan purnama bulan Februari sudah datang. Bagi
                yang ingin menjadi pengamat telur karang, terlampir
                dikirimkan foto bagaimana telur karang ketika masih segar
                (bukan untuk dimakan).
                Caranya:
                1) Patahkan cabang dari karang sepanjang >6 cm dari ujung
                dengan menggunakan pemotong cabang pohon.
                2) Lihat pada polip di daerah patahan tersebut. Jika anda
                menemukan ada yang berwarna coklat atau pink, barang
                berwarna tersebut adalah telur. Telur berwarna pink akan
                dipijahkan dalam hitungan hari.
                3) Karang memijah biasanya sesudah purnama. Acropora
                sekitar 3-5 hari setelah purnama; pada kegelapan malam
                hari sebelum bulan muncul atau sesudahnya.
                Nah selamat mencoba.
                Regards,
                IB
                ============================================================================================================================

              • Ma'ruf Kasim
                Message 7 of 28 , Feb 14, 2009
                  Makasih banya atas informasinya mengenai telur  karang.
                  salam

                  Ma'ruf Kasim, PhD
                  www.marufkasim.blog.com
                  Faculty of Fishery and Marine science