Beberapa dokumentasi bleaching di Sabang

  • Nur Fadli
    Message 1 of 7 , Jun 1, 2010
    Dear All,

    Berikut saya kirimkan beberapa foto dokumentasi bleaching di Sabang, ternyata lebih parah dari yang saya bayangkan. Saat ini teman2 di Aceh juga sudah membuat tim kecil untuk mendata luasan bleaching tersebut sehingga kita mempunyai data yang baik.

    sekian yang dapat sya sampaikan.

    wasalam,

    Nur Fadli
    Prodi Ilmu Kelautan
    Koordinatorat Kelautan dan Perikanan
    Universitas Syiah Kuala

  • Muhammad Abrar
    Message 2 of 7 , Jun 1, 2010
      Fadli ini fenomena menarik untuk diteliti... pastikan luas daerah terumbu yang terkena dampak serta faktor penyebabnya.  Lakukan monitoring dengan metode yang tepat... akan lebih bagus jika punya data sebelumnya dan dalam jangka panjang penting untuk melihat resisiliensinya.   Kebetulan saya lagi penelitian untuk thesis, fokus  pada kelulusan hidup rekruitmen karang pasca penempelan dengan cara tagging sebagai bagian dari proses resiliensi.  Kalau memungkin pada kondisi saat ini lakukan monitoring dalam waktu relatif pendek (bulanan atau triwulan) untuk melihat respon kelompok taksa karang  terhadap bleaching.   Saya senang bisa sharing untuk ini, kebetulan sampai saat ini masih monitoring karang di mentawai pasca bleaching 1997/1998.

      Sukses buat tim kecilnya.... kita tunggu info selanjutnya

      Abrar

      Abrar

      Dari: Nur Fadli <ivad29@...>
      Judul: [incres] Beberapa dokumentasi bleaching di Sabang [4 Attachments]
      Kepada: incres@yahoogroups.com, greenaceh@..., kelautanperikananunsyiah@yahoogroups.com, "Arief Kuala" <arifsyah@...>
      Tanggal: Selasa, 1 Juni, 2010, 4:06 PM

    • Imam Bachtiar
      Message 3 of 7 , Jun 2, 2010
        Biasaya orang publikasi penelitian bleaching dengan pertanyaan:
        Berapa persen koloni karang yang mengalami mati karena bleaching, bleaching total, bleaching sebagian, tidak bleaching? Bagaimana perubahan keempat proporsi tersebut secara temporal?
        Apakah intensitas bleaching berbeda antar taxon dan antar ukuran koloni?
        Apakah dampak bleaching (mortality) berbeda antar taxon dan antar ukuran koloni?
        Bagaimana perbandingan coral bleaching tersebut antar lokasi (yang berbeda oseanografi fisiknya)?
        Selamat berburu data. Jika dapat data yang bagus, anda mendapat tiket ke Cairns, Australia, pada tahun 2012, dari panitia ICRS 12 (bukan dari saya).
        IB

        Dari: Muhammad Abrar <gorgorian_id@...>
        Judul: Bls: [incres] Beberapa dokumentasi bleaching di Sabang
        Kepada: incres@yahoogroups.com, greenaceh@..., kelautanperikananunsyiah@yahoogroups.com, "Arief Kuala" <arifsyah@...>
        Tanggal: Selasa, 1 Juni, 2010, 8:40 AM

        Message 4 of 7 , Jun 3, 2010
          Dear Pak Imam dan Abrar,

          Terima kasih atas masukkannya.
          Untuk pengambilan data kami (Unsyiah, WCS dan FFI Aceh) menggunakan metode yang disarankan oleh McClanahan et al 2004  dan Baird and Marshall 2002. Mudah2an yang data tersebut bisa mengcover sperti yang disarankan oleh Pak Imam.

          Oya, selain itu saya mendapatkan kabar dari Andrew H Baird (JCU), bahwa CSIRO dan NOAA bermaksud melakukan pendataan untuk 3 negara (Thailand, Malaysia dan Indonesia) berkaitan dgn peristiwa bleaching ini. Untuk Malaysia kandidat team leadernya adalah mahasiswa Andrew H Baird di Malaysia. Nah saya ingin menanyakan: apakah teman2 ada yang mengetahui kegiatan tersebut? siapakah yang menjadi team leader di Indonesia? agar kami di Aceh juga bisa ikut memnbantu dan berkoordinasi dengan team tersebut.

          Terima kasih sekali lagi.
          wasalm,

          Fadli
          Prodi Ilmu Kelautan
          Universitas Syiah Kuala

          Message 5 of 7 , Jun 3, 2010
            Dear Fadli
            Untuk metode tidak ada masalah.... yang sejelas untuk selanjutnya gunakan metode yang sama untuk monitoring.... Untuk melihat respon biota karang dan lingkungan pasca bleaching akibat thermal stress bagus juga melihat metode yang dikembangkan oleh CORDIO author David Obura dan Gabriel Grimsditch (2009), barangkali Fadli dan teman2 sudah punya, kalo belum bisa di download di www.iucn.org.

            Informasi riset di Indonesia saya belum tahu juga... sejauh ini teman2 di LIPI belum ada pembicaraan.... ada bagusnya kita di Indonesia membangun jaringan untuk hal ini, mengingat luas dan besarnya potensi bleaching di Indonesia

            Abrar

            Dari: Nur Fadli <ivad29@...>
            Judul: Re: Bls: [incres] Beberapa dokumentasi bleaching di Sabang
            Kepada: incres@yahoogroups.com
            Tanggal: Kamis, 3 Juni, 2010, 3:04 PM

            Message 6 of 7 , Jun 3, 2010
              Dear Abrar,

              Terima kasih atas sarannya. saya setuju dengan saran Abrar. Bagaimana dengan teman2 lainnya?. dari email yang saya dapatkan dri Dr. Andrew H. Baird (JCU), fenomena bleaching ini yang terbesar setlah tahun 1998.

              salam,

              Message 7 of 7 , Jun 3, 2010
                Aslkm,
                wah sdh ramai ada Pak Imam dan Pak Abrar...Salam kenal Pak Fadli!!
                mmh dr tahun 2005 an ada metode monitoring coral bleaching yg namanya coral watch...mmmh mungkin bisa untuk rujukan juga karena metoda sdh distandarisasi...boleh ditengok di www.coralwatch.org
                salam,

                Rr. Sekar Mira C.H., S.Si

                Marine Biology