Bls: [ilmukomputer] Bagaimana caranya mengecilkan ukuran file MP3?

  • Khoiri Ict
    Message 1 of 4 , Mar 5, 2013
      di compress aja sesuai dengan daya upload maksimal  file

      ________________________________
      Dari: Primitif <singgih_py@...>
      Kepada: ilmukomputer@yahoogroups.com
      Dikirim: Senin, 4 Maret 2013 3:30
      Judul: [ilmukomputer] Bagaimana caranya mengecilkan ukuran file MP3?

      Saya mengupload program, yang didalamnya banyak file MP3nya, meskipun sudah saya usahakan agar filenya menjadi kecil, akan tetapi karena filenya banyak, jadi ukuran file zipnya juga masih besar, bagaimana ya caranya agar dapat mengompres file MP3 menjadi lebih kecil lagi? Sebelum Anda menjawab, saya akan berterimakasih sekali jika Anda sendiri sudah mempraktekkannya, sebagai percobaan Anda dapat mengambil file MP3nya di http://quran4beginner.blogspot.com dan jika sudah Anda coba kecilkan dan ternyata berhasil menjadi lebih kecil, sharingkan disini lagi ya? terimakasih sebelumnya.

    • vj.vmuhayyar
      Message 2 of 4 , Mar 6, 2013
        Ada software kompres mp3,, kalo gaa salah compress mp3 itu free,,,
        Powered by Telkomsel BlackBerry�

        Message 3 of 4 , Mar 7, 2013
          pakai program converter audio, banyak kok yang gratis di internet.
          di program konverter tsb:
          - pilih bit rate yang kecil, untuk musik standarnya 128kbps, tapi 96kbps sudah cukup untuk audio, dan umumnya audio ceramah memakai 24-32kbps, sehingga ukurannya menjadi jauh sangat kecil.
          - pilih mono jangan stereo.
          - pilih sampling rate yang rendah, 16-24khz saya kira sudah cukup untuk suara, dan 44khz untuk musik.
          - pilih tipe kompresan VBR (variable bit rate), kalau di file audionya banyak diamnya (enggak ada suara), tapi coba juga tipe CBR dan ABR untuk melihat mana yang menghasilkan file lebih kecil.

          kalau saya biasa pakai super, tapi agak susah download dari websitenya jadi kalau mau download bisa lewat situs download program2 seperti download.com, cnet, dll.
          tapi kalau mau langsung, ini linknya: http://www.erightsoft.org/GetFile.php?SUPERsetup.exe
          saya suka pakai program ini karena pilihannya banyak dan kita dibebaskan untuk mengkonfigurasi audio dan videonya.

          tapi kalau sudah tingkat lanjut, virtualdub adalah program terbaik untuk konversi audio dan video.