Re: [ilmukomputer] Sistem Bilangan

  • JFree
    Message 1 of 4 , Sep 30, 2010
      4095 itu FFF, 16383 itu 3FFF
      cara pengerjaannya sama dgn cara konversi ke biner, bedanya cuma pembagi
      basisnya. biner basis 2 sedangkan heksa itu basis 16 (sementara desimal
      itu basis 10)

      jadi jika dalam desimal : 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 ...
      dalam heksa : 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 A B C D E 10 11 12

      http://www.its.ac.id
    • andi irawan sulistyo
      Message 2 of 4 , Oct 4, 2010
        Sebelumnya saya ucapkan terima kasih utk mas/mbak, Bpk/Ibu JFree,

        bisa tidak anda menjabarkan langkah2nya bagaimana dari 4,095 desimal menjadi FFF heksadesimal (seperti yang anda jawab) ?

        Thanks b4.

      • JFree
        Message 3 of 4 , Oct 4, 2010
          4095/16 = 255 sisa 15 = F