VGA Card Panas

  • Buodong
    Message 1 of 11 , Apr 7 12:44 AM
      Salam sejahtera,
      Saya mohon bantuan pakar-pakar disini tentang masalah saya, yaitu VGA card HIS 512 MB saya pasang di MB ASUS PC5GMX, RAM 2 GB, sudah diinstall dan berjalan baik. masalahnya, iseng-iseng setelah mematikan komputer, Heat sink VGA nya kupegang panas sekali (tidak saya ukur sih suhunya, tp panasnya menurut logika saya tidak wajar/berlebihan) karena takut akan berpengaruh pd komponen lainnya, maka VGA card kulepas. Kembali keasal, pakai yang on board.
      pertanyaan:
      -Wajar ga sih panasnya itu ? (dibelakang casing CPU kupasang 2 cooling Fan).
      -boleh ga dipakai terus?
      makasih atas bantuannya.

    • Dwi Santoso
      Message 2 of 11 , Apr 7 1:24 AM
        Apakah VGA card itu tidak memiliki onboard cooling fan? Heatsink memang
        panas jika dipegang langsung. Itu sebabnya di atas heatsink harus ada
        cooling fan.

        Cheers,

        Dwi Santoso
        YM = anto_ti96
        FB = dwisantoso@...

        2010/4/7 Buodong <estarto@...>

> [...]
        > board.
        > pertanyaan:
        > -Wajar ga sih panasnya itu ? (dibelakang casing CPU kupasang 2 cooling

      • ridwan
        Message 3 of 11 , Apr 7 1:34 AM
          Coba kasih pasta yang agak mahalan dikit, macam merek nocturna, bisa
          lumayan menyerap panas.
          Tapi kemungkinan heatsink vga nya ganti aja, beli yang bagusan dikit...
          Kalau suhu normal sih dibawah 60 derajat...

          On 4/7/2010 2:44 PM, Buodong wrote:

> [...]
          > pertanyaan:
          > -Wajar ga sih panasnya itu ? (dibelakang casing CPU kupasang 2 cooling

        • ronny rianto
          Message 4 of 11 , Apr 7 4:30 AM
            Untuk lebih akurat coba cek suhu cpu dan processor lewat BIOS pada menu PC Health. Di situ akan tampak berapa suhu sebenarnya, dan apakah masih dalam toleransi atau tidak. Lagi pula VGA nya kan pake kipas, coba dilihat ketika hidup cpu, kipasnya jalan atau tidak dengan membuka tutup sebelah kiri cpu (kalo dilihat dari depan).

            Dari: Buodong <estarto@...>
            Judul: [ilmukomputer] VGA Card Panas
            Kepada: ilmukomputer@yahoogroups.com
            Tanggal: Rabu, 7 April, 2010, 2:44 PM

[...]

            Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat. Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang! http://id.messenger.yahoo.com/invite/

          • Dody
            Message 5 of 11 , Apr 7 5:50 PM
              Menambahkan...
              Setau saya beberapa varian vga lowend tidak disertai kipas. Hanya pasive cooling saja. Jika benar vga tsb tidak ada kipasnya, jangan paksa kerja keras misal dg main game pada resolusi tinggi. Coba cek suhu pake aplikasi gpuz. Kemudian update driver vga tsb. Kadang driver juga ada bug yg bisa menyebabkan vga panas meski anda sudah pasang kipas casing. Jangan lupa bersihkan debu dengan kuas/mini vakum/kompresor. Cek juga suhu ruangan anda. Pengalaman saya idealnya memang kompi bekerja pada suhu ruang <25 drjt c.
              Dody
              <sent from my N73ME powered by IM2 broadband>

              2010/4/7 Buodong <estarto@...>

> [...]
              > board.
              > pertanyaan:
              > -Wajar ga sih panasnya itu ? (dibelakang casing CPU kupasang 2 cooling
            • angga Afriandi
              Message 6 of 11 , Apr 10 9:24 PM
                Aku minta solusi dong... Kan komputer kalau di hidupkan bisa, tapi kalau pas habis di matikan mau di hidupkan lagi G bisa..... Itu kenapa ya,... Tapi kalau di biarkan 5-6 jam baru bisa lagi.....
                Makasih atas solusinya.

                ________________________________

                2010/4/7 Buodong <estarto@telkom. net>

> [...]
                > board.
                > pertanyaan:
                > -Wajar ga sih panasnya itu ? (dibelakang casing CPU kupasang 2 cooling

              • Dody Yunianto
                Message 7 of 11 , Apr 11 4:55 PM
                  coba dicek PSU-nya. kompi saya dulu juga gitu, seperti ga mau/ga kuat
                  ngangkat waktu tombol power di on-kan. setelah saya ganti, kompi mau
                  hidup lagi. mungkin ada yg mau menambahkan...

                  Regards,

                  Dody©7
                  Sent from my TravelMate™ with IM2®

                  On 11/04/2010 11:24, angga Afriandi wrote:
                  > Aku minta solusi dong... Kan komputer kalau di hidupkan bisa, tapi kalau pas habis di matikan mau di hidupkan lagi G bisa..... Itu kenapa ya,... Tapi kalau di biarkan 5-6 jam baru bisa lagi.....
> [...]
                • Buodong
                  Message 8 of 11 , Apr 11 6:57 PM
                    Ma'af baru jawab, ada kesibukan kerja, makasih atas sharing mas-mas (Dwi, Ronny, Ridwan, dan Dody).
                    Sedikit tambahan; VGA HIS ada cooling fans dan sudah terpasang, saya ga berani buka heat zink karena dikeling langsung pada pcb vga, kipas juga mutar waktu on tapi belum cek suhu di bios.
                    Kalau diatas cooling fan dipasang/ditumpuk fan lagi menempel heat zinknya, bisa ga ? atau ada solusi lain.
                    Makasih.

                  • Dody Yunianto
                    Message 9 of 11 , Apr 12 3:15 PM
                      kalo mo ditambah kipas, pasang aja alat vga cooler. bentuknya kartu
                      plastik berisi 2 kipas, bisa dipasang di slot PCI di bawah slot AGP/PCI
                      express...
                      jadi ga mengubah fisik vga card...

                      On 12/04/2010 8:57, Buodong wrote:
> [...]
                      > Kalau diatas cooling fan dipasang/ditumpuk fan lagi menempel heat zinknya, bisa ga ? atau ada solusi lain.

                    • Yusli Pao
                      Message 10 of 11 , Apr 12 7:32 PM
                        Salam kenal semuanya,
                        Mau tanya nih mengenai clearOS dan mungkin ada dari rekan rekan yang sudah menggunakannya dan mohon sharingnya.
                        Saya saat ini mencoba untuk menggunakan clearOS 5.1 sebagai antispam gateway
                        yang ingin saya tanyakan adalah mengenai quarantine di clearOS
                        isi dari mail yang diquarantine itu disimpan dimana ya?
                        Bagaimana cara nya memanage quarantine nya, misal hanya menyimpan email 30 hari kebelakang
                        atau dengan quota sehinnga jika mencapai quota, akan menimpa file yang lama?

                        Mohon sharing nya.

                        Thanks.
                        yusli

                      • Yusli Pao