Re: [ilmukomputer] Beberapa Workgroup Dalam 1 LAN?

  • Dzaki >brader<
    Message 1 of 10 , Mar 31, 2010
      Terima kasih infonya. Maaf saya belum mengerti, netmask itu maksudnya apa? Program yg perlu diinstall?
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      Message 2 of 10 , Apr 3 6:17 AM
        Hi...
        Mau tanya nih. Apa saja yg di butuhkan untuk membuat ISP dan kira-kira budgetnya berapa?
        Terima kasih.

        ________________________________
        Judul: Re: [ilmukomputer] Beberapa Workgroup Dalam 1 LAN?

      • Yohanes Syailendra
        Message 3 of 10 , Apr 4 5:32 PM
          Mencoba membantu menjawab yahh,,
          net mask itu bukan program,, tapi teknik dalam subnetting jaringan,,
          artinya LAN yang anda miliki, dibagi kembali dalam beberapa LAN kecil yang masing2 tidak bisa berhubungan,,
          Yang perlu diganti hanyalah IP Address dan Subnet mask dari komputer yang ingin di pecah itu,,

          Seperti penjelasan bro ridwan,, yang perlu diganti hanyalah Subnet mask nya saja,, IP address tidak usah,,

          ada cara lainnya sih
          misalnya komputer Workgroup A -> IP address 192.168.1.3 Subnet mask : 255.255.255.0
          dan komputer Workgroup B -> IP address 192.168.1.4 Subnet mask : 255.255.255.0

          IP Address Komputer di Work group B hanya perlu diganti menjadi 192.168.2.4 Subnet Mask 255.255.255.0

          Bisa dilihat yang berbeda hanyalah oktet ketiga dari IP Address 192.168.1.4 -> 192.168.2.4
          yang artinya kedua komputer itu sudah berbeda subnet
          dan kedua komputer di 2 work group tersebut tidak bisa ngobrol,,^^
          Cara yang sama bisa dilakukan untuk komputer2 di workgroup B

          semoga bisa membantu broo,,
          with regards
          Syailendra

          ________________________________

> [...]

          > Bagaimana cara agar suatu workgroup A tidak bisa akses workgroup B dalam 1 LAN? Mhn pencerahan. Terima kasih.

        • kripton haz
          Message 4 of 10 , Apr 4 8:00 PM
            cara dari om Yohanes bisa diterapkan.. tapi bisa juga pake setting permission dari file / folder yang akan di akses. Liat di Tools > Folder Option lalu uncheck use simple file sharing and security. Nah udah gitu tinggal atur lagi file-file yang mau di sharing biar bisa di akses sama workgroup atau komputer mana aja.

            cmiiw
            -haz-

            Belajar terus tanpa henti

            ________________________________
            Judul: Bls: [ilmukomputer] Beberapa Workgroup Dalam 1 LAN?

            ____________ _________ _________ __

> [...]

            > Bagaimana cara agar suatu workgroup A tidak bisa akses workgroup B dalam 1 LAN? Mhn pencerahan. Terima kasih.

            Buat sendiri desain eksklusif Messenger Pingbox Anda sekarang! Membuat tempat chat pribadi di blog Anda sekarang sangatlah mudah. http://id.messenger .yahoo.com/ pingbox/

          • harry chan putra
            Message 5 of 10 , Apr 4 8:20 PM
              Seberapa Besar Mau BIkin ISPnya itu pertanyaannya sehingga baru bisa di jawab berapa punya anggaran untuk itu.

              Harry Chan Putra, SP

              http://harrychanputra.web.id

              Phone : 0751-7825678 - 0751-78098888

              Hp : 081363696000

              Network Administrator (LINUX,BSD,Windows)

              Web Development ( ASP,PHP)

              Desain Grafis ( Corell,Adobe,Publisher)

              Animation ( Flash,3DMAX)

              GIS ( MapInfo, ArcView ).

              Office 1

              PT. Telkom. Tbk.

              Jl.Bagindo Aziz Chan

              Telp. +62(0751)7825678

              Hp. +62081363696000

              Office 2

              CV. Excellindo Computama

              Jl.Sudirman no 5 padang

              Telp. +62(0751)22206

              Hp. +62081363696000

              Office 3

              CV. Yusa Karya Abadi

              Jl.Proklamasi 24 Padang

              Telp. +62(0751)36273

              Hp. +62081363696000

              Office 4

              Dimana Aja Asal Suka

              Hp. +62081363696000

> [...]

              > == UNTUK KELUAR MILIS, KIRIMKAN EMAIL KOSONG KE: ==

              > ==                                              ==

              ------------ --------- --------- ------

              ============ ========= ========= ========= ========= ===

              ==                                              ==

              == UNTUK KELUAR MILIS, KIRIMKAN EMAIL KOSONG KE: ==

              ==                                              ==

              Apa dia selingkuh? Temukan jawabannya di Yahoo! Answers. http://id.answers yahoo.com

            • Dzaki >brader<
              Message 6 of 10 , Apr 10 8:19 AM
                Thx bgt bos. Maaf pertanyaan lanjutannya, adakah cara agar salah satu user bisa akses workgroup A & B?

                Message 7 of 10 , Apr 11 6:51 PM
                  Kan bisa di atur permission nya bos.. Kayak yang sebelumnya caranya.. Dari sharing and security..

                  Belajar terus tanpa henti

                  ________________________________
                  Judul: Re: Bls: [ilmukomputer] Beberapa Workgroup Dalam 1 LAN?

                  Message 8 of 10 , Apr 11 11:39 PM
                    Bila sudah di bedakan subnet nya,, maka tidak bisa lagi untuk saling berkomunikasi,,
                    Bisa disolusikan dengan menggunakan Router yang terhubung ke 2 subnet tersebut,,

                    Bila ada rule2 yang ingin dipasang, seperti Subnet A tidak bisa mengakses Subnet B,, namun Subnet B bisa akses ke Subnet A,,
                    maka bisa ditambahkan access control list dalam router tersebut..
                    Semoga bisa membantu,,

                    Regards,,
                    SY