RE: [ilmukomputer] Perbedaan NTFS dan FAT

  • Dody
    Message 1 of 8 , Mar 31, 2010
      Kenapa ga dicoba dulu ke wikipedia, google, microsoft dll? Saya rasa lebih lengkap deh. Kalo dah mentok baru kesini :)
      Dody
      <sent from my N73ME powered by IM2 broadband>

      Message 2 of 8 , Apr 3 5:07 AM
        Melihat ke google lebih lengkap, tapi kira-kira untuk orang kebanyakan
        sih bedanya: FAT untuk Windows Xp ke bawah, NTFS untuk Vista ke atas.
        FAT disini merujuk ke FAT32. NTFS udah jadi FS default buat Vista kalo
        gak salah. Kalo mau lebih lengkap lebih baik lihat ke Wikipedia. FAT32
        lebih universal dibandingkan NTFS. Terus perbedaan yang mencolok bagi
        sebagian orang sih kalo pake FAT32, file maksimum cuman ampe 4 giga.
        Ada banyak perbedaannya sih, metoda penyimpanan, besar cluster dan
        lain lain. Rujuk saja ke wikipedia, terus ketik file system.

        On Apr 1, 2010, at 08:08 , Marias Fitrah wrote:

        > Assalamua laikum, pertanyaan saya simple aja kok, perbedaan format
        > NTFS dan FAT apa ya? Thanks b4
        >

        > Berselancar lebih cepat. Internet Explorer 8 yang dioptimalkan
        > untuk Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali
        > Anda membuka browser. Dapatkan IE8 di sini!
        > http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer

        Apakah Anda Yahoo!?
        Lelah menerima spam? Surat Yahoo! memiliki perlindungan terbaik terhadap spam
        http://id.mail.yahoo.com
      • Attavo 13
        Message 3 of 8 , Apr 5 1:44 AM
          kesian pak kalo jawabannya begitu, mending diam aja atau cariin bantuin
          tunjukin linknya.
          kalo ngeliat di google semuanya pasti ada...jadi orang2 di milist ini payah2
          semua ilmunya...
          hahahahaha

          2010/4/1 Dody <dodi_mumpa@...>

          > Kenapa ga dicoba dulu ke wikipedia, google, microsoft dll? Saya rasa lebih
          > lengkap deh. Kalo dah mentok baru kesini :)
          > Dody
          > <sent from my N73ME powered by IM2 broadband>

        • Dody
          Message 4 of 8 , Apr 5 5:51 PM
            Maaf sebelumnya. Saya kan cuma saran supaya ada usaha dulu. Jgn cuma minta ikan aja. Usaha dari mulai cari kail di toko/pinjam. Kalo langsung dikasih/dipinjami kail ntar minta perahu juga sama jaringnya :) soalnya rata2 saya perhatikan begitu :) apalagi kalo ada tugas sekolah/kuliah. kalo saya salah ya mohon dimaafkan. Peace...

            2010/4/1 Dody <dodi_mumpa@...>

            > Kenapa ga dicoba dulu ke wikipedia, google, microsoft dll? Saya rasa lebih
            > lengkap deh. Kalo dah mentok baru kesini :)
            > Dody
            > <sent from my N73ME powered by IM2 broadband>

          • MD Pedrosa
            Message 5 of 8 , Apr 6 2:09 AM
              Kebetulan tulisan mengenai perbedaan kedua system ini saya simpan di pcku
              ini yang saya dapatkan, jika kurang afdol tolong ditambahin teman-teman.

              PERBEDAAN NTFS VS FAT

              Sehari hari saat kita bergaul dengan komputer yang menggunakan system
              operasi Windows tentu akan sering mendengar akronim/singkatan NTFS dan
              FAT. Walau banyak yang sudah paham dan mengerti akan maksud dari
              singkatan tersebut namun tidak sedikit pula yang belum begitu memahaminya.

              NTFS merupakan singkatan dari NT File System dan FAT memiliki
              kepanjangan File Allocation Table. Keduanya merupakan sistem file yang
              sangat populer karena digunakan pada sistem operasi Windows. NTFS
              merupakan pilihan utama bagi mereka yang menggunakan sistem operasi
              Windows XP karena memiliki keunggulan dari segi keamanan bila
              dibandingkan dengan sistem file yang lain.

              Sistem file sendiri mempunyai makna sebagai sebuah metode untuk
              menyimpan atau mengorganisir file komputer beserta data yang ada di
              dalamnya sehingga akan mempermudah untuk mencari dan mengaksesnya.

              Berikut akan saya tampilkan penjelasan dari masing masing sistem file
              yang ada pada sistem operasi Windows :

              FAT16
              Sistem file FAT16 pertama kali diperkenalkan pada era MS-DOS di tahun
              1981. Sistem file yang sudah berumur 27 tahun ini, pertama kali
              dirancang untuk menangani file yang terdapat pada floppy disk.
              Selanjutnya dengan beberapa perbaikan, sistem file ini mampu untuk
              menangani file yang terdapat pada hard disk. Keunggulan yang paling
              besar dari FAT16 adalah kemampuan untuk bekerja pada banyak sistem
              operasi yang berbeda seperti, Windows 95/98/Me, OS/2, Linux, dan
              beberapa versi dari UNIX. Sedangkan kelemahan terbesarnya terletak pada
              jumlah kluster yang terbatas untuk tiap partisinya, sehingga apabila
              hardisk bertambah besar maka ukuran kluster yang ada pada hardisk juga
              akan bertambah besar. Pada hardisk dengan besar partisi 2GB, setiap
              kluster mempunyai besar 32 kilobytes, artinya walaupun file yang
              terdapat pada hardisk tersebut lebih kecil dari 32 KB maka pada hardisk
              dengan FAT16 tetap akan menempati ruangan sebesar 32 KB. FAT16 juga
              tidak mendukung kompresi, enkripsi dan beberapa teknik keamanan yang lain.

              FAT32
              Sistem file FAT32 pertama kali diperkenalkan saat peluncuran Windows 95
              Service Pack 2. Sistem file ini merupakan pengembangan dari FAT16 dengan
              perbaikan utama terletak pada peningkatan jumlah kluster untuk setiap
              partisi. Dalam perjalanannya ternyata FAT32 mempunyai banyak keunggulan
              lain bila dibandingkan dengan pendahulunya. Meskipun FAT32 bertujuan
              untuk menutupi segala kelemahan yang terdapat pada FAT16, ternyata
              timbul suatu masalah dengan kompatibelitas terhadap sistem operasi yang
              lain. Bila FAT16 mampu ‘bercengkrama’ dengan banyak sistem operasi,
              tidak demikian halnya dengan FAT32. Windows NT, Linux dan UNIX adalah
              beberapa diantara sistem operasi yang gagal ‘dihinggapi’ oleh FAT32.
              Setelah muncul Windows XP, hal ini tidak menjadi masalah lagi karena
              Windows XP dapat dipasang dengan baik pada FAT32 sehingga mempermudah
              melakukan komunikasi di jaringan yang menggunakan Windows XP tanpa
              memperdulikan sistem file yang digunakan.

              NTFS
              Sistem file NTFS diperkenalkan pertama kali saat peluncuran versi awal
              dari Windows NT. Sistem file ini sangat berbeda dengan FAT. NTFS
              memberikan fitur keamanan yang sangat tinggi, kompresi data yang bagus
              serta enkripsi data yang susah ditembus. Sistem file ini merupakan
              sistem file default saat kita pertama kali melakukan instalasi Windows
              XP dan jika kita melakukan upgrade dari Windows 9x ke Windows XP maka
              kita akan ditanya apakah kita juga akan mengkonversi sistem file lama
              kita ke NTFS. Jika kita menolak untuk melakukan konversi juga tidak
              menjadi masalah sebab Windows XP tetap akan bekerja pada sistem file
              FAT32 tentu dengan fitur keamanan yang kurang. Yang perlu diingat, kita
              bisa dengan mudah melakukan konversi sistem file dari FAT16 atau FAT32
              ke NTFS, tetap sebaliknya, bila kita ingin mengkonversi balik ke FAT
              dari NTFS tidak bisa dilakukan dengan mudah tanpa men-format hardisk.

              Sayangnya sistem file NTFS tidak bisa menutupi kelemahan FAT32 dalam
              masalah kompatibelitas dengan sistem operasi yang lain sehingga
              disarankan bila kita menggunakan 2 sistem operasi yang berbeda dalam 1
              komputer maka kita diharapkan untuk selalu menyediakan satu partisi
              dengan sistem file FAT sebagai tempat menyimpan data recovery. Namun
              dengan fitur recovery yang ditawarkan/termasuk di dalam sistem operasi
              Windows XP, saya rasa pembuatan partisi FAT ini menjadi suatu yang mubazir.

              Kapan kita memilih untuk menggunakan FAT atau FAT32?
              Jika kita menjalankan lebih dari satu sistem operasi dalam satu
              komputer, kita membutuhkan partisi dengan sistem file FAT. Hal ini agar
              data yang kita tempatkan pada partisi FAT tersebut bisa diakses oleh
              kedua sistem operasi. Tetapi harap diingat karena keterbatasan fitur
              keamanan dari sistem file ini, maka disarankan untuk tidak menaruh data
              yang sangat penting diatas partisi dengan sistem file FAT.

              Regards

              http://mdpanjaitan.wordpress.com

              Marias Fitrah wrote:

              > Assalamua laikum, pertanyaan saya simple aja kok, perbedaan format
              > NTFS dan FAT apa ya? Thanks b4
              >
              > _,_._,___
            • yance esron
              Message 6 of 8 , Apr 9 5:12 PM
                Sebenarnya dari awal gw mau kasih komentar tentang:
                "> Kenapa ga dicoba dulu ke wikipedia, google, microsoft dll? Saya rasa lebih
                > lengkap deh. Kalo dah mentok baru kesini :)"
                mending anda ngak usah kasih komen kalo hanya nyuruh cari ke google lagi.
                milis itu gunanya saling bertanya... kalo ada yg bertanya silahkan dijawab.... jangan dijawab lagi dengan:
                "Kenapa ga dicoba dulu ke wikipedia, google, microsoft dll? Saya rasa lebih
                > lengkap deh. Kalo dah mentok baru kesini :)"
                kalo anda ngak bisa jawab ya udah......

                tul ngak kawann

                ________________________________

                Judul: Re: [ilmukomputer] Perbedaan NTFS dan FAT

                2010/4/1 Dody <dodi_mumpa@yahoo. co.id>

                > Kenapa ga dicoba dulu ke wikipedia, google, microsoft dll? Saya rasa lebih
                > lengkap deh. Kalo dah mentok baru kesini :)
                > Dody
                > <sent from my N73ME powered by IM2 broadband>

              • Dody Yunianto
                Message 7 of 8 , Apr 11 5:07 PM
                  oke deh, saya kan udah minta maaf di posting sebelumnya...
                  tapi kalo ga dimaafkan ya ga papa. bukan hak saya memaksa orang menerima
                  permintaan maaf...
                  betul sekali pendapat anda, milis tempat saling bertanya jawab, berbagi
                  ilmu dan pengalaman.
                  saya menghormati pendapat anda, tapi saya juga punya pendapat sendiri
                  boleh kan?
                  sebelum saya memposting topik biasanya saya searching dulu di internet.
                  barangkali ada situs atau forum lain yg punya jawaban atas pertanyaan
                  saya. saya berpikir apa gunanya ada proyek gratis semacam guttenberg,
                  wikipedia dll? jika tidak ada/membingungkan, barulah saya posting ke
                  milis/forum. terus terang saya prihatin jika kita "hanya" bisa mengharap
                  orang lain menyelesaikan masalah kita, kenapa tidak mulai dari diri kita
                  sendiri mencoba menyelesaikan dan meminta bantuan orang lain, bukan
                  "menyandarkan" pada orang lain sepenuhnya? sekali lagi maaf, ini
                  pendapat saya. jika ada yg tidak sependapat, saya hargai...
                  demikian, mudah2an tidak ada missunderstanding lagi...

                  Regards,

                  Dody©7
                  Sent from my TravelMate™ with IM2®