install Windows95

  • Surbakty
    Message 1 of 8 , Mar 1 12:02 AM
      rekan-rekan sekalian,
      saya mau tanya caranya install Windows95. saya mau install dari CD (original) karena setup dari disket gagal karena disket sudah sangat lama, jadi banyak yang error.
      yang sudah saya lakukan:
      - install dari CD-Rom, tapi CD-ROM gak dikenal lewat DOS
      - copy file Windows95 ke harddisk tapi saat diinstall ada pesan DOS bahwa sudah ada sistem operasi lain di harddisk tersebut dan ada perintah tekan sembarang tombol untuk restart komputer
      - copy file Windows95 ke harddisk dan harddisk tersebut dipasang sebagai Slave dan harddisk lain sebagai Primary dan dipanggil dari DOS, namun DOS tidak mengenali harddisk Slave tersebut.

      saya harapkan solusi dari rekan sekalian.

      thanks.

    • Erick Gunawan
      Message 2 of 8 , Mar 1 4:50 AM
        Surbakty <normal@...> wrote: rekan-rekan sekalian,
[...]

        install lewat harddisk minimal mesti ada 2 partisi. misalnya master win 95nya
        dicopy ke drive D: dulu trus kalo mo diinstall drive C:nya mesti format dulu.

        cara lain coba aja bikin disket startup baru di windows 95 atau 98,
        caranya masuk ke win explorer, klik kanan drive a:, pilih option format, trus pilih option create startup.

      • Agus Yanto
        Message 3 of 8 , Mar 1 3:46 PM
          Format dulu C: nya

          Regards,

          Agus Yanto

          _____

[...]

        • Wasis Abdu Al-Muhaimin
          Message 4 of 8 , Mar 3 5:20 PM
            Surbakty wrote:
> [...]
            > yang sudah saya lakukan:
            > - install dari CD-Rom, tapi CD-ROM gak dikenal lewat DOS

            CDROM ga dikenal lewat dos karena belum diinstall drivernya.
            solusi :

            Cara 1:
            Coba buat startup disk Windows 98 dan booting dari Disket itu, pilih
            Start With CDROM Support. maka CDROM akan terbaca.

            Cara 2:
            Booting dari CD Windows 98 dan pilih Start with CDROM Support maka CDROM
            akan terbaca. Setelah selesai booting ganti CD WIndows 98 dengan Windows
            95 dan Install.

            Cara 3:
            Copy driver-drivernya (biasanya ada di OS Windows 98 directory
            c:\windows\command\ebd) seperti Oakcdrom.sys dan copy MSCDEX.exe dari
            c:\windows\command.
            katakanlah kita copy c:\cdrom
            Buka file config.sys di c:\ (kalau ga ada, ya buat)
            tambahkan baris
            device=c:\cdrom\oakcdrom.sys /D:CDROM
            install=c:\cdrom\mscdex.exe /d:CDROM

            restart komputer maka CDROM akan terbaca.

            Silakan anda pilih dari ketiga cara tersebut, tapi pribadi saya memilih
            cara yang kedua. Tapi ketika-ketiganya akan bekerja Insya Allah.
            > - copy file Windows95 ke harddisk tapi saat diinstall ada pesan DOS bahwa sudah ada sistem operasi lain di harddisk tersebut dan ada perintah tekan sembarang tombol untuk restart komputer

            Ada beberapa solusi :
            1. Kosongkan Harddisk (format semua drive) dan jalankan setup
            2. Format drive yang telah diinstall Windows sebelumnya dan jalankan setup

            rekomendasi : langkah pertama.
            > - copy file Windows95 ke harddisk dan harddisk tersebut dipasang sebagai Slave dan harddisk lain sebagai Primary dan dipanggil dari DOS, namun DOS tidak mengenali harddisk Slave tersebut.

            Apakah bios bisa mengenali, kalau bios tidak mengenali bagaimana mungkin
            yang lain bisa mengenali. Cek dulu biosnya. Kalau di Bios sudah dikenali
            tapi Dos ga dikenali, gunakan program FDISK untuk mempartisi ulang
            harddisk tersebut. FDISk akan mengenali harddisk yang dikenali oleh bios
            sekalipun tidak dikenali oleh dos.

            > saya harapkan solusi dari rekan sekalian.

            Harapan anda sudah terkabul solusi di atas akan menyelesaikan masalah
            anda Insya Allah
            > thanks.

            Same-same :)
          • Wasis Abdu Al-Muhaimin
            Message 5 of 8 , Mar 10 10:48 AM
              Surbakty wrote:
> [...]

              > saya harapkan solusi dari rekan sekalian.

              Harapan anda sudah terkabul solusi di atas akan menyelesaikan masalah

              Same-same :)
            • Adhi Noveko
              Message 6 of 8 , Mar 12 1:16 AM
                Hari gini masih ada yang pake win95? Tapi gak papa mungkin orang ini suka barang antik termasuk win95.
                Gene...: Pertama2 pastikan PC tersebut bisa di BOOT baik lewat diskete BOOTDISK atau dari hardisk, Setelah itu pastikan juga OS lama yg masih ada di dalam HDD di delete (terutama folder/ directori PROGRAMS & WINDOWS).
                Bila master files OS win95 (*.CAB) telah dicopy kedalam HDD (pada folder WIN95 misalnya), Lakukan proses BOOTING kemudian masuk ke folder "win95" dan ketik SETUP /IS. Trus lakukan procedure berikutnya. Proses ini hanya bisa bila anda hanya menggunakan 1 OS pada PC anda. & bila anda telah mengistall OS yg lain yg versinya lebih tinggi spt Win2K atau XP, proses ini akan tidak bisa dipakai & mempunyai problem spt sebelumnya. Anda harus menginstall OS yg versinya lebih rendah dulu & kemudian baru yang lebih tinggi spt Win2K atau XP pada drive/partisi lain "D", atau juga menggunakan SW bantu "Multi booter " bisa free download di internet. Semoga bermanfaat,

                Adhi

                Message 7 of 8 , Mar 12 6:48 PM
                  Coba cara ini :
                  - buat startup disk dari win98 atau buat startup CD
                  - sebelum booting masuk dulu ke bios dengan menekan tombol del terus setelah
                  kompi dinyalakan, kemudian ke menu boot sequence pilih CD (kalo pakai
                  startup CD ) atau Floppy ( kalo pake startup disk)
                  - kalo pakai floppy pilih start with CDROM support
                  - setelah keluar A: baru masukkan CD win95
                  - lihat direktori dengan perintah DIR lalu masuk ke menu win95 lalu cari
                  file setup.exe dan jalankan dengan mengetik setup lalu enter.
                  - selanjutnya instalasi akan dimulai. OKE

                  Pada tanggal 01/03/07, Surbakty <normal@...> menulis:

> [...]
                  > tidak mengenali harddisk Slave tersebut.
                  >
                  > saya harapkan solusi dari rekan sekalian.

                • mtc
                  Message 8 of 8 , Mar 14 12:53 AM
                    jika komputer anda belum mengenali cd rom. anda harus membuat file
                    config.sys dan autoexec.bat dari pada anda buat dan dijabarkan lama,
                    mending anda buat saja start-up disk pake windows 95 atau windows 98 trus
                    masukkan disket yang berisi start-up tersebut pada awal pertama kali
                    booting. setelah itu pilih booting with cdrom. nah setelah itu baru
                    mulailah proses intall window 95 anda. anda bisa format ulang atau install
                    ulang pc anda. semoga membantu

                    bikien
                    http://e398modd.ifastnet.com
                    http://bikien.blogsome.com