Re: [ilmukomputer-programming] Tanya Buku Pemrograman C yang bagus

  • R 47
    Message 1 of 13 , Feb 6, 2004
      Hi Jhono...

      Mengenai referensi buku C,saya kira di toko buku yang
      berkaitan dengan komputer biasanya ada.klo tidak mau
      susah datang saja ke gramedia(tapi biasanya rada
      mahal).atau anda download saja tutorial C dari :
      http://www.ilmukomputer.com/berseri/ivan-socketc/index.php.(ini
      cuma salah satu contoh situs,untuk lebih
      detilnya..)coba kamu search di google...

      best regards..
      Riza :)

      --- jhono_09 <jhono_09@...> wrote:
> [...]
      > bagus buat belajar bahasa C, buku, apa situs, apa
      > artikel atau kalau
      > ada yang punya tutorial, atau buku
      > bekas...(bekas...kaya pacar...ya :}
      > ya..pokoknya yang berhubungan ama bahasa C, kalo ada
      > kaos, stiker,
      > dan pernak-perniknya biar sekalian gitu memasyarakat
      > dikit.
      > segala macam nasehat dan petuah sangat diterima
      > dengan hati lapang
      > dan ikhlas.
      >
      > belajar duluan mumpung lagi libur :(
      >
      > selamat belajar...eh..lho kebalik...!!!
      >
      > * jangan tunda besok, apa yang bisa kamu lakukan

      Yahoo! Finance: Get your refund fast by filing online.
      http://taxes.yahoo.com/filing.html
    • Romi Satria Wahono
      Message 2 of 13 , Feb 6, 2004
        Mas Jhono,

        Buku pemrograman C banyak terdapat di Internet. Cari di google.com dengan
        keyword: C programming. Beberapa profesor di amerika dan UK menshare materi
        kuliah mereka (bahkan kadang tersedia versi PDFnya).

        Untuk buku cetak bahasa indonesia, saya rekomendasikan terbitan Andi,
        karangan pak Jogiyanto HM dengan judul dasar pemrograman bahasa C. Cukup
        komprehensif untuk belajar dari awal.

        Sebenarnya kalau kita bisa memahami satu bahasa pemrograman dengan baik,
        kita akan mudah untuk pindah ke bahasa lain. Apalagi dalam satu paradigma
        pemrograman.

        Jadi mungkin lebih baik apabila 1 semester diajarin dasar C, dan semester
        berikutnya diajarin advanced C. Misal pemrograman aplikasi yang lebih
        kompleks, pemrograman socket, dsb. Lebih matang dan suatu saat kita bisa
        belajar sendiri bahasa apapun, karena kita sudah menguasai basic programming
        dengan baik. But terserah dosennya sih ...he..he.. yang ini kalau dosennya
        RSW ..he..he..

        Selamat belajar.

        Salam,
        ----
        Romi Satria Wahono
        Dept. of Computer Science, Saitama University
        Email: romi@..., YM: romi_sw

> [...]
        >
        > belajar duluan mumpung lagi libur :(
        >
        > selamat belajar...eh..lho kebalik...!!!
        >
        > * jangan tunda besok, apa yang bisa kamu lakukan lusa *
      • Arief Darmawan
        Message 3 of 13 , Feb 6, 2004
          Saya ada sedikit referensi untuk e-books c programming di net (gratis) :

          - ilmukomputer.com (tentu saja hehehehehe)
          - books.dimka.ee ( ini lumayan lengkap .... tapi dalam bahasa inggris )

        • DasaMan
          Message 4 of 13 , Feb 7, 2004
            At 12:52 AM 2/7/04, Romi Satria Wahono wrote:
            >Sebenarnya kalau kita bisa memahami satu bahasa pemrograman dengan baik,
            >kita akan mudah untuk pindah ke bahasa lain. Apalagi dalam satu paradigma
            >pemrograman.

            Semasa saya kuliah dulu, yang namanya bahasa pemrograman itu boleh dibilang
            bukanlah topik penting. Penekanannya adalah ke konsep/paradigma pemrograman
            itu sendiri. Bahasa itu cuma alat, hence kalau kita menguasai paradigma
            maka bahasa itu cuma asal comot mana yang kira2 cocok dengan kebutuhan
            kita. Analoginya ngaconya kita mo bongkar mesin mobil itu paradigmanya,
            bahasa itu cuma sekedar kuncinya mo pake nomor berapa.

            Untuk referensi konsep pemrograman prosedural secara umum saya sarankan
            buku Algoritma & Pemrograman karangan Rinaldi Munir terbitan Informatika
            Bandung. Kalo di Gramedia sulit nyarinya, tapi di Gunung Agung sering saya
            temui bertumpuk. Untuk konsep OOP, saat ini pak Rinaldi belum berencana
            menerbitkan lanjutan seri bukunya.

            FYI buku A&P memuat pendekatan yang diajarkan di Teknik Informatika ITB.
            Dan sebagai tambahan shameless plug pak Rinaldi itu dosen pembimbing saya :P

            Dasa - ICQ:1019313
            Dudidudidam
          • chang-e
            Message 5 of 13 , Feb 7, 2004
              salam kenal, aku anggota baru disini

              dari pengalamanku sih, aku lebih ngerti bahasa C stlh baca buku turbo c
              karangan abdul kadir, trus untuk selanjutnya ke buku data structure using
              c/c++, aku lupa karangan siapa

              kita akan lebih paham apabila terus mencobanya

              met belajar
            • jhono_09
              Message 6 of 13 , Feb 8, 2004
                --- In ilmukomputer-programming@yahoogroups.com, R 47 <r47_info@y...>
                wrote:
> [...]
                > http://www.ilmukomputer.com/berseri/ivan-socketc/index.php.(ini
                > cuma salah satu contoh situs,untuk lebih
                > detilnya..)coba kamu search di google...

                mas..salah,,,aku belajar c++ duluan, buat mas romi dan mas-mas
                sekalian terima kasih atas sarannya :)

                ----------- VIVA ILMU KOMPUTER.com--------------
              • amsary ary
                Message 7 of 13 , Feb 9, 2004
                  kalau mau buku c++ yang bagus ada karang Opim Sitompul
                  tapi saya lupa Penerbitnya, bagus kok saya pernah
                  koleksi

                • Ferry PS
                  Message 8 of 13 , Feb 9, 2004
                    Hallo Jhono,
                    Kalau buku2 saya seingat saya sih yang bagus karangannya Ivor Horton (Beginning C)
                    Atau buku karangan Brian W. Kernighan (The C Programming Language)

                    Untuk Link :
                    C : http://users.abcs.com/gmagill/cpages/cmain.html
                    C++ : http://www.cpp-home.com/

                    Pernak-pernik C ?
                    Kalau lagu tentang C saya pernah dengar nih :

                    WRITE IN C

                    When I find my code in tons of trouble,
                    Friends and colleagues come to me,
                    Speaking words of wisdom:
                    "Write in C."

                    As the deadline fast approaches,
                    And bugs are all that I can see,
                    Somewhere, someone whispers"
                    "Write in C."

                    Write in C, write in C,
                    Write in C, write in C.
                    LISP is dead and buried,
                    Write in C.

                    I used to write a lot of FORTRAN,
                    for science it worked flawlessly.
                    Try using it for graphics!
                    Write in C.

                    If you've just spent nearly 30 hours
                    Debugging some assembly,
                    Soon you will be glad to
                    Write in C.

                    Write in C, write in C,
                    Write In C, yeah, write in C.
                    Only wimps use BASIC.
                    Write in C.

                    Write in C, write in C,
                    Write in C, oh, write in C.
                    Pascal won't quite cut it.
                    Write in C.

                    Guitar Solo

                    Write in C, write in C,
                    Write in C, yeah, write in C.
                    Don't even mention COBOL.
                    Write in C.

                    And when the screen is fuzzy,
                    And the edior is bugging me.
                    I'm sick of ones and zeroes.
                    Write in C.

                    A thousand people people swear that T.P.
                    Seven is the one for me.
                    I hate the word PROCEDURE,
                    Write in C.

                    Write in C, write in C,
                    Write in C, yeah, write in C.
                    PL1 is 80's,
                    Write in C.

                    Write in C, write in C,
                    Write in C, yeah, write in C.
                    The government loves ADA,
                    Write in C.

                    Message 9 of 13 , Feb 9, 2004
                      Eh saya hampir lupa, kalau mau nyanyiin pake lagu Let It Be -nya The Beatles .. he..he..he..

[...]

                      Yahoo! Groups Sponsor

                    • Diki Rahman
                      Message 10 of 13 , Feb 9, 2004
                        ada C Quadrat Tuh lumayan buat koleksi...

                        belajar Pascal dan C sangat bagus untuk ke depan,
                        percayalah...

                        Pascal, C boleh dibilang dasar dari pemograman. Jika
                        nanti anda mulai menggunakan bahsa laen seperti VB,
                        Java, PB atu yg lainnya. Anda akan berterima kasih
                        kepada dosen yg telah mengajarkan Pascal & C

                        Klo buku yg lumayan enak dibaca versi indonesia
                        karangan Yogianto klo ga salah, klo englishnya
                        banyak... suekalli.

                        Pokoknya belajar C sangatlah menyenangkan walaupun
                        membingungkan....

                      • Iwan Binanto
                        Message 11 of 13 , Feb 9, 2004
                          Hallo,
                          sedikit promosi nih.

                          Baca saja buku "Pemrograman C++ di Linux" terbitan
                          Andi Offset Yogyakarta. Dari buku itu diharapkan
                          pembaca dapat Belajar C++ dari Linux. Tidak hanya itu,
                          source code-nya dpt juga dikompilasi dg compiler C++
                          yg lain, spt Turbo C++.
                          Kalau sudah baca, tolong kritikan dan sarannya.

                          </SALAM>.

                        • martinus heryanto
                          Message 12 of 13 , Feb 10, 2004
                            jhono_09 <jhono_09@...> wrote:
                            halo,,,

                            saya seorang mahasiswa, yang bar selesai belajar pascal, dan
                            rencananya semester depan mau belajar C
                            saya mau tanya referensi yang
                            bagus buat belajar bahasa C, buku, apa situs, apa artikel atau kalau
                            ada yang punya tutorial, atau buku bekas...
                            ya..pokoknya yang berhubungan ama bahasa C

                            * jangan tunda besok, apa yang bisa kamu lakukan lusa *

                            Klo saran aku seh coba aja ke situs www.ilmukomputer.com disitu lengkap deh dijamin nggak kecewa

                            Semoga membantu

                            Martin