Re: [ilmukomputer-programming] tanya cara baca barcode

  • Toni Rahayu
    Message 1 of 19 , Apr 30, 2006
      Emang !! barcode scaner itu adalah suatu alat pengganti keyboard, lihat saja
      pemasangannya biasanya tuh barcode scaner dipasang paralel dengan keyboard ke
      PS2, masih gak percaya :), pasangan saja tuh alat ke kompie, lalu buka notepad,
      scan sembarang barcode tuh isi barcode pasti muncul di notepad.

      "mellon" <mellonie_carnegie@...> on 04/30/2006 02:29:26 AM

      Please respond to ilmukomputer-programming@yahoogroups.com

      To: ilmukomputer-programming@yahoogroups.com
      cc: (bcc: Toni Rahayu/IT/domino_srv)

      Subject: [ilmukomputer-programming] tanya cara baca barcode

      dear Om & Tante

      kalo ingin membuat program barcode seperti di supermarket/minimarket.
      yaitu saat scan barang langsung muncul itemnya & harganya
      dilayar bagaimana cara ?
      jadi alat scannernya seolah olah pengganti keyboard.

      apa sudah ada di bawaanya alat scanner barcode tersebut ?
      atau kita buat sendiri programnya ?
      kalo input pake keyboard aku bisa
      tapi pake alat scanner seperti di minimarket belum pernah coba.

      please minta sarannya

      regards
      Moko

      Apakah Anda Yahoo!?
      Lelah menerima spam? Surat Yahoo! memiliki perlindungan terbaik terhadap spam
      http://id.mail.yahoo.com

      Yahoo! Groups Links

      Toni Rahayu
      PT. Omedata Electronics
      IT Department
      Hunting : (62-22) 6030805 Ext 121
      Faxs : (62-22) 6030896
      Homepage : http://toni.rahayu.tripod.com
    • arief maulana
      Message 2 of 19 , Apr 30, 2006
        sama aja cara kerjanya, cuma ganti keyboard ama barcode reader aja kok
> [...]
        > Moko

        > Apakah Anda Yahoo!?
        > Lelah menerima spam? Surat Yahoo! memiliki perlindungan terbaik terhadap

      • thoyib
        Message 3 of 19 , Apr 30, 2006
          Betul, Jadi alat scanner barcodenya pengganti keyboard.
          Usahakan program yg kita buat hanya sekali input (enter) dapat menampilkan item & harganya. Jangan menggunakan CommandButton untuk menampilkan data yg kita inginkan.

          Maksudnya, contoh: apabila kita input KodeBarang lalu tekan ENTER otomatis item & harganya tampil. Jadi scanner barcode tsb pengganti enter pada keyboard.
          DEngan catatan, KodeBarang pada barcode harus sama dengan KodeBarang di database.

          SEmoga membantu, maap kalo penjelasannya malah bikin tambah bingung... ^_^

          Regards,

          Thoy

[...]

          Computer internet privacy securities Computer internet help Computer internet connection

        • gatote aryawan
          Message 4 of 19 , May 1, 2006
            Mas moko ... maaf .. kalo saya bisa mbantu2 dikit ....
            karena di tempat kerjaan saya sistem POSnya versi DOS serta memakai alat scanner.. mungkin bisa ngebantu mas moko ...
            Ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
            1. Label barcode
            2. Alat scanner
            hanya itu aja dulu... qta bisa test kedua hal tersebut lewat dos prompt....
            pasang alat scanner, kemudian scan (tembak) ke label barcode maka di c prompt akan keluar angka sesuai dengan di label barcode.. Nah disini qta tinggal mengembangkan ke bhs pemorgraman

            Salam ...
            GTT

            mellon <mellonie_carnegie@...> wrote:
[...]

            Computer internet security Computer internet business Computer internet access Computer internet privacy securities Computer internet help Computer internet connection

          • Ircwandy Bastiaan
            Message 5 of 19 , May 1, 2006
              salam kenal,

              mohon bantuannya, dimana saya bisa mendownload OCX vb untuk excel?

              thx

            • yeyeng
              Message 6 of 19 , May 2, 2006
                Secara kebetulan saya dahulu pernah buat kas register untuk mini market.
                Beberapa hal yang perlu diperhatikan :
                1. Jenis Scanner yang akan digunakan ( fixed or fortable)
                2. Printer Barcode
                3. Label
                4. Software Programming (front office) dan database (back office)
                yang akan pakai.
                Informasi yang dapat saya sampaikan baru ini...selanjutnya silahkan via
                japri ya.
                Thanks

                Yeyeng K.

[...]

                Computer
                <http://groups.yahoo.com/gads?t=ms&k=Computer+internet+security&w1=Compu
                ter+internet+security&w2=Computer+internet+business&w3=Computer+internet
                +access&w4=Computer+internet+privacy+securities&w5=Computer+internet+hel
                p&w6=Computer+internet+connection&c=6&s=198&.sig=V04yaONvhRiZX9V-9vaMcA>
                internet security Computer
                <http://groups.yahoo.com/gads?t=ms&k=Computer+internet+business&w1=Compu
                ter+internet+security&w2=Computer+internet+business&w3=Computer+internet
                +access&w4=Computer+internet+privacy+securities&w5=Computer+internet+hel
                p&w6=Computer+internet+connection&c=6&s=198&.sig=QEM5QXY5E4yokvfp8I9OxA>
                internet business Computer
                <http://groups.yahoo.com/gads?t=ms&k=Computer+internet+access&w1=Compute
                r+internet+security&w2=Computer+internet+business&w3=Computer+internet+a
                ccess&w4=Computer+internet+privacy+securities&w5=Computer+internet+help&
                w6=Computer+internet+connection&c=6&s=198&.sig=GvFjo1UJpzPMTQeQeWH-9Q>
                internet access
                Computer
                <http://groups.yahoo.com/gads?t=ms&k=Computer+internet+privacy+securitie
                s&w1=Computer+internet+security&w2=Computer+internet+business&w3=Compute
                r+internet+access&w4=Computer+internet+privacy+securities&w5=Computer+in
                ternet+help&w6=Computer+internet+connection&c=6&s=198&.sig=2cAxh4C_HeZYn
                GK5pWGQjg> internet privacy securities Computer
                <http://groups.yahoo.com/gads?t=ms&k=Computer+internet+help&w1=Computer+
                internet+security&w2=Computer+internet+business&w3=Computer+internet+acc
                ess&w4=Computer+internet+privacy+securities&w5=Computer+internet+help&w6
                =Computer+internet+connection&c=6&s=198&.sig=XyuTAshDdmCMqHSTUW6r1Q>
                internet help Computer
                <http://groups.yahoo.com/gads?t=ms&k=Computer+internet+connection&w1=Com
                puter+internet+security&w2=Computer+internet+business&w3=Computer+intern
                et+access&w4=Computer+internet+privacy+securities&w5=Computer+internet+h
                elp&w6=Computer+internet+connection&c=6&s=198&.sig=PWZ1Hrcj8Yl7bPjnNBOES
                g> internet connection

                _____

                YAHOO! GROUPS LINKS

                * Visit your group "ilmukomputer-programming
                <http://groups.yahoo.com/group/ilmukomputer-programming> " on the web.

                ubscribe>

                * Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms of
                Service <http://docs.yahoo.com/info/terms/> .

                _____

              • andre terry
                Message 7 of 19 , May 2, 2006
                  Dear anak nongkrong ilmu komputer sekalian

                  saya punya masalah ni ttg browser mozzila, knp sering
                  sekali klo mau login dan logout di klik bca selalu dia
                  lama sekali kadang2 juga malah tidak bergerak hingga
                  berjam2 tidak berubah tampilan di layar
                  tetapi klo untuk browsing situs2 lainnya tidak pernah
                  ada masalah
                  koneksi saya menggunakan telkomnet instan
                  komputer jg baik2 saja tidak ada masalah

                  kira2 masalahnya apa ya??
                  apa musti instal java atau program pendukung
                  mohon pencerahannya dan indormasinya

                  terimakasih banyak atas perhatiannya

                  salam

                  andre

                  http://mail.yahoo.com
                • gatote aryawan
                  Message 8 of 19 , May 2, 2006
                    kurang lebih begitu bosss... mungkin ada rekan2 bisa ngebantu ...

                    mellon <mellonie_carnegie@...> wrote: jadi alat scan barcode nya, benar benar
                    seperti keyboard ya ?
                    ok thank ya Om Aryawan

                    Message 9 of 19 , May 2, 2006

                      Message 10 of 19 , May 2, 2006
                        saya memakai program aplikasi POS (pakai clipper) ,biasanya saya jalankan di win 98,sekarang saya ingin pindah ke win XP,masalahnya setiap saya cetak sales invoice,tidak langsung nge-print,harus keluar sales invoice dahulu baru nge-print ,lalu masuk ke sales invoice lagi untuk mulai transakasi lagi,ini sangat merepotkan bagi saya,saya sudah setting
                        di config.nt:files 150,buffers=60,dos=high,umb
                        autoexec.nt:set clipper =F256

                        mohon bantuannya,thanks

                      • Lidya Christine
                        Message 11 of 19 , May 3, 2006
                          PT. AJ Central Asia Raya
                          ***********-***********

                          Sori.. saya nimbrung nanya nih...
                          Kalo mau edit Kode Barang yg ada di barcode caranya gimana?
                          Sepertinya dari tadi penjelasan nya hanya bagaimana read kode yg ada
                          dalam barcode.
                          Mungkin bisa dijelaskan.

                          Thanks,
                          Lidya

                          Message 12 of 19 , May 3, 2006
                            Untuk merubah kode barang yang ada dibarcode.....satu hal yang perlu
                            kita sepakati dahulu mungkin pertanyaan ini adalah melakukan perubahan
                            kode barang (barcode) pada label.
                            JIka ini pertanyaannya, maka proses perubahan sama dengan melakukan
                            proses printing sebuah label sbb:
                            1. Kita dapat secara langsung melakukan penggantian kode sesuai
                            keinginan pada form software di pc kemudian melakukan pencetakan dengan
                            printer barcode.
                            2. Menggunakan Word processing dengan menambahkan jenis font barcode
                            kedalamnya atau dengan software tertentu barcode anytink (saya lupa
                            lagi) dan melakukan printing dengan printer biasa.
                            Mohon koreksi jika ada kesalah....namun itu yang pernah saya lakukan.
                            Thanks

                            Message 13 of 19 , May 3, 2006
                              Untuk Mba Lidya saya coba jawab pertanyaannya yah:

                              Jadi kegunaannya dari barcode adalah untuk mempermudah
                              input data, ini ilustrasi aja yah coba anda pergi ke
                              toko swalayan yg udah ada scan barcode dan yang belon,
                              pasti disitu ada sedikit perbedaan indetifikasi data
                              kalau yang ada scan barcode pasti lebih cepat karena
                              user hanya tinggal men-scan barang yang sudah ada
                              barcodenya, sedang yang belum ada user harus menginput
                              no serial dari barang yang dijual, itu ilustrasinya
                              aja, atau kalau anda pernah ke gerai yg lebih besar
                              lalu kamu ambil barang yg ngga ada barcode pasti deh
                              operator/kasirnya akan mencari no.serial barang itu
                              untuk di-input (kalau ngga ada barcode yang utk barang
                              yg sama tentunya).

                              Mengenai mengedit barcode yang kamu tanyakan, waktu
                              membuat barcodenya aja diganti denga no.ID/serial yang
                              baru, terus barcode yang sudah dicetak dibuang aja, ya
                              ngga?

                              Semoga membantu.
                              Pendi

                              Message 14 of 19 , May 3, 2006
                                YESS...anda kudu istall java atau fiture lainnya...versi brapa Mas
                                Mozzilanya..klo yg terbaru..dah oke sih..