[Tanya]NetFlow atau SNMP?

  • pand4
    Message 1 of 1 , Oct 2, 2005
      Mohon bantuan nich dan mohon maaf kalo OOT,
      Saya mahasiswa semester akhir dan sekarang lagi mengerjakan Tugas Akhir.

      Saya mengambil judu; tentang bagaimana membuat sebuah billing system yang
      berdasarkan pada besarnya traffic yang keluar masuk pada sebuah jaringan.
      Saat ini yang menjadi masalah saya adalah saya harus mengimplemtasikan yang
      mana untuk aplikasi saya tersebut, NetFlow (cisco), IPFIX, atau SNMP? Untuk
      pembuatan aplikasi berdasarkan NetFlow(cisco) ini saya udah mengusai akan
      tetapi menurut dosen saya, yang saya kerjakan itu tak ubahnya seperti
      pembuatan aplikasi untuk anak D3 dan kurang untuk analisisnya, sedangkan
      pembuatan aplikasi yang berdasarkan SNMP atau IPFIX, saya kurang (atau bisa
      dibilang tidak) mengusai. dan kelemahan dari netflow itu sendiri adalah
      jaringan harus memiliki sebuah router cisco atau juniper yang IOS nya
      support NETFLOW.

      Mohon petunjuk dari para master master.

      Regards

      Nyu Bie

      NB : Kemana harus mencari referensi untuk SNMP dan IPFIX?