Re: [ilmukomputer-linux] Mau tanya2 tentang linux

  • rbachrul
    Message 1 of 2 , Feb 1, 2006
      hehe, sptnya bung admin harus buat artikel khusus cara instalasi linux untuk tiap2 distro (yg terkenal aja)..soalnya pertanyaan pertama selalu "How to install ?"..
      gpp sih, anyway, kujawab aja..yang linux expert tolong tambahin ya..

      1. Linux ada beberapa distro, distro yg terkenal adalah Fedora Core (dulu Redhat, sekarang Redhat untuk professional/enterprise), Mandriva (dulu Mandrake), Suse (buatan Novell), Ubuntu/Kubuntu (bedanya ubuntu GUI-nya GNOME dan kubuntu adalah KDE), Xandros (ada yg versi free ada yang bayar, biasanya yang free cuma 1 CD dan untuk applikasi2 lain harus download melalui internet) dll dll
      Cara instalasi sebenarnya cukup mudah, tinggal masukin CD, boot, trus ikutin perintah2nya..:-)
      yang harus diingat adalah partisi dari HD kita untuk linux ini, kalo anda menggunakan dual boot (window$ dan linux), jangan sekali2 install di /mnt/hda1, karena akan menghapus dir window$ anda..trus kalo bisa pemilihan partisi dipilih yang Custom jadi kita bisa spek dimana dan brp besar msg2 partisi..
      partisi utama cuma ada 2 sebenarnya "/" root dan swap, besarnya swap terserah anda, umumnya 2x bsr RAM.

      trus tinggal pilih aplikasi yang diiinginkan...kalo untuk desktop aja, semua yg berbau server ga usah diinstall..misalnya apache, ssh server, squid dll dll

      waktu ada pertanyaan ingin install dimana boot-nya, pilih Master Boot Record, jadi waktu boot ada 2 pilihan..linux atau window$ (kalo dual boot)

      2. Untuk pemula selalu saya sarankan (menurut saya ya..) bisa xandros, ubuntu..dua2 debian platform..(hehe..tp saya agak ga seneng sih pake debian..).cuma sudah user friendly (window$ alike)
      kalo mau yang rada njelimet bisa freebsd (hehe..saya aja blm pernah berhasil jalanin xwindows di freebsd..)..
      atau bisa juga cari distro yang menyediakan Live CD, jadi ga perlu install tinggal masukin CD Live, boot....voila..you have linux served in front of you..:-)

      3. bedanya Linux Redhat (sekarang Fedora Core 4) dan Suse, beda vendor yang satu redhat yang satunya novell, trus platformnya juga beda Suse (debian based), FC ya Redhat...perintahnya rada beda, kecuali perintah standard linux semua distro sama..

      4. Bisa dibeli di toko2 yang jual software linux, cuma biasanya mrk ga tersedia versi terbaru, atau kalo mau download (??) bisa buka di msg2 websitenya.. http://www.opensuse.org  atau http://fedora.redhat.com/
      kalo ga salah masing2 distro ada 4-5 CD..total sekitar 3-3.5 GB <yakin mau download?>

      Anyway, dicoba aja, kalo ga pernah coba you'll never know what linux is..
      Happy Learning..:-D

      e_12y <e_12y@...> wrote:
      Halllo, salam kenal semua :)

      Dalam hal ini saya baru mau menggunakan OS berbasis linux, saya mau
      minta pendapat dari teman-teman, yang saya mau tanyakan adalah:
      1. Bagaimana cara meng-install Linux ?
      2. Untuk pemula seperti saya, Linux apa yang harus saya gunakan (Linux
      Redhat 9 atau SUSE) ?
      3. Bisa dijelaskan perbedaan diatas ?
      4. CD inslaler itu bisa di download or didapatkan dimana?

      mohon tuntunannya, maklum saya ini baru mau memulai untuk menggunakan
      OS berbasis Linux.

      Sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih.

      salam,

      Ery

      Do you Yahoo!?
      With a free 1 GB, there's more in store with Yahoo! Mail.