KONFIGURASI NETWORK DI SUSE

  • Gatot Setiawan
    Message 1 of 5 , Jun 1, 2006
      Perkenalkan saya gatot pemula dlm menggunakan distro
      linux saya mau nanya sama temen2 mengenai setting
      network dan proxy baik secara command maupun grafis.
      Sepesifikasi compie saya sbb:
      OS: Linux Suse 9.xx
      Prosesor 2.xx GHZ
      Memory 256
      Hardisk 80GB

      Thk
      Gatot

      Apakah Anda Yahoo!?
      http://beta.id.yahoo.com/
    • Taufik Suryawan
      Message 2 of 5 , Jun 1, 2006
        --- Gatot Setiawan <g47o7@...> wrote:

        > Perkenalkan saya gatot pemula dlm menggunakan distro
        > linux saya mau nanya sama temen2 mengenai setting
        > network dan proxy baik secara command maupun grafis.

        novell sarankan grafis. begitu juga saya.

        > Sepesifikasi compie saya sbb:
        > OS: Linux Suse 9.xx
        > Prosesor 2.xx GHZ
        > Memory 256
        biarkan squid mengambil 64 MB dari RAM anda.

        > Hardisk 80GB
        gunakan 5 GB utk squid.

        On Thursday 01 June 2006 09:06, Gatot Setiawan wrote:
        > Saya pemula menggunakan os linux yang saya mau
        > tanyakan n sekaligus minta bantuan temen2 mengenai
        > konfigurasi squid proxy untuk distro linux suse
        9.xx.

        Asumsi saya:
        1. Distro yg anda gunakan suse 9.3
        2. Mesin anda adalah gateway sekaligus proxy dgn 2 lan
        card
        3. eth0 adlh external zone anda (gateway ke internet)
        4. eth1 adlh demiliterized zone anda (squid disini)
        anda menggunakan network 192.168.1.0/24 dan squid
        menggunakan IP 192.168.1.254
        5. anda tau gimana meng-configure zone via yast

        kemudian .......

        1. edit /etc/squid/squid.conf
        biasanya cukup dgn meng-uncomment direktif bawaan
        suse. squid.conf bawaan suse
        hanya di-konfigur utk 1 komputer yaitu localhost. anda
        mesti mengedit acl spy
        client bisa terkoneksi ke squid.

        2. save squid.conf
        3. buka yast ----> Security and users -----> Firewall
        klik Advanced lalu isikan port yg anda buka di
        demiliterized zone.
        port ini adlh port yg sama di direktif http_port di
        squid.conf. biasanya 3128
        sesuai bawaan squid.

        4. klik ok utk menyimpan konfugarasi firewall

        5. masih di yast, klik system -----> system services
        (runlevel)
        lalu cari squid, kemudian di-enabled (cukup dgn klik)

        6. klik ok dan keluar dari yast.

        7. test squid anda dengan mengetikkan perintah ini di
        shell :
        ==============
        telnet localhost 3128
        ==============
        jika connected, anda berhasil.....
        rayakan dgn segelas susu coklat.

        jika tidak berhasil:
        login sbg root, ketikkan perintah ini di shell :
        ================
        rcsquid status
        ================
        jika status-nya dead, ada kesalahan di squid.conf

        jika conecction refused,
        cek ulang firewall anda via yast

        gunakan yast utk firewalling, jgn gunakan shell
        (novell told me)

        good luck!

        > Untuk modul yang di perlukan setting sequid proxy di
        > suse 9.xx apa ya.

        modul ? yg saya tau, squid mengenal redirect_program,
        bukan modul. utk editor,
        saya pakai kate (jalankan sbg root spy squid.conf bisa di-save).

        Best Regards,

        Taufik

        ==================================
        Blog: http://handz106.multiply.com

      • Kojek We
        Message 3 of 5 , Jun 12, 2006
          Linux merupakan Minix (mini UNIX), dan bisa disebut sebagai clone dari UNIX, yang membedakan terutama karena sebagian besar dari OS UNIX-variant  merupakan shareware, sedangkan  sebagian  besar dari  OS Linux-variant merupakan freeware dan open source. Jadi Konfigurasi OS nya mirip dengan UNIX.

          Semoga bermanfaat..

          http://mail.yahoo.com

        • Baju Judiantara
          Message 4 of 5 , Jun 12, 2006
            linux bukan minix, dan linux juga bukan unix ^_^ minix adalah OS yang dibuat oleh Andre Tanenbaum untuk tujuan pengajaran Operating System (waktu kuliah saya punya textbook dan sourcecodenya), pak Andre tidak memperbolehkan minix dikembangkan tanpa ijinnya, makanya mas Linus Torvald kemudian membuat kernel OS baru dengan belajar dari minix karena pengin ngoprek ^_^ awalnya OS ini diberi nama freax, kemudian oleh mas Ari Lemmke, admin dimana orang bisa download source code freax namanya diganti jadi Linux.

            linux sendiri sebenarnya adalah nama kernel (inti) dari Operating system, untuk menjadi suatu OS yang lengkap perlu tools lain kayak shell, compiler, GUI de-el-es-be. umumnya tools yang dipakai didapat dari project GNU yang dipimpin pak Richard Stallman, makanya sering kali kita menyebut sebagai GNU/Linux ^_^ artinya linux kernel + GNU tools, nah orang atau kelompok usaha yang menjual/menyediakan gabungan antara Linux kernel dengan tools (bisa GNU bisa propetiary) biasanya dikatakan menyediakan Distro.

            baik linux, maupun minix adalah unix-like OS, jadi bukan Unix tapi seperti Unix, merk dagang Unix dimiliki oleh The Open Group, dan suatu OS untuk bisa dikatakan Unix harus memenuhi Single Unix Specification. Hak cipta dari source code Unix sendiri sekarang dipegang oleh SCO dan Novell.

            lisensi dari kernel linux sendiri adalah GPL, jadi orang bebas mendapatkan source codenya, tp tidak berarti semua program yang jalan diatas kernel linux harus pake lisensi GPL, jd kita bisa aja koq jual software closed source yang jalan diatas linux ^_^, karena itu tidak setiap software yang ada embel2 linuxnya adalah freeware, contohnya Distro Linspire yang mengharuskan kita beli klo pengin memakai, tapi ada juga distro yang tersedia secara cuma-cuma misal debian atau ubuntu. atau kalau mau kita bisa membangun system sendiri dengan basis source-code yang tersedia secara cuma-cuma, kayak project Linux From Scratch.

            untuk lebih jelasnya anda bisa cari di wikipedia ^_^

            HTH

            B.J.