Tips : Menggunakan SSH Tunnel untuk Akses Port Tertentu yang di Blok Firewall

  • Masim "Vavai" Sugianto
    Message 1 of 1 , Apr 6, 2010
      Salah satu klien yang saya tangani memiliki IP public yang portnya
      terbatas untuk dibuka secara penuh. Atas pertimbangan efisiensi dan
      keterbatasan tersebut, akhirnya saya meminta mereka untuk membuka port
      SSH agar saya bisa melakukan akses SSH dan bekerja secara remote.
      Sebagian besar pekerjaan bisa dilakukan secara remote menggunakan
      akses SSH karena server openSUSE/SLES yang dipasang di klien secara
      default sudah menyediakan tools konfigurasi YAST yang bisa dijalankan
      dalam modus konsole. Hanya ada satu masalah yang sukar saya eliminasi,
      yaitu saat mengakses Zimbra Admin dalam modus web untuk mengatur
      integrasi domain antara Zimbra dengan Samba.

      http://vavai.com/2010/04/07/menggunakan-ssh-tunnel-untuk-akses-port-tertentu-yang-di-blok-firewall/

      --
      Best Regards,

      Masim "Vavai" Sugianto