Re: [ilmukomputer-linux] Tanya: gak bisa nyimpan file di /var/www

  • Agus Muhajir
    Message 1 of 7 , Dec 30, 2009
      Silahkan login sebagai root, nanti akan bs.

      hansprawira@... wrote:

> [...]
      > Date: Fri, 25 Dec 2009 17:28:28 -0800 (PST) To: <ilmukomputer- linux@yahoogroup s.com> Subject: [ilmukomputer- linux] Tanya: gak bisa nyimpan file di /var/www
      >
      > Dh, Mohon maaf kalau sudah pernah ditanya :) Knapa saya gak bisa menyimpan file html di folder /var/www ya..? Kalau saya simpandi folder lain seperti Document bisa... Saya pakai Ubuntu 8.04 Makasih atas sharing ilmunya. Amir

    • fadhly nopima
      Message 2 of 7 , Dec 31, 2009

        sudah coba ubah izin aksesnya? buka terminal login sebagai root:

        $ sudo su

        kemudian masukkan password root

        jalankan perintah

        # chmod -R 777 /var/www

      • Fauzan Yusran
        Message 3 of 7 , Jan 1, 2010
          coba di atur dulu permission nya ke  777 ato ke 755
          mis :
          sudo chmo -Rf 777 /var/www/

        • Amir Yahoo
          Message 4 of 7 , Jan 3, 2010
            Dh,
            Makasih mas-mas sekalian.
            Udah berhasil :)

            Mau tanya lagi, bagaimana kalau mengganti izin aksesnya lagi mas ? Misal: supaya gak bisa simpan lagi seperti semula.
            Makasih.

            Amir

            Message 5 of 7 , Jan 4, 2010
              Sore om,

              Coba dipahami dulu perintah yang sudah dijalankan (chmod -R 777 /direktori/). Jika sudah paham, pasti bisa utak-atik untuk kebutuhan sendiri. Kalau tidak bisa googling, coba buka manual di linux dengan menjalankan perintah:

              man chmod

              lewat konsole linuxnya. Memang masih menggunakan bahasa inggris, tapi penjelasannya sudah cukup jelas di manualnya.
              Demikian. Semoga membantu.

              Slm,