RE: [ikan_hias] Bio ball

  • Gowik C. Wijaya
    Message 1 of 27 , Apr 1, 2002
      Pak Wahyu,
      Bisa minta tolong pencerahannya bagaimana buat trickle filter untuk kolam?
      Saya bingung nempatinnya dimana, apakah di chamber terakhir sebelum ke
      pompa?
      Kalo filtrasinya menggunakan sistem gravity fed, apakah bisa efektif, sebab
      nantinya trickle effect yang diharapkan jadi nggak ada.
      Merci beaucoup.

> [...]
      >he..he..he..................suka-suka yang punya bioball kan he..he...(maaf
      >bercanda).
      >Sebaiknya memang ditempatkan didalam filter karena jumlah yang dibutuhkan
      >supaya kinerjanya efektif relatif banyak, sehingga kalau dibiarkan terapung
      >di akuarium, bioballnya akan memenuhi seluruh permukaan akuarium.
      >Malah waktu diciptakan dulu bioball dimaksudkan untuk filter tetes (trickle
      >filter) atau filter basah/kering (wet/dry filter system), tapi entah
      >bagaimana ceritanya banyak yang menggunakannya untuk filter konvensional..

    • Wahyu Purwakusuma
      Message 2 of 27 , Apr 1, 2002
        From: "Bing Cahyono" <bing@...>

        > Terima kasih pak Wahyu.
        > Selain di test ke laboratorium, adakah cara sederhana
        > untuk mengetahui apakah bioball kita sudah berisi bakteri
        > dan bekerja ?

        Cara paling sederhana adalah secara visual, bioball atau benda apapun yang
        telah ditumbuhi bakteri akan tampak terselimuti selaput lendir (terasa
        licin kalau dipegang ) bening apabila lapisan bakterinya masih muda dan
        aktif atau agak kecoklatan kalau lapisanya sudah tua. Lapisan yang sudah
        tua tentu saja tidak akan seefektif kinerja lapisan yang baru.

        Salam
        Wahyu Purwakusuma
      • Wahyu Purwakusuma
        Message 3 of 27 , Apr 1, 2002
          From: "Gowik C. Wijaya" <gowik@...>

          > Pak Wahyu,
          > Bisa minta tolong pencerahannya bagaimana buat trickle filter untuk kolam?
          > Saya bingung nempatinnya dimana, apakah di chamber terakhir sebelum ke
          > pompa?

          pak Gowik,
          trickle filter adalah filter biologi, sehingga "penempatan"nya adalah
          setelah filter mekanik. Disamping itu trickle filter ini sendiri memang
          memerlukan air prefilter agar dapat bekerja dengan baik.
          Banyak variasi trickle filter yang dapat dibuat untuk kolam. Yang telah pak
          gowik rancang sejauh ini bagaimana?

          > Kalo filtrasinya menggunakan sistem gravity fed, apakah bisa efektif,
          sebab
          > nantinya trickle effect yang diharapkan jadi nggak ada.

          Sejauh ini trickle firlter memang menggunakan gravity fed. karena walau
          bagaimanapun akhirnya gaya gravitasi yang hanya akan berfungsi setelah air
          lolos dari lapisan permukaan filter. Keberadaan gaya lain akan segera
          diredam oleh permukaan media filter (Sistem lain yang menggunakan "gaya"
          lebih besar dari gravitasi adalah fluidized bed). Efek trickle akan tetap
          bisa dipertahankan apabila ketebalan media dipertahankan sedemikian rupa.

          > Merci beaucoup.
          De rien............

          Salam
          Wahyu Purwakusuma
        • sidarto@indosat.net.id
          Message 4 of 27 , Apr 1, 2002
            Sorry nyelonong,

            pak Gowik,

            Pls surf di www.koi.com.my, ada informasi tentang trickle filter untuk
            kolam.

            Sidarto

> [...]
            > tetes (trickle
            > konvensional..>

            > ------------------------ Yahoo! Groups Sponsor --------------------
            > -~-->
            > Buy Stock for $4.
            > No Minimums.
            > FREE Money 2002.
            > http://us.click.yahoo.com/6GDALA/VovDAA/ySSFAA/_kiolB/TM
            > --~->
            >
            > Mari bergabung dengan milis ikan hias di egroups.com.
            >
            > Kunjungi website:
            >
            > http://www.ikanhias.or.id
            >
            > Help The Mentally Ill People in Indonesia, visit:

          • Gowik C. Wijaya
            Message 5 of 27 , Apr 1, 2002
              Terima kasih pak Wahyu dan pak Sidarto.
              Sorry one liner.
              Gowik.

> [...]
              >
              > Kunjungi website:
              >
              > http://www.ikanhias.or.id <http://www.ikanhias.or.id>
              >
              > Help The Mentally Ill People in Indonesia, visit:

              Yahoo! Groups Sponsor

              <http://rd.yahoo.com/M=215002.1954253.3462811.1261774/D=egroupweb/S=17051262
              07:HM/A=1000239/R=0/*http://ads.x10.com/?bHlhaG9vaG0xLmRhd=1017712520%3eM=21
              5002.1954253.3462811.1261774/D=egroupweb/S=1705126207:HM/A=1000239/R=1>

              <http://us.adserver.yahoo.com/l?M=215002.1954253.3462811.1261774/D=egroupmai
              l/S=1705126207:HM/A=1000239/rand=568388565>

[...]

              Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms of Service
              <http://docs.yahoo.com/info/terms/> .

            • Linmark JKT - EDP
              Message 6 of 27 , Apr 2, 2002
                Rekan-rekan ikaners...

                Setelah 2 minggu memakai bio ball, air kolam saya tetap bening dan tidak
                menjadi hijau.
                Biasanya, 1 minggu saja airnya sudah menjadi hijau.

                Apakah ini pertanda bahwa filter biologinya sudah matang?

                Mohon penjelasannya.

                Terima kasih,

                Indra