peat moss

  • Sutjipto
    Message 1 of 14 , Sep 3, 1999
      Ada yang bisa membantu? Saya sedang mencari peat moss. Spagnum peat moss
      tanpa fertility, biasa digunakan untuk layer tanaman. Kalau ada yang
      pernah lihat, tolong dong saya dikabari, nanti akan saya beri tahu
      kegunaannya pada ikan hias.
      sebelumnya terima kasih atas bantuannya

      Salam.
    • Sutjipto
      Message 2 of 14 , Sep 6, 1999
        Terima kasih atas informasinya mengenai peatmoss

        Salam
        Sutjipto
      • Sutjipto
        Message 3 of 14 , Sep 7, 1999
          Wah saya belum menemukan peat mossnya. Yang ada ditrubus memang peat
          moss, tapi sudah diberi fertiliser, jadi berbahaya untuk ikan. Peat moss
          akan saya gunakan untuk mengontrol kwalitas air. Sekian infonya.

          Salam
        • Sutjipto
          Message 4 of 14 , Sep 9, 1999
            Terima kasih atas tanggapannya. Saya pernah mencoba menghubungi impotir, harga
            yang mereka tawarkan terlalu tinggi untuk saya, waktu itu sekitar Rp90.000,- per
            kg. Sedangkan keperluan saya untuk setiap filter mencapai 10 kg. Maka
            tidak jadi. Saya pernah mendapatkan peat moss dari Canada dengan harga Rp
            90.000,- per 25 Kg, tapi itu hanya bawaan dari teman yang keluar negeri.
            Mengenai gambut akan saya coba jajaki, karena saya belum pernah melihatnya.

            Salam
            Sutjipto

          • Sutjipto
            Message 5 of 14 , Sep 9, 1999
              Kalau fertiliser itu adalah sejenis zat untuk penyubur tanaman,
              menyerupai pupuk. Jadi cukup berbahaya bagi ikan karena biasanya
              mengandung nitrat yang cukup tinggi.
              Saya pernah mencoba ke importir untuk memesan sekitar 0,5 ton, tapi
              mereka malas melayani, atau mungkin terlalu sedikit untuk mereka.

              Ganggang air adalah jenis tumbuhan yang sering berada pada permukaan
              air dan berukuran relatif kecil. Ada banyak jenis, mungkin ratusan.
              Ganggang ini ada yang menyerupai lumut, dan biasanya juga membuat air
              berwarna hijau.
              Ganggang air tidak saya gunakan karena umurnya yang pendek dan
              memerlukan pengolahan yang cukup merepotkan. Fungsinya untuk menjaga
              kestabilan air dan menurunkan hardness, tapi sedikit sekali pengaruhnya.

              Stabiliser yang bapak gunakan untuk diskus sebaiknya ph 6.0-6.5.
              Saya pernah menggunakannya dan hasilnya cukup baik, cuma setiap tablet
              hanya tahan sekitar satu bulan. Dan harganya... .?

              Perlu saya tekankan disini, bahwa pH dan Hardness itu berbeda,
              seperti yang pernah saya posting sebelumnya. Kegunaan peatmoss lebih
              diarahkan pada Hardness air. Kalau masalah pH lebih mudah diatasi dengan
              bahan kimia.

              Salam
            • Ahmad Wahyono
              Message 6 of 14 , Sep 9, 1999
                Terima kasih pak cipto......, maaf pak cipto saya ingin tanya lagi
                waktu pak cipto pesan itu di negara mana.........., dan harganya
                mahal nggak pak......, gini pak kalau saya ada usul (berbau bisnis
                nich).....tentunya untuk seluruh anggota mailing list
                ini.............
                kita pesan sekali lagi....tentunya jumlahnya dibanyakin dikit, lalu
                kita kemas kecil-kecil, terus kita jual lagi, atau cari supplier
                local
                barangkali mereka bisa membuat.terus terang untuk breeder umumnya
                ini perlu sekali, saya pernah coba waktu itu, saya beli di makro
                kelapa gading katanya non fertilizer, tapi nggak tahu benar
                tidaknya,
                yg jelas tidak ada perubahan thd ikan saya......, palsu mungkin
                ya..?

                Best regard,

              • adrian
                Message 7 of 14 , Sep 10, 1999
                  Pak Buki,
                  Mohon informasi alamat & telp/fax cawang aquarium. terimakasih sebelumnya.

                  Salam,
                  Adrian
                  adrian1@...
                  Message 8 of 14 , Sep 10, 1999
                    Di Makro merknya apa? dan Buatan negara mana? Untuk mengetahui berbahaya tidak
                    nya bagi ikan kita, sangat mudah dan tentunya harus kita beli dulu. Ambil kira
                    kira 0.5 kg dan masukkan dalam ember, biarkan larut selama 2 jam. Kemudian kita
                    tes kandungan nitratnya, pH dan TDSnya. Terutama nitrat, jika tinggi levelnya,
                    berarti peatmoss yang bapak beli mengandung fertiliser. Biasanya pH langsung
                    turun, demikian pula TDSnya.

                    Dibanyakin dikit, berapa? Saya pernah memesan 0,5 ton, kira kira 20-25 bal
                    peatmoss dari negara Kanada, tapi permohonan saya ditolak dengan alasan terlalu
                    sedikit.

                    Mendingan sekarang kita cari pemecahan dengan apa yang ada di negara Kita.
                    Setuju!
                    Tentunya dengan lebih banyak berexperimen.

                    Salam

                    Salam.

                    Message 9 of 14 , Sep 10, 1999
                      Trims, akan saya cek ke sana. Aquavital memang sudah banyak digunakan sejak dulu. Kalau
                      tidak salah bentuknya seperti akar-akaran dan basah.
                      Salam

                    • Frans Thamura
                      Message 10 of 14 , May 30, 2009
                        saya dah ada killifish nih

                        lg cari tahu apa itu peat moss dan dapatinnya gimana

                        dikebun?

                        ada yang bisa bantu

                        Frans Thamura
                        Meruvian. Java and Enterprise OSS

                        Mobile: +62 855 7888 699
                        Blog & Profile: http://frans.thamura.info

                        We provide services to migrate your apps to Java (web), in amazing
                        fast and reliable.
                      • rahmi dianita
                        Message 11 of 14 , May 31, 2009
                          Saya sedikit tahu tentang peat moss. Karena saya pernah melakukan penelitian tentang moss khususnya Sphagnum.

                          Peat moss adalah tanaman vascular (yang berongga) yang tumbuh di daerah rawa (peatland). Salah satu genus dari mosses adalah Sphagnum. Sphagnum ini ada yang tumbuh di rawa yang berair banyak, ada juga yang agak kering. Yang tumbuh di rawa yang berair banyak, batangnya (bukan batang sesungguhnya) akan lebih lemah dibandingkan spesies yang tumbuh di rawa yang agak kering. Tanaman ini mempunyai daya menyerap air yang tinggi. Bila terjadi kekurangan air – berada di bawah level kebutuhannya, bagian atas tanaman (capitulum-kepala)nya akan lebih dulu kering  – bisa mati, sementara bagian bawahnya tetap lembab-hidup. Penambahan air akan membuat tanaman segar kembali. Peat moss ini dapat dibedakan oleh bentuk dan warna capitulanya.

                          Penyebarannya banyak terdapat di Amerika dan Brazil, Eropa (seperti di Belanda, Jerman, Swedia), Australia, New Zealand. Infromasi penyebarannya di Indonesia saya kurang tahu.
                          Itu saja info yang bisa saya share. Semoga bermanfaat.

                          Salam,
                          rahmi

                          Message 12 of 14 , May 31, 2009
                            jadi budidaya killifish di indonesia percuma yah :)

                            sebab peat moss buat telur gak ada di sini

                            2009/5/31 rahmi dianita <rahmi_dianita@...>:

> [...]
                            > Indonesia saya kurang tahu.
                            > Itu saja info yang bisa saya share. Semoga bermanfaat.

                          • Hong Pin
                            Message 13 of 14 , May 31, 2009
                              Sekedar info, saya pernah ketempat breeding ikan jenis ini, mereka menggunakan uraian rafia sebagai tempat telurnya, malah kebanyakan telurnya menyebar di alas akuarium kelihatannya mereka berhasil tuh. Cuma untuk menetaskan telurnya yg harus di treat dgn sejenis chemical(lupa) agar melunakkan/menipiskan bagian kulit telurnya. Kulit telur ikan jenis ini keras sekali, saya coba pites pakai tangan ga pecah juga. Rupanya salah satu bentuk keadilan Tuhan sehingga ikan ini bisa bertahan walaupun didera kekeringan yg sangat. Demikian sharenya.

                              Salam

                              Hong Pin

> [...]

                              > Indonesia saya kurang tahu.
                              > Itu saja info yang bisa saya share. Semoga bermanfaat.

                            • sonythan
                              Message 14 of 14 , Jul 21, 2009
                                Coba cari peat moss di tukang tanaman seperti di Alam Sutra atau BSD saya pernah lihat mereka menjual peat moss ini sebagai media tanam.

                                Selain itu coba cek ke Ace Hardware saya pernah beli disana...
                                Dengan peat moss ini air akan menjadi coklat(black water seperti di amazon) dan PH akan turun menjadi asam. Efek yang sama seperti kalau anda menggunakan pakis untuk media tanam anggrek..

                                Kalau untuk Killifish memang kebanyakan para hobiis menggunakan peat moss karena memang medianya lebih lembut jika dibandingkan pakis...

                                Sony