Koki Buta

  • Farra Samia
    Message 1 of 8 , Sep 1, 2008
      Beberapa hari yang lalu, lima ekor ikan koki peliharaan saya, satu
      persatu menjadi buta (kehilangan matanya).

      Saya sama sekali tidak mengerti kenapa bisa seperti itu.

      Oh ya kalo untuk kondisi akuarium saya dihuni oleh 5 ekor ikan koki
      dan 2 akor ikan KOI. Hal ini telah berlangsung selama lebih dari 4
      bulan. Saya rasa butanya ikan koki bukan karena berkelahi, dan juga
      bukan karena diganggu oleh ikan KOI.

      Selain itu beberapa hari terakhir, kondisi air di rumah saya sedang
      buruk. Baru dikuras, beberapa jam kemudian air sudah keruh. Apa
      mungkin butanya ikan koki tersebut karena air yang keruh sehingga
      berbahaya? tapi ikan KOI-nya Alhamdulillah baik-baik saja.

      Mungkin, teman2 di group ini bisa membantu??

      Terima kasih.
    • aryanto_tarmidji@app.co.id
      Message 2 of 8 , Sep 1, 2008
        Farra,
        Kejadian koki hilang matanya karena koinya suka iseng. ini pernah di alami
        koki teman saya ketika di masukkan koi baru yang ukurannya lebih besar.
        coba cek deh ukuran koi dirumahnya

        "Farra Samia" <farrasamia@...>
        01-Sep-2008 02:17 PM
        Sent by: ikan_hias@yahoogroups.com
        Please respond to
        ikan_hias@yahoogroups.com

        ikan_hias@yahoogroups.com
        cc

        Subject
        [ikan_hias] Koki Buta

      • intan m
        Message 3 of 8 , Sep 1, 2008
          Dear farra

          aku juga pernah ngalamin yang seperti itu
          mungkin bisa jadi karena kondisi air/ ada ikan baru yang bawa penyakit
          setauku kondisi air yang keruh juga bisa menyebabkan penyakit
          waktu itu ikan koki-ku 2 yang mati gara2 penyakit ini, sampe2 mata-nya copot trus mati hikss
          mendingan tu koki di karantina aja,.. jangan sampai nular ke yang lain
          Berdasarkan pengalaman si waktu itu kolamku dikasi methelene blue en garam ikan untuk menghilangkan bakterinya
          kasi selama 2 hari berturut2
          trs di-kuras &ganti airnya seluruhnya (tapi air yg sudah diendapkan ya jangan air ledeng langsung)

          untuk langkah pencegahan, sebaiknya akuarium disifon seminggu sekali paling lama, supaya air gak keruh...trus rajin2 dikasi vitamin/supplemen. bisa yang alami/yang buatan. kalo aku biasanya aku kasi fish all vitamin, dan seminggu sekali dikasi jeruk sepotong...

          met mencoba

          Message 4 of 8 , Sep 1, 2008
            Mungkin salah satu syarat buat piara ikan koki adalah mereka gk bisa
            dicampur ama ikan hias lainnya, selain species koki
            Untuk air yg keruh mungkin filternya belum kerja maksimal atw mungkin
            juga spon filter blm dicuci bersih ataw kalo perlu ganti dengan yang
            baru dan jangan terlalu cepat dikasih pakan, biarkan 24 jam
            Koki meskipun gak di kasih pakan tetap hidup kuk...
> [...]
            > berbahaya? tapi ikan KOI-nya Alhamdulillah baik-baik saja.
            >
            > Mungkin, teman2 di group ini bisa membantu??

          • andhika aradianto
            Message 5 of 8 , Sep 3, 2008
              beberapa ikan koki saya juga matanya ilang tanpa sebab...
              ntah kena penyakit, atau dipatok sama ikan manvish, atau bisa saja kehisap pompa filter
              tapi baru minggu kemarin saya melakukan kebodohan, saat sedang membuan air, ikan mas koki saya matanya terhisap selang,,parahnya itu adalah ikan maskoki jenis teleskop, dimana matanya gede banget,,
              rasa bersalah bila selalu saya rasakan bila meleihat ikan itu. tp alhamdulillah ikan itu masih dpt hidup walaupun matanya ilang satu

              "Farra Samia" <farrasamia@yahoo. com>

[...]

            • Prihadi Ramjug Ramadhany
              Message 6 of 8 , Sep 3, 2008
                Alow ... Boleh ikutan yah...

                Dulu 2 koki saya juga hilang sebelah mata...padahal di akuarium hanya ada koki aja sekitar 6 ekor dgn ukuran akuarium kira2 1m x 0.5m x 0.7m....

                Sekarang dah aman.....koki ada 5 + 2 manvish.......kenapa yah matanya bisa uilang?? Copot?? Dimakan koki lain??

                Rgds,
                Prihadi R.
                e:ramjug@...
                PIN: 203D782D

                Sent from : JUGBerry� wireless device from XL GPRS/EDGE/3G network

              • arifwijaya_nr@yahoo.co.uk
                Message 7 of 8 , Sep 3, 2008
                  alow juga om , koi saya juga ngalamin hal yang sama om

                • Farra Samia
                  Message 8 of 8 , Sep 4, 2008
                    Makasih ya atas masukan-masukannya..

                    ternyata ada banyak kemungkinan kenapa mata koki bisa copot.
                    mungkin juga sih krn kesedot filter. krn filternya memang kebetulan
                    baru diganti.

                    yah kalau cartoon disney punya karakter "3 tikus buta 9(3 blind
                    mouse), kalau di akuarim saya ada "3 koki buta". hehe..

                    tp saya mau tanya, apa memang bisa ya di akuarium itu dimasukan jeruk,
                    sebagai vitamin?

                    thx..

                    --- In ikan_hias@yahoogroups.com, "Prihadi Ramjug Ramadhany"