Re: Artemia .. was Re: [ikan_hias] Re: Kutu Air Beku

  • alvin surya
    Message 1 of 7 , May 1, 2007
      waduh saya blom cek yach, nanti saya liat dikalengnya dulu atau mau tlp sy aja di 93070772 supaya sy kg lupa. thx

      Message 2 of 7 , May 1, 2007
        Sependengaran saya, katanya, SFO (San Fransisco Origin) Artemia mengandung HUFA lebih tinggi dibanding GSL (Great Salt Lake) Origin. Tapi rasanya sih kualitas hampir sama saja, karena kalau dilihat dari beberapa hasil riset yang pernah saya baca, kedua produk, rata-rata kadar protein 60%, fat 24%, sisanya ash, moist, dll.

        Kalau soal merek, ini saya tau persis, , produsen dari Cina bisa kasi merek apa saja sesuai keinginan pembeli. Saya sudah pernah ke salah satu produsen artemia di Cina, dan melihat jejeran kaleng berbagai merek, dengan berbagai etiket, bahkan ada yang made in USA, made in Columbia, dsb, bahkan dengan hatching rate 100% tertera di kalengnya... . Menurut pihak produsen tersebut, tidak mungkin hatching rate bisa dijamin, apalagi 100%, karena ini living organism. Paling tinggi 90%.

        Tips:
        Untuk lebih tinggi kualitasnya, artemia setelah ditetaskan, dibersihkan, nauplii nya direndam dulu sebentar di dalam larutan plankton (misalnya spirulina atau chlorella), supaya dia makan, dan kandungan nutrisi plankton tsb kemudian ikut masuk ke dalam tubuh ikan pada saat ikan makan nauplii artemia tersebut.

        thanks.
        Ucok.

> [...]

        > ikan pada trouble terutama discus. saya kasih artemia,
        > byk yg bilang mahal tp menrut saya lebih mending

        Yahoo! Groups Links

      • Tommy Yulianto
        Message 3 of 7 , May 1, 2007
          Thank you atas penjelasannya pak,
          wah repot juga ya kalo ketemu sama yang buatan China.
          di labelnya juga nggak bisa di bedain mana yang buatan China atau bukan.

> [...]

          > ikan pada trouble terutama discus. saya kasih artemia,
          > byk yg bilang mahal tp menrut saya lebih mending

          Yahoo! Groups Links

          Yahoo! Groups Links

          http://mail.yahoo.com
        • Muhammad Hidayat
          Message 4 of 7 , May 1, 2007
            Sebetulnya sama aja, yang di Cina juga asalnya dari sana. Teknologi budidaya artemia dari Amerika diadopsi oleh Cina, dikembangkan di daerah pantai Bohai (Pantai Cina Timur Laut). Untuk memenuhi demand produksi, bahkan ada produsen Amerika juga memesan (mengimpor) sebagian dari Cina, diteruskan (re-ekspor) ke pembeli :).

            Kualitas bisa dibilang hampir sama, Amerika dan Cina. Mungkin perbedaan ada pada presisi proses separasi (pemisahan antara yang HR nya tinggi dengan rendah). Cina pake teknologi yang lebih murah (mesin buatan Cina.. :)), Amerika pake mesin buatan Amerika... hehehe.. Barangnya (artemia itu) sendiri, sama saja.

            thanks.
            Ucok.

> [...]

            > ikan pada trouble terutama discus. saya kasih artemia,
            > byk yg bilang mahal tp menrut saya lebih mending

            Yahoo! Groups Links

            Yahoo! Groups Links

          • alvin surya
            Message 5 of 7 , May 2, 2007
              betul, saya pernah pake yg cina punya tp hatching ratenya lama bgt and sedikit. saya pake sanders bagus tp harganya mahal. kebetulan saya dapet merk osy dengan harga murah dr pasaran and hatching ratenya bagus jg.thx

> [...]

              > ikan pada trouble terutama discus. saya kasih artemia,
              > byk yg bilang mahal tp menrut saya lebih mending

              http://mail. yahoo.com

              Yahoo! Groups Links

              Do You Yahoo!?
              http://mail. yahoo.com

              Yahoo! Groups Links

              Do You Yahoo!?
              http://mail. yahoo.com

              Yahoo! Groups Links

              Yahoo! Groups Links

              Do You Yahoo!?
              http://mail. yahoo.com

              Yahoo! Groups Links

            • Tommy Yulianto
              Message 6 of 7 , May 2, 2007
                berapa harga perkalengnya pak, dan beli dimana ??

                tx
                Tommy

> [...]

                > ikan pada trouble terutama discus. saya kasih artemia,
                > byk yg bilang mahal tp menrut saya lebih mending

                http://mail. yahoo.com

                Yahoo! Groups Links

                Do You Yahoo!?
                http://mail. yahoo.com