Rancangan CO2 Reactor

  • sonythan
    Message 1 of 6 , Jun 5, 2006
      Ini rancangan CO2 Reactor

      Top View
      http://i21.photobucket.com/albums/b262/sonythan/CO2ReactorTopView.jpg

      Side View
      http://i21.photobucket.com/albums/b262/sonythan/CO2ReactorSideView.jpg

      Akhirnya untuk sambung CO2 saya gunakan sambungan yang biasa digunakan
      untuk pipa silikon karena nipple yang saya gunakan kemarin rupanya
      bocor...

      Cara buatnya nanti saya upload di BLOG... sekarang lagi cari BLOG yang
      bisa muat gambar banyak dan lagi cari waktu untuk nulisnya :)

      Hope this information usefull to you all...

      Sony
    • Alex Pondaag
      Message 2 of 6 , Jun 7, 2006
        Ini kebetulan sekali sangat berhubungan dengan pertanyaan saya.
        Kemarin itu saya ke Bening Aquarium.
        Dia menawarkan paket aquarium 3.5jt sudah termasuk pipa & meja & sistemnya supaya bening terus. Nah dia memakai CO2 & Chiller.

        Pertanyaan saya:
        1. Bukannya ikan hirup O2, kok dikasihnya CO2?
        2. Di dalam aquarium ada Discus, kok pake Chiller, bukannnya Discus suka air hangat?
        3. Di demo aquariumnya dia pakai aquascapingnya pasir, karang yang ada rumputnya nempel( yang harganya 800rb kalau sudah lebat). Nah, kotoran ikannya atau bekas makanan kemana ya, kok bisa bening terus? Apakah karna CO2nya?

        Terima kasih

        NB: Dia kasih penawaran maintenance 250rb/bulan 1 minggu 4x dijamin bening.

      • Kalpiko
        Message 3 of 6 , Jun 8, 2006
          Saya coba jawab ya, Pak.
          1. ikan memang hirup O2. CO2 digunakan sebagai sumber untuk proses
          potosintesis pada tanaman (dalam hal ini tanaman air)
          2. Saya setuju, kebanyakan jenis tanaman air akan tumbuh subur pada
          suhu 25-28 Celsius, namun ada juga yang OK pada suhu diatas 28
          Celcius. Sedangkan discus kalo kedinginan bisa teler.
          3. Kotoran ikan dan sampah tanaman bisa berubah jadi sumber amoniak.
          zat ini sangat dibutuhkan oleh tanaman sebagai makanan. Catatan: pada
          saat awal, jumlah amoniak di dalam akuarium belum stabil karena belum
          sepenuhnya diserap bakteri pengurai...jadi kira2 2 bulan awal paling
          tidak selalu diganti airnya 1/4 atau 1/2 setiap minggu.

          Begitu kira-kira, Pak Alex. Selamat ber-aquascaping.

          Saya juga ada pertanyaan nih buat rekan2. Dimana ya saya bisa beli
          regulator CO2 paralel atau outputnya lebih dari 1? Saya ingin membuat
          1 tabung CO2 untuk mensuplai beberapa akuarium. Trims.

          Message 4 of 6 , Jun 8, 2006
            OK, terima kasih pak.

            Tapi mungkin ikannya tidak boleh dikasih makan cacing beku, karna kotoran hasil cacing beku cepat sekali bikin air jadi keruh. Atau karena system bening ini begitu hebat dengan biological filternya jadi tetap bening juga?

            Terima kasih

            Message 5 of 6 , Jun 9, 2006
              Kok saya kirim jawabannya gak sampai ke milis ini yah???
              Paket 3 juta ini ukuran akurium berapa pak Alex??? kalau 3 juta ukuran
              Akuarium 1 meter x 80 cm x 70 cm termasuk chiller, tabung CO2m filter
              dll dll dll murah banget pak Alex...

              benar ikan membutuhkan O2 tetapi tumbuhan membutuhkan CO2 dalam proses
              fotosintesisnya..... Jadi unsur Hara + cahaya + CO2 sangat dibutuhkan
              pada tanaman... Jika salah satu komponen tidak tersedia maka tidak
              mungkin terjadi proses fotosintesis... Masalahnya pada closed system
              seperti Aquascape kadar CO2 sangat minim tidak seperti ekosistem
              sungai atau danau, oleh karena itu injeksi CO2 sangat diperlukan.
              Salah satu hasil akhir dari fotosintesis adalah oksigen (O2) yang akan
              digunakan oleh ikan dalam aquascape kita. Ingat ini semua meniru
              ekosistem alam. Aquascape all about ecosystem, nature and balance.

              Mengenai discus membutuhkan air hangat memang benar. Tetapi ada
              beberapa tanaman eksotis yang membutuhkan suhu air yang dingin seperti
              Java moss yang membutuhkan suhu dingin agar dapat hidup dengan nyaman
              dan memberikan tampilan yang baik. Setahu saya discus masih tahan pada
              suhu 24 derajat celcius. Memang ada beberapa artikel di interenet
              mengatakan bahwa pertumbuhan discus pada air hangat akan lebih baik
              dibandingkan pada air dingin. Ini disebabkan metabolisme tubuh yang
              hidup di air hangat lebih cepat sehingga penyerapan gizi menjadi lebih
              cepat. Tetapi fokus para aquascaper biasanya bukan pada ikan tetapi
              pada tanaman dan ikan lebih pada sebagai pelengkap, pemanis dan
              penyeimbang dari aquascape itu sendiri.

              Karang??? ini fresh water atau marine yah???

              Welcome to our world pak Alex

              Sony
            • Kalpiko
              Message 6 of 6 , Jun 9, 2006
                Iya Pak Alex, benar kata Pak Sony...seni aquascaping itu berfokus pada
                keindahan tanaman air dan tatanannya sedangkan ikan hanya sebagai
                pelengkap habitat seperti layaknya kondisi alam aslinya.

                Saran saya, mungkin jangan dikasih discus (untuk beginner) tapi
                jenis-jenis tetra, danio, molly, guppy, barbs, atau ikan kecil lainnya
                dimana mata yang melihat akan lebih terfokus pada keindahan tatanan
                akuarium.

                Jika ingin ber-aquascaping tapi kekeuh ingin pelihara jenis cichlid
                (discus, dll), harus lebih rajin utak-atik aquarium. Setahu saya,
                cichlid doyan gigit-gigit tanaman dan ngaduk-ngaduk substrate.