Re: Kenapa Ranchu swimblader hanya dipagi hari?

  • bambang_kristanto
    Message 1 of 3 , Oct 1, 2004
      Hallo pak Anditya,

      Saya sih bukan pakar, seperti yang pak Anditya ketahui tapi sesama
      hobbiest seperti Bapak. Pak, sepertinya perlu dicoba memakai *)1
      jenis makanan saja, masalahnya waktu berkembang dan hancurnya bisa
      seragam.
      Apakah ikan jenis lain juga begitu?
      Ikan saya pernah mengalami begitu kalau air yang di aquariumnya lama
      nggak diganti. Tapi hanya yang berbadan besar saja, sedangkan yang
      berbadan lebih kecil masih OK. *)Jadi coba diganti air periodik 20 %
      setiap 2 s/d 3 hari.
      Ingat juga pepatah mailist ikan_hias "Air jernih belum tentu tidak
      mengandung penyakit".
      Swimbladder sebenarnya nggak ada yg ringan dan yg berat, hanya bisa
      disembuhkan atau tidak sama sekali.
      Jadi dari kedua kiat di atas semoga bisa membantu, kalau masih belum
      juga coba dikarantina dan diobati pakai elbayau+garam ikan+heater 30
      derjat.
      Selamat mencona semoga berhasil.

      --- In ikan_hias@yahoogroups.com, "Anditya Kamadjaja"
      <anditya_kamadjaja@b...> wrote:
      > Dear Bos-bos ikan hias khususnya para pakar KOki.
      >
      > Kenapa yach, Ranchu saya kalau pagi kena swimblader ringan.
      Punggungnya akan naik keatas air kalau sedang diam. Tapi kalau sore
      setelah saya pulang kerumah, si ranchu berenang normal seperti biasa.
      > Ranchunya saya pelihara di kolam dengan filter mekanis.
      > Ketinggian air 20 cm. Air selalu jernih & saya berikan aerator
      juga. Makannya campur pelet spirulina beauty, pelet merah beauty,
      pelet takari & tubiflex kering.

      > Terima kasih,
      >
      > Anditya K.

    • Anditya Kamadjaja
      Message 2 of 3 , Oct 1, 2004
        Terimakasih Pak Bambang,

        Betul juga tuh, yang kena swimblader hanya ranchu yang paling besar.
        Saya biasa ganti air reguler hari Rabu & Minggu, Ganti 50% air dengan air
        pam yang diendapkan kurang lebih 2-3 hari.
        Makanan ikan saya campur pelet hijau & merah merk beauty, cacing kering &
        pelet merah takari. Semua makanan itu saya rendam dulu kurang lebih 5 menit
        sampai empuk baru di kasih ke ikan.
        Saya coba saran pak Bambang dech.

        Terimakasih,

        Anditya K.