Re: turunkan PH - phosporid acid

  • Ahmad Ridha
    Message 1 of 27 , Jun 1, 2004
      RWA-Roeswendra Agung Arijadi writes:

      > Itupun gak sengaja nurunin pHnya, aqua dah 1,5bulan gak dikuras pH
      > kira-kira 8,5 .... ganti air 1/2 pH turun langs 7,1 .... akibatnya 2
      > frontosa "lewat" :(

      Wah, turun 1,4 berarti turun lebih dari 25 kali lipat tuh. Pantesan aja
      tewas, padahal 8,5 kan udah cukup pas untuk frontosa.

      Ahmad Ridha ibn Zainal Arifin ibn Muhammad Hamim
      (l. 1980 M/1400 H)
    • BOEDI SANTOSO
      Message 2 of 27 , Jun 1, 2004
        saya setuju dengan pendapat pak aquascape. maximal 1
        hari turun 1 point, safenya 0.5 -0.7 point. utk ikan
        yg rentan terhadap perubahan air maksimal 0.5 per
        hari. Dlm kasus pak eko saya rasa cukup aman langsung
        karena ph-nya yg diturunkan dibawah 1 point.

        pengendapan selama ini yg saya terapkan tidak melalui
        proses pengendapan 1 malam, tetapi juga efeknya bagus
        terhadap ikan,tidak ada efek samping. Kalo pak
        aquascape ada pengalaman ttg efek samping tanpa
        pengendapan satu malam utk jenis ikan tertentu, mohon
        disharing ama kita-kita utk menambah wawasan saya.

        terima kasih pak aquascape

        boedi

        nambahin dikit... :):) biasanya air yg sudah di campur
        phoporic(phosporid) acid for food, yg udah mencapai ph
        2 di simpan 1 malam, baru di tambahkan dikit demi
        sedikit ke aqua yg mau di turunkan phnya...
        untuk penurunan PH lebih baik jangan sampai 1 point,
        karena bisa menyebabkan ikan kaget,stress atau
        mati.... jadi misalnya PH 8 ingin di turunkan menjadi
        6,5... jangan langsung di turunkan tetapi maksimal di
        jadikan 7,3... agar lebih aman di jadikan 7,5... ke
        esokan harinya di turunkan menjadi 7 dan seterusnya.

        apa lagi untuk ikan2 sensitif, jangan di turunin
        secara mendadak,rencananya ingin agar ikannya
        bertelur.... hasilnya bisa stress atau mati.....
        kecuali untuk louhan.... kuat kali kl di drop lebih
        dari 1 point... :):):)

        sy sudah mencobanya jg ke udang dan ikan2 kecil....
        hasilnya berbeda...:):):)

        BOEDI SANTOSO <bsssbs2001@...> wrote:
        ya cairan, caranya seperti yg sdh saya beritahukan
        tinggal tiap 15 menit dikontrol PHnya sampai ketemu PH
        yg dikehendaki.tidak perlu diendapkan langsung saja
        spt cara yg itu. Ingat!!!! selang yg digunakan tidak
        boleh terlalu besar!!! hrs selang aerator. Spy ikannya
        tdk kaget dengan penurunan Ph yg mendadak.

        berarti itu cair ya pak , lalu apa itu langsung
        dicampur ke aquarium ikan. atau harus diinapkan dulu
        airnya.

        AQ 40x40x1m kalau phnya sekitar 7 menjadi 6,3-6,4

        kira2 dicampur berapa ya.

        thx.

        BOEDI SANTOSO <bsssbs2001@...> wrote:
        paling 1 liter 10rb sampai 16 rb aja dipake 1/2 tahun
        juga ngga habis.

        boedi

        phosporid acid berapaan ?

        BOEDI SANTOSO <bsssbs2001@...> wrote:
        Kalo ngga mau susah turunin ph air yg aman pake
        phosporid acid. bisa beli di toko-toko kimia cukup
        murah.

        Caranya ambil phosporid acid 10ml taruh di ember diisi
        air sampai penuh kemudian masukkan ke aquarium dengan
        selang aerator biarkan sampai PH yg dikehendaki
        tercapai baru selangnya di cabut.

        Ini cara tersimple aman dan murah.

        Salam
        Boedi S

        waduh gak tau ya
        kalo getahnya
        soalnya kalau batang asem ini aku pernah liat
        di website iptek untuk ternak neon
        katanya batang asem direndam di kolamnya
        didiamkan selama 2 hari
        baru neon masuk dan ditutup rapat
        tanpa cahaya sedikitpun.

        sebelumnya aku pakai cuka 25%
        aku gelapkan tapi gak kawin2 tuh
        sampe bingung, masak kawinkan neon gak isa2 :0
        mungkin harus kasih obat perangsang ya hehehe.
        {jangan ,,,, nanti mati lagi seperti yang lalu hehehe}

        RWA-Roeswendra Agung Arijadi <agung_paat@...>
        wrote:
        On ... emang bener batang pohon asam juga bisa buat
        nurunin pH ?
        Bukannya ada getahnya ? gak bikin ikan mati tuch ...

        Kalo temen-temen mau coba, beli batang pohon asam-nya
        di pasar burung
        aja karena permukaannya yang kasar batang pohon ini
        biasa digunakan
        untuk "tangkringan" di sangkar burung, biar kuku
        burung gak gampang
        panjang :) :)

        @gung
        (betulkan bila saya salah)
        Hendra
        Message 3 of 27 , Jun 1, 2004
          dari hasil percobaan saya terhadap air sumur di kos saya
          kalau air langsung diambil dari sumur PH 6.8... tapi kalau udah
          diendapkan 1 malam besok paginya naik mencapai 7.5...
          nah kalau air sumur langsung dimasukan ke aqascape langsung deh tuh
          tanaman pada mengeluarkan gelembung oksigen banyak sekali tapi kalau
          udah diendapkan ada juga tapi tidak sebanyak kalau langsung....

          Kesimpulannya Air sumur mengandung banyak CO2....

          Nahh setahu saya kalau air yang kita treat untuk menurunkan PH dengan
          menggunakan bahan kimia biasanya memang berubah pada saat itu tapi
          dalam beberapa waktu PH itu akan berubah lagi mendekati PH awalnya.
          Dan menurut saya kalau kita tidak endapkan maka pengukuran kita bisa
          bias dengan penurunan PH yang disebabkan unsur CO2...

          Please Correct Me If I'm Wrong.....

          Sony
          --- In ikan_hias@yahoogroups.com, BOEDI SANTOSO <bsssbs2001@y...>

        • BOEDI SANTOSO
          Message 4 of 27 , Jun 1, 2004
            kalo pake air yg sudah di endapkan sekitar 1-2 hari
            baik sumur maupun pam, dicampur dgn bhn kimia (dlm hal
            ini phosporid acid). Bisakah langsung di gunakan?

            Memang sebaiknya air baru yg akan digunakan utk semua
            ikan lebih baik diendapkan minimal semalam lebih baik
            2 malam. dan air tanah (sumur) memang banyak
            mengandung Co2.

            boedi

            Message 5 of 27 , Jun 1, 2004
              sepertinya pak Wahyu mesti turun tangan nih :)
              tapi saya akan coba jawab sesuai dengan kemampuan saya....
              Kalau tidak salah dalam kimia itu ada yang disebut buffer yah (baca
              di majalah Aquatica)..... nah kalau kita treat air menggunakan bahan
              kimia maka memang benar PH akan turun sementara tapi tidak beberapa
              waktu kemudian PH akan naik lagi jadi kita mesti berulang-ulang
              memasukan bahan kimia tersebut sampai tidak berubah lagi.....

              Menurut saya sih kalau kita mau treat air lebih baik sebelum masukan
              ke dalam akuarium kita ubah dulu PHnya sesuai dengan yang kita
              inginkan nah jika air tersebut sudah stabil baru masukan kedalam
              akuarium....
              Itu teori lho pak.... Karena saya juga dulu repot menyediakan tempat
              untuk treatment air....
              tapi sekarang saya sudah tidak membutuhkan treatment air lagi karena
              di filter saya sudah saya masukan peat moss yang secara otomatis akan
              menurunkan PH air belum lagi saya sudah mengubah injeksi CO2 saya
              yang tadinya menggunakan diffuser dengan menggunakan reactor yang
              tingkat efisiensinya jauh lebih baik.. jadi kalau mau turunin PH CO2
              nya saja saya tambah.....

              wrote:
> [...]
              > ikan lebih baik diendapkan minimal semalam lebih baik
              > 2 malam. dan air tanah (sumur) memang banyak

            • Ahmad Ridha
              Message 6 of 27 , Jun 1, 2004
                sonythan writes:

> [...]
                > waktu kemudian PH akan naik lagi jadi kita mesti berulang-ulang
                > memasukan bahan kimia tersebut sampai tidak berubah lagi.....

                Kalo gak salah buffer itu untuk menahan pH agar tidak turun karena air
                aquarium (tanpa pake macem-macem) lama-lama pH-nya akan turun seiring
                peningkatan buangan dari ikan dan hasil pemrosesan filter. Contoh buffer
                yang suka dipake misalnya batu karang.

                Message 7 of 27 , Jun 1, 2004
                  setahu pengalaman saya juga masukan dari teman-teman
                  yg lain, air aquarium tawar PH jarang turun malah ada
                  kecenderungan sering naik, mungkin ada beberapa kasus
                  yg turun tapi praktek di lapangan selalu cenderung
                  naik. apalagi air lama yg jarang diganti kecuali kalo
                  sering terkena air hujan. Bgmn pengalaman dgn yg lain
                  mohon masukannya. trims

                  Boedi

                • ricky
                  Message 8 of 27 , Jun 1, 2004
                    eh iya tuh pak, waktu saya ambil air langsung dari kran air, saya ukur
                    ph-nya 6.5 setelah saya endapkan
                    selama 2 hari dikasih aerator trus di masukin ke aqua, kok ph-nya naek jadi
                    7.5 ya, kenapa ya
                    (akua saya pake filter samping dikasih kapas, karbon, kapas)

                    Message 9 of 27 , Jun 1, 2004
                      Betul ... kalo air tua/lama + batu karang ... dapat dipastikan pH akan
                      naik
                      Saya setuju, buffer itu untuk "mempertahankan" pH .. tapi saya nggak
                      tau, seefektif apa dia bisa menahan pH tetap seperti yang kita mau ...

                      (katanya) pH akan bisa dipertahankan rendah kalo di aquarium banyak
                      tanaman (aquascape) atau banyak bogwood ... tapi sekali lagi ini
                      KATANYA.

                      @gung
                      (betulkan bila saya salah)

                      Message 10 of 27 , Jun 2, 2004
                        berdasarkan pengalaman saya di lapangan aquascape
                        mungkin bisa menurunkan kadar ph tapi tidak terlalu
                        banyak maksimal turun 0.5 point itupun dalam waktu yg
                        relatif sangat lama dan air tidak pernah dikuras
                        (Banyak daun2an yg mati mengendap dan berganti yg
                        baru). yg menyebabkan Ph air turun adl apabila kita
                        menggunakan Co2 generator. mungkin saya ada yg salah
                        mohon koreksinya. Trims

                        Salam
                        Boedi

                        Message 11 of 27 , Jun 3, 2004
                          ya itu....
                          menurut saya sih salah satu penyebabnya adalah karena kandungan CO2
                          nya berkurang...
                          penyebab lain kurang tahu deh :)

                          Sony

                          Message 12 of 27 , Jun 3, 2004
                            Menurut saya di Aquascape yang menyebabkan turunnya PH itu karena
                            menggunakan Bogwood... dimana Bogwood tersebut akan mengeluarkan
                            Tanin dan juga bogwood tersebut juga menurunkan PH sama seperti yang
                            dilakukan oleh peat moss...
                            setelah Bogwood saya angkat ternyata PH naik mencapai 7.5....
                            kemudian saya masukan lagi PH turun mencapai 6.8... jadi saya tarik
                            kesimpulan yang menyebabkan PH turun adalah Bogwood nya bukan
                            tanamannya.....